cover
Contact Name
Andi Thahir MA.,Ed.D
Contact Email
jurnalkonseli@radenintan.ac.id
Phone
081369906130
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Jl.Letkol.h.endro suratmin sukarame-bandar lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
ISSN : 20899955     EISSN : 23558539     DOI : 10.24042
Core Subject : Education, Social,
KONSELI is a journal published by the Tarbiyah Faculty, Raden Intan State Islamic University of Lampung, INDONESIA. KONSELI published twice a year. KONSELI receives articles about The Counseling Education, Guidance and Counseling and Psychology. It is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling" : 8 Documents clear
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH GUPPI BANJIT KABUPATEN WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 thahir, andi
KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Islamic University Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Layanan bimbingan pribadi-sosial ini adalah suatu upaya untuk membantu individu dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan keadaan psikologis dan sosial peserta didik, sehingga individu memantapkan kepribadian dan mengembangkan kemampuan individu dalam menangani masalah-masalah dirinnya. Sedangkan hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai peserta didik setelah proses pembelajaran. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian eksperiment dan desain One-group Pretest-Posttest Design. Sampel di observasi dua kali (pretest dan post-test). Teknik pengumpulan data dengan mengunakan tes, kuisioner, angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Madrasah Aliyah GUPPI Banjit Kabupaten Way Kanan. Sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas XI IPA MA GUPPI Banjit Kabupaten Way Kanan.Gambaran hasil belajar pada peserta didik kelas XI IPA MA GUPPI Banjit Kabupaten Way Kanan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 16,7% dari 45,8% menjadi 62,5% dan terdapat penurunan pribadi-sosial terganggu dari 66,6% menjadi 8,3%, yang artinya peserta didik telah menunjukkan pribadi-sosial yang cukup baik.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KOPING LANSIA TERHADAP MASA PENSIUN DI KELURAHAN YOSOMULYO METRO PUSAT TAHUN 2010 Sari, Dian Eka
KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Islamic University Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lansia dengan pensiun merupakan suatu kehilangan yang amat dirasakan oleh lansia tersebut, sehingga menjadi stressor bagi lansia. Untuk mengatasi stress pada lansia pensiun, lansia membutuhkan mekanisme pertahanan diri yang disebut koping. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan peneliti di Puskesmas Batu Ampar, peneliti menemukan lansia yang sudah mengalami gangguan mental emosional sebanyak 3 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan koping lansia terhadap masa pensiun di Kelurahan Yosomulyo Metro Pusat tahun 2010. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain analitik. Populasi penelitian adalah seluruh lansia yang telah pensiun (usia ≥ 60 tahun) di Kelurahan Yosomulyo Metro Pusat sebanyak 287 orang. Sampel sejumlah 81 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan analisa data yang digunakan adalah uji chi square.Hasil penelitian didapat rata-rata umur responden yaitu 66,69 tahun, berjenis kelamin laki-laki 51,9%, berpendidikan tinggi 53,1%, bekerja sebagai PNS/POLRI/TNI sebelum pensiun 90,1%, sosial ekonomi rendah 9.9%, tidak mendapatkan dukungan keluarga 50,6%, memiliki koping mal adaptif 46,9%, Ada hubungan yang signifikan antara umur (P value 0,000), jenis kelamin (P value 0,001 dengan OR 5,000), pendidikan (P value 0,037 dengan OR 2,862), pekerjaan (P value 0,002 dengan OR 2,433), pendapatan (P value 0,023 dengan OR 9,484), dukungan keluarga dengan koping lansia (P value 0,019 dengan OR 3,245). Saran kepada petugas kesehatan agar meningkatkan Program Promosi Kesehatan mengenai mekanisme koping adaptif yang dapat lansia gunakan dalam menghadapi masalahnya dan menyediakan layanan konsultasi kesehatan jiwa/psikologi pada lansia yang biasa menggunakan mekanisme mal adaptif.
HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI KECAMATAN TELUKBETUNG UTARA KOTA BANDAR LAMPUNG Harijanto, Herry
KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Publisher : Islamic University Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh kepemimpinan transformasional yaitu idealisme, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual dan konsiderasi individual terhadap kinerja pegawai. Metode penelitian yang digunakan bersifat analisis deskriptif dengan mempelajari pernyataan pegawai tentang kepemimpinan transformasional yang  didukung oleh data sekunder dan kajian teoritis. Populasi akan dijadikan objek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kecamatan Telukbetung Utara Kota Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang Kecamatan Telukbetung Utara Kota Bandar Lampung. Hasil Penelitian diperoleh berdasarkan Lampiran 6 output SPSS regresi yaitu pada tingkat kepercayaan 95 % (α=0,05) nilai t hitung adalah sebesar 2,253 dengan tingkat signifkan 0,048 sedangkan t tabel 2,242 oleh karena nilai t hitung > t tabel Ho ditolak dan Haditerima,  Dengan demikian idealisme pemimpin berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Telukbetung Utara Kota Bandar Lampung, nilai t hitung adalah sebesar 2,154 sedangkan t tabel 2,042 oleh karena nilai t hitung > t tabel Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian motivasi inspirasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Telukbetung Utara Kota Bandar Lampung, dan nilai t hitung adalah sebesar 3,152 sedangkan t tabel 2,042 oleh karena nilai t hitung > t tabel Ho ditolak dan Haditerima, dengan demikian konsiderasi individual berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Telukbetung Utara Kota Bandar Lampung. Hasil ini didukung oleh koefisien regresi sebesar 0,070 dengan tingkat siginifikansi sebesar 0,008, artinya jika konsiderasi individual ditingkatkan maka secara statistik kinerja pegawai dapat diprediksi mengalami peningkatan dengan probabilitas sebesar 0,070.
Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung Thahir, Andi; Hidriyanti, Babay
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.828 KB) | DOI: 10.24042/kons.v1i2.306

Abstract

This study aims to determine and describe the effects of learning result from learning. To achieve these goals, the authors use quantitative methods with questionnaires and interviews. In the process of data analysis, this study used a simple regression analysis with. As the dependent variable. The result of this study is that learning has an influence on the improvement of student achievement.
Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya El Fiah, Rifda
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.244 KB) | DOI: 10.24042/kons.v1i2.1450

Abstract

Given the importance of spiritual intelligence for the individual to find the true happiness and meaningfulness of his life, educators should recognize, understand and develop this highest intelligence from an early age. With understanding and introduction from the beginning, it is hoped that the character building effort will produce a solid private building as a foundation to build more qualified Indonesian human resources
Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Kemampuan Keluarga dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Rasa Percaya Usia Bayi di Kelurahan Batu Ampar Kramatjati Jakarta Timur Tahun 2010 Damayanti, Rika
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.018 KB) | DOI: 10.24042/kons.v1i2.1451

Abstract

The aim of this research her to get comprehensive picture about the influence therapeutic group therapy to family’s ability stimulating for infant, and infant development trust in district of Batu Ampar, Kramatjati Jakarta Timur. Design research is “Quasi experimental design with pre post test approach on intervention and kontrol group." sample is purposive sampling with sample size 80 mother. Therapy group therapy conducted in the with seven sessions provide stimulation aspects of motor, cognitive, language, emotion, personality, moral, spiritual, psychosocial. Results showed increased cognitive ability, psychomotor, and infant development of trust is significantly (p-value <0.05). Increased cognitive skills, psychomotor and growth-child trust was significantly higher in mother who receive therapy compared with treatment groups that received no therapy group therapy (p-value <0.05). Therapeutic group therapy is recommended to be done within the framework of health services in the community as a form of mental health services for mother with infant age.
Aplikasi Kounseling Dalam Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Islam Erlina, Nova
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.649 KB) | DOI: 10.24042/kons.v1i2.1475

Abstract

Abstract: In general, counseling is a process to help a person get a mind-set (insegth) so that can make choices or make decisions about a problem or problem in the face. However, some aspects of counseling, as well as impressive features of kaunselor can also be applied in the teaching and learning process. As a method and technique has been used in teaching and learning process with the subject of teaching. Implementation of counseling in teaching and learning process is expected to improve the process of teaching and learning process. This paper discusses the kununing of the Islamic persipektif and application of Islamic kaunseling techniques that may be applied to the framework and implement the curriculum of Islamic education, ie from the aspects of teachers and lessonsAbstrak: Secara umumnya kaunseling adalah proses untuk membantu seseorang mendapatkan celik akal (insegth) seterusnya dapat membuat pilihan atau membuat keputusan mengenai sesuatu masalah atau persoalan yang di hadapinya. Namun demikian, beberapa aspek kaunseling, serta ciri-ciri kaunselor yang berkesan dapat juga diaplikasikan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Sebagai kaedah dan teknik telah di gunakan dalam proses pengajaran dan pembelajaran selari dengan subjek yang di ajar. Penerapan kaunseling dalam proses pengajaran dan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan keberkesanan proses pengajaran dan pembelajaran. Tulisan ini membicarakan tentang kaunseling dari pada persipektif Islam serta aplikasi teknik kaunseling Islam yang boleh diterapkan semasa merangka dan melaksanakan kurikulum pendidikan Islam, yaitu dari pada aspek guru dan pelajaran
Perkembangan Moral Pada Anak Maharani, Laila
KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal)
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.259 KB) | DOI: 10.24042/kons.v1i2.1483

Abstract

This study aims to review the moral development of children. In attitudes and moral behaviors implied values are held with regard to the value of something that is said to be good and right, proper, and should happen. The problem is why the attitude of moral development in children today is increasingly apprehensive. Mostly passed from generation to generation through a lifelong educational process. There are values that need to be maintained, some are assimilated toward progress or progressive change, but some are altered or shifted due to various factors that influence it. This model is expected to be one of our mechanisms as parents, teachers, and society needs to understand the development of moral attitudes in order to help learners develop a moral attitude that is desirable, educate learners to be good children, and be morally good and right.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 1 (2023): KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-journal) Vol 9, No 2 (2022): KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-journal) Vol 9, No 1 (2022): KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-journal) Vol 8, No 2 (2021): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 8, No 1 (2021): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 7, No 2 (2020): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 7, No 1 (2020): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 6, No 2 (2019): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 6, No 1 (2019): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 2 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 2 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 1 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 5, No 1 (2018): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 2 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 1 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 4, No 1 (2017): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 2 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 2 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 1 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 1 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 3, No 1 (2016): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 2 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 2, No 2 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 2, No 1 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 1 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 2, No 1 (2015): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 2 (2014): Bimbingan Konseling Islam Vol 1, No 1 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 1 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) Vol 1, No 1 (2014): Bimbingan Konseling Islam Vol 1, No 1 (2014): KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2011): (Juni) More Issue