cover
Contact Name
-
Contact Email
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Research and Community Service Institute, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 25031260     EISSN : 25804154     DOI : -
Core Subject : Education,
This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 37, No 2 (2020): October 2020" : 6 Documents clear
PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN DAN KESALAHAN GRAMATIKA PADA KARYA TULIS ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDUNG Apriyanti, Dinda Sari
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 37, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v37i2.27659

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan siswa untuk menulis karya tulis ilmiah masih kurang dikuasasi, khususnya dalam aspek kebahasaannya. Keterangan tersebut berasal dari observasi dan penilaian peneliti. Atas dasar itu, penelitian ini berupaya menganalisis secara mendalam dan mendeskripsikan penggunaan kaidah kebahasaan dan kesalahan gramatika pada karya tulis ilmiah siswa. Deskripsi tersebut dapat menjadi bukti kedaruratan pembelajaran karya tulis ilmiah siswa baik aspek materi, bahan ajar, metode, maupun media, bahkan guru. Berdasar pada hasil yang diorientasikan berupa deskripsi, penelitian ini pun menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berarti menjelaskan objek penelitiannya dengan kata-kata atau deskripsi. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik obeservasi dan tes untuk mengumpulkan datanya. Data tersebut bersumber dari karya tulis ilmiah siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 12 Bandung. Adapun pengolahan data tersebut dengan menempuh tahapan analisis data yang meliputi tahap reduksi data disertai identifikasi data, tahap penyajian data disertai pengelompokan data, serta tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan pematuhan kaidah kebahasaan pada karya tulis ilmiah siswa, tetapi terdapat pula 161 penyimpangan kaidah kebahasaan. Penyimpangan tersebut meliputi 63 kesalahan kata baku (39.1%), 36 kesalahan kata impersonal (22.4%), dan 62 kesalahan kelugasan (38.5%). Selain itu, temuan penelitian ini ialah 121 kesalahan gramatika yang terdiri dari 60 kesalahan pemilihan kata meliputi pengaruh bahasa asing (22.6%), percakapan (6.6%), penggunaan imbuhan (63.3%), konteks kalimat (5%), rancu (1.6%), hiperkorek (1.6%) dan 61 kesalahan penyusunan kalimat mencakup kelogisan (1.6%), kesejajaran (6.5%), kehematan (18%), kesepadanan (63.9%), serta kecermatan (9.8%).
Implementation of the philosophical foundation of education with the concept of free learning by the Minister of Education Nadiem Makarim Utami, Hidayati Puja
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 37, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v37i2.27283

Abstract

The writing of this article aims to describe the phenomenon linked to the concept of Merdeka Learning which was invented by the Minister of Education and Culture (Nadiem Makarim) which refers to the philosophical basis of education. Ideally, the Merdeka Belajar policy for its implementation to work well, it requires a philosophical foundation as well as its analysis. Education itself cannot be carried out on a regular basis, with clear orientations for its objectives, in relation to the content of the program, and effective and efficient methods or methods of implementation only if it is implemented in reference to a solid foundation. So that the objectives are clear, that the content of the program is correct and that the methods of implementation are efficient and effective.
IMPLEMENTATION OF THE BOOK AL-HIKAM CHAPTER AHWALUL ‘ARIFIIN IN INCREASING ETHICAL VALUES IN THE RAUDHOTUL FIRDAUS ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Syamsudin, Alip
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 37, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v37i2.26964

Abstract

Pesantren sekolah/madrasah ialah sarana penunjang pendidikan yang bertindak di satu pihak sebagai pelestari ilmu pengetahuan, dan di lain pihak sebagai sumber bahkan pendidikan yang akan diwariskan kepada generasi yang lebih muda. Secara nyata perpustakaan sekolah/madrasah merupakan sarana untuk proses belajar-mengajar bagi guru maupun murid.            Keberadaan pesantren merupakan sarana yang diperuntukan agar proses belajar-mengajar lebih bersifat aktif dan dinamis. Dengan demikian, pesantren tidak hanya berguna bagi kiyai saja dalam kaitannya untuk mempersiapkan bahan yang akan diajarkan, melainkan juga berguna bagi para santri dalam rangka melengkapi pendidikan selain pendidikan formal. Oleh karena itu, guru harus mampu mengarahkan dan memberikan motivasi agar para remaja lebih mendayagunakan pesantren.             Adapun tujuan yang dimaksud dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui aktivitas kajian kitab al-hikam di pondok pesantren raudhotul Firdaus, untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai etika di pondok pesantren raudhotul Firdaus, untuk mengetahui sejauh mana hasil yang di dapat dalam kehidupan sehari hari dari kajian kitab al-hikam dan kitab tanbihul ghafiliin di ponpes raudhotul firdaus.             Dalam penelitian ini guna memperoleh data dan informasi yang objektif di butuhkan data-data dan informasi faktual dan relevan. Metode yang digunakan penulisan sebagai sarana dan pedoman yaitu menggunakan metode kualitatif dekriftif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan, status penomena secara sistematis, actual dan akurat, untuk memperolah data yang lengkap dan objektif (apa adanya sesuai realitas yang sebenarny). maka penulis dengan menggunakan penelitian lapangan (Field Research), yaitu untuk memperoleh data yang ada di lapangan mengenai berbagai gejala yang ada di sekitarnya dengan masalah yang akan dibahas, dan didukung Library Reseacrh yaitu membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan permasalahan ini guna memperoleh kajian teoritis yang kuat.  Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner, dan studi kepustakaan. Implementasi kitab Al-Hikam di pondok pesantren Raudhotul Firdaus efektif dilaksanakan. Menurut hasil wawancara penulis dengan para santri, dewan guru dan pimpinan, penulis mengambil kesimpulan bahwa hasil yang didapat setelah implementasi kitab Al-Hikam pada kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan nilai-nilai etika di kehidupan sehari-hari ketika bermasyarakat umumnya, dan kehidupan sehari-hari di pondok pesantren Raudhotul Firdau s khususnya. Dengan cara tabarukan kitab Al-Hikam peningkatan nilai-nilai etika itu diterapkan oleh para santri, dewan guru, pimpinan hingga alumni di kehidupan sehari-hari mereka. Kata kunci : kitab al-hikam, pondok pesantren, aktivitas 
PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI DESA WAE BANGKA LEMBOR KABUPATEN MANGGARAI BARAT Gusti Ma, Stefanus Hubertus
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 37, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v37i2.25317

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh pendapatan orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Wae Bangka Lembor Kabupaten Manggarai Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Subyek penelitian yakni kepala keluarga (KK) di Desa Wae Bangka Lembor Kabupaten Manggarai Barat yang tersebar di empat Dusun. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket dan selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel pendapatan orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Wae Bangka Lembor yang ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 81,6 persen. Sedangkan 19,4 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikemukakan dalam penelitian ini.
Effect of Mnemonic Method on the Ability to Recall Social Studies in MTs NU Ungaran Sekarwati, Putri; Kustiono, Kustiono
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 37, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v37i2.25904

Abstract

It was observed that some students had difficulty in remembering learning material because the delivery of material was less interesting and enjoyable. The purpose of the study was to find out the difference in the ability to remember students using the mnemonic method and students with the lecture method in social studies subjects. Research design with quasi experiment. The results showed the ability to remember students on pre-test with an average of 52 and increased at the post test by 79.8. for the control class in the pre test has a value of 52.4 increased to 76.3 in the post test. The conclusion of the research is that there is a difference in the improvement of the ability to remember between students who use the mnemonic method and students who learn by the lecture method, with t arithmetic (4,120) t table (2,023), so that the use of the mnemonic method is more effective in improving the ability to remember compared to the lecture method on the eyes social studies lessons.
Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Teknik Kusumaningrum, Maharani
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 37, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v37i2.27721

Abstract

AbstrakPada dasarnya mahasiswa sangat membutuhkan adanya program praktik kerja lapangan baik di industri besar / kecil, instansi, perusahaan. Adanya program Praktik Kerja Lapangan bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengalaman dan pandangan tentang situasi dan kondisi nyata di dunia kerja serta berbagai permasalahan yang dapat terjadi dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini agar mendapatkan gambaran tentang faktor - faktor yang mempengaruhi keberhasilan praktik kerja lapangan mahasiswa Fakultas Teknik. Penelitian ini menggunakan model penelitian survei dan studi literature. Survei dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 sebanyak 305 mahasiswa yang telah mengikuti praktik kerja lapangan dari 14 macam prodi pada fakultas teknik. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa dalam pemilihan lokasi praktik kerja lapangan mempertimbangkan kesesuaian penempatan lokasi atau tempat praktik kerja lapangan dengan bidang ilmunya masing-masing. Sebagian besar dosen pembimbing telah melakukan perannya dalam membantu memberikan arahan kepada mahasiswa dengan baik sehingga kemampuan mahasiswa dapat meningkat. Dan pelayanan administrasi yang dilakukan kepada mahasiswa sudah sesuai dengan sasarannya dalam membatu syarat mahasiswa untuk memenuhi persyaratan - persyaratan administrasi yang diperlukan. Sebagian besar mahasiswa yang mempunyai kemampuan hard skill dan soft skill yang semakin meningkat setelah pelaksanaan praktik kerja. Hal ini menunjukkan bahwa adanya kesiapan kerja bagi mahasiswa untuk kedepannya dapat terjun langsung kedalam dunia kerja. Kata kunci: dosen pembimbing, mahasiswa fakultas teknik, praktik kerja lapangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 40, No 2 (2023): October 2023 Vol 40, No 1 (2023): April 2023 Vol 39, No 2 (2022): October 2022 Vol 39, No 1 (2022): April 2022 Vol 38, No 2 (2021): October 2021 Vol 38, No 2 (2021): Oktober 2021 Vol 38, No 1 (2021): April 2021 Vol 37, No 2 (2020): October 2020 Vol 37, No 1 (2020): April 2020 Vol 36, No 2 (2019): Oktober 2019 Vol 36, No 2 (2019): October 2019 Vol 36, No 1 (2019): April 2019 Vol 35, No 2 (2018): October 2018 Vol 35, No 2 (2018): Oktober 2018 Vol 35, No 1 (2018): April 2018 Vol 34, No 2 (2017): Oktober 2017 Vol 34, No 2 (2017): October 2017 Vol 34, No 1 (2017): April 2017 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 2 (2016): October 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 32, No 2 (2015): October 2015 Vol 32, No 1 (2015): April 2015 Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 31, No 2 (2014): October 2014 Vol 31, No 1 (2014): April 2014 Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 30, No 2 (2013): October 2013 Vol 30, No 1 (2013): April 2013 Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 29, No 2 (2012): October 2012 Vol 29, No 1 (2012): April 2012 Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 28, No 2 (2011): October 2011 Vol 28, No 1 (2011): April 2011 Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 27, No 2 (2010): October 2010 Vol 27, No 1 (2010): April 2011 Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 1 (2010) Vol 27, No 1 (2010) More Issue