cover
Contact Name
Robby Yuli Endra
Contact Email
robby.yuliendra@ubl.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
robby.yuliendra@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam no 89 Gedung Meneng Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
ISSN : 20872062     EISSN : 2686181X     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1212
Core Subject : Education,
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan Sekurity, Teknologi Web dan Mobile serta kecerdasan Buatan dan game.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2022): Juni" : 10 Documents clear
Pengembangan Aplikasi Ubl Apps Untuk Mempermudah Pengajuan Bebas Administrasi Dengan Metode Extreme Programming (XP) Fenty Ariani; M Naufal Alfarizi Pakpahan; Taqwan Thamrin; Ayu Kartika Puspa; Freddy Nur Afandy; Tia Tanjung
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2630

Abstract

Abstrak – Pengembangan dan implementasi konsep kampus digital sebagai model pembelajaran dengan teknologi berhasil diterapkan di kampus Universitas Bandar Lampung. Sebagai kampus digital dengan menggunakan sistem aplikasi berbasis web dan android, Universitas Bandar Lampung memiliki UBL Apps yang berguna untuk implementasi model pembelajaran, model pengajaran, arsip, sistem portofolio, perpustakaan digital, absensi hingga sistem administrasi akademik. Sebagai bentuk implementasi kampus digital, UBL Apps dituntut untuk memenuhi semua kebutuhan dan aktifitas mahasiswa, dosen, dan karyawan secara digital. Salah satu sistem yang penting untuk terdapat di UBL Apps yaitu pengajuan surat keterangan bebas administrasi yang dilakukan secara digital. Sebanyak 4874 mahasiswa aktif di Universitas Bandar Lampung pada Semester Ganjil TA. 2021/2022 dan penulis mengambil populasi sebanyak 400 mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung untuk memperoleh data pre dan post dalam melakukan pengembangan sistem ini. Pengembangan sistem ini ditujukan untuk digitalisasi sistem pengajuan bebas administrasi serta mempelajari metode pengembangan yang penulis gunakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian terapan dengan metode pengembangan aplikasi yaitu Extreme Programming. Sebanyak 58 sampel mahasiswa didapat dari perhitungan dengan rumus Isaac dan Michael dan kesimpulan dihitung menggunakan skala likert, serta wawancara kepada staf terkait. Hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan sistem pengajuan surat keterangan bebas administrasi UBL Apps mempermudah mahasiswa.
Evaluasi dan Perancangan User Interface Website Klikdokter.com Berbasis Mobile untuk Lansia Andreas Rilo Kevin Ritonga; Restyandito Restyandito; Hendro Setiadi
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2358

Abstract

Pada penelitian ini berfokus pada perancangan user interface website klikdokter.com berbasis mobile yang mudah untuk lansia berusia 60 tahun keatas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi user interface berbasis mobile dan merancang kembali agar mempermudah para lansia dalam menggunakan, mencari informasi dan interaksi secara online. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah website klikdokter.com berbasis mobile, untuk menemukan beberapa kekurangan dari user interface sehingga terjadinya kendala pada lansia saat menggunakan website tersebut. Dalam melakukan evaluasi menurut ISO/IEC 9126-4 ada 3 yaitu effectiveness, efficiency, dan satisfaction dan fokus dari penelitian ini hanya pada effectiveness dan satisfaction untuk melakukan evaluasi website klikdokter.com berbasis mobile dengan update per tanggal 26 Agustus 2020, pada penelitian ini juga menggunakan metode UCD (User Centered Design) yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan pengguna. Hasil dari usability testing pada redesain tingkat persentase effectiveness 90 persen, tingkat persentase efficiency 83 persen dan tingkat persentase satisfaction 74 persen, sehingga evaluasi dari user interface yang telah di redesain dapat diterima oleh pengguna dan hasil usability testing mengalami peningkatan. 
Sistem Informasi Mitigasi Rawan Bencana Kota Padang Berbasis Web - ArcGis Indra Warman; Andrenov Ardila
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2536

Abstract

Kesiapsiagaan terhadap potensi bencana alam Sumatera Barat terutama di Kota Padang terhadap bencana banjir dan tanah longsor menjadi suatu yang harus dilakukan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mempunyai peranan penting dalam mitigasi, penanggulangan  dan peringatan dini bencana. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kesiapsiagaan terhadap potensi bencana sangat penting untuk membantu BNPB serta masyarakat dalam melakukan mitigasi bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan informasi daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor, penerapan aplikasi informasi berbasis web ArcGis Online dengan  menyajikan informasi geografis untuk menampilkan peta berdasarkan jenis bencana, berita, kecamatan, dan statistic data bencana. Dengan adanya sistem informasi mitigasi rawan bencana dapat memberikan informasi pemetaan serta potensi lokasi bencana banjir dan tanah longsor di wilayah maupun lokasi di Kota Padang
Visualisasi Kinerja dan Persepsi Peserta Program Bangkit 2021 Menggunakan Microsoft Power BI Dedy Sugiarto; Rianti Dewi Sulamet-Ariobimo; Binti Solihah; Ahmad Zuhdi; Ratna Shofiati; Anung Barlianto Ariwibowo; Teddy Siswanto; Dimmas Mulya
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun visualisasi kinerja dan persepsi peserta program Bangkit 2021 Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti dalam bentuk dasbor. Data berasal dari respon kuesioner peserta Bangkit 2021 terkait dampak program MBKM, data transkrip mahasiswa yang diperoleh dari penyelenggaraan Program Bangkit dan data indeks prestasi mahasiswa yang didapatkan dari sistem informasi akademik (student information system) Universitas Trisakti. Pemodelan data menggunakan model skema bintang dengan tiga tabel fakta yaitu tabel nilai mata kuliah yang diikuti, tabel kehadiran dan status lulus serta tabel kuesioner. Tabel dimensi terdiri atas dimensi jalur pembelajaran, dimensi program studi, dimensi mata kuliah. Hasil visualisasi menunjukkan laporan kinerja dan persepsi peserta dapat dengan mudah dan singkat dilihat dalam masing-masing satu layar yang dapat disaring berdasarkan dimensi program studi, jalur pembelajran maupun mata kuliah yang diikuti. Secara umum 75% dinyatakan lulus penuh (full) dan 25 % lulus sebagian (parsial) serta salah seorang peserta berhasil mendapatkan predikat 50 tim terbaik. Seluruh peserta juga menyatakan kegiatan ini bermanfaat bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian serta meningkatkan kemampuan bekerja sama dalam sebuah tim.
Analisis Sentimen Ketidakstabilan Harga Gabah Berbasis Data Twitter Dedy Sugiarto; Reyhan Dwi Putra; Wahyu Hidayat; Ema Utami; Ainul Yaqin
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2197

Abstract

Pendapat masyarakat baik bersifat positif, negatif maupun netral terkait sebuah kebijakan tertentu atau fenomena di masyarakat ini menjadi hal yang berharga untuk dianalisis melalui sebuah metode yang disebut sebagai analisis sentimen. Kasus dalam penelitian ini adalah  turunnya harga gabah pada awal sampai dengan pertengahan tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase polaritas sentiment yang muncul bila dikaitkan dengan kata kunci harga gabah serta menentukan tingkat akurasi prediksi kelas sentiment menggunakan metode Naïve Bayes.  Hasil penelitian menunjukkan persentase sentiment terbesar adalah bersifat negative sebanyak 46.30 persen,  netral 32,70 persen dan positif sebanyak 20,99 persen. Hasil wordcloud juga menunjukkan pengguna twitter mengkaitkan persoalan harga gabah ini dikaitkan dengan impor beras, peran pemerintah serta pupuk. Hasil klasifikasi menunjukkan nilai akurasi yang cukup baik yaitu sebesar 67,32 persen.
Implementasi Aplikasi Pengajuan Beasiswa menggunakan Naïve Bayes untuk Efisiensi Pemilihan Mahasiswa Beasiswa Robby Yuli Endra; Yuthsi Aprilinda; Doni Triyanto
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2491

Abstract

Setiap peserta didik pada universitas bandar lampung berhak mengajukan beasiswa bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang mempunyai prestasi dan indek penilaian yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma Naïve Bayes untuk implementasi aplikasi pengajuan dan pemilihan mahasiswa beasiswa secara efisien dengan mengunakan metode Naïve Bayes yang merupakan sebuah pengklasifikasian  probabilistik sederhana yang menghitung sekumpulan probabilitas dengan menjumlahkan frekuensi dan kombinasi nilai dari dataset yang diberikan dengan penentuan kelayakan beasiswa menurut kriteria yang di tentukan universitas. Pada dasar permasalahan yang ada diperlukan suatu sistem atau aplikasi yang dapat membantu biro kemahasiswaan dalam mengambil keputusan penentuan pengajuan beasiswa. Dengan menerapkan Metode Naïve Bayes untuk implementasi aplikasi pengajuan beasiswa untuk efisiensi pemilihan mahasiswa beasiswa. Pada prosesnya sistem ini di buat untuk mengatasi permasalahan yang ada pada universitas dan menjadi solusi untuk biro kemahasiswaan untuk menyeleksi berkas pengajuan mahasiswa beasiswa di Universitas Bandar Lampung sesuai dengan kriteria dan parameter yang ditetapkan.
Implementasi Metode SAW pada Shine Moment Mobile App Pemilihan WO Erlangga Erlangga; Erni Sri Wahyuni; Ari Kurniawan
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2555

Abstract

Pernikahan diibaratkan seperti lembaran baru ketika kedua mempelai mulai menapaki kehidupan baru. Proses perencanaan pernikahan memang cukup kompleks. Tak jarang banyak calon pengantin yang memilih untuk menyewa jasa Wedding Organizer (WO) demi kelancaran resepsi pernikahan. Munculnya penyelenggara WO di satu sisi membawa keuntungan tersendiri, namun di sisi lain dengan banyaknya alternatif pilihan membuat bingung dan sulit menentukan WO yang memenuhi kriteria persyaratan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) sendiri diperlukan untuk mencari bobot evaluasi kinerja untuk setiap pemilihan semua atribut. Beberapa kriteria dihitung menggunakan metode SAW untuk memberikan rekomendasi WO yang diinginkan. Penelitian ini mengimplementasi metode SAW pada sistem rekomendasi berbasis e-marketplace yang diberi nama Shine Moments Mobile App untuk membuat WO kompatibel dengan aplikasi dan membuat sistem korelasi simbiosis antara penyelenggara WO dan pelanggan. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi, memilih dan memesan paket layanan secara langsung. Hal ini didasarkan pada hasil yang diperoleh dari anggaran, penilaian, pengalaman, kecepatan, kolaborasi, kebersihan, dan detail pekerjaan. Berdasarkan hasil pengujian, sistem rekomendasi WO menggunakan metode SAW ini berfungsi dengan baik dan dapat digunakan untuk menjalankan pencarian WO tanpa harus datang langsung ke tempat.[Marriage is like a new page when the bride and groom begin to walk a new life. The wedding planning process is quite complex. Not infrequently many brides and grooms choose to hire the services of a Wedding Organizer (WO) for a smooth wedding reception. The emergence of WO organizers on the one hand brings its own advantages, but on the other hand, the many alternative choices make it confusing and difficult to determine the WO that meets the requirements criteria. The Simple Additive Weighting (SAW) method itself is needed to find the performance evaluation weights for each selection of all attributes. Several criteria were calculated using the SAW method to provide the desired WO recommendation. This study implements the SAW method on an e-marketplace-based recommendation system called Shine Moments Mobile App to make WO compatible with the application and create a symbiotic correlation system between WO organizers and customers. This makes it easier for customers to identify, select and order service packages directly. It is based on the results obtained from the budget, assessment, experience, speed, collaboration, cleanliness, and work details. Based on the test results, the WO recommendation system using the SAW method works well and can be used to carry out WO searches without having to come directly to the place.]
Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus : MI Bani Hasyim Desa Lengkong Kecamatan Cerme) Bagus Firmansyah; Umi Chotijah
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2469

Abstract

Sistem penerimaan siswa baru di sekolah dasar, contohnya MI Bani Hasyim masih dilakukan secara manual, di mana calon siswa dan wali siswa harus datang langsung ke MI Bani Hasyim untuk mengisi formulir pendaftaran. Melalui sistem ini, proses penerimaan siswa belum efektif dan efisien karena memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, dengan sistem penerimaan siswa di MI Bani Hasyim yang masih manual ini mengakibatkan jumlah target siswa baru yang telah ditetapkan belum dapat dicapai. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk  membuat sistem informasi pendaftaran siswa baru berbasis web. Sistem PSB yang baru memiliki kemampuan untuk mengisi formulir pendaftaran, upload data pendukung seperti foto calon siswa, akta kelahiran, dan kartu keluarga, lalu admin dapat validasi data dan file calon peserta untuk menilai bahwa pendaftar sudah memenuhi syarat pendaftaran atau belum, dan cetak formulir untuk daftar ulang. Pengembangan sistem mengikuti metode waterfall. Penulis menggunakan PHP dan MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pendaftaran baru berbasis web yang diharapkan akan memberi kemudahan bagi stakeholder yang terlibat dalam penerimaan calon siswa baru seperti orang tua calon siswa, panitia penerimaan siswa baru dan yang lainnya.
Pengembangan Dan Evaluasi Sistem Informasi Desa Wisata Kertalangu Berbasis Website Bayu Indriyanto; I Putu Ariasa; Moh Hajinul Hakim; Didik Dewantara; Riza Wulandari
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2381

Abstract

This tourism village concept has been widely implemented in Indonesia, especially in Bali based on Community Based Tourism (CBT). One of the tourism villages in Denpasar that implements CBT is the Kertalangu Tourism Village. The concept of developing CBT requires collaboration between the community and the government through the use of information technology. One of the uses that can be done is to use the website as a medium for disseminating information from the Tourism Village. In this study, the development of the Kertalangu Tourism Village website will be carried out using the waterfall model, followed by evaluation using BlackBox testing and the User Experience Questionnaire. The results showed that the Kertalangu Tourism Village Website was successfully implemented using the 5 stages of the Waterfall model, namely planning, analysis, design, implementation, and testing. Planning is done by collecting data, which produces Based on the results of BlackBox testing, it can be seen that the expected results of the test items and deleting data are scenarios that are not yet valid. 8 test scenarios need to be improved for further development. The results of user satisfaction on the Kertalangu Tourism Village website were successfully analyzed using the User Experience Questionnaire. The results of user satisfaction indicate that the majority of aspects (attractiveness, clarity, accuracy, and stimulation) are included in the category of below-average satisfaction. Aspects of efficiency and novelty are included in the above-average scale. Further research can be focused on improving and developing functionality related to aspects of attractiveness, perspicuity, accuracy, and stimulation. Konsep Desa Wisata ini telah banyak diimplementasikan di Indonesia, khususnya di Bali dengan berbasis pada Community Based Tourism (CBT). Salah satu Desa Wisata yang ada di perkotaan Denpasar yang mengimplementasikan CBT adalah Desa Wisata Kertalangu. Konsep pengembangan CBT mensyarakatkan adanya kolaborasi masyarakat dan pemerintah melalui pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu pemanfaatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan website sebagai media penyebaran informasi dari Desa Wisata. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan website Desa Wisata Kertalangu menggunakan model waterfall yang dilanjutkan dengan evaluasi menggunakan blackbox testing dan User Experience Questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan Website Desa Wisata Kertalangu ini berhasil diimplementasikan dengan menggunakan 5 tahapan model Waterfall, yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi dan pengujian. Perencanaan dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, yang menghasilkan Berdasarkan hasil pengujian blackbox, maka dapat dilihat bahwa hasil yang diharapkan dari butir pengujian dan menghapus data terdapat skenario yang belum valid. Terdapat 8 skenario pengujian yang perlu diperbaiki untuk pengembangan selanjutnya. Hasil kepuasan pengguna pada website Desa Wisata Kertalangu ini berhasil dianalisis menggunakan User Experience Questionnaire. Hasil kepuasan pengguna menunjukkan bahwa bahwa mayoritas aspek (daya tarik, kejelasan, ketepatan, dan stimulasi) termasuk dalam nilai kepuasan dibawah rata-rata. Aspek efisiensi dan kebaruan termasuk dalam skala di atas rata-rata. Penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada perbaikan dan pengembangan fungsionalitas yang terkait dengan aspek-aspek daya tarik, kejelasan, ketepatan, dan stimulasi.
Analisis Sentimen Ulasan Pengunjung Objek Wisata Gunung Bromo pada Situs Tripadvisor Amalia Anjani Arifiyanti; Mochammad Fuad Pandji; Bagus Utomo
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 13, No 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jsit.v13i1.2539

Abstract

Saat ini para wisatawan dapat menyampaikan ulasan mengenai pengalaman wisatanya melalui berbagai platform. Ulasan wisatawan ini dapat mempengaruhi dan memberikan pertimbangan bagi para calon wisatawan lain yang akan mengunjungi obyek wisata tersebut. Salah satu platform wisata yang populer adalah TripAdvisor. Ulasan pada platform ini mengenai obyek wisata Gunung Bromo dianalisis lebih jauh sehingga pihak pengelola obyek wisata dapat mendapatkan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan obyek wisata yang dikelolanya. Analisis sentimen dengan pendekatan klasifikasi dengan algoritma supervised learning  dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk menggali sentimen wisatawan yaitu positif atau negatif. Dari tiga algoritma pengklasifikasi yang diuji pada penelitian ini, tingkat akurasi tertinggi model klasifikasi dihasilkan oleh algoritma Decision Tree sebesar 91% dan diikuti oleh Naïve Bayes dan Logistic Regression yang masing-masingnya 88%. Tingkat precision, recall, dan f1-measure untuk Decision Tree masing-masingnya sebesar 0,95 , 0,62 , dan 0,68. Dari hasil yang didapatkan, model klasifikasi perlu ditingkatkan performanya karena model klasifikasi memiliki kecenderungan prediksi ke kelas sentimen positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 10