cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 14124521     EISSN : 26850885     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021" : 5 Documents clear
Kekuatan Authenticity pada makanan local tradisional serta hubungannya dengan pride dan loyalty Gen Milenial Dyajeng Puteri Woro Subagio; Sri Hastari; Bambang Sutikno
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i4.16652

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian – Munculnya berbagai brand ­­global yang menawarkan makanan yang berasal dari Negara lain di berbagai daerah di Jawa Timur mulai menarik bagi konsumen khususnya generasi milenial. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah baik bagi pelaku bisnis juga pemerintah dalam mempertahankan kelestarian makanan local tradisional (MLT) agar tetap eksis dan disukai oleh konsumen khususnya masyarakat local sebagai “pemilik” budaya dan tradisi setempat. Authenticity merupakan satu kekuatan yang dimiliki MLT yang sulit untuk diimplementasikan secara maksimal oleh brand makanan global. Penelitian ini berfokus untuk menyelidiki pengaruh authenticity yang mengarah pada perasaan emosional generasi millenial berupa pride dan loyalitasnya terhadap MLT dibandingkan dengan makanan global. Desain/Metodologi/Pendekatan – Jenis penelitian ini adalah eksplanatori yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara authenticity MLT, pride, serta loyalty. Sampel pada penelitian ini sebanyak 200 responden milenial kelahiran tahun 1980-2000 yang berdomisi di Jawa Timur, Indonesia. Pendekatan Variance Based SEM dengan alat analisis smartPLS 3.0 digunakan dalam penelitian. Temuan – Hasil analisis menunjukkan bahwa authenticity secara langsung berpengaruh signifikan pada loyalty dan pride. Selanjutnya, variable pride juga secara signifikan mempengaruhi loyalty kuliner local tradisional pada konsumen milenial di Jawa Timur. Selain itu, pride sebagai reaksi emosional yang dirasakan konsumen mampu memediasi secara partial hubungan antara authenticity dan loyalty.  Keterbatasan penelitian – Dinamika konsumen terhadap MLT tentu memerlukan penyelidikan lebih lanjut terkait dengan faktor-faktor pendorongnya. Tidak hanya terbatas pada authenticity, pride dan loyalty pada konsumen local, variable lain serta responden dari luar wilayah bisa peluang bagi penelitian selanjutnya.  Originality/value – Studi ini mengungkapkan kekuatan strategi authenticity MLT saat bersaing dengan merek makanan global sebagai upaya pelestarian budaya local. Untuk mendapatkan manfaat yang berkelanjutan, MLT perlu meningkatkan pride dan loyalitas konsumen yang secara tidak langsung berguna sebagai agen promosi MLT baik pada masyarakat domestic maupun wisatawan manca Negara.Keywords : Authenticity, Pride, Loyalty, Local Food
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA SAHAM KONVENSIONAL DAN REKSA DANA SAHAM SYARIAH PADA REKSA DANA YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN Endi Djoyo Negoro W; Marlina Widiyanti; Isni Andriana; Taufik Taufik
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i4.15868

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kinerja reksa dana saham konvensional dengan kinerja reksa dana saham syariah yang diukur berdasarkan return reksa dana, return pasar, tingkat investasi bebas risiko, dan tingkat risiko reksa dana dengan menggunakan analisis perbandingan kinerja metode Sharpe, metode Treynor, dan metode Jensen. Metode analisis yang digunakan adalah metode uji beda dua rata-rata independent sample t-test dan man-whiteney test. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 22 reksa  dana saham konvensional dan 11 reksa dana saham syariah. Hasil penelitian setelah dilakukan uji beda dengan alpha 5% menunjukkan hipotesis yang diuji dengan metode Sharpe, Treynor, dan Jensen menunjukkan bahwa kinerja reksa dana saham konvensional dan kinerja reksa dana saham syariah tidak ada perbedaan signifikan jika diukur dengan rasio Sharpe, Treynor dan Jensen.  
Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening Siti Miftahul Jannah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i4.16063

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian – Hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi salah satunya dengan melihat ukuran perusahaan dan pengelolaan modalnya untuk menunjang harga saham yang menunjukkan nilai dari perusahaan tersebut. Untuk itu, penting untuk mengetahui ukuran perusahaan dan struktur modal dalam sebuah perusahaan agar invostor mengetahui nilai perusahaan. Desain/Metodologi/Pendekatan – Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan objek pada sub sektor industry barang konsumsi dan sub sektor pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Dengan jumlah populasi sebesar 119 perusahan dan sampel sebesar 92 perusahaan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Temuan – Ukuran perusahaan berpengaruh negative signifikan terhadap nilai perusahaan.Ukuran perusahaan berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap struktur modal.Struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. dan struktur modal tidak dapat menjadi variabel intervening pengaruh dari ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan Keterbatasan penelitian – Penelitian ini hanya menggunakan objek pada perusahaan dengan sub sektor pertambangan dan sub sektor industry barang konsumsi. Selain itu, penelitian ini menggunakan satu indikator penilaian pada setiap variabel. Originality/value – Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat dalam bidang keuangan dalam sebuah perusahaan dan penilaian terhadap ukuran, nilai dan modal perusahaan. Keywords : Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Nilai Perusahaan. 
Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Praktik Income Smoothing pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Lency Puspa Sari; Marlina Widiyanti; Isni Andriana
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i4.16154

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian – Untuk menganalisa dan mengevaluasi praktik income smoothing yang terjadi pada perusahaan LQ45 di BEI serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap praktik income smoothing pada perusahaan LQ45 di BEI periode tahun 2014-2019. Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 di BEI yang kemudian dipilih sebanyak 23 sampel perusahaan yang diseleksi dengan metode purposive sampling. Indeks Eckel digunakan untuk mendeteksi praktik income smoothing. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi logistik. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari data sekunder. Temuan – Hasil penelitian menunjukkan dari keempat faktor yang diuji hanya firm size dan profitabilitas yang berpengaruh signifikan terhadap praktik income smoothing sedangkan industry sector dan financial leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik income smoothing pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI. Keterbatasan penelitian – Penelitian ini hanya berfokus pada empat faktor yang diuji yaitu firm size, profitabilitas, industry sector dan financial leverage. Sedangkan masih banyak faktor lain di luar model penelitian ini yang dapat mempengaruhi praktik income smoothing misalnya harga saham, nilai perusahaan, dividend payout ratio, earning per share, managerial ownership, kualitas audit dan lain sebagainya yang dapat diteliti lebih lanjut. Originality/value – Penelitian ini dapat memberikan informasi kepada pihak eksternal khususnya investor untuk tidak hanya berfokus pada laba yang dihasilkan oleh perusahaan, melainkan juga harus memperhatikan proses dalam menghasilkan laba itu sendiri. Sebab pada kenyataannya laba dapat dimuluskan sedemikian rupa melalui praktik income smoothing sehingga laba yang dihasilkan oleh perusahaan tampak stabil setiap periodenya. Keywords : Firm Size, Profitabilitas, Financial Leverage, Industry Sector, Income Smoothing. 
Konsekuensi dari Customer Satisfaction pada Provider Telekomunikasi Aqilla Nissa Ardani; Kurniawati .; Fitri Paras; Millenia Syafitri
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021
Publisher : Program Studi Magister Manajemen FE Unsri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29259/jmbs.v19i4.16603

Abstract

Tujuan penelitian – Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui sikap merek dan kepercayaan merek penyedia jasa telekomunikasi. Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik purpose sampling dengan menggunakan software SPSS dan AMOS. Responden yang digunakan sebanyak 240. Untuk menganalisis data, menggunakan metode pengujian hipotesis. Temuan – Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa variable brand trust memiliki peran mediasi customer satisfaction terhadap customer loyalty. Keterbatasan penelitian – Penelitian ini hanya terfokuskan pada layanan provider telekomunikasi, sehingga tidak dapat diaplikasikan kepada industri lain. Originality/value – Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukkan kepada manajer atau perusahaan layanan provider, untuk dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 1 (2022): Vol 20, Nomor 1, Tahun 2022 Vol 20, No 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 19, No 4 (2021): Vol 19, Nomor 4, Tahun 2021 Vol 19, No 3 (2021): Vol 19, Nomor 3, Tahun 2021 Vol 19, No 2 (2021): Vol 19, Nomor 2, Tahun 2021 Vol 19, No 1 (2021): Vol 19, Nomor 1, Tahun 2021 Vol 18, No 4 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 3 (2020): Volume 18, Nomor 3, Tahun 2020 Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 4 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 3 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 4 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 3 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 4 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 3 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 4 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 3 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 4 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 3 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 4 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 3 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 4 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 3 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 11, No 2 (2013): JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 18 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 9, No 17 (2011): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 16 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 8, No 15 (2010): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 14 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 7, No 13 (2009): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya More Issue