cover
Contact Name
Asmara Yanto
Contact Email
Asmara Yanto
Phone
-
Journal Mail Official
asmarayanto@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 20894880     EISSN : 25988263     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Mesin (JTM) is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mechanical engineering and other related topics. All papers are peer-reviewed by at least two referees. JTM is managed to be issued twice in every volume (April and October).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2013)" : 6 Documents clear
UJI KINERJA ALAT PENGERING LORONG BERBANTUAN POMPA KALOR UNTUK MENGERINGKAN BIJI KAKAO M Yahya
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : LP2M - Institut Teknologi Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.174 KB)

Abstract

Indonesia merupakan produsen kakao terbesar ketiga di dunia setelah negara Pantai Gading dan Ghana. Sumatera Barat termasuk diantara daerah penghasil kakao terbanyak di Indonesia dan merupakan sentra pengembangan tanaman kakao untuk Wilayah Barat Indonesia. Hasil biji kakao kering Sumatera Barat diekspor mempunyai nilai jual yang rendah jika dibandingkan dengan biji kakao kering yang diekspor negara lain, hal ini dikarenakan oleh kualitas yang rendah. Penyebab rendahnya kualitas biji kakao kering yang dihasilkan Sumatera Barat adalah: Biji kakao tidak difermentasi terlebih dahulu oleh petani sebelum dikeringkan dan juga biji kakao dikeringkan secara langsung dibawah sinaran matahari. Disamping itu pengeringan secara langsung dibawah sinaran matahari memerlukan waktu yang lama. Sebuah alat pengering lorong berbantuan pompa kalor telah dibangun dan diuji di Institut Teknologi Padang, pada pengujian ini telah dikeringkan biji kakao yang telah difermentasi sebanyak 50 kg dari kadar air awal 67% basis basah sehingga kadar air akhir 7,5% basis basah selama tiga hari dengan rata-rata intensitas matahari 576,8 W/m2, temperatur dan relative humidity udara di ruang pengering 53,4o C dan 26,9%. Efisiensi rata-rata alat pengering diperoleh 38%, sedangkan efisiensi maksimum dicapai sebanyak 61%. Waktu pengeringan alat ini lebih cepat dan kualitas hasil pengeringan lebih baik jika dibandingkan dengan mengeringkan secara langsung di bawah sinaran matahari.
STUDI MORFOLOGI FRACTURE SURFACE DENGAN HASIL SPOT WELDING Nofriady Handra; Rio Ansuni
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : LP2M - Institut Teknologi Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.138 KB)

Abstract

This research background with the desire of knowledge about what exactly the author Spot Welding and is usually used in the automobile industry for the manufacture of body of a car, the purpose of this study was to determine the time to do a good press plate welding especially in Black and Galvanized plate with a thickness of 1.2 mm . The first method of research conducted test process composition, creation of test samples, perform welding with welding machine Spot Welding, further testing of tensile and shear on each - each plate type, data processing, data analysis form conclusions, and report generation. After doing the research and the results obtained, a good press time at 3.5 seconds on each plate with the current 26 Ampere, it is evident after tensile test on galvanized plate and black plate worth gained the greatest diameter 4.3 mm for the black plate and for shear test galvanized plate and black plate valued largest diameter 5,35 mm for the black plate. From the above data it can be concluded that at the time of press time spot welding greatly affect the value of tensile and shear strength, in due time to the welding electrode material emphasis will generate heat, thus forming clumps, the resulting heat will affect the outcome of the weld .
PENGARUH KOMPOSISI FLY ASH DAN SUHU SINTER TERHADA KEKERASAN PADA MANUFACTURE KERAMIK LANTAI Nurzal, Nurzal; .N, Eko Saputra
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : LP2M - Institut Teknologi Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.584 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komposisi fly ash dan suhu sintering terhadap kekerasan Vickers keramik lantai dari fly ash yang telah di-vitrifikasi. Fly ash yang digunakan berasal dari sisa pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap dari Sijantang Sawahlunto. Pertambahan jumlah produksi fly ash menyebabkan dampak negatif pada lingkungan, sehingga salah satu solusi untuk mengatasi dampak tersebut adalah dengan cara memanfaatkan fly ash yang telah di-vitrifikasi sebagai raw material untuk membentuk keramik lantai. Dalam penelitian ini, komposisi bahan dibuat dengan mencampurkan 50 % berat fly ash vitrifikasi (Fav) + 40 % berat clay + 10 % berat batu kapur, 70 % berat fly ash vitrifikasi (Fav) + 24 % berat clay + 6 % berat batu kapur dan 90 % berat fly ash vitirfikasi (Fav) + 8 % berta clay + 2 % berat batu kapur. Spesimen uji dibuat berbentuk silindris dengan diameter 15 mm dengan tekanan sebesar 120 MPa. Spesimen uji kemudian di-sinter pada suhu 1050, 1100, 1150 oC dengan laju pemanasan 10 oC/menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimal kekerasan vickers terjadi pada spesimen (50 % berat fly ash vitrifikasi + 40 % berat clay + 10% berat batu kapur) pada tekanan 120 MPa dan suhu sinter 1150 oC, yaitu sebesar 11.006 Kg/mm2 .
ANALISA EFISIENSI KOLEKTOR SURYA PLAT DATAR DENGAN DEBIT ALIRAN FLUIDA 3-10 LITER/MENIT Sulaeman Sulaeman; Darul Mapasid
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : LP2M - Institut Teknologi Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.682 KB)

Abstract

Solar thermal energy is one of the potential energy to be explored and developed further as a source of backup energy. To be able to directly utilize solar thermal energy to heat water can be used in a device that can collectsolar energy to the Earth's surface and convert it back into useful heat energy. This device is called the solarcollector. Solar collectors can be defined as a heat transfer system that generates thermal energy by harnessingthe Sun's radiation as the main source of energy. After testing by varying the flow capacity of 3 litters /minute upto 10 liters/minute, then in the temperature of the fluid can come out (Tout) is the highest of 61,9 C, which ispresent on the stream discharge 7,5 litters/minute. And the highest efficiency in the discharge flow of 5 litters/minute is equal to 86,54%. The results of this test indicate the efficiency of the collector surya.
PENGARUH MOISTURE CONTENT DAN THERMAL SHOCK TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN FISIK KOMPOSIT HIBRID BERBASIS SERAT GELAS DAN COIR Mastariyanto Perdana
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : LP2M - Institut Teknologi Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.279 KB)

Abstract

Salah satu pemanfaatan komposit adalah sebagai material blade turbin angin. Ini disebabkan komposit memiliki sifat ringan dan relatif kuat. Namun, komposit yang berbasis serat sintesis dikurangi penggunaannya untuk mendapatkan sifat ramah lingkungan. Sehingga penelitian ini menggunakan serat hibrid yang terdiri dari 60% fiberglass dan 40% coir. Fraksi volume antara serat hibrid dan epoksi adalah 30:70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trendline perubahan sifat mekanik dari komposit akibat pengaruh lingkungan (moisture content dan thermal shock) karena komposit akan diaplikasikan sebagai bahan blade turbin angin. Komposit direndam dalam air dengan variasi perendaman 6, 12, 18, dan 24 jam untuk mengetahui pengaruh moisture content. Pengaruh thermal shock diuji dengan pemanasan 800 C dan pendinginan dengan siklus 5, 10, 15, dan 20. Hasil pengujian menunjukkan degradasi kekuatan tarik dan ketangguhan impak komposit. Penurunan kekuatan tarik akibat pengaruh perendaman untuk masing-masing variasi sebesar 6.63%, 15.60%, 22.65% dan 28,61%. Penurunan kekuatan tarik akibat pengaruh siklus thermal shock berturut-turut 3.83%, 9.60%, 17.28%, dan 4.98%. Penurunan ketangguhan impak akibat pengaruh perendaman untuk masing-masing variasi sebesar 40.66%, 44.00%, 47.33% dan 48.00%. Penurunan ketangguhan impak akibat siklus thermal shock berturut-turut 24.67%, 46.67%, 51.33%, dan 51.33%. Degradasi kekuatan komposit disebabkan terjadinya pull-out, delaminasi, dan perubahan struktur komposit menjadi lebih getas (brittle).
ANALISA KEKUATAN SUPER STRUKTUR BUS AKIBAT KECELAKAAN TERGULING (ROLLOVER) DENGAN MENGGUNAKAN UJI PENDULUM Ahmad Fauzan Suryono
Jurnal Teknik Mesin (JTM) Vol 3, No 1 (2013)
Publisher : LP2M - Institut Teknologi Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.084 KB)

Abstract

Rollover accidents are critical issue in many countries in the world because it is one mode that often causing the number of deaths and serious injuries to passengers and crews bus. Therefore, to ensure the safety of passengers necessary to test the strength of the bus superstructure prototype before the bus have road worthy license. Testing is guided by the standards that apply to a state. One of the standards used at many countries in the word is ECE-R66 (Economic Commission for Europe-Regulation 66) which regulates the construction and design of many types of passenger vehicles.In this research, methods of testing are the pendulum test and it was simulated by Finite element software soft ware. The purposes of this study are evaluating compatibility this software, determining energy absorption capacity and the deformation that occurs in the superstructure when a loads subjected from the outside of superstructure. In the pendulum test simulation the maximum deformation value is 520 mm at time is 0.45 s, and 466 mm at time is 1.5 s. The maximum stress occured at the joint between the roof structure with cantrail and it’s value equal to 266 at simulation. Beside it, the simulation show the energy is absorbed by the superstructure at rollover test simulation equal to 66.23%.. Base on simulation result, it can be concluded that the modeling vehicle is indicated safety for passenger if occure rollover accident.

Page 1 of 1 | Total Record : 6