cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2019)" : 22 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA PADA KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI SISTEM INTERMITTENT WIPER Prasetyo, Didik; Wahyudi, Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji kelayakan peraga sistem intermittent wiper sebagai media pembelajaran dan mengetahui peningkatan penguasaan materi pada mahasiswa setelah belajar menggunakan peraga sistem intermittent wiper. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar validasi ahli untuk penilaian kelayakan peraga dan instrumen soal pilihan ganda untuk penguasaan mahasiswa. Analisis kelayakan peraga dilakukan dengan membandingkan skor yang diperoleh dari validator ahli dengan kriteria kevalidan media peraga yang telah ditetapkan. Sedangkan analisis peningkatan penguasaan materi dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok maupun kelompok kontrol. Hasil penelitian didapatkan bahwa media peraga sistem intermittent wiper tersebut memenuhi kriteria “Layak” sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, analisis hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen setelah diberikan pembelajaran menggunakan alat peraga sistem intermittent wiper. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata saat pretest sebesar 38 yang meningkat menjadi 66,871 saat posttest. Dengan demikian, pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 28,871 atau meningkat 75,98%.
PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENGOPERASIAN MESIN BUBUT Zaifani, Muh. Alfian; Rusiyanto, Rusiyanto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan media video untuk meningkatan nilai siswa pada pembelajaran kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut. Penelitian ini menggunakan model eksperimen semu dengan pola Pre-test - Post-test Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI TP SMK Negeri 5 Semarang. Sampel yang diambil 1 kelas yaitu kelas XI TP 2 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa. Kelompok kontrol akan memperoleh pembelajaran tanpa media video, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media video tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video dapat digunakan dalam proses pembelajaran kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut. Pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen mengalami peningkatan nilai sebesar 39,48% dengan skor rata-rata nilai hasil belajar pre-test sebesar 58,88 meningkat menjadi 82,13 pada skor rata-rata nilai post-test.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMELIHARA KOMPONEN KOPLING Setiawan, Fajar Arif; Masugino, Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar memelihara komponen kopling pada kelas kontrol dibandingkan dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. Pupolasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Subjek yang di gunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas XI TKR II digunakan sebagai kelas eksperimen, dan XI TKR II digunakan sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik sampel yang digunakan adalah teknik total populasi. Hasil penelitian dari pemberian soal pre-test pada kelas eksperimen menunjukkan nilai terendah 4.67, nilai tertinggi 7.00, rata-rata 5.73. Dan pada kelas kontrol nilai terendah 4.67, nilai tertinggi 6.33, dan rata-rata 5.80. Sedangkan hasil data post-test pada kelas eksperimen menunjukkan nilai terendah 7.67, nilai tertinggi 9.33, rata-rata 8.58. Dan pada kelas kontrol  nilai terendah 6.00, nilai tertinggi 8.67, dan rata-rata 7.34. Dengan demikian dapat dikatakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi memelihara komponen kopling.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGGUNAAN SCAN TOOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENDIAGNOSIS KERUSAKAN PADA KENDARAAN EFI Prasetya, Muhammad Iwan; Wijaya, M. Burhan Rubai
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan multimedia interaktif penggunaan scan tool dan menguji keefektifan pemanfaatan multimedia interaktif penggunaan scan tool yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model R&D yang  terdiri 8 langkah. Uji coba penelitian ini menggunakan one group pre test-post test dengan jumlah subjek sebesar 30 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan  tes.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia teruji valid dengan hasil validasi  dari ahli media pertama dan ahli media kedua sebesar 81% dan hasil validasi dari ahli materi pertama dan ahli materi kedua sebesar 72%. Keefektifan multimedia ditunjukkan dengan nilai rata-rata melalui uji coba pre test mahasiswa sebesar 61,5 dan setelah mendapatkan perlakuan, nilai rata-rata melalui uji coba post test meningkat menjadi sebesar 80,8. Adapun hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar 15,53 > ttabel sebesar 1,70, maka Ho ditolak sehingga terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan. Selanjutnya, pengajar dapat menggunakan multimedia ini untuk pembelajaran mendiagnosis kerusakan kendaraan EFI  dan mengembangkannya sesuai dengan perkembangan teknologi.
Cover Volume 19 No.1 Juni Tahun 2019 ., .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM AC Zakariya, Luki; Hadromi, Hadromi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media peraga pada materi sistem AC. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain jenis Pre Test-Post Test Kontrol Group Design,. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kompetensi dasar memelihara/servis sistem AC (air conditioner)pada kelompok eksperimen yang semula 47,89 menjadi 74,78, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata-rata sebesar 46,11 menjadi 81,00. Hasil penghitungan analisis data peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,65 dengan kriteria sedang , sedangkan peningkatan pada kelompok kontrol sebesar 0,516 dengan kriteria sedang.
PENGEMBANGAN JOBSHEET PRAKTIKUM SISTEM PENGAPIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Widyastuti, Ratna Tri; Widjanarko, Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah jobsheet yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan efektif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam praktikum sistem pengapian konvensional dengan berdasarkan metode Research and Development (R&D). Untuk uji coba produk untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pola pre test post test control group design. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini diketahui bahwa hasil pengembangan jobsheet ini valid (layak) digunakan untuk pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata dua validator yang memvalidasi jobsheet. Untuk rata-rata pengujian jobsheet yang dikembangkan sebesar 88,8% dan rata-rata validasi uji soal tes praktek sebesar 83,64%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari uji beda dua rata-rata pada hasil belajar posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh ttabel<thitung, karena thitung berada pada daerah penolakan Ho, maka ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan jobsheet yang dikembangkan dengan jobsheet yang sudah ada dari guru (kontrol) dalam pembelajaranya. Sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah diberikan jobsheet yang dikembangkan.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENERAPKAN FUNGSI PERINTAH DALAM PERANGKAT LUNAK CAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR 2D Amirudin, Amirudin; Khumaedi, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi modul pembelajaran kompetensi menerapkan fungsi perintah dalam perangkat lunak CAD untuk membuat gambar 2D, untuk menguji apakah modul tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui kepraktisan modul tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) yang hanya dibatasi sampai 3D. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 7 Semarang yang berjumlah 72 siswa. Penentuan sampel menggunakan proportional random sampling secara undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Angket diberikan kepada ahli materi pembelajaran dan ahli modul untuk menguji apakah modul tersebut layak isinya. Instrumen tes yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen berupa post test dan pre test. Teknik analisis data yang digunakan adala berupa uji T tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran sangat layak digunakan, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan sangat praktis untuk digunakan.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH DENGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) YANG DILENGKAPI MEDIA MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI Masruri, Masruri; Murdani, Murdani
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan serta terjadinya peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi pada siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pola pre test – post test two group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kedungwuni dengan jumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini adalah semua kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kedungwuni dimana kelas X TP 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TP 2 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membaca gambar proyeksi pada kelompok kontrol nilai rata-ratanya 67,27 dengan kriteria tinggi dengan. Sedangkan pada kelompok eksperimen nilai rata-ratanya 90,84 dengan kriteria sangat tinggi. Ada peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi menggunakan pembelajaran ceramah dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media model dibandingkan dengan pembelajaran ceramah dengan media papan tulis pada siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni. Besarnya peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi yang menggunakan pembelajaran ceramah dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media model pada siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni sebesar 55,80% dengan kriteria cukup, sedangkan yang menggunakan pembelajaran ceramah konvensional sebesar 28,95% dengan kriteria rendah.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENGOPERASIAN REFRIGERANT RECOVERY MACHINE (RRM) BERBASIS FLASH Ningsih, Bhekti Rustia; Abdurrahman, Abdurrahman
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menciptakan produk yang valid dan efektif ketika digunakan oleh mahasiswa pada mata kuliah sistem AC kompetensi praktik pengosongan dan pengisian refrigerant. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, menggunakan pola posttes-only control design. Hasil pengujian validitas multimedia diperoleh skor akhir 3,23 dikonsultasikan dalam tabel konversi skala 4 dinyatakan valid denagn kriteria “Layak”, sehingga multimedia dapat digunakan untuk uji coba. Hasil pengujian efektifitas menyatakan bahwa multimedia efektif terbukti dari uji t dengan taraf signifikansi 5% serta dk = n1-1 dengan kriteria Thitung < Ttabel ada perbedaan, diperoleh Thitung= 0,3566< Ttabel= 1,71. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah menggunakan multimedia.

Page 1 of 3 | Total Record : 22