cover
Contact Name
Deni eko saputro
Contact Email
061002218@uii.ac.id
Phone
+62274-881546
Journal Mail Official
editor.jsb@uii.ac.id
Editorial Address
Management Development Centre (MDC) Faculty of Business & Economics, Universitas Islam Indonesia Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Siasat Bisnis
ISSN : 08537666     EISSN : 25287001     DOI : https://doi.org/10.20885/jsb
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is a peer review journal published twice a year (January and July) by Management Development Centre (MDC)-Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia. JSB) addresses the broad area of management science and its applications in industry and business. It is particularly receptive to research relevant to the practice of management within the emerging regions and its effects beyond. It covers studies on how management work is done (descriptive) and/or should be done (normative) in diverse organisational forms, either in profit or non-profit firms, private or public sector institutions, or formal or informal social networks. We welcome qualitative studies with high-quality, rigorous methods, and strong impact on the field. Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Computing and technology management 5. Finance and investment management 6. Innovation and knowledge-based management 7. Entrepreneurship 8. Organisational behaviour and people management 9. Corporate social responsibility 10. Islamic business and management
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2017)" : 6 Documents clear
Hubungan kepemilikan psikologikal pada konteks budaya jawa dengan anteseden dan konsekuensinya Reni Rosari
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 1 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss1.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kepemilikan psikologikal pada konteks budaya Jawa, yaitu rumongso melu handarbeni (kepemilikan psikologikal berorientasi sosial) dan rumongso melu handuweni (kepemilikan psikologikal berorientasi individu) dengan anteseden (kepemimpinan transformasional) dan konsekuensinya (komitmen organisasional afektif dan perilaku kewargaan organisasional). Hipotesis diuji dengan menggunakan survei data yang dikumpulkan dari 586 pekerja dari berbagai bidang yang memiliki latar belakang lahir dan atau besar dan bekerja di Jawa (Jawa Tengah atau Daerah Istimewa Yogyakarta). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan rumongso melu handarbeni memiliki konsekuensi positif terhadap sikap (komitmen afektif) dan perilaku (perilaku kewargaan organisasional) karyawan. Sementara, keberadaan rumongso melu handuweni memiliki konsekuensi negatif (tidak signifikan) terhadap sikap (komitmen afektif) dan perilaku (perilaku kewargaan organisasional) karyawan. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa semakin rumongso melu handarbeni karyawan terhadap organisasi, maka semakin baik hasil akhirnya bagi organisasi. Sebaliknya, semakin rumongso melu handuweni karyawan terhadap organisasi, maka semakin tidak diinginkan hasil akhirnya bagi organisasi.
Evaluasi produk berlabel standar: Persepsi konsumen pria dan wanita Medi Yarmen; I Gede Mahatma Yuda Bakti
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 1 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss1.art4

Abstract

Label standar adalah salah satu label produk yang sering dipakai oleh produsen untuk memasarkan suatu produk. Hal tersebut penting bagi perusahaan karena label standar memiliki hubungan yang erat dengan kualitas produk. Apalagi, kadang kala konsumen mengalami kesulitan dalam mengevaluasi kualitas suatu produk. Akibatnya, mereka sering mempertimbangkan informasi-informasi yang tertera pada suatu produk atau kemasannya, termasuk mempertimbangkan kehadiran label standar. Jenis kelamin konsumen merupakan salah satu faktor yang menentukan bagaimana konsumen menggunakan label standar dalam keputusannya membeli suatu produk. Sayangnya, penelitian yang menguji secara empiris terkait dengan peran jenis kelamin dalam keputusan pembelian produk berlabel standar masih sangat jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konsumen pria dan wanita memiliki perbedaan pertimbangan dalam mengevaluasi produk berlabel standar. Penelitian ini dilakukan dengan cara teknik survei dengan kuesioner. Pengambilan data dilakukan dengan cara teknik convenience sampling. Sebanyak 207 responden bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Pada penelitian ini pengujian dilakukan pada dua aspek, yaitu (1) level pengenalan merek, dan (2) level keterlibatan produk. Berbagai produk yang diuji antara lain kalkulator, deterjen, laptop, smartphone, senter, dan kipas angin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara umum pria dan wanita memiliki kesamaan pandangan dalam mengevaluasi produk berlabel standar. Meskipun begitu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dalam kondisi tertentu, pria dan wanita dapat memiliki perbedaan persepsi dalam mengevaluasi produk berlabel standar.
Pengujian model second order pada dimensi-dimensi citra toko Siti Saroh
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 1 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss1.art5

Abstract

Penelitan tentang dimensi citra toko umumnya terbatas pada penggunaan variabel laten yang diukur melalui satu tahap (single order), padahal indikator dari citra toko sangat variatif dan komplek. Tujuan penelitian ini menguji dimensi citra toko melalui pengujian dua tahap (second order). Alat analisis yang digunakan adalah Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Analisis GSCA dapat diterapkan pada hubungan antar variabel yang komplek, GSCA dapat digunakan pada model struktural yang melibatkan variabel dengan indikator dan butir serta dinyatakan dalam bentuk diagram jalur. Hasil temuan menunjukkan bahwa dimensi-dimensi yang mempengaruhi terbentuknya citra toko oleh-oleh berdasar persepsi konsumen, apabila diurutkan secara rangking maka memperoleh hasil sebagai berikut; dimensi Institusi Toko Eceran, Barang Dagangan, Kemudahan, Fisik, Suasana Toko, Pelayanan, dan terakhir dimensi Para Pembeli.
Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay Anjar Priyono
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 1 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss1.art6

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengamati penggunakan pembayaran elektronik dengan menggunakan dompet elektronik (dompet elektronik) yang ditawarkan oleh Go-Jek. Dompet elektronik telah dipandang sebagai sebuah fasilitas yang memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Namun demikian, banyak orang memandang bahwa teknologi ini juga memiliki risiko, terutama karena disebabkan terkait dengan pembayaran. Meskipun mengandung risiko menurut sebagaian orang, banyak pula pelanggan yang masih mempercainya dan tetap menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini mempertimbangkan faktor risiko dan kepercayaan untuk mengembangkan Technology Acceptance Model yang komprehensif. Temuan empiris menunjukkan bahwa baik risiko maupun kepercayaan berpengaruh terhadap penerimaan teknologi pembayaran elektronik. Saran untuk penelitian lanjutan juga disajikan di akhir paper ini.
Pengaruh CSR perusahaan terhadap citra merek dan loyalitas merek Mariyudi Sofyan
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 1 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss1.art1

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap citra merek dan loyalitas merek pelanggan pada industri hotel. Suatu refleksi model persamaan struktural (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini diuji dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari sampel pelanggan hotel Indonesia. Survei dilakukan, dan responden terdiri dari pelanggan industri hotel di Indonesia. Terdapat 310 kuesioner yang dapat digunakan untuk menganalisis dengan metode yang diterapkan termasuk analisis statistik deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, dan analisis pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap citra merek fungsional, citra merek emosional dan loyalitas merek pelanggan, serta citra merek fungsional dan citra merek emosional memiliki pengaruh yang kuat terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus secara khusus fokus pada faktor-faktor ini dalam rangka membangun hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan dengan pelanggan serta menciptakan loyalitas sebagai keunggulan kompetitif di pasar.
Pengaruh integrasi, berbagi informasi, dan penundaan pada kinerja rantai pasokan: Studi pada usaha kecil menengah batik di Indonesia Ihwan Addin Mufaqih; Nurul Indarti; Wakhid Slamet Ciptono; Anny Kartikasari
Jurnal Siasat Bisnis Vol 21, No 1 (2017)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol21.iss1.art2

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh praktik-praktik rantai pasokan yang terdiri dari integrasi pemasok, integrasi internal, integrasi pelanggan, berbagi informasi, dan penundaan (postponement)) terhadap kinerja rantai pasokan. Survei menggunakan kuesioner dilakukan pada 102 UKM Batik, di Surakarta dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan praktik-praktik rantai pasokan berpengaruh terhadap kinerja rantai pasokan. Integrasi internal dan berbagi informasi merupakan praktik-praktik yang berpengaruh positif pada kinerja rantai pasokan. Sementara itu, integrasi pemasok dan integrasi pelanggan tidak berpengaruh pada kinerja rantai pasokan. Menariknya, studi ini menemukan bahwa penundaan berpengaruh negatif terhadap kinerja rantai pasokan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6