cover
Contact Name
Robby Yuli Endra
Contact Email
robby.yuliendra@ubl.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
robby.yuliendra@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagar Alam no 89 Gedung Meneng Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
ISSN : 20872062     EISSN : 2686181X     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v10i1.1212
Core Subject : Education,
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan Sekurity, Teknologi Web dan Mobile serta kecerdasan Buatan dan game.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2016): Oktober" : 6 Documents clear
Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Ahmad Cucus; Yuthsi Aprilinda; Robby Yuli Endra
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 7, No 2 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.745 KB) | DOI: 10.36448/jsit.v7i2.765

Abstract

Konten pembelajaran merupakan hal yang paling utama dalam proses belajar mengajar, dalam pembelajaran jarak jauh, konten harus mendapatkan perhatian penting, karena dalam pembelajaran jarak jauh, peserta belajar mendapatkan materi dengan proporsi lebih besar dari membaca konten secara mandiri ketimbang bertatap muka secara langsung denganerbuk pengajar, penerapan multimedia pada konten pembelajaran jarak jauh akan lebih membantu peserta didik untuk menyerap lebih banyak materi pembelajaran, hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan menggunakan konsep blended learning menggunakan multimedia ketimbang mereka yang belajar mandiri.
Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 sebagai Upaya Peningkatan Keamanan Data pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran Dedi Darwis; . Yuniarwati
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 7, No 2 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.701 KB) | DOI: 10.36448/jsit.v7i2.770

Abstract

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran merupakan dinas pemerintahan yang terdapat pada Komplek Perkantoran Pemkab Pesawaran Desa Way Layap Kecamatan Gedung Tataan Kabupaten Pesawaran, dalam pelayanan nya seperti pengolahan data dari masing-masing sekolah, yang ada pada Kabupaten Pesawaran yang dapat di gunakan dalam pengolahan data sertifikasi. Analisis teknologi informasi di lakukan untuk menjamin keberlanjutan operasional yang digunakan oleh dinas apakah teknologi informasi yang ada sudah di gunakan dengan sebaik-baik nya, karena jika dalam pemanfaatan tidak digunakaan dengan tepat maka akan menimbulkan beberapa permasalahan atau kerugian yang ada seperti kehilangan data, atau penyalah gunaan data, penyalah gunaan komputer, informasi yang tidak akurat, karena pada sistem ini data yang ada sifatnya rahasia dan sensitif. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode COBIT 4.1 dengan menggunakan dua domain yaitu Aquire and Implement (AI) dan Delivery and Support (DS) . Dinas telah menetapkan tata kelola teknologi informasi pada level Manage and Measureable dengan hasil nilai kematangan 3,79 dari rentan nilai 0 sampai 5. Artinya telah menetapkan tata kelola teknologi informasi dengan baik.
Aplikasi Pengendalian Persediaan Spare Part Traktor dengan Metode Buffer Stock dan Reorder Point (ROP) di Gudang Cabang Tanjung Karang (Studi Kasus CV. Karya Hidup Sentosa Lampung) Agus Wantoro; Imam Alkarim
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 7, No 2 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.471 KB) | DOI: 10.36448/jsit.v7i2.766

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui sistem pengendalian persediaan spare part di Gudang Cabang Tanjung Karang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan observasi langsung, melakukan wawancara dan mengumpulkan data berupa dokumen yang berkaitan dengan persediaan. Tujuannya ialah untuk membuat gambaran secara sistematis dan akurat mengenai sistem pengendalian persediaan spare part di Gudang Cabang Tanjung Karang. Prosedur pemesanan, penerimaan dan pengeluaran persediaan spare part di Gudang Cabang Tanjung Karang sudah memadai. Namun pada perusahaan belum menerapkan perhitungan ROP dan Buffer Stock dalam pengelolaan dan pengendalian persediaan.Penerapan konsep ROP berdasarkan perhitungan/rumus yang dihitung dengan perbandingan data tahun 2015, maka menghasilkan perhitungan jumlah stok dapat dilakukan kembali ketika stok persediaan sebanyak 2.286 Pcs. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan sebaiknya menerapkan perhitungan ROP dan Buffer Stock dalam pengelolaan dan pengendalian persediaan untuk menghindari adanya kekurangan stok (Stock Out) maupun kelebihan atau penumpukan spare part
Implementasi Sistem Informasi Presensi Dosen Berbasis Client Server (Studi Kasus: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya) . Nurfiana; Hendra Kurniawan
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 7, No 2 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.065 KB) | DOI: 10.36448/jsit.v7i2.767

Abstract

Penelitian ini menghasilkan sistem informasi presensi dosen mengajar berbasis client server. Studi kasus dari penelitian ini adalah sistem presensi dosen mengajar pada Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Perekaman data pada IIB Darmajaya dilakukan dengan menggunakan dua perekaman data, yaitu aplikasi presensi yang berada pada petugas PLPP dan buku presensi mengajar. meskipun perekaman data presensi telah menggunakan 2 (dua) cara perekaman, namun kemungkinan kecurangan antara dosen dan petugas PLPP dengan menitipkan tanda tangan presensinya baik melalui aplikasi maupun buku presensi mengajar. Pengembangan sistem presensi yang terintegrasi / client server based diperlukan untuk mengatasi kecurangan dari para dosen dan sekaligus sebagai sistem presensi terbaru. Dalam penelitian ini juga akan dipaparkan teori-teori yang digunakan, serta perancangan sistem informasi. Sehingga diharapkan hasil yang didapat memberikan solusi dalam perubahan sistem presensi yang lama.
E-Arsip Berbasis Image Archives Management Process Model untuk Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Arsip Robby Yuli Endra; Usman Rizal; Fenty Ariani
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 7, No 2 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.697 KB) | DOI: 10.36448/jsit.v7i2.768

Abstract

Arsip merupakan catatan sebagai memori keberadaan suatu lembaga atau institusi. Tujuan keberadaan Arsip adalah untuk menyatukan informasi, memudahkan akses dan penemuan kembali informasi. Peranan Arsip sangat penting dalam suatu lembaga karena Arsip merupakan sumber informasi. Masalah yang timbul dalam pengolahaan arsip yaitu, tidak efisiennya dalam pencarian data dikarenakan arsip yang belum terstruktur dan masih tersimpan secara manual.Pada Tahun Pertama penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mendesign Aplikasi berbasis web yang bersifat Open Source dengan melakukan beberapa yaitu analisis data, merancang website dengan Algoritma, merancang struktur databases, menguji aplikasi yang di buat dan mengimplementasikan website tersebut dengan memasang domain dan hosting pada web tersebut.Pada Tahun Kedua penelitian ini bertujuan untuk menambahkan fitur dan  mengembangkan aplikasi Berbasis Image Arsips Management Process Model  yang memiliki sistem notifikasi dan kontrol dengan media sms dan email, yang dapat secara otomatis mengingatkan sejarah penyimpanan Arsip.Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan inovasi dari system informasi yang berbasis web service dan mengembangkan system informasi perangarsipan yang terotomatisasi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat ataupun industri.Adapun tujuan khususnya yaitu, menghasilkan aplikasi web yang bersifat open source yang dapat diterapkan di seluruh lembaga pendidikan maupun instansi pemerintah, karena dapat mengikuti pola maupun prosedur pengendalian Arsip yang terdapat pada lembaga pendidikan tersebut. Aplikasi Berbasis Image Arsips Management Process Model  yang memiliki sistem notifikasi dan kontrol dengan media sms dan email, yang dapat secara otomatis mengingatkan sejarah penyimpanan Arsip.
Sistem Absensi dan Pelaporan Berbasis Fingerprint dan SMS Gateway Abdi Darmawan; Dona Yuliawati; Ochi Marcella; Rulli Firmandala
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Vol 7, No 2 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.442 KB) | DOI: 10.36448/jsit.v7i2.769

Abstract

Kegiatan dalam pengambilan data guna mengetahui jumlah kehadiran dari suatu acara disebut Absensi. Dalam kegiatan proses belajar mengajar absensi memberikan banyak informasi penting, yang didapat terkait dengan siswa. Dari absensi bisa dijadikan sebagai tolak ukur oleh sekolah dan orang tua, apakah seorang siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik dan benar. Untuk kegiatan absensi saat ini umumnya masih dilakukan dengan menggunakan kertas, lalu dipanggil satu persatu siswa oleh guru setiap matapelajaran. Terkadang tidak validnya data absensi dan hilangnya data, membuat lamanya dalam menyajikan  informasi absensi pada saat dibutuhkan. Perancangan sistem absensi dibagi menjadi dua environment, pertama absensi berbasis Fingerprint dapat memberikan kemudahan bagi pihak sekolah untuk data kehadiran siswa. Sedangkan yang kedua dengan menggunakan  SMS gateway sebagai media informasi, yang dapat memberikan laporan dari pihak sekolah kepada orang tua siswa atas kehadiran dan tidak kehadiran siswa. Dengan perancangan sistem absensi ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dan orang tua dalam anak mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 6