cover
Contact Name
Jurnal Derivat
Contact Email
derivat@upy.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
derivat@upy.ac.id
Editorial Address
Jl. PGRI I Sonosewu No. 117
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL DERIVAT: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
ISSN : 24073792     EISSN : 25492616     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, e-ISSN: 2549-2616, p-ISSN: 2407-3792 Is an information container containing scientific articles of research, literature studies, ideas, the application of theory, the study of critical analysis, and Islamic studies in the field mathematics and mathematics education. DERIVAT JOURNAL is published twice in ane year, January-June and August to December period, published by Mathematics Education Study Program of Universitas PGRI Yogyakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)" : 9 Documents clear
Random Number Generator Untuk Bobot Metode Conjugate Gradient Neural Network Sapoetra, Yudistira Arya; Habibi, Azwar Riza; Hakim, Lukman
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.994 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.161

Abstract

This research develops the theory of NN (neural network) by using CG (conjugate gradient) to speed up the process of convergence on a network of NN. CG algorithm is an iterative algorithm to solve simultaneous linear equations on a large scale and it is used to optimize the process of the network on backpropagation. In the process, a Neural netwok doing random weighting on the weight of v and w  and this weight will have an effect on the speed of convergence of an algorithm for NN by the method of CG. Furthermore, generating the random numbers to take a sample as a generator in this research of neural network by using uniform distribution (0,1) methods. Therefore, the aims of this research are to improve the convergence on NN weighting using numbers which are generated randomly by the generator and the will be corrected with the CG method.Keywords: neural network, backpropagation, weighting, conjugate gradient
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis Ulfah, Farida
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.964 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis  pada pembelajaran matematika dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKS pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 11 Yogyakarta.            Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif pada bulan Mei sampai dengan Juni 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 11 Yoogyakarta sejumlah 34 siswa tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan desain spiral Kemmis dan Taggart. Tindakan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan  adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dibuktikan dari : (1) persentase rata-rata untuk kemampuan berpikir kritis pada pra tindakan sebesar 36,27% dengan kriteria sangat rendah, pada siklus I sebesar 60,29% dengan kriteria sedang, dan meningkat pada siklus II menjadi 89.71% dengan kriteria sangat tinggi. (2) Persentase rata-rata untuk kemampuan berpikir logis pada pra tindakan sebesar 31,94% dengan kriteria sangat rendah, dan menjadi 47,57% dengan kriteria rendah pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 83,72% dengan kriteria sangat tinggi pada siklus II. (3) Persentase rata-rata pada observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan. Pada siklus 1 persentase rata-rata sebesar 68,33% dengan kriteria tinggi dan pada siklus II menjadi 88,96% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis pada pembelajaran matematika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 11 Yogyakarta. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Logis.
Pengembangan Modul Pembelajaran Kalkulus 1 Berbasis Problem Based Learning Di STMIK Duta Bangsa Farida, Anisatul; Indah, Ratna Puspita
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.163 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.162

Abstract

The purpose of this research is to develop module Calculus 1 based on the problem based learning that valid, practical, and effective in Calculus 1 at Information Engineering of STMIK Duta Bangsa. This research is development research using 4D model. The steps are defined, design, develop, and disseminate. The define steps are syllabus and textbook analysis, review of the literature, and interview about lesson and college student about learning in the classroom. The design step is the design of workbook. The developing steps are consists of validation, praktikalitas, and effectiveness. After designed, the workbook will be validated by the validator. At the praktikalitas step, workbook was tried out to students semester 1  of Information Engineering in STMIK Duta Bangsa. This event will be observed by an observer. The effectiveness of workbook observed at the same time with praktikalitas steps. The effect that observed were the activities and student learning outcomes. The technique of collecting data was done by validation sheet, observation sheet, field notes, and an interview. The data were analyzed using the descriptive set. The dissemination step was spread of the product. The outer of this research is a prototype, model, module of Calculus 1 and national journal publication. The result showed that the module of Calculus 1 was having validity very valid by content and construct. According to observation and interviews, note showed that module Calculus 1 was already practical and easy to used by students. The module of Calculus 1 is effective according to the study and observation activity students. This research was indicated that by using modules can improving activity and learning outcomes students.Keywords: module, problem-based learning, Kalkulus 1
Penerapan Multimetode Berbasis Matriks Pada Seleksi Penerimaan Calon Asisten Labor Rahimullaily, Rahimullaily; Maltaf, Lakry
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1515.022 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.163

Abstract

AbstractThe survey was conducted in the Computer Laboratory of Information System of STMIK Indonesia of Padang. The Head of Laboratory determined some criteria in selecting of acceptance of labor assistant candidate. These criteria were the Candidate Application Form (FPC), the Competitive Achievement Index (GPA), the test score, the English test score, and the interview results. The head of the laboratory performed the process of calculating the criteria value by summing the value of each criterion in deciding who was accepted as a labor assistant. Who has the highest number of criteria, then he/she was selected as a laboratory assistant. This allows occurring the less ideal decision because of the basis of decision-making based on calculations not using special calculation method yet to decision making. Therefore, the researcher performed the process of calculating of the criteria value by using a matrix-based calculation method that was Simple Additive Weighting  (SAW) method and Analytic Hierarchy Process (AHP) method. The results of this study are expected to assist the Head of Labor in deciding the laboratory assistant based on the standard calculation as decision making. Keyword: SAW, AHP, Labor Assistant Candidate
Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Nuriani, Novika Ratna
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.719 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori di kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta.Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 240 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling.Pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes tertulis, yaitu pre-test dan post-test.Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji kesamaan dua rata-rata.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan mind mapping efektif digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2012/2013 ditinjau dari hasil post-test kemampuan berpikir kritis matematika siswa telah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 70% dengan KKM ketercapaian yaitu 75. Hal initerbukti dari pencapaian KKM klasikal 86,67% dan perhitungan pengujian hipotesis  = 1,992 >  = 1,64 jadi terima  pada taraf nyata 5%; (2) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Hal ini terbukti dari perhitungan pengujian hipotesis  = 1,93>  = 1,67 jadi terima hipotesis  pada taraf nyata 5%. Dengan demikian kesimpulannya penggunaan metode pembelajaran inquiry berbantuan pendekatan mind mapping lebih efektif dari pada pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Kata kunci: Efektifitas Metode Pembelajaran Inquiry Berbantuan Pendekatan Mind Mapping, Metode Pembelajaran Ekspositori, Kemampuan Berpikir Kritis
Analisis Nilai Risiko Portofolio Optimum Pada Reksadana Campuran Dengan Pendekatan EWMA Pratiwi, Noviana
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (882.841 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.159

Abstract

Value at Risk (VaR) is one of the risk measurement techniques and is considered a standard method of measuring risk. EWMA is one method to find standard deviation value of Conditional Variance which used to calculate the VaR. Investors use VaR to determine the risk level. VaR defined as the estimated loss of portfolio with a certain level of confidence. A portfolio composed of several mixed mutual funds. Of the four mutual funds only two mutual funds that can be arranged to get an optimum portfolio, 20% of mutual funds Kresna Flexima and 80% Nikko BUMN Plus. Portfolio VaR is calculated by EWMA method because it found the existence of conditional Variance. With a 95% level of trust and decay factor in accordance with the proposed risk metrics of 0.94 for daily data than obtained the VaR value of 0.26221011. This means that the maximum losses that may be received by investors amounted to 26.22% if investors invest in assets recommended by the optimal portfolio. This level of risk will be used by investors to control investment risk. Keyword: VaR, EWMA, Portofolio Optimum, Reksadana
Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe RTE Lagawati, Farida Dwi
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.396 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.234

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pandak Kabupaten Bantul tahun ajaran 2013/2014 dan objek penelitian adalah minat dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif berbentuk persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pandak Kabupaten Bantul. (1) Minat belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I persentase rata-rata minat 68,99% (kualifikasi cukup), dan pada siklus II 81,04% (kualifikasi tinggi). (2) Prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan, yaitu pada pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 58,11 dengan persentase ketuntasan belajar 30,55% (kualifikasi rendah), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 75,28 dengan persentase ketuntasan belajar 66,67% (kualifikasi cukup), dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 87,08 dengan persentase ketuntasan belajar 91,67% (kualifikasi tinggi). Kata kunci : Pembelajaran kooperatif  tipe Rotating Trio Exchange (RTE), minat belajar, prestasi belajar
Penerapan Model Guided Discovery Learning Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Putri, Alfiani Athma; Susanti, Reni Dwi; Dintarini, Mayang
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1914.395 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.160

Abstract

The aim of this research is to describe the application of guided discovery learning model with mind mapping that could increase students creativity in compiling the thesis proposal. The approach of this research is descriptive qualitative with the research subjects are 3rd-grade students of Mathematics study program of UMM that taking the Research Methodology course.            The steps of this research are planning, implementation, analysis, and evaluation respectively. The Guided discovery Model Learning with Mind Mapping is applied at the implementation stage, where students are required to develop research proposals based on guided discovery learning steps, that is (1) provision of stimuli, (2) problem identification, (3) completion data, (4) data processing, (5) verification, and (6) generalizations, which have been compiled in textbooks of Research Methodology courses. The results of this research found that students have difficulties in determining the topic of research, the reference, and the types of research and instruments to be used.Keywords: guided discovery learning, mind mapping, creativityKeywords: guided discovery learning, mind mapping, creativity
Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Prihastuti, Leny; Riyadi, Ahmad
Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Derivat (Juli 2017)
Publisher : Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.278 KB) | DOI: 10.31316/j.derivat.v4i1.235

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII E SMP N 2 Pajangan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pajangan, dengan subyek penelitian kelas VII E yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara guru matematika kelas VII E SMP N 2 Pajangan dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan dan tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi sifat-sifat bangun segiempat dan keliling serta luas bangun segiempat, siswa mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematika. Kata Kunci: Komunikasi matematika, model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

Page 1 of 1 | Total Record : 9