cover
Contact Name
Ni Putu Widhia Rahayu
Contact Email
niputu@ubl.ac.id
Phone
+6281927740007
Journal Mail Official
manbis@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A Pagar Alam No. 26 Labuhan Ratu, Bandar Lampung, 35142
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 20870701     EISSN : 27748898     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v13i1.2831
Bisnis Internasional, Ekonomis Bisnis, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Manajemen Produksi, Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pasar Modal, Perilaku Organisasi, Sistem Informasi Manajemen
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2011): April" : 6 Documents clear
Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada CV. Organik Agro System (OASIS) di Bandar Lampung Rina Milyati Yuniastuti
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2011): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.549 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v1i2.44

Abstract

CV. Organic Agro System (OASIS) is a company engaged in production sales. In its development in the year 2010 the company faced the problem: The low level of Employee Satisfaction demonstrated by the high level of Employee Turnover and the low level Employee Work Discipline and Low Employee Performance. Problems that can be formulated is: Does Job Satisfaction has significant effect on Employee Performance. The purpose of this study was to determine whether significant effect on Job Satisfaction Employee Performance. The research method used is descriptive method with data collection techniques of observation, documentation, interviews, questionnaires. This study uses the tools of Quantitative Analysis Method Analysis Product Moment Correlation Coefficient, Coefficient of Determinant and test-r. Based on calculations derived: Product Moment correlation coefficient rxy = 0.815, this indicates that the Job Satisfaction has a very strong and positive with Employee Performance; Coefficient of Determination = 66.40%, this indicates that the influence Job Satisfaction of 66.40% of Employee Achievement and by 33.60% influenced by other factors not discussed in this study; and rxy value or r-count 0.815> 0.396 r-table at 95% confidence level, then Ho is rejected and Ha accepted, that is Job Satisfaction has significant effect on Employee Performance. It can be concluded that the research hypothesis which states that Job Satisfaction significant effect on the Employee Achievement CV.Organik Agro System (OASIS) is acceptable.CV. Organik Agro System (OASIS) adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang produksi penjualan. Dalam perkembangannya pada Tahun 2010 perusahaan menghadapi masalah yaitu: Rendahnya Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan yang ditunjukkan oleh tingginyaTingkat Turnover Karyawan dan rendahnya Tingkat Disiplin Kerja Karyawasn serta Rendahnya Prestasi Kerja Karyawan. Permasalahan yang dapat dirumuskan adalah : Apakah Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, interview, kuisioner. Penelitian ini menggunakan Metode Analisis Kuantitatif dengan alat Analisis Koefisien Korelasi Product Moment, Koefisien Determinan dan Uji-r. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh: koefisien korelasi Product Moment rxy = 0,815, ini menunjukan bahwa Kepuasan Kerja mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif dengan Prestasi Kerja Karyawan; Koefisien Determinasi = 66,40%, ini menunjukan bahwa Kepuasan Kerja memberikan pengaruh sebesar 66,40% terhadap Prestasi Kerja Karyawan dan sebesar 33,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini; dan nilai rxy atau r-hitung 0,815 > r-tabel 0,396 pada tingkat kepercayaan 95%, maka Ho ditolak dan Ha diterima berari : Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada CV.Organik Agro System (O ASIS) dapat diterima.
Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kopertis Wilayah II Palembang (Survey pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah II Palembang) Nur'aeni NUR'AENI
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2011): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.536 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v1i2.39

Abstract

Condition of Private Higher Education lecturers in Region II, Palembang have new academic levels amounted to 1954 people or 16.82%. Many lecturers are not yet fully do the Tridharma activities but only in education and teaching activities. There are still many faculty who conduct research dharma and devotion only to take care of any academic level. Not to be used as a target of the performance of the lecturers themselves. Motivation, competence and commitment often as major to influence lecturers private higher education performance. The objectives of this research are : to determine the influences of motivation, competence and commitment on performance lecturers. The research methods are use descriptive and explanatory survey with questionnaires as an instrument of the primary data collection. Sample size is 300 lecturers that be taken sample quota which information centre the head of department in 41 universities regional II Palembang environment, data analysis is using the structural equation model (SEM). Analysis results showed that ; level of motivation in the higher category, level of competence in the competent category, ; level of commitment in the higher category, level of lecturer performance in the higher category. Motivation, competence and commitment have a meaningful relationship to the lecturers performance.Kondisi dosen Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah II Palembang yang memiliki jenjang akademik baru berjumlah 1.954 orang atau 16,82%. Banyak dosen yang belum melakukan kegiatan tridharma secara penuh, baru sebatas pada kegiatan pendidikan dan pengajaran saja. Masih banyak dosen yang melakukan darma penelitian dan pengabdian hanya untuk mengurus jenjang akademik saja. Belum dijadikan sebagai target dari kinerja para dosen itu sendiri. Motivasi, kompetensi dan komitmen merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja dosen perguruan tinggi swasta. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil kajian mengenai motivasi, kompetensi, komitmen dan kinerja dosen serta untuk mengungkapkan analisis tentang pengaruh motivasi, kompetensi dan komitmen terhadap kinerja dosen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan eksplanatory survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data primer. Ukuran sample 300 dosen yang diambil melalui teknik pemetaan jumlah sampel, dengan sumber informasi ketua jurusan yang tersebar di 41 perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah II Palembang. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat motivasi dalam katagori tinggi ; tingkat kompetensi dalam katagori kompeten ; tingkat komitmen dalam katagori tinggi dan tingkat kinerja dalam katagori tinggi. Motivasi, kompetensi dan komitmen mempunyai pengaruh yang berarti terhadap kinerja dosen. 
Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. Bank Lampung Cabang Pembantu Kota Agung di Kabupaten Tanggamus Ardansyah ARDANSYAH
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2011): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.513 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v1i2.40

Abstract

PT. Bank Lampung Branch Kota Agung is a financial institution owned by public enterprise. The research problem is about financial performance at PT. Bank Lampung Branch Kota Agung from the perspective of the ratio Liquidity, Solvency, and Profitability Activity? The purpose of this study is to determine the Financial Performance of PT. Bank Lampung Branch Kota Agung be seen from the ratio Liquidity, Solvency, and Profitability Activity. The hypothesis is : Financial Performance at PT. Bank Lampung Branch Kota Agung be seen from the ratio Liquidity, Solvency, Activities, and profitability have both predicates. This study uses quantitative analysis method with the approach of financial ratios and qualitative analysis of the comparative approach Standart Ratio stipulated by Bank Indonesia). Based on the results of quantitative and qualitative analysis can be inferred that conditions of PT Bank Lampung Branch Kota Agung’s Financial Performance on Liquidity Ratio Year 2005-2009 to obtain an average ratio of 74.527% and when compared with the standard ratio criterion not be categorized in good (not liquid), Solvency Ratio obtained for the average ratio of 99.838% and if compared with the Standard Ratio categorized in the criteria quite well (quite solvable), activity ratio obtained for the average ratio of 2.439 times, and when compared with the ratio of the Standard then categorized the criteria quite well (quite effective), and Profitability ratios obtained for the average ratio 74.527% and the average when compared to the ratio of the standard criteria be categorized in a very good (very profitable). Thus, the overall financial performance of financial ratios can be expressed in both criteria. Thus, the hypothesis which states that the Financial Performance of the PT. Bank Lampung Branch Kota Agung in 2005- 2009 Year seen from the ratio Liquidity, Solvency, Activities, and profitability have both predicate is proven and accepted truth.PT. Bank Lampung Cabang Pembantu Kota Agung merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dibidang pelayanan jasa perbankan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Kinerja Keuangan pada PT. Bank Lampung Cabang Pembantu Kota Agung dilihat dari Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas dan Profitabilitas? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Kinerja Keuangan PT. Bank Lampung Cabang Pembantu Kota Agung dilihat dari Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas dan Profitabilitas. Hipotesis yang diajukan yaitu : Kinerja Keuangan pada PT. Bank Lampung Cabang Pembantu Kota Agung dilihat dari Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Profitabilitas mempunyai predikat baik. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan pendekatan rasio keuangan dan analisis kualitatif dengan pendekatan perbandingan Standart Ratio yang ditetapkan oleh Bank Indonesia). Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan kondisi Kinerja Keuangan PT. Bank Lampung Cabang Pembantu Kota Agung pada Tahun 2005-2009 untuk Rasio Likuiditas diperoleh rata-rata rasio 74,527% dan jika dibandingkan dengan Rasio Standar maka dikatagorikan dalam kriteria tidak baik (tidak likuid), untuk Rasio Solvabilitas diperoleh rasio rata-rata 99,838% dan jika dibandingkan dengan Rasio Standar maka dikatagorikan dalam kriteria cukup baik (cukup solvable), untuk Rasio Aktivitas diperoleh rasio rata-rata 2,439 kali dan jika dibandingkan dengan Rasio Standar maka dikatagorikan dalam kriteria cukup baik (cukup efektif), dan untuk Rasio Profitabilitas diperoleh rasio rata-rata 74,527% dan jika dibandingkan dengan Rasio Standar maka dikatagorikan dalam kriteria sangat baik (sangat profitabel). Dengan demikian, secara keseluruhan Kinerja Keuangan dilihat dari rasio keuangan dapat dinyatakan dalam kreteria baik. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa Kinerja Keuangan pada PT. Bank Lampung Cabang Pembantu Kota Agung pada Tahun 2005-2009 dilihat dari Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, dan Profitabilitas mempunyai predikat baik adalah terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Pengaruh Earning Per Share dan Harga Saham terhadap Dividen Kas Perusahaan Manufaktur di Bursa Effek Indonesia Tahun 2006-2008 Aderina K. Harahap
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2011): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.737 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v1i2.41

Abstract

Objectives of investors purchasing shares, among others, is to get Cash Dividend. Paying Cash Dividends is influenced by several factors among others are the Earnings Per Share (EPS) and Stock Price. The object of this study is the issuer of listed Manufacturing Companies in the Indonesia Stock Exchange (BEI) in 2006-2008 to pay dividend consistently for three consecutive years which amounted to 14 companies. The purpose of this study was to determine whether EPS and Stock Prices and the Multan partially significant effect on the companys cash dividend listing on BEI manufacturing in 2006-2008. Proposed hypothesis is EPS and Stock Prices have partially significant effect on the Cash Dividends of listed Manufacturing Companies in BEI in 2006-2008. This study uses financial statement data Indonesian Capital Market Directory (ICMD) in 2009. Analysis tool used is Multiple Linear Regression with t-test and F-test. Based on Multiple Linear Regression analysis of the results obtained: DIVrata2 = - 265.163 + 38.627 EPS + 3.931 HRG; to the variable EPS is obtained thitung 4.123 > ttable 2.201 with sig-t 0.002 < 0.025 and to Stock Price gained thitung 3.414 > ttable 2.201 with sig-t 0.006 < 0.025. Results of t-test can be stated that The Earnings Per share (EPS) and Stock Prices are partially on significant and positive effect on Cash Dividends at 99% confidence level. Analysis of the results obtained Fhitung 12.751 with sig-F 0.001 < 0.0025, then the mean EPS and Stock Prices in the Multan significant effect on Cash Dividends. The analysis results obtained from The Coefficient of Determination (R2) 0.699. This means that 69.9% of Cash Dividends is affected by the Earnings Per Share and Stock Price and the remaining 30.1% influenced by other variables that were not included in this study. Thus proposed hypothesis that the Earnings Per Share (EPS) and Stock Prices in the partial and simultan significant effect on the Cash Dividends of listed Manufacturing Companies in the BEI 2006-2008 are acceptable.Tujuan Investor melakukan pembelian saham antara lain adalah untuk mendapatan Deviden Kas. Pembayar Dividen Kas dipengaruhi oleh beberapa faktor antar lain adalah Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham. Obyek penelitian ini adalah Emiten Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2006-2008 yang membagikan dividen secara konsisten selama tiga tahun berturut-turut yakni berjumlah 14 perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah EPS dan Harga Saham secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividen Kas pada Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI Tahun 2006-2008. Hipotesis yang diajukan adalah EPS dan Harga Saham secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividen Kas pada Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI Tahun 2006-2008. Penelitian ini menggunakan data Laporan Keuangan Indonesian Capital Market Directory (ICMD) Tahun 2009. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan Uji-t dan Uji-F. Berdasarkan analisis Regresi Linier Berganda diperoleh hasil: DIVrata2 = -265,163 + 38,627 EPS + 3,931 HRG; untuk variabel EPS diperoleh thitung 4,123 > ttabel 2,201 dengan Sig-t 0,002 < 0,025 dan untuk Harga Saham diperoleh thitung 3,414 > ttabel 2,201 dengan sig-t 0,006 < 0,025. Dari hasil Uji-t dapat dinyatakan bahwa Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap Dividen Kas pada tingkat kepercayaan 99%. Dari hasil analisis diperoleh Fhitung 12,751 dengan sig-F 0,001 < 0,0025 maka berarti Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividen Kas. Dari hasil analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) = 0,699. Ini dapat diartikan bahwa 69,9% Dividen Kas dipengaruhi oleh Earning Per Share dan Harga Saham dan sisanya 30,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dengan demikian Hipotesis yang diajukan bahwa Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham secara secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividen Kas pada Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI Tahun 2006-2008 dapat diterima.
Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Cabang Tanjungkarang Sapmaya Wulan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2011): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.706 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v1i2.42

Abstract

Customer satisfaction on PT. National Electricity Company (Limited) Branch Tanjung Karang measured by the number of complaints from customers. During the Year 2010 complaint was ever a power outage. Quality of care in terms of a power outage interrupts measured by Standard Average Duration Index (SAIDI) is the index means the average duration of outages interrupt Frequency Average and the Standard Index (Saifi) Index is the average frequency of outages. This study focused on the customer with a power limit of 100 kVA-200 kVA. The problem is: Is the Quality Services Branch of the PLN Branch Tanjung Karang was able to meet Customer Satisfaction? The purpose of this study to determine whether PLN Quality Services Branch Tanjung Karang was able to meet customer satisfaction with power 100 kVA - 200 kVA. This study uses qualitative analysis method to determine the level of conformity of quality of service with customer satisfaction, and methods of quantitative analysis by using the Importance-Performance Table-Analysisis and cartesian diagram. The results of qualitative analysis states that the quality of service in that category is quite appropriate to meet customer satisfaction, but the attribute gives information through print / electronic before the blackout and the speed of the officer dealing with interference complaints have low fitness levels. Results obtained by quantitative analysis of average value of the Company Performance 3.47 less than the average value of Customer Interest Rate 4.63 meaning the quality of customer service has not satisfy the customer. Cartesian diagram shows the results of the 10 attributes, 5 attributes in Quadrant A, the four attributes in Quadrant D, and an attribute in Quadrant C means most of the attributes of service quality do not meet customer satisfaction. In conclusion: The quality of service the Cape Coral Branch PLN can not meet customer satisfaction with power 100 kVA - 200 kVA.Kepuasan pelanggan pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Cabang Tanjung Karang diukur dengan banyaknya keluhan dari pelanggan. Selama Tahun 2010 keluhan terbanyak adalah pada pemadaman listrik. Kualitas pelayanan dalam hal pemadaman listrik diukurdengan Standard Average Interupt Duration Index (SAIDI) yaitu Indek lamanya rata-rata pemadaman dan Standard Average Interupt Frekwency Index (SAIFI) yaitu Indeks frekuensi rata-rata pemadaman. Penelitian ini difokuskan pada Pelanggan dengan batas daya 100 kVA- 200 kVA. Permasalahannya adalah: Apakah Kualitas Pelayanan PLN Cabang Tanjung Karang sudah dapat memenuhi Kepuasan Pelanggan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan PLN Cabang Tanjung Karang sudah dapat memenuhi kepuasan pelanggan dengan daya 100 kVA – 200 kVA. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif untuk mengetahui tingkat kesesuaian kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan, dan metode analisis kuantitatif dengan menggunakan Tabel Importance-Performance-Analysisis dan Diagram Kartesius. Hasil analisis kualitatif menyatakan bahwa kualitas pelayanan dalam kategori cukup sesuai memenuhi kepuasan pelanggan, namun atribut memberi informasi melalui media cetak/elektronik sebelum pemadaman dan kecepatan petugas menangani pengaduan gangguan memiliki tingkat kesesuaian rendah. Dari hasil analisis kuantitaif diperoleh Nilai Rata-rata Kinerja Perusahaan 3,47 lebih kecil dari Nilai Rata-rata Tingkat Kepentingan Pelanggan 4,63, berarti kualitas pelayanan belum memenuhi kepuasanan pelanggan. Hasil Diagram Kartesius menunjukkan dari 10 atribut, 5 atribut berada di Kuadran A, 4 atribut di Kuadran D, dan 1 atribut di Kuadran C. Berarti sebagian besar atribut kualitas pelayanan belum memenuhi kepuasan pelanggan. Kesimpulannya: Kualitas pelayanan PLN Cabang Tanjung Karang belum dapat memenuhi kepuasan pelanggan dengan daya 100 kVA – 200 kVA.
Pengaruh Harga Jual Kamar terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid Di Bandar Lampung Sri Rahayu
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2011): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.666 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v1i2.43

Abstract

Sahid Hotel in Bandar Lampung is a three star hotel that support the development of business and the national tourism industry. The problem is the Room Sales Price has increase every years but the sales volume fluctuate not according to the increase of room price. The purpose of this study to determine how the influence of Selling Price to Sales Volume at Sahid Hotel in Bandar Lampung. The hypothesis is: Room Price in effect on the Sales Volume at Hotel Sahid Bandar Lampung. Analysis tool used is the Simple Linear Regression to determine the influence of Selling Price of Sales Volume and t- test to test the hypothesis.Calculation process performed by SPSS. Based on analytical results obtained by the equation: for Moderate Rooms Y1 = 3,438.000,000 + 2,911,002 X1, for the Superior Room Sea View Y2= 1,789,000,000 + 2,425,950 X2, and Deluxe Y3 = 1,420,000,000 + 1,597,900 X3. The results of the t-test with a significance level of 95% and dk = 8 is obtained: for Moderate rooms thitung 3.896> 1.860 ttable, Superior Room Sea View thitung 6.342> 1.860 ttable, and Deluxe thitung 7.336> 1.860 ttable. For all types of rooms thitung> ttable meaningful influence on Room Price Value Sales. It can be concluded that the Selling Price Room significant effect on the Sales Volume at Sahid Hotel Bandar Lampung is unacceptable. Of the three types of rooms that contributed the most impact is followed by a Deluxe Room Superior Room Sea View and Moderate. Thus to increase the value of Sales Price not have to raise every year, but if it should raise it should be offset by an increase in services and facilities.Hotel Sahid di Bandar Lampung merupakan hotel bintang tiga yang turut mendukung perkembangan industri bisnis dan pariwisata nasional. Masalah yang dihadapi adalah Harga Jual Kamar mengalami kenaikan setiap tahunnya tapi Nilai Penjualan berfluktuasi tidak seiring dengan kenaikan harga kamar. Permasalahannya adalah: Bagaimana pengaruh Harga Jual kamar terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Harga Jual Kamar terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan adalah: Harga Jual Kamar berpengaruh terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui pengaruh Harga Jual Kamar terhadap Nilai Penjualan Kamar dan Uji-t untuk menguji hipotesis. Proses perhitungan dilakukan dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh persamaan: untuk Kamar Moderate Y1 = 3.438.000.000 + 2.911.002 X1, untuk Kamar Superior Sea View Y2= 1.789.000.000 + 2.425.950 X2, dan Kamar Deluxe Y3 = 1.420.000.000 + 1.597.900 X3. Hasil uji-t dengan tingkat signifikansi 95% dan dk = 8 diperoleh: untuk kamar Moderate thitung 3,896 > ttabel 1,860, kamar Superior Sea View thitung 6,342 > ttabel 1,860, dan Kamar Deluxe thitung 7,336 > ttabel 1,860. Untuk semua tipe kamar thitung > ttabel berarti Harga Jual Kamar berpengaruh terhadap Nilai Penjualan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan bahwa Harga Jual Kamar berpengaruh signifikan terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung dapat diterima. Dari ketiga tipe kamar yang memberikan kontribusi pengaruh paling besar adalah kamar Deluxe diikuti oleh kamar Superior Sea View dan Moderate. Dengan demikian untuk meningkatkan Nilai Penjualan tidak harus menaikkan Harga Jual setiap tahun, namun jika harus menaikkan maka harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan dan fasilitas. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6