cover
Contact Name
Jaluanto.SPT
Contact Email
jurnalsamac@gmail.com
Phone
+6285291572378
Journal Mail Official
jaluanto@untagsmg.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UNTAG Semarang Jl. Pawiyatan Luhur-Bendan Dhuwur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Serat Acitya
ISSN : 23022752     EISSN : 27220494     DOI : -
Jurnal ini dikembangkan dari mulai terbit tahun 2012. Jurnal Ilmiah ini mempublikasikan naskah hasil penelitian lapangan atau penelitian pustaka yang berkaitan dengan bidang ilmu manajemen dan akuntansi. Ruang lingkup publikasi antara lain: Akuntansi Manajemen Akuntansi Keperilakuan Akuntansi Keuangan dan Biaya Sistem Informasi Akuntansi Sistem Informasi Manajemen Sistem Pengendalian Manajemen Audit Manajemen Perpajakan Penganggaran Manajemen Sumber Daya Manusia, termasuk Perilaku Organisasi Manajemen Keuangan Manajemen Pemasaran Manajemen Informasi Manajemen Umum lainnya
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis" : 8 Documents clear
Impulse Buying Produk Kartu Perdana Xl Di Semarang Camilus Isidorus Ikut; Intan Kartika
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.64 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2472

Abstract

This research was motivated by the company increasing competition in the mobile phone operator in Indonesia. This affects the Prime XL card sales which fluctuated during the years 2016-2018.This study was conducted to determine how to analyze the influence of the brand influence impulse buying prepaid cards XL in Semarang. In this study the authors used below the line and positive emotions as independent variables to be studied how they affect impulse buying.  This study using multiple linear regression analysis using SPSS. The population is XL event at Superindo Candi in Semarang where the amount is not known for certain. The sample used as many as 100 people with engineering sample selection of non-probability sampling using accidental sampling. The research sample was determined by purposive sampling technique. Analysis of the data obtained in multiple linear regression analysis, hypothesis testing t test results showed that each - each variable below the line and positive emotions partially influence and significant to the variable impulse buying. Keywords: Impulse Buying, Below The Line, Positive Emotions
Faktor-Faktor Yang Mepengaruhi Daya Saing UMKM Kuliner Di Kota Semarang Muchayatin Muchayatin; Auliya’ Lianita Purwiardhani
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.66 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Daya Saing UMKM dengan menggunakan model analisis Regresi untuk mengetahui pengaruh Teknologi Informasi, Sumber Daya Manusia, Modal Usaha dan Kemampuan Inovasi terhadap Daya Saing UMKM Kuliner di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei lapangan melalui penyebaran kuesioner kepada pemilik UMKM Kuliner di Semarang. Populasi penelitian sebanyak 5.282 pelaku UMKM Kuliner, dengan rumus sloven diperoleh sample 98.14 dibulatkan menjadi 100 responden. Sampel penelitian diambil dengan cara proportionate stratified cluster random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel teknologi informasi, dan kemampuan inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM Kuliner di Kota Semarang, sedangkan sumber daya manusia dan modal usaha memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap daya saing UMKM Kuliner di Kota Semarang.Kata kunci :     Daya Saing UMKM. Teknologi Informasi, Sumber Daya Manusia, Modal Usaha, Kemampuan InovasiAbstractThis research aims to analyze the Competitiveness of MSMEs by using regression analysis models to find out the influence of Information Technology, Human Resources, Business Capital and Innovation Capabilities on the Competitiveness of Culinary MSMEs in Semarang City. This research was conducted by conducting field surveys through the dissemination of questionnaires to culinary MSME owners in Semarang. The research population of 5,282 culinary MSMEs, with the sloven formula obtained a sample of 98.14 rounded to 100 respondents. The study sample was taken by proportional stratified cluster random sampling. The data obtained in this study use multiple linear regression analysis methods. The results of this study show that information technology variables, and innovation capabilities have a positive and significant influence on the competitiveness of Culinary MSMEs in Semarang City, while human resources and business capital have a positive but insignificant influence on the competitiveness of Culinary MSMEs in Semarang City.Keyword: Competitiveness of MSMEs. Information Technology, Human Resources, Business Capital, Innovation Capabilities
Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Semarang R Rachmiyantono WH
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.008 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beberapa variabel independen seperti pemahaman perpajakan, sanksi pajak dan kualitas pelayanan terhadap variabel dependen yaitu kepatuhan wajib pajak UMKM di Kota semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden dengan data yang  diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket). Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling (teknik sampling daerah), sedangkan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman perpajakan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sekalipun UMKM belum memahami pajak yang dibayar secara lengkap tetapi mereka tetap patuh membayar pajaknya. Sanksi pajak pengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Sanksi bagi ketidakpatuhan wajib pajak membayar kewajiban pajaknya menjadi mereka patuh memenuhi kewajibannya.. Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Pelayanan yang bersifat membantu kelancaran wajib pajak memenuhi kewajibannya merupakan harapan dan kenyataan wajib pajak yang harus dilaksanakan.Kata kunci :        Pemahaman Perpajakan, Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib PajakAbstractThis study aimed to examine the effect of several independent variables such as understanding of taxation, tax sanctions, and service quality on the dependent variable, namely MSME taxpayer compliance in Semarang City. The sample used in this study was 99 respondents with data obtained by distributing the questionnaires. The sampling method used in this study is cluster random sampling (regional sampling technique), while the data processing method used by the researcher is multiple linear regression analysis.The results showed that the understanding of taxation had an insignificant negative effect on MSME taxpayer compliance, even though MSMEs did not fully understand the taxes paid but they still obeyed paying taxes. Tax sanctions have a significant positive effect on MSME taxpayer compliance. Sanctions for non-compliance by taxpayers paying their tax obligations so that they comply with their obligations. Service quality has a significant positive effect on MSME taxpayer compliance. Services that are helpful for the smooth running of taxpayers in fulfilling their obligations are the expectations and reality of taxpayers that must be implemented.Keywords: Tax Understanding, Tax Sanctions, Service Quality, Taxpayer Compliance
Etika Pelaksanaan Akuntansi pada Perusahaan Penerbit di Kota Semarang Karsiati Karsiati
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.262 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem informasi akuntansi, kecerdasan emosional, etika kerja, dan dukungan atasan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada Perusahaan Penerbitan di Kota Semaran. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada Perusahaan Penerbitan di Kota Semarang yang terlibat dalam menggunakan anggaran yang berjumlah 41 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh dari populasi tersebut dengan menggunakan metode sensus dikarenakan jumlah populasi sangat kecil.Penelitian dilakukan pada Februari 2021, data dikumpulkan menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.  Hasil penelitian  ini  menunjukan  bahwa sistem  informasi  akuntansi, kecerdasan emosional, etika kerja, dan dukungan atasan mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi.Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Etika Kerja, Dukungan Atasan, Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Fraud Pengadaan Barang Dan Jasa di Kota Semarang Fitnantyo Bimawan
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.217 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika, prosedur kerja, kualitas penyedia barang dan jasa, dan informasi kebutuhan barang dan jasa terhadap fraud dalam proses pengadaan barang dan jasa perusahaan swasta di Semarang. Metode penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuisoner. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan swasta di wilayah Semarang dengan jumlah sampel 45 orang yaitu seluruh karyawan bagian pembelian yang bekerja minimal 5 tahun. Teknik analisis yang dipakai adalah dengan regresi linier berganda.Hasil penelitian ini adalah Etika pengadaan barang dan jasa berpengaruh negatif signifikan terhadap fraud pengadaan barang dan jasa.. Prosedur kerja pengadaan barang dan jasa berpengaruh negatif terhadap fraud pengadaan barang dan jasa. Semakin tinggi tingkat prosedur kerja pengadaan barang dan jasa maka akan menurunkan fraud pengadaan barang dan jasa. Kualitas penyedia barang dan jasa berpengaruh negatif signifikan terhadap fraud pengadaan barang dan jasa. Mereka beranggapan semua hal yang terjadi dalam proses pemilihan supplier di luar kendali mereka, dan orang yang mengendalikan adalah atasan, sehingga penurunan kualitas penyedia barang dan jasa, akan meningkatkan fraud dalam pengadaan barang dan jasa. Informasi kebutuhan barang dan jasa berpengaruh negatif signifikan  terhadap fraud pengadaan barang dan jasa. Semakin banyak pihak yang terlibat maka akan menurunkan fraud pengadaan barang dan jasa. Hal ini akan memudahkan para pegawai bagian pembelian mendapat penilaian kinerja yang baik dari perusahaanKata kunci: fraud, pengadaan, etika, prosedur, kualitas pemasokAbstractThis study aimed to determine the effect of ethics, work procedures, quality of providers of goods and services, and information on the need for goods and services on fraud in the procurement process of goods and services of private companies in Semarang. Quantitative research method used by distributing questionnaires. The population in this study is a private company in the Semarang area with a sample of 45 people, namely all employees of the purchasing department who work at least 5 years. The analysis technique used is multiple linear regression.The results of this study were that the ethics of the procurement of goods and services had a significant negative effect on fraud in the procurement of goods and services. Work procedures for the procurement of goods and services had a negative effect on fraud in the procurement of goods and services. The higher the level of work procedures for the procurement of goods and services, it would reduce fraud in the procurement of goods and services. The quality of providers of goods and services had a significant negative effect on fraud in the procurement of goods and services. They assumed that everything that happens in the supplier selection process was beyond their control, and the person who controled it is the superior, so that a decrease in the quality of goods and services providers would increase fraud in the procurement of goods and services. Information on the need for goods and services had a significant negative effect on fraud in the procurement of goods and services. The more parties involved, the lower the fraud in the procurement of goods and services. This would make it easier for employees in the purchasing department to get a good performance appraisal from the companyKeywords: procurement, fraud, ethics, procedures, supplier quality
Analisis Budgetary Slack Pada Perusahaan Khamimah Khamimah; Mochammad Bilal
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.659 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2490

Abstract

This study aims to determine the effect of accounting information systems, self esteem, locus of control, budget participation on the budgetary slack at Perusahaan. The population in this study were employees involved in budgeting in each division / department at Perusahaan, amounting to 118 people. This study uses census sampling techniques, namely the use of the entire population without having to draw the research sample as an observation unit.The results of this study show that the accounting information system and locus of control variables have a significant positive effect on the budgetary slack, while the variables of self-esteem and budget participation have no effect on the budgetary slack at Perusahaan.Keywords : Accounting Information Systems, Self Esteem, Locus of Control, Budget Participation, Budgetary Slack.
Peran Managerial dalam Kualitas Laporan Keuangan Daerah Arwinto Septoaji
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.068 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beberapa variabel seperti Pemahaman sistem akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi,  kompetensi sumber daya manusia terhadap Kualitas laporan keuangan daerah. Populasi dalam penelitian ini kepala bidang dan seksi keuangan sebanyak 57 di kantor kabupaten Magelang, dan data yang  diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket), sedangkan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan Pemahaman Sistem Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan, sedangkan Pemanfaatan Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan, serta Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Laporan Keuangan.Kata kunci : Pemahaman sistem akuntansi, teknologi informasi,  kompetensi, kualitas laporan keuangan daerahAbstractThis study aimed to examine the effect of several variables such as understanding of accounting systems, utilization of information technology, human resource competence on the quality of regional financial reports. The population in this study was the head of the financial sector and section at the Magelang district office, and the data obtained through the distribution of questionnaires (questionnaires), while the data processing method used by the researcher was multiple linear regression analysis.The results showed that the understanding of accounting systems had a positive and significant effect on the quality of financial statements, while the utilization of information technology had a positive and significant effect on the quality of financial statements, and the competence of human resources had a positive and significant effect on the quality of financial statements.Keywords: Understanding of accounting systems, information technology, competence, quality of regional financial reports
Pengguna Go-Car Di Kota Semarang Joko Riyanto; Arif Maulana
Serat Acitya Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis
Publisher : FEB UNTAG Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (737.355 KB) | DOI: 10.56444/sa.v10i2.2588

Abstract

Kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap satisfaction pada pengguna Go-Car di Kota Semarang; untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap e-loyality pada pengguna Go-Car di Kota Semarang; untuk menganalisis pengaruh satisfaction terhadap e-loyality pada pengguna Go-Car di Kota Semarang. Penelitian ini mendapatkan 100 orang responden pengguna Go-Car sebagai sampel penelitian, hasil tanggapan mereka dianalisis dengan regresi linier berganda. Hipotesis pertama yang mengatakan bahwa variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction dapat diterima, artinya apabila e-service quality meningkat, maka satisfaction juga akan meningkat. Hipotesis kedua yang mengatakan bahwa variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyality dapat diterima, artinya apabila e-service quality meningkat, maka e-loyality juga akan meningkat pula. Hipotesis ketiga mengatakan bahwa variabel satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyality dapat diterima, artinya apabila satisfaction meningkat, maka e-loyality akan meningkat.The purpose of this study is to analyze the effect of e-service quality on satisfaction for Go-Car users in Semarang City; to analyze the effect of e-service quality on e-loyalty of Go-Car users in Semarang City; to analyze the effect of satisfaction on e-loyalty on Go-Car users in Semarang City. This study obtained 100 respondents using Go-Car as the research sample, the results of their responses were analyzed by multiple linear regression. The first hypothesis which says that the e-service quality variable has a positive and significant effect on satisfaction is acceptable, meaning that if e-service quality increases, satisfaction will also increase. The second hypothesis which says that the variable e-service quality has a positive and significant effect on e-loyalty is acceptable, meaning that if e-service quality increases, e-loyalty will also increase. The third hypothesis says that the satisfaction variable has a positive and significant effect on acceptable e-loyalty, meaning that if satisfaction increases, e-loyalty will increase.Keywords E-Service Quality, Satisfaction, E-Loyality, Go-Car Users

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Bisnis dengan berketuhanan Vol 11, No 2 (2022): Keadilan sosial dalam bisnis Vol 11, No 1 (2022): Kerakyatan dalam bisnis Vol 10, No 2 (2021): Persatuan dalam Keragaman Bisnis Vol 10, No 1 (2021): Keindahan dalam Keragaman Bisnis Vol 9, No 2 (2020): Kinerja Bersama Menuju Keadilan Sosial Vol 9, No 1 (2020): Kapabilitas Kegiatan untuk Kemaslahatan Bersama Vol 2, No 1 (2013): April - Aksi dan Reaksi Partikel Kehidupan di Sekitar Kita Vol 8, No 2 (2019): Akuntabilitas Kegiatan untuk Kemaslahatan Bersama Vol 8, No 1 (2019): Mengelola Kegiatan untuk Kemaslahatan Masyarakat Vol 7, No 3 (2018): Dinamika dalam Bisnis Vol 7, No 2 (2018): Determinan dan Transaksi dalam Masyarakat Vol 7, No 1 (2018): Optimalisasi dan Pengendalian untuk Pengembangan Vol 6, No 2 (2017): Optimalisasi Pangan demi Kemakmuran Vol 6, No 1 (2017): Sumber Daya Manusia adalah modal utama untuk pembangunan Vol 5, No 2 (2016): Pemanfaatan Rasio untuk menyelesaikan Kasus dan mewujudkan Program Kehidupan Vol 5, No 1 (2016): Berlaku seperti Hukumnya Vol 4, No 3 (2015): faktor-faktor keberhasilan dalam kehidupan Vol 4, No 2 (2015): Perjuangan untuk Perbaikan Vol 4, No 1 (2015): Pemberdayaan Sumber Daya bagi Kehidupan Vol 3, No 2 (2014): (Oktober 2014) etika dan relasi dalam kehidupan Vol 3, No 2 (2014): (Oktober 2014) etika dan relasi dalam kehidupan Vol 3, No 1 (2014): HARGA SEBUAH KEHIDUPAN DALAM BERMASYARAKAT Vol 2, No 3 (2013): November - Strategi Investasi Kehidupan Bermasyarakat Vol 2, No 2 (2013): Juli - Pengembangan Sumber Daya Alam, Manusia dan Sosial Vol 1, No 2 (2012): Masyarakat, Bisnis dan Lingkungan Vol 1, No 1 (2012): Peradaban Kehidupan Masa Kini More Issue