cover
Contact Name
Agus Tri Darmawanto
Contact Email
tridrm7@gmail.com
Phone
+6282131317173
Journal Mail Official
jurnalekonomikafeubt@gmail.com
Editorial Address
Jl.Amal Lama No.1 Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Ekonomika
ISSN : 20863233     EISSN : 26852977     DOI : http://dx.doi.org/10.35334/jek
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomika (P-ISSN: 2086-3233 dan E-ISSN:2685-2977) merupakan jurnal ekonomi yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juni oleh Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bagi kalangan akademisi, praktisi dan umum yang mengamati perkembangan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian dan kajian tentang isu-isu berkaitan dengan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Volume 09, Nomor 1, Januari 2018" : 6 Documents clear
analisis strategi pengembangan dan uji kelayakan usaha kecil menengah amplang ikan di kota tarakan syaiful anwar; narmiana narmiana
JURNAL EKONOMIKA Volume 09, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.288 KB) | DOI: 10.35334/jek.v9i1.777

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan analisis yang digunakan dalam pengembangan usaha amplang ikan di Kota Tarakan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha amplang yang ada di kota Tarakan baik terdaftar di dinas yang terkait maupun tidak. Adapun populasi penelitian ini berjmlah 14 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel  jenuh atau teknik sampel sensus dimana semua populasi dijadikan sampel, dan data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.  Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kelayakan finansial dilihat dari BCR (Benefit Cost of Ratio) sebesar 1.03, NPV (Net Present Value) sebesar 172.927.700,60, FRR (Financial Rate of Return) sebesar 98,51%, PBP (Pay Back Period) sebesar 1,02 dan BEP (Break Even Point) dasar harga unit sebanyk 15,000 bungkus dan dasar harga penjualan sebesar Rp18.000.000. Berdasarkan kriteria kelayakan yang telah ditentukan dapat dikatakan bahwa UKM amplang ikan di Kota Tarakan layak untuk di operasionalkan. Sedangkan tahapan analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat kondisi internal dan eksternal perusahaan dengan cara analisis situasi dengan kata lain yaitu analisis SWOT, dengan melalui tahapan IFE (Internal Faktor Evaluation), EFE (Eksternal Faktor Evaluation), diagram SWOT dan Matriks SWOT. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yaitu strategi Agresif atau strategi SO (strength-Opportunity).
implikasi tinngkat profitabilitas dan leverage operasi terhadap keputusan pembiayaan pada usaha mikro kecil menengah di kota tarakan mappa panglima banding; harpia harpia
JURNAL EKONOMIKA Volume 09, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.536 KB) | DOI: 10.35334/jek.v9i1.772

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dikarenakan oleh beberapa permasalahan, di antaranya, prosedur dan persyaratan perbankan yang terlalu rumit maka pembiayaan ditolak dikarenakan prosedur atau persyaratan tersebut. Perbankan yang dihadapi oleh usaha kecil belum efektif, masih dalam kaitan dengan kelemahan sistem terutama dalam manajemen keuangan, seperti perencanaan keuangan, proposal dan sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji implikasi keterangan empires dan memperoleh tingkat elastisitas operasi dan profitabilitas perusahaan terhadap keputusan pembiayaan. Riset ini dilakukan pada skala usaha mikro kecil dan menengah di kota Tarakan, Kalimantan Utara. Responden digunakan dalam  Test 1 sebanyak 13 responden, 16 2 percobaan dan manipulasi peserta serentak ketika sebanyak 20 peserta oleh penggunaan 4 macam manipulasi. Riset ini menggunakan disain bersifat percobaan intrasubjek. Teknik digunakan menjadi analisa dua Faktor di dalam studi. Hasil studi menunjukkan variabel tingkat profitabilitas signifikan terhadap keputusan dari pembiayaan dan leverage operasi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembiayaan usaha kecil di kota Tarakan. Pelaku usaha perlu membuat laporan  keuangan menyangkut neraca perusahaan profit/loss.
strategi peningkatan kualitas pengelolaan kawasan wisata pantai amal kota tarakan sebagai daya tarik ekowisata nurdin nurdin; witri yuliawati
JURNAL EKONOMIKA Volume 09, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.334 KB) | DOI: 10.35334/jek.v9i1.778

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan wisata Pantai Amal dan penentuan strategi alternatif yang menjadi prioritas dalam mengoptimalkan peningkatan kualitas pengelolaan kawasan wisata Pantai Amal. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif pertama yang digunakan untuk menggambarkan potensi dan kendala yang ada di objek wisata pantai Amal, yang kedua menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan pengelolaan pariwisata Pantai Amal. area dan yang ketiga menggunakan metode AHP dalam memprioritaskan strategi yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan wisata Pantai Amal sebagai daya tarik ekowisata adalah strategi SO (kekuatan-peluang). Strategi prioritas pertama dari aspek manajemen adalah meningkatkan manajemen pengelolaan Pantai Amal, kemudian mengoptimalkan pengelolaan objek wisata, melatih / membina kerajinan rakyat berdasarkan potensi yang ada, mengembangkan objek wisata yang berbeda dengan pesaing dan belajar membandingkan dengan yang lain objek wisata. Kedua aspek infrastruktur, yaitu dengan melengkapi sarana dan prasarana dasar, meningkatkan pengelolaan informasi wisata Pantai Amal, melakukan standarisasi keamanan dan pemeliharaan secara berkala. Ketiga dari aspek ekonomi, yaitu dengan pengembangan objek wisata sebagai daya tarik ekowisata, menciptakan iklim investasi dan mengembangkan serta menghadirkan produk-produk baru khas wisata Pantai Amal. Keempat aspek sosial budaya, yaitu diversifikasi kegiatan wisata atau objek wisata baru, pengadaan kegiatan artistik multiguna, pengadaan kegiatan budaya tradisional khas Kota Tarakan dan sosialisasi pengawasan dan perawatan kawasan objek wisata.
rotasi, mutasi dan promosi di pdam kabupaten tana tidung achmad rivaldy fajrie; syahran syahran
JURNAL EKONOMIKA Volume 09, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.453 KB) | DOI: 10.35334/jek.v9i1.773

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti rotasi, mutasi dan promosi di PDAM kabupaten tana tidung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti rotasi, mutasi dan promosi pegawai di pdam kabupaten tana tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara direktur dan pegawai PDAM kabupaten tana tidung, serta telaah dokumen di PDAM kabupaten tana tidung. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rotasi di PDAM Kabupaten Tana Tidung sudah diterapkan dengan baik dan itu terbukti dengan adanya rotasi yang terjadi setiap 1 tahun sekali. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, mutasi yang terjadi di PDAM Kabupaten Tana Tidung sudah terlaksana dengan baik karena dapat menerima pegawai dari luar daerah. Dari hasil peneltian pegawai yang di promosikan pada tahun 2015 berjumlah 1 orang yang diangkat menjadi Plt. Direktur PDAM Kabupaten Tana Tidung, dikarenakan pangkat pangkat yang sudah dianggap cukup untuk melaksanakan promosi.
strategi pengembangan sektor industri kecil kota tarakan muhammad andra fahreza zulkarnain; asih kusuma wijayanti
JURNAL EKONOMIKA Volume 09, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.913 KB) | DOI: 10.35334/jek.v9i1.775

Abstract

Abstrak : Banyak potensi yang  dapat di kembangkan di Tarakan di antaranya pada sector kelautan dan perikanan, sector pariwisata, industri dan perdagangan serta investasi di sector energi. Dengan berbagai potensi tersebut peluang pengembangan UMKM di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara menjadi strategis. Posisi Wilayah Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia, menjadikan UMKM harus berbenah diri dalam meningkatkan daya saingnya terlebih lagi dengan pemberlakuan perdagangan bebas pada ASEAN Economic Community (AEC) sejak tahun 2015. Untuk itu strategi pengembangan usaha bagi UMKM perlu dirumuskan dan dapat menjadi rekomendasi bagi pemerintah dan stakeholder lainnya dalam membuat kebijakan pemberdayaan UMKM di Kota Tarakan. (Ariani, Utomo. 2017). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan sektor industri kecil di Kota Tarakan. Objek penelitian ini adalah industry kecil di Kota Tarakan menurut jenis usaha. Perumusan strategi pengembangan industri kecil di Kota Tarakan perlu adanya identifikasi mengenai kekuatan dan kelemahan sebagai faktor internal dan faktor eksternal berupa peluang dan ancaman. Dari hasil olah data diketahui bahwa posisi kuadran industri kecil di Kota Tarakan terletak di kuadran 1 atau terletak antara peluang eksternal dan kelemahan internal. Berdasarkan posisi kuadrannya, strategi yang digunakan adalah strategi SO ( Strength - Opportunity ), yaitu strategi yang meminimalkan kelemahan dan memanfaatkan peluang. Alternatif strategi SO yang dirumuskan adalah sebagai membuat akun media sosial untuk mempermudah promosi dalam penjualan produk. Di zaman yang modern dan serba memanfaatkan kecanggihan teknologi, media sosial yang beragam saat ini dapat dijadikan sebagai alat untuk melakukan promosi. Media sosial menjadi salah satu alat promosi yang efektif karena dapat secara langsung memberikan infromasi kepada pasar penjualan hasil produksi industri kecil. Selain itu membuka cabang di luar wilayah industri. Dengan membuka cabang usaha di wilayah lain akan meningkatkan produksi dan cakupan wilayah pemasaran hasil industri kecil.
kajian sosial ekonomi masyarakat pesisir (studi kasus masyarakat di daerah perikanan kelurahan karang anyar pantai) said usman assegaf
JURNAL EKONOMIKA Volume 09, Nomor 1, Januari 2018
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.307 KB) | DOI: 10.35334/jek.v9i1.776

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial yang terdiri dari aspek pendidikan, aspek keragaman pekerjaan, dan akses kesehatan nelayan yang bermukim di wilayah pesisir kelurahan karang anyar pantai dan untuk mengetahui kondisi ekonomi yang terdiri dari tingkat pendapatan nelayan, pendapatan diluar usaha nelayan, dan pendapatan keluarga nelayan pada masyarakat nelayan yang bermukim di wilayah pesisir kelurahan karang anyar pantai. Hasil penelitian ini adalah disimpulkan bahwa kondisi sosial masyarakat dilihat dari yang memiliki pekerjaan sampingan sebanyak 26,67%, aspek pendidikan dengan rata-rata tingkat pendidikan terakhir responden yaitu SD/Sederajat dengan persentase 70%. Sedangkan presentase responden yang memanfaatkan puskesamas sebanyak 73,33%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6