cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
galuh.amadeo@uajy.ac.id
Editorial Address
Jl. Babarsari No. 6, Yogyakarta 55281
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 18296564     EISSN : 25488643     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal ILMU KOMUNIKASI has been published since 2004 by Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta. The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through this site in accordance with our format (see Author Guidelines). Submitted article will be reviewed and edited for format uniformity, term, and other procedures.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2013)" : 7 Documents clear
Jurnalisme Tabloid di Indonesia Diyah Hayu Rahmitasari
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 10 No. 2 (2013)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.82 KB) | DOI: 10.24002/jik.v10i2.347

Abstract

Abstract: Many scholars have criticised tabloid journalism because it often contains drama and sensationalism. However, tabloid journalism actually cater the taste of the readers who were ignored by mainstream newspapers. This article is based on a research analyse Pos Kota and Lampu Hijau, relying on content analysis of the papers’ editions in December 2011 and January 2012, as well as interviews with the editors and journalists. The analyses conclude that tabloid journalism in Indonesia is an urban phenomenon focuses on local issues and targets urban workers as their core readers and has been most successful in Jakarta and its surrounds.Abstrak: Jurnalisme tabloid merupakan terminologi yang sering diperdebatkan, dikritisi dan dicaci. Padahal, bentuk jurnalisme ini sebenarnya melayani selera pembaca yang cenderung diabaikan oleh jurnalisme arus utama. Artikel ini dibuat berdasarkan penelitian atas isi Pos Kota dan Lampu Hijau periode Desember 2011-Januari 2012, serta wawancara dengan editor dan jurnalis. Hasil analisis menunjukkan bahwa jurnalisme tabloid di Indonesia adalah jurnalisme yang fokus pada isu-isu lokal dan menyasar para pekerja urban sebagai pembaca utamanya sehingga meraih sukses di kota-kota besar terutama Jakarta dan sekitarnya.
Interaktivitas sebagai Strategi Mediated Communication pada Fans Pages Starbucks Coffee Indonesia Kheyene Molekandella Boer
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 10 No. 2 (2013)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.718 KB) | DOI: 10.24002/jik.v10i2.348

Abstract

Abstract: Digital marketing increasingly becomes an option in corporate’ promotional activities. Many marketers marginalize traditional advertising media and turning to the internet because it is more profitable and easier to interact with consumers. However, the concept of interactivity is one thing that has not been properly implemented. Many marketers do not know correctly how to manage interactivity with their consumers. Starbucks is one of the world’s companies which own and maintaining fans pages. Starbucks actively manage social media to advertise their products and establish interactive communication with consumers. This paper observes the interactivity occurs between Starbucks and their consumers through fans pages.Abstrak:Pemasaran digital kian menjadi pilihan dalam aktivitas promosi perusahaan dunia. Pemasar beramai-ramai meninggalkan media periklanan tradisional dan beralih ke internet karena lebih menguntungkan, mudah dan murah untuk berinteraksi dengan konsumen. Namun, konsep interaktivitas belum dapat diwujudkan dengan semestinya. Banyak pemasar belum mengetahui dengan benar bagaimana mengelola interaktivitas dengan konsumen. Salah satu perusahaan besar dunia yang masuk ke dalam ranah digital adalah Starbucks coffee. Starbucks aktif mengelola media sosial untuk mengiklankan produk-produk mereka dan menjalin komunikasi interaktif dengan konsumennya. Paper ini mencoba melihat seberapa dalam interaktivitas yang terjadi di ranah digital antara Starbucks dan konsumen.
Transformasi Fungsi Komunikator dan Fungsi Konstruksi Akun Facebook Presiden SBY F. X. Lilik Dwi Mardjianto
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 10 No. 2 (2013)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.391 KB) | DOI: 10.24002/jik.v10i2.349

Abstract

Abstract: New media in a form of social media has grown rapidly nowadays. The growth of social media is supported by technological advances connected people around the world. They are connected to each other and easily exchange messages. The transformation has finally weakened the media itself. This is a concept paper combining two methodoloies, namely literature review and content analysis of Presiden Yudhoyono’s Facebook account. This paper reveals that public connectedness within digital era has brought back the media to its original function; media that has only message distribution function, without having message construction function. Abstrak: Media baru dalam bentuk media sosial berkembang begitu pesat. Perkembangan yang didukung dengan kemajuan teknologi tersebut telah menciptakan keterhubungan antar orang. Publik terhubung satu dengan yang lain dan saling bertukar pesan. Transformasi peran dan fungsi audiens akibat kemunculan media sosial itu berpotensi mendegradasi fungsi media. Makalah ini adalah makalah konseptual yang menggabungkan dua metodologi, yaitu studi pustaka dan analisis isi sederhana terhadap akun Facebook Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Makalah ini mengungkap bahwa keterhubungan publik di era digital adalah masa ketika media kembali kepada fungsi awalnya, hanya sebagai perantara distribusi pesan, tanpa lagi dilengkapi kemampuan untuk mengemas atau mengonstruksi makna.
Manajemen Komunikasi Bencana Gunung Sinabung 2010 Saat Tanggap Darurat Puji Lestari; Icha Dwi Putri Br Sembiring; Agung Prabowo; Arif Wibawa; Retno Hendariningrum
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 10 No. 2 (2013)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1265.836 KB) | DOI: 10.24002/jik.v10i2.350

Abstract

Abstract: Sinabung eruption in 2010 had led to a sense of trauma for Karo’s District residents, especially the refugees. Disaster relief emergency response was needed in a disaster. This study aims to describe the implementation of disaster communication management at Sinabung in 2010, obstacles of disaster management, and finding alternative of disaster communication management strategy, especially during emergency response. The results indicate the importance of coordination and communication between parties related to disaster communication management. Several problems discovered force the needs for the application of disaster communication management system, especially during emergency response in order to minimize disaster risks.Abstrak: Letusan Gunung Sinabung 2010 telah menyebabkan rasa trauma bagi warga Kabupaten Karo, khususnya para pengungsi. Penanggulangan bencana saat tanggap darurat sangat diperlukan dalam sebuah bencana. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi manajemen komunikasi bencana di Sinabung 2010, hambatan penanganan bencana, dan menemukan alternatif strategi manajemen komunikasi bencana khususnya saat tanggap darurat. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya koordinasi dan komunikasi antarpihak terkait manajemen komunikasi bencana. Beberapa persoalan yang ditemukan mendorong perlunya penerapan sistem manajemen komunikasi bencana khususnya dalam keadaan tanggap darurat untuk dapat mengurangi resiko bencana.
Media Sosial dan Peran Manajerial Public Relations PT PLN Persero Narayana Mahendra Prastya
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 10 No. 2 (2013)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.245 KB) | DOI: 10.24002/jik.v10i2.351

Abstract

Abstract: Social media affect communication technicians and managerial roles in Public Relations (PR). This study observes PR managerial role in PT PLN Persero in the policy making of social media use for the company’s internal environment. This research use interviews, document studies, and observation as data collection techniques. The results show that the role of communicating the policy is more dominant than the managerial role. Factors influencing PR managerial role are organization’s recognition on the PR role and function in the organization, the number of personnel in the PR department, and the authority overlap within the organization. Abstrak: Media sosial memengaruhi praktek Public Relations (PR) sebagai teknisi komunikasi dan manajerial. Penelitian ini membahas peran manajerial PR d PT PLN Persero dalam penyusunan kebijakan penggunaan media sosial untuk lingkungan internal perusahaan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, studi dokumen, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bidang Komunikasi Korporat PT PLN Persero sudah melaksanakan peran manajerial walaupun masih didominasi peran mengomunikasikan kebijakan. Peran manajerial PR dipengaruhi oleh pemahaman dan pengakuan formal organisasi terhadap peran dan fungsi PR dalam organisasi, jumlah personel di departemen PR, dan tumpang tindih kewenangan dengan bidang kerja lain dalam organisasi.
Komunikasi Organisasi dalam Penanaman Budaya Organisasi di Seminari Tinggi Santo Paulus Yogyakarta Muhammad Najih Farihanto
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 10 No. 2 (2013)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.344 KB) | DOI: 10.24002/jik.v10i2.352

Abstract

Abstract: Organizational culture is not just a relative habit or moderate behavior, but rather as a unique characteristic of an organization. Organizational culture is a metaphor to depict norms, feelings, and activity patterns of a group as well as a communication climate rooted from a set of same norms. St. Paul Seminary is an institution that educates diocesan priests or pastors candidates. This study is based on case study and using interviews, document searches and direct observation in the data collection. The results show that the organizational communication applied in St. Paul’s Seminary is both vertical and horizontal.Abstrak: Budaya organisasi bukan sekedar kebiasaan relatif atau perilaku rata-rata (moderate behavior), melainkan sebagai karateristik unik suatu organisasi. Budaya organisasi merupakan metafora untuk menggambarkan norma, perasaan, dan pola-pola aktivitas suatu kelompok serta merupakan iklim komunikasi yang berakar pada seperangkat norma yang sama. Seminari Tinggi Santo Paulus adalah lembaga pendidikan yang mencetak calon-calon imam diosesan atau pastor. Studi ini berdasarkan pada studi kasus dan menggunakan wawancara, penelusuran dokumen dan observasi langsung dalam pengumpulan data. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa komunikasi organisasi yang diterapkan di Seminari Tinggi Santo Paulus bersifat vertikal dan horisontal.
Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan Analisis Uses and Gratifications Pupung Arifin
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 10 No. 2 (2013)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.594 KB) | DOI: 10.24002/jik.v10i2.353

Abstract

Abstract: The development of internet technology in journalism has spawned online news portals. The presence of this new media is in line with the increasingly dynamic audience in information searching in mass media. The population growth of online news portals in Indonesia increases the competition amongs the providers. This competition leads portals to improve their service to win audience’s choice. This study examines the competition based on the audience’s satisfaction to information provided by the portals. A Uses and Gratifications model is used to measure audience’s motives and gratifications.Abstrak: Portal berita online menjadi satu produk dari perkembangan teknologi internet di dunia jurnalisme. Kemunculan media baru ini sejalan dengan perkembangan audiens yang semakin dinamis dalam mencari informasi di media massa. Populasi portal berita online di Indonesia yang terus tumbuh membuat persaingan industri portal berita online menjadi ketat. Media online berupaya merebut hati pembacanya dengan menyajikan informasi yang mampu menjawab kebutuhan audiens. Kepuasan audiens akan sajian informasi yang ditawarkan oleh portal berita online menjadi dasar penelitian untuk melihat tingkat persaingan yang terjadi. Teori uses and gratifications digunakan penulis untuk melihat motif dan kepuasan audiens dalam mengakses portal berita online

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 1 (2023) Vol. 19 No. 2 (2022) Vol. 19 No. 1 (2022) Vol. 18 No. 2 (2021) Vol. 18 No. 1 (2021) Vol 18, No 1 (2021) Vol 17, No 2 (2020) Vol. 17 No. 2 (2020) Vol. 17 No. 1 (2020) Vol 17, No 1 (2020) Vol 16, No 2 (2019) Vol. 16 No. 2 (2019) Vol. 16 No. 1 (2019) Vol 16, No 1 (2019) Vol 15, No 2 (2018) Vol. 15 No. 2 (2018) Vol 15, No 1 (2018) Vol. 15 No. 1 (2018) Vol. 14 No. 2 (2017) Vol 14, No 2 (2017) Vol. 14 No. 1 (2017) Vol 14, No 1 (2017) Vol 13, No 2 (2016) Vol. 13 No. 2 (2016) Vol 13, No 2 (2016) Vol. 13 No. 1 (2016) Vol 13, No 1 (2016) Vol 12, No 2 (2015) Vol. 12 No. 2 (2015) Vol 12, No 2 (2015) Vol 12, No 1 (2015) Vol 12, No 1 (2015) Vol. 12 No. 1 (2015) Vol 11, No 2 (2014) Vol. 11 No. 2 (2014) Vol 11, No 2 (2014) Vol 11, No 1 (2014) Vol 11, No 1 (2014) Vol. 11 No. 1 (2014) Vol 10, No 2 (2013) Vol. 10 No. 2 (2013) Vol 10, No 1 (2013) Vol 10, No 1 (2013) Vol. 10 No. 1 (2013) Vol 9, No 2 (2012) Vol. 9 No. 2 (2012) Vol 9, No 2 (2012) Vol. 9 No. 1 (2012) Vol 9, No 1 (2012) Vol 9, No 1 (2012) Vol 8, No 2 (2011) Vol. 8 No. 2 (2011) Vol 8, No 2 (2011) Vol 8, No 1 (2011) Vol 8, No 1 (2011) Vol. 8 No. 1 (2011) Vol 7, No 2 (2010) Vol. 7 No. 2 (2010) Vol 7, No 2 (2010) Vol. 7 No. 1 (2010) Vol 7, No 1 (2010) Vol 7, No 1 (2010) Vol 6, No 2 (2009) Vol. 6 No. 2 (2009) Vol 6, No 2 (2009) Vol. 6 No. 1 (2009) Vol 6, No 1 (2009) Vol 6, No 1 (2009) Vol 5, No 2 (2008) Vol 5, No 2 (2008) Vol. 5 No. 2 (2008) Vol 5, No 1 (2008) Vol. 5 No. 1 (2008) Vol 5, No 1 (2008) Vol. 4 No. 2 (2007) Vol 4, No 2 (2007) Vol 4, No 2 (2007) Vol 4, No 1 (2007) Vol 4, No 1 (2007) Vol. 4 No. 1 (2007) Vol 3, No 2 (2006) Vol 3, No 2 (2006) Vol. 3 No. 2 (2006) Vol. 3 No. 1 (2006) Vol 3, No 1 (2006) Vol 3, No 1 (2006) Vol. 2 No. 2 (2005) Vol 2, No 2 (2005) Vol 2, No 2 (2005) Vol. 2 No. 1 (2005) Vol 2, No 1 (2005) Vol 2, No 1 (2005) Vol 1, No 2 (2004) Vol. 1 No. 2 (2004) Vol 1, No 2 (2004) Vol 1, No 1 (2004) Vol 1, No 1 (2004) Vol. 1 No. 1 (2004) More Issue