cover
Contact Name
Yusuf Ratu Agung
Contact Email
ratuagung@psi.uin-malang.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
psikoislamika@uin-malang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam
ISSN : 18295703     EISSN : 26555034     DOI : -
Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam ISSN (print): 1829-5703 ISSN (media online) : 2655-5034 adalah media komunikasi dan publikasi ilmiah di bidang ilmu Psikologi yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam memuat artikel hasil penelitian dalam bidang ilmu Psikologi dan Psikologi Keislaman, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikometri, Psikologi Eksperimen, Psikologi Terapan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2018)" : 7 Documents clear
Mengapa Kepercayaan Diri Mempengaruhi Kemampuan Menulis Kreatif Siswa? Gunawan, Himan Muttaqin; Aziz, Rahmat
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.565 KB) | DOI: 10.18860/psi.v15i2.6738

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan menulis kreatif siswa. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 73 siswa Madrasah Aliiyah Negeri 2 Bogor. Metode pengumpulan data adalah skala kepercayaan diri, sementara metode pengumpulan data yang digunakan untuk variabel kemampuan menulis kreatif menggunakan tes menulis kreatif. Hasil analisis menunjukan adanya  hubungan positif antara kepercayaan diri dengan kemampuan menulis kreatif, semakin tinggi tingkat kepercayaan diri maka semakin tinggi pula tingkat kemampuan menulis kreatif. Variabel kepercayaan diri mampu menjadi prediktor bagi tinggi rendahnya kemampuan menulis kreatif sebesar 6,1%.
Efektifitas Komunikasi Berkualitas untuk Meningkatkan Kehangatan dalam Pengasuhan Pada Orangtua Sibuk Bekerja Di KB-TK IT Al-Hikmah Rofingah, Nangimatur; Mahpur, Mohammad
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.739 KB) | DOI: 10.18860/psi.v15i2.6739

Abstract

Orangtua sibuk bekerja bukanlah penyebab dari keterlambatan dalam tumbuh kembang anak, akan tetapi kesibukan orangtua dalam bekerja menjadikan kurang terbentuknya kehangatan dalam pengasuhan yang menyebabkan tumbuh kembang anak tidak optimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kehangatan dalam pengasuhan adalah komunikasi yang terjalin antara anak dengan orang tua yang terbatas. Hal ini dapat dilihat dari waktu kebersamaan orang tua yang sibuk bekerja dengan anak sangat minim. Untuk itulah perlu adanya komunikasi yang berkualitas secara waktu agar kehangatan dalam pengasuhan dapat diterima oleh anak.  Minimnya waktu yang dimiliki oleh orangtua sibuk bekerja yang diberikan pada anak menjadi sebuah problematika penting yang harus segera diselesaikan. Melalui metode action research dengan pengolahan data secara deskripif disertai dengan kuantitatif sebagai pelengkap, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan komunikasi berkualitas dalam meningkatkan kehangatan dalam pengasuhan pada orangtua sibuk kerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 orangtua sibuk kerja di KB/TK-IT Al-Hikmah Blitar. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan. Setelah diterapkannya komunikasi berkualitas ternyata mampu meningkatkan kehangatan dalam pengasuhan orangtua sibuk kerja ditandai dengan meningkatnya indikator penghargaan, dukungan dan responsifitas orangtua dari 26% meningkat menjadi 38%. Kesimpulannya bahwa penelitian ini selain dapat membuktikan bahwa komunikasi berkualitas mampu digunakan untuk meningkatkan kehangatan pengasuhan juga dapat diterapkan pada bidang pendidikan terutama dalam hal pengasuhan anak, penelitian ini mengkombinasikan antara pihak sekolah dengan keluarga sehingga perkembangan anak berjalan dengan seimbang.
Social Support Pada Anak Penderita Penyakit Terminal Sukmawati, Relung Fajar; Hamida, Nur Amalia; Amalia, Rizka; Nuqul, Fathul lubabin
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.052 KB) | DOI: 10.18860/psi.v15i2.6740

Abstract

Patients with terminal diseases who die every year are increasing, especially cancer is predicted to increase. Cancer is the second higest reason of death in the age range of children after an accident. Children who are diagnosed with cancer will certainly limit the activities normally carried out by their age. This is because their time is passed a lot to go through the treatment process that is not short. Therefore, children with terminal disease need support from the closest people who accompany them in the treatment process. The purpose of this study was to determine the role of social support in children with terminal disease. This research was conducted at the Syaiful Anwar Malang hospital, precisely the Pavilium building on the IRNA IV  in a special room used to play for terminal’s patient which is managed by the Sahabat Anak Cancer. This research uses a case study approach and involves 3 children with terminal disease as the subject of research. The results showed that the social support provided by care giver was able to foster a spirit of positive future expectations for patients.
Pengaruh Role Model dan Religiusitas Terhadap Perilaku Antikorupsi pada Mahasiswa Organisatoris di Jawa Timur Rokhmah, Sakinah Nur; Putri, Julia Tirta; Utomo, Akbar Prasetyo
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.857 KB) | DOI: 10.18860/psi.v15i2.6741

Abstract

Indonesia is ranked in 117 out of 175 from the most corrupt countries in the world. The corruption phenomenon can be analyzed from the individual micro elements. In a person's life, there are people considered as a role model / anti-corruption figures. Considering that one could not control his desire, he tends to justify any way for his pleasure. It might be said that  self-control is closely related to religiosity. In fact, corruption not only happens in official governors, but also in university students. It is ironic when we compare it with the ideal expectations of the community toward students as the future generation. The  purpose of this research is to know the influence of role models and religiosity toward anti-corruption behavior. Quota Sampling is used to collect the data ( 440 students from nine universities in East Java) and moderated regression analysis (MRA) is utilised to analyze them. The result shows that the religiosity variable can not moderate independence and dependence variables. Nevertheless, role models have a significant effect to predict anti-corruption behavior by 12.7%. Of four role model figures, teacher/lecturer figure has the largest contribution by 12,7% toward anti-corruption behavior. Unfortunately, this figure is considered having low anti-corruption behaviour by their student. The result of this research would be recommendation for the government to find the right agent to prevent and intervene corruption behavior and for the students to choose the right figure in fostering anti-corruption behaviour.
Pengaruh Kepribadian Big 5 Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MTSN Balgies, Soffy
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.125 KB) | DOI: 10.18860/psi.v15i2.6742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trait dalam kepribadian big five terhadap motivasi berprestasi siswa MTsN. Jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik cerdas istimewa di MTsN Bangkalan sebagai madrasah model pertama yang  menerapkan pembelajaran model ini di Madura. Sampel penelitian adalah 73 siswa kelas 8 di kelas olimpiade, unggulan dan sistem kredit semester. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala pengukuran motivasi berprestasi dan kepribadian big five dan yang kemudian dianalisa dengan statistik regresi sederhana.  Hasil menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian extraversion dengan motivasi berprestasi, tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian oppeness dengan motivasi berprestasi, dan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian agreableness dengan motivasi berprestasi. Selanjutnya ada hubungan negatif yang signifikan antara kepribadian neuroticism dengan motivasi berprestasi, dengan sumbangan 20%. Kemudian ada hubungan positif yang signifikan antara kepribadian conscientiousness dengan motivasi berprestasi dengan sumbangan 38%. Sisanya 42 % variebel lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Hasil berimplikasi pada proses pembelajaran yang harus memperhatikan aspek kepribadian yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi dalam menunjang hasil belajar.
Pengaruh Dongeng Dalam Peningkatan Emosi Positif Anak Usia Prasekolah Trihastuti, Annisa; Mulya, Yansa Alif; Abdillah, Zaid; Hidayati, Fina
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.145 KB) | DOI: 10.18860/psi.v15i2.6736

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mengetahui Pengaruh Dongeng dalam perkembangan emosi positif anak usia prasekolah di TK Muslimat NU 21. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 40 siswa TK  dengan menggunakan dua kelompok variabel yani kontrol dan eksperimen. Terdapat empat emosi positif (Interested, Excited, Inspired, Strong, Active) dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perubahan sebesar 41,2% pada kelompok eksperimen  dan 9,34% pada kelompok kontrol. Aspek yang mengalami perbuhan signifikan adalah aspek Interested, Inspired, strong, dan active.
Strategi, Aplikasi dan Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang Yahya, Yahya; Agung, Yusuf Ratu; Fu’ady, Muh. Anwar
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 15, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.843 KB) | DOI: 10.18860/psi.v15i2.6743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi, Aplikasi dan Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual di pesantren. Mengingat betapa pentingnya kedua kecerdasan tersebut dalam menentukan kesuksesan seseorang dalam menjalani kehidupan di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek peneltian ini adalah santri di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur yang keseluruhan santrinya adalah mereka yang sedang melanjutkan pendidikan di level perguruan tinggi. Tehnik pengumpuan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang menerapkan pengembangan kecerdasan spiritual dan emosional melalui beberapa kegoiatan pesantren diantaanya adalah JQH, dan FORKAFI, diamana dengan kegiatan tersebut diharapkan santri memahami dan menjalankan isi yang ada dalam al-Qur’an yang akan menjadi penuntun dalam menjalankan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, karena dalam al-Qur’an dianjurkan untuk berlaku jujur dan melakukan pengabdian kepada masyaraka. Kegiatan pengembangan kecerdsan emosional berupa kegiatan halaqoh. Kegiatan halaqoh ini dengan memberikan beberapa materi lintas disiplin ilmu yang mana dalam materi tersebut akan memberikan pemahaman keilmuan yang menyeluruh sehingga setiap santri akan memiliki satu kesatuan kemampuan emosional dan personal, yang mana dalam materi tersebut diatas sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 7