cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2020)" : 22 Documents clear
KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR TEKNIK Rizkiana, Reza; Khumaedi, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas isi media audio visual gambar teknik yang akan digunakan untuk pembelajaran gambar teknik dan menganalisis efektifitas penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar gambar teknik dengan mengambil sampel dari siswa jurusan teknik pemesinan di SMK N 1 Semarang dengan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada hasil yang diperoleh media audio visual ini valid untuk diterapkan dalam pembelajaran gambar teknik karena tingkat kelayakan ahli mendapat semua sangat sesuai. Media audio visual tersebut efektif untuk meningkatkan membaca gambar teknik karena karena pada hasil uji t pada posttest mendapatkan thitung posttest sebesar 6,366 dan ttabel sebesar 1,67 maka hasil yang diperoleh  thitung > ttabel. Peningkatan untuk pembelajaran menggunakan audio visual  sebesar 65% dan pembelajaran dengan ceramah yang selama ini digunakan sebesar 8%. Jadi peningkatan hasil pembelajaran media audio visual lebih besar dari pada hasil pembelajaran menggunakan ceramah.
Cover Vol. 20 No. 2 Tahun 2020 ., .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI BASIC STANDARD TOOLS DI SMK NEGERI 2 KENDAL Fatkhurohman, Faizal; Masugino, Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan electronic modul basic standard tools (BST) pada kompetensi mengklasifikasi dan menggunakan jenis-jenis BST, mengetahui peningkatan pemahaman siswa, kelayakan E-Modul dan tanggapan siswa terhadap E-Modul yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 28,11 untuk ranah kognitif, dan 32,11 untuk ranah psikomotorik. Uji-t menunjukkan nilai thitung = 12,421 dan 13,830 > ttabel = 2,040. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain = 0,603 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 91,25% untuk ahli media dan 85,90% untuk ahli materi, sehingga E-Modul memenuhi kategori sangat layak. Analisis tanggapan siswa memperoleh sebesar 92,03% termasuk kategori sangat baik.
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA AERODYNAMIC WIND TUNNEL TIPE SUBSONIC Bima, Raka Ekfansyah Putra; Al-Janan, Dony Hidayat
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran karoseri dan desain otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga aerodynamic wind tunnel dan menguji kelayakan alat peraga aerodynamic wind tunnel tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development yaitu kegiatan yang dilakukan secara sistematis dengan mengembangkan produk yang baru atau produk yang sudah ada. Lalu data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil data yang diperoleh alat peraga aerodynamic wind tunnel bisa menampilkan fenomena yang terjadi pada aliran udara terhadap model kendaraan secara langsung dan tidak memerlukan daya yang besar untuk mengoperasikannya.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DIFFERENTIAL BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS XI SMK Kurniawan, Donny; Masugino, Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality dan keefektifan penggunaan pada siswa kelas XI Otomotif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Otomotif SMK Negeri 1 Kota Magelang berjumlah 56 siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil penilaian dari uji ahli materi dan ahli media, multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality telah memenuhi kriteria sangat layak. Terbukti dari rata-rata presentase hasil uji materi sebesar 88% dan hasil uji media sebesar 94%. Multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari grafik peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu sebesar 13, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 7,43, maka perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen sebesar 5,57. Hasil uji t untuk nilai post-test thitung = 3,23 > ttabel 2,052, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil post-test antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol yang memperoleh nilai gain sebesar 0,251208 sedangkan nilai gain pada kelas eksperimen sebesar 0,450495. Interpretasi kelas kontrol masuk dalam kategori peningkatan rendah sedangkan kelas eksperimen masuk dalam kategori peningkatan sedang. Hasil tersebut membuktikan bahwa multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality merupakan multimedia yang efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan berupa aplikasi multimedia pembelajaran differential berbasis augmented reality yang dapat dioperasikan dengan android disertai dengan buku pendamping.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUBUT 2 SENTER MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PRODUK BUBUT BAGI SISWA KELAS XI KAYU 1 SMK NEGERI 2 ADIWERNA Tokharis, Tokharis
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar membubut 2 senter belum mencapai hasil yang diharapkan karena hasil tes pada ulangan harian pertama hanya mencapai ketuntatasan belajar secara klasikal sebesar 41,18 % yang berarti masih dibawah kriteria ketuntasan klasikal ideal yang ditetap sebesar 80 % dari jumlah siswa dikelas tersebut, yang telah mencapai nilai hasil belajar individual diatas KKM sebesar ≥ 80 (tuntas individual) atau daya serap perorangan sebesar 80 %. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskripsi komparatif dengan membandingkan nilai tes awal (ulangan pertama) dan tes antar siklus dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Sedangkan hasil observasi dan refleksi yang dianalisis dengan diskripsi kualitatif yang dilakukan secara kolaboratif. Dari hasil analisis data, dinyatakan: 1) Kondisi awal, bahwa daya serap klasikal yang merupakan hasil belajar seluruh siswa hanya mencapai sebesar 58,82 % berarti berada dibawah ketuntasan klasikal dari ketentuan yang telah ditetapkan sebesar 80% (kondisi ideal). 2) Pada Siklus 1, bahwa daya serap klasikal mencapai sebesar 67,65 % yang berarti masih dibawah ketuntasan kelas. 3) Pada Siklus 2, bahwa daya serap klasikal mencapai sebesar 82,35 % berada diatas ketuntasan kelas yang telah ditetapkan 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi membubut 2 senter dengan menerapkan metode alat peraga pada siswa kelas XI Kayu 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR PROYEKSI AMERIKA Rosalin, Dea Pithaloka; Khumaedi, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kegiatan siswa gambar proyeksi Amerika, mengetahui kepraktisan dan peningkatan hasil belajar. Model penelitian adalah Research and Development/R&D. Penelitian ini menggunakan desain uji true eksperimental jenis pretest-posttest two group control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKRO 1 untuk kelas control dan X TKRO 4 untuk kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 33 siswa. Hasil uji coba ahli media memperoleh presentase kelayakan sebesar 85,3% sedangkan ahli materi sebesar 87%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest sebesar 65,21 untuk kelas control dan 78,82 untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,235 untuk pretest yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan hasil analisis uji-t untuk posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan lembar kegiatan siswa dengan pembelajaran biasa. Hasil perhitungan uji kepraktisan memperoleh rata-rata hasil uji sebesar 4,12 maka lembar kegiatan siswa dikategorikan sangat praktis digunakan.
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SYSTEM POWER WINDOW BERBASIS PENGUKURAN PADA KOMPETENSI DASAR KELISTRIKAN BODI DI SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG JEPARA Wibowo, Wahyu; Hadromi, Hadromi; Ramelan, Ramelan; Roziqin, Ahmad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat peraga sistem power window berbasis pengukuran untuk meningkatkan kompetensi kelistrikan bodi dan keefektifan penggunaaan alat peraga sistem power window berbasis pengukuran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari Define (pendefinisian masalah), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebarluasan produk) dengan menyesuaikan kondisi yang ada di SMK Islam Al- Hikmah Mayong, Jepara. Desain uji coba penelitian ini melalui dua tahap yaitu terdiri dari pengujian internal dan uji coba lapangan dengan menggunakan metode pretest- postest control group design. Berdasarkan penelitian validasi dari ahli media uji kelayakan alat peraga mendapatkan persentase sebesar 84%. Dengan kriteria “sangat layak” dan rata-rata persentase hasil uji materi sebesar 85% dengan kriteria “sangat layak”. Keefektifan penggunaaan alat peraga sistem power window ditunjukkan dengan adanya perbedaan signifikan, dimana kelas kontrol dan eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan yaitu t hitung pada kelas kontrol sebesar 9,77 dan t hitung pada kelas eksperimen sebesar 14,20. Sedangkan pada uji gain juga terdapat peningkatan yang signifikan yaitu pada kelas kontrol mendapat skor 0,88 menunjukkan peningkatan kategori sedang, dan kelas eksperimen mendapatkan skor 0,748 menunjukkan peningkatan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen (menggunakan alat peraga) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tanpa menggunakan alat peraga.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL Mardiana, Adha Dwi; Hadromi, Hadromi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif sistem pengisian konvensional berbasis aplikasi android, mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan media serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan uji coba produk menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes. Hasil validasi media memperoleh skor 190 dari ahli media dan skor 339 dari ahli materi. Penilaian dari ahli media dan ahli materi memperoleh kriteria sangat layak. Hasil penelitian pada peserta didik terbukti efektif yaitu nilai rata-rata pretest sebesar 55,2 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,3, selisih rata-rata 27,1 dengan ketuntasan hasil tes 86,7% dari 3,3%. Uji-t menunjukan nilai thitung = 27,85 > ttabel sebesar 2,045, artinya ada perbedaan yang signifikan, hasil uji gain mendapat skor 0,62 dengan kriteria peningkatan sedang. Produk akhir medapat tanggapan sangat baik dari peserta didik sebagai pengguna dengan persentase sebesar 85,4%.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM EPS (ELECTRIC POWER STEERING) BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Wildan, Ahmad; Supraptono, Supraptono
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan dan tingkat perkembangan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran. Menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE. Desain uji coba produk One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba berjumlah 20 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Chassis dan pemindah daya. Alat pengumpul data berupa instrumen tes. Media pembelajaran layak berdasarkan rational adjustment dari dua orang tenaga ahli yang berkompeten dibidang media dan materi. Hasil uji coba terbukti terdapat perbedaan dan efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan nilai pretest sebesar 55,50 dan posttest 81,67. Dari selisih pretest-posttest diketahui kenaikan nilai sebesar 68,58. Berdasarkan uji T berpasangan yang telah dilakukan dengan hasil thitung = 11,58 dan ttabel = 2,09 (thitung > ttabel) pada ∝ = 5% (thitung > ttabel), sehingga didapatkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yaitu terdapat perbdaan antara pretest dan posttest. Uji gain yang telah dilakukan dengan rata rata 0,60 yang termasuk kategori peningkatan sedang.  

Page 1 of 3 | Total Record : 22