cover
Contact Name
Lestari Sukarniati
Contact Email
optimum@uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
optimum@uad.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Optimum : Jurnal Ekonomi dan Pembangunan
ISSN : 14116022     EISSN : 26139464     DOI : 10.12928
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL OPTIMUM adalah jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap Maret dan September. Jurnal OPTIMUM memuat artikel penelitian bidang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi yang ditulis oleh dosen, alumni, mahasiswa, dan praktisi dalam negeri maupun luar negeri.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2018)" : 9 Documents clear
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI INOVASI UKM KONVEKSI DI KABUPATEN SRAGEN Dewi, Septiana Novita
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.961 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.8830

Abstract

Konstribusi UKM pada perekonomian yang sangat besar dan perkembangan yang  semakin  meningkat  dari  segi  kuantitas   ternyata   belum   diimbangi  dengan peningkatan kualitas, sehingga tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja pemasaran melalui orientasi pelanggan dan orientasi inovasi UKM Konveksi di Kabupaten Sragen. Populasi penelitian ini adalah pemilik atau  pengelola UKM konveksi di Kabupaten Sragen. Kriteria  pemilik atau pengelola UKM yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah data yang publikasikan  oleh BPS sebagai UKM dan sesuai dengan (UU. No. 20 tahun 2008). Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 970X10%= 97 responden, dibulatkan menjadi 100 responden, maka dalam penelitian ini sampelnya 100 responden UKM konveksi di Kabupaten Sragen dengan menggunakan  convenience   sampling. Analisis penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan  Orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi pelanggan. Orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi inovasi. Orientasi kewirausahaan, orientasi pelanggan dan orientasi inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dan orientasi pembelajaran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel yang paling dominan adalah variabel orientasi pembelajaran melalui orientasi inovasi terhadap kinerja pemasaran.
PENGARUH PENGADOPSIAN INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS (IFRS) TERHADAP MANAJEMEN LABA Ayem, Sri; Wahidah, Umi
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.387 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.8854

Abstract

This research aimed to examine the effect of the adoption of International Financial Reporting Standards (IFRS) on eearning management on companies listed in IDX. Earning management that used in this research was discretionary accrual. This research is also use the control variable size, leverage, and return on equity (ROE). This research used populations sector of transport service companies that listed in Indonesia Stock Exchange. The data of this research taken from secondary data that was from the Indonesia Stock Exchange in the form of Indonesian Capital Market Directory (ICMD) and the annual report of the company 2011-2015. The method of collecting sample was purposive sampling technique as many as 75 companies. The method of analysis used in this research is multiple regression analysis. Based on regression testing shows that the adoption of International Financial Reporting Standards (IFRS) have a negative significant effect on earnings management. This indicates that the adoption of IFRS can decrease earnings management practices. ROE control variables also significantly affect the application of IFRS in the practice of earnings management, while control size and leverage variables do not affect the application of IFRS in practice earnings management 
Uji Parsial Cash Rasio ,Debt to Equity Rasio Dan Total Assets Turnover Terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia yuniastuti, rina milyati
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.058 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.9011

Abstract

Uji Parsial terhadap cash rasio ,debt to equity rasio ,total assets turnover pada return on assets pada perusahaan transportasi memberikan dampak pengaruh terhadap return on assets. Ketiga rasio pada cash rasio,debt to equity rasio dan total asets turnoversebagai variabel independent mempunyai pengaruh secara parsial terhadap return on assetssebagai variabel dependent.Dan dari ketiga ratio berpengaruh memberikan kembalian assets ke perusahaan,sehingga perusahaan akan lebih efektifitas dalam pengembalian keuntungannya
faktor-faktor yang mempengaruhi penolakan pemakaian pupuk organik Purwoko, Purwoko
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.235 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.8989

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini akan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penolakan pemakaian pupuk organik bersubsidi dengan menggunakan kerangka berpikir teori perilaku terencana modifikasi. Latar belakang yang mempengaruhi sikap dalam teori perilaku terencana modifikasi yang dipakai dalam model penelitian adalah variabel nilai kepedulian terhadap alam dan pengalaman. Sedangkan variabel harga, informasi dan minat mempengaruhi perilaku. Pemilihan variabel latar belakang berdasarkan hasil FGD dan in dept interview dan focus group discusison.Penelitian ini menggunakan metode penelitian sebagai berikut: teknik pengumpulan data dengan non probability sampling,  pengukuran model menggununakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan uji struktural model menggunakan Structural  Equation Modelling (SEM).Nilai kepedulian terhadap alam tidak mempunyai  pengaruh negatif terhadap sikap petani dalam menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Pengalaman mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap sikap menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Informasi tentang pupuk organik tidak berpengaruh terhadap minat petani. Harga pupuk organik tidak berpengaruh terhadap minat dan perilaku menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Sikap menolak mempunyai pengaruh positif dan  signifikan terhadap minat menolak memakai pupuk organik bersubsidi. Minat menolak memakai pupuk organik bersubsidi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penolakan pemakaian pupuk organik bersubsidi.Penelitian ini memberikan model prediktif yang bisa menjelaskan keputusan penolakan pemakaian pupuk organik bersubsidi, sehingga hasil penelitian ini memberikan masukan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan tentang pupuk organik bersubsidi.   
Optimalisasi Aksesibilitas Sebagai Percepatan Pembangunan : Studi Kasus Penataan Jalan di Kabupaten Pangandaran Kharisma, Bayu
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.824 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.9014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembangunan infrastruktur, khususnya penataan jalan, kebijakan penataan jalan ditinjau dari aspek spasial dan aksesibilitas pembangunan di Kabupaten Pangandaran. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konektivitas, Metode USG dan Analisa SWOT. Sumber data yang dijadikan informan adalah Bappeda Kabupaten Pangadaran dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan dokumen RPJMD Kabupaten Pangandaran 2016-2021, Profil Daerah Kabupaten Pangandaran 2106. Peta Tematik Kabupaten Pangandaran yang resmi untuk dijadikan rujukan menganalisa secara spasial. Selain itu, proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara disertai permintaan data digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembangunan infrastruktur terkait penataan jalan di Kabupaten Pangandaran saat ini merupakan prioritas utama kegiatan pembangunan. Hal ini tidak lepas bahwa kondisi jalan yang ada saat ini dapat dikatakan kurang layak dan merupakan warisan dari Kabupaten Ciamis. Kebijakan penataan jalan merupakan hal yang mendesak karena jika ditinjau dari aspek spasial Kabupaten Pangandaran berada pada wilayah yang rawan bencana. Disisi lain, kondisi topologi dan geografi Kabupaten Pangandaran yang penuh tantangan menjadi alasan tersendiri menjadi prioritas. Aksesibilitas dapat meningkatan percepatan pembangunan di Kabupaten Pangandaran karena letak Kabupaten Pangandaran yang strategis dan menjadi jalur daerah tujuan wisata.
ANALSIS PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN HAND PHONE MELALUI E-COMMERCE MOBILE APPLICATION Mardi Putra, Hamzah Muhammad
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.473 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.8590

Abstract

Terjadi peningkatan pembelian mobile phone melalui e-commerce mobile applications. Faktor perilaku dari konsumen seperti Manfaat Aplikasi, Kemudahaan Penggunaan, Kompatibilitas, Sikap Konsumen terhadap Pembelian Handphone melalui Mobile Apps mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan perilaku konsumen terhadap pembelian handphone melalui e-commerce mobile application. Metode yang digunakan adalah integrasi TAM (Technology Acceptance Model) dan IDT (Innovation Diffution Technology) yaitu menghubungkan Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas dengan Sikap terhadap Penggunaan dan Kepuasan Konsumen. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling dan snonwbowling. Jumlah sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dari Kegunaan, Kemudahan Penggunaan dan Kompatibilitas terhadap Sikap pada Penggunaan Mobile Application. Kegunaan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif terhadap Kegunaan aplikasi Mobile. Sikap berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, e-commerce, Mobile Phone, Mobile Application
PERANAN KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI PADA ORGANISASI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA ORGANISASI MELALUI KEPUASAN KERJA Kusuma, Desta Rizky
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.716 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.8919

Abstract

Job satisfaction to be one of the successful performance of the company. Leadership and motivation are factors that can determine a persons job satisfaction. This study wanted to examine the role of leadership in organizational performance. The purpose of this study was to test and prove that employee satisfaction is determined by the role of leadership and employee motivation. The results of this study are expected to provide an evaluation of the importance of the leadership role in creating job satisfaction can drive better organizational performance.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA SERTA KINERJA KARYAWAN PT PUPUK KALIMANTAN TIMUR TBK hidayat, abdul choliq
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.532 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.9218

Abstract

The purposes of this research were to examine and analyze the influence of the following variables: 1. Leadership Style on Work Motivation; 2. Leadership Style on Job Satisfaction; 3. Leadership Style on Employee Performance; 4. Work Motivation on Employee Performance; 5. Job Satisfaction on Work Motivation; and 6. Job Satisfaction on Employee Performance of PT Pupuk Kaltim Tbk.The study was conducted in PT Pupuk Kaltim Tbk in Bontang, East Kalimantan Province. The total number of samples was 168 pairs of questionnaires from 198 packs of respondents and the population consisted of 1,465 employees, obtained by using proportional stratified random sampling. Data analysis used Structural Equation Modelling (SEM), assisted by software program AMOS.Based on research data, analysis and discussion, the results were: The indicators on the variable of leadership style was the orientation of success. The variable of work motivation was the affiliation (arithmetic mean) and competence (confirmatory factor analysis). The variable of  job satisfaction was the company and management. Meanwhile, the variable of employee performance, in which the respondents were supervisors, was the use of time for employees. Leadership style can enhance employee performance through increasing either work motivation or job satisfaction, or increasing both, job satisfaction and work motivation. The employee performance of  PT Pupuk Kaltim Tbk can not be influenced by leadership style directly. It is suggested that the management of PT Pupuk Kaltim Tbk give attention by conducting comprehensive research and scientific steps to make changes in Human Resources Management, especially in revitalizing leadership so that the company’s objective, vision and mission can be achieved well.
Analisis Preferensi Konsumen Rumah Tangga Terhadap Teh Celup di Kota Semarang (Analysis of Household Consumers Preference towards Tea Bags in Semarang City) Ikmanila, Regina; Mukson, Mukson; Setiyawan, Hery
Optimum: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.227 KB) | DOI: 10.12928/optimum.v8i1.9080

Abstract

ABSTRAKKonsumsi teh yang tinggi di Kota Semarang dan terjadinya perubahan pola konsumsi teh di masyarakat dari teh seduh ke teh celup membuat teh celup memiliki prospek yang tinggi untuk masuk ke pasar teh. Produsen perlu memahami preferensi konsumen dalam membeli teh celup supaya dapat merencanakan, mengembangkan, dan memasarkan produknya dengan baik. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat preferensi dan urutan kepentingan atribut produk teh celup pada konsumen rumah tangga di Kota Semarang. Penelitian dilakukan di Kecamatan Semarang Barat, Semarang Selatan dan Banyumanik yang mewakili daerah pantai, dataran rendah, dan perbukitan di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden rumah tangga diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis konjoin dengan kombinasi sebanyak 16 stimuli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen rumah tangga terhadap atribut teh celup di Kota Semarang adalah yang memiliki rasa melati (jasmine), harga berkisar Rp 5.000,00-10.000,00 per  kemasan, merek terkenal, kemasan kotak (box) dan memiliki informasi kadaluarsa yang jelas. Urutan kepentingan atribut teh celup berturut-turut adalah rasa, merek, harga, kemasan, dan informasi kadaluarsa.Kata kunci: Preferensi konsumen, teh celup, analisis konjoin ABSTRACTHigh tea consumption in Semarang City and the change of tea consumption pattern from loose leaf tea to tea bags make tea bags have a high prospect of getting into the tea market. Producers need to understand consumer preferences in buying tea bags so they can plan, develop, and market their products well. This research aimed to analyze the level of preference and relative importance of tea bags product attributes on household consumers in Semarang City. The research was conducted in West Semarang, South Semarang and Banyumanik Subdistrict representing coastal area, lowland, and hills in Semarang City. Research method is a survey with the samples number of 100 household respondents taken by purposive sampling technique. Data were analyzed using conjoint analysis with 16 combinations of product. Result showed that household consumers preference for tea bags attribute in Semarang City is jasmine flavor, the price range IDR 5,000-10,000 per pack, famous brand, box packaging and has clear expiration date. Consumers priority of tea bags attribute is taste, brand, price, packaging, and expiration date.Keywords: Consumer preferences, tea bags, conjoint analysis

Page 1 of 1 | Total Record : 9