cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH" : 14 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN MENGGUNAKAN CUTTING SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SMKN 4 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Imam Nurcahyanto; Aci Primartadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1058.942 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4295

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengembangkan media pembelajaran sistem bahan bakar menggunakan cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor. 2). Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem bahan bakar menggunakan cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor. 3). Pengaruh media pembelajaran sistem bahan bakar menggunakan cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR SMKN 4 Purworejo tahun ajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu kelas XI TKR A SMKN 4 Purworejo sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa dan kelas XI TKR B SMKN 4 Purworejo sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi perbaikan/servis sisem bahan bakar bensin, di SMKN 4 Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 81,67% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 83,33% dari skor kriterium. Media pembelajaran cutting sistem bahan bakar konvensional sepeda motor juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 88.00% yang meliputi 5 siswa dan nilai hasil belajar kelas eksperimen dengan rata-rata 89,75 sedangkan pada kelas kontrol hanya 79,5. Setelah diuji prasyarat analisis data disimpulkan berdistribusi normal dan homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 2%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 4,39>1.725. Dengan demikian terjadi perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran cutting kepala silinder.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Cutting Sistem Bahan Bakar, Hasil Belajar
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING Fakhrur rafiulhaq; Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.469 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan metode pembelajaran project based learning dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar mahasiswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar mahasiswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahamahasiswa semester 6 Program Pendidikan Otomotif Universitas Muhammadiya Purworejo tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 21 mahasiswa laki-laki dan 1 mahasiswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan motivasi belajar mahasiswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar mahasiswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar mahasiswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 53,99% berkategori kurang, naik menjadi 67,78% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 73,90%. Hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran project based learning berdasarkan persentase mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 81% pada siklus II.Kata kunci: pembelajaran project based learningmotivasi belajar, hasil belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTOR BENSIN 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PUSPAJATI KELAS X TKR 2017 Ahmad Nizam; Widiyatmoko Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.038 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) perosedur pengembangan media pembelajaran motor bensin 4 langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017, 2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran motor bensin 4 langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017 dan 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran motor bensin 4 langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017.Hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 92.50% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 87.50% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 6.244 dan p = 0,000) pada siswa kelas X TKR SMK Puspajati 2017. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 80.50% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 83.70% yang meliputi 25 siswa. Pada hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar mahasiswa yang tanpa menggunakan media motor bensin 4 langkah dan yang menggunakan media motor bensin 4 langkah. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.100, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 0,302 dengan p = 0.585, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 6.244 > 1.708. Dengan demikian media pembelajaran motor bensin 4 langkah telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motor Bensin 4 Langkah, Hasil Belajar
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SISTEM AC DI SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI Sandika Yoga Pratama; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.445 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran pada saat ini didalam kelas; (2) untuk mengetahui ada tidaknya dalam peningkatan hasil belajar, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual sistem AC di SMK Muhammadiyah Purwodadi; (3) untuk mengetahui ada tidaknya dalam peningkatan minat belajar siswa, dengan pengembangan media pembelajaran audio visual sistem AC di SMK Muhammadiyah Purwodadi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XII TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi yang berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa dan soal tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda yang digunakan pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) melalui proses pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan persentase minat belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa; (2) berdasarkan hasil angket respon minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. terbukti dengan perolehan angket respon minat belajar siswa dengan rata-rata persentase 73,87% pada siklus I dan mengalami peningkatan 76% pada siklus II; sedangkan (3) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terbukti pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,25 dengan ketuntasan 15% meningkat menjadi rata-rata 73,25 dengan ketuntasan 55% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata-rata 75,75 dengan ketuntasan 80% pada siklus II.Kata Kunci: media pembelajaran, audio visual, minat, hasil belajar
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO Wahyu Dewanto Pribadi; Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1082.869 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4298

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.2. Untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.3. Untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar otomotif siswa kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ????????1???? sebesar 0,644 dan ????ℎ????????????????????lebih besar dari ???????????????????????? sebesar 6,402>1,989. 2) Adanya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ????????2???? sebesar 0,630 dan ????ℎ????????????????????lebih besar dari ???????????????????????? sebesar 6,274>1,989. 3)Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar secara bersam-sama dengan prestasi belajar Mata Pelajaran Dasar Otomotif kelas X SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ????????(1,2) sebesar 0,645 dan ????ℎ????????????????????lebih besar dari ???????????????????????? sebesar 25,561>3,11.Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN KONVENSIONAL KOMPETENSI SISTEM STARTER MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF SEMESTER 5 KELAS A DAN B UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Dwi Priyo Nugroho; Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.394 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4299

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TGT pada Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016, 2) Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran (TGT) pada Standar Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas A dan B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016, 3) Untuk mengetahui peningkatkan minat belajar Standar Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas A dan B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016, dan 4) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Standar Kompetensi sistem starter mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas A dan B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016.Jenis penelitian ini adalah Ekperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik otomotif semester 5 kelas B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2016 Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil validasi produk oleh ahli materi, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil validitas ahli materi diperoleh skor 78,33 % (cukup valid), uji coba kelompok kecil 84,5% (valid). Hasil uji t perbandingan rata-rata posttest minat belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 10,399 dengan p=0,000<0,05 menunjukkan bahwa hasil posttest minat belajar kelas eksperimen dan kontrol terbeda secara signifikan, artinya minat belajar kelas eksperimen 53,91 lebih tinggi minat belajar kontrol 41,38. Hasil uji t perbandingan rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 2,108 dengan p=0,043<<0,05 menunjukkan hasil posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol terbeda secara signifikan, artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi 77,95 dibandingkan kelas kontrol 71,54. Hal tersebut menunjukkan media pembelajaran yangdikembangkan efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mashasiswa pada mata kuliah produktif sistesm starterKata-kata kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Model TGT dan Konvensional
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENGEMBANGAN MEDIA AUTO CUT OFF CHARGER Muhammad Sa’dudin Ataf Tazani; Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (954.672 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran dan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media auto cut off charger yang diaplikasikan pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Populasi yang diambil adalah siswa SMK N Nusarwungu yang mendapatkan materi sistem kelistrikan baterai. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X TKR 1 dengan jumlah 35 siswa.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain pretest-postest. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan tes objektif pretest dan postest serta angket untuk mengetahui kelayakan media yag digunakan untuk penelitian. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji normality test dan uji t-test. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran auto cut off charger yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif, di SMK N Nusawungu hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 75% dari skor kriterium. Media pembelajaran auto cut off charger juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa melalui dua tahap uji coba yaitu, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 78% yang meliputi 3 siswa, uji coba kelompok kecil memperoleh 86.66% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar atau tahap akhir yang memperoleh skor 86.85% yang meliputi 35 siswa. Pada hasil aktivitas dan hasil belajar siswa juga menunjukkan prestasi peningkatan dari yang sebelum menggunakan media auto cut off charger dan sesudah menggunakan media auto cut off charger.Hasil Penilaian aktivitas belajar siswa menunjukan peningkatan dari nilai 43,73 % sebelum menggunakan media menjadi 81,25 % dengan menggunakan media auto cut off charger. Sementara Hasil Evaluasi Belajar Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih kecil dari harga t-tabel yaitu -26.824 < -2.193. Dengan demikian ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Auto Cut Off Charger, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO PADA MATA DIKLAT MOTOR BAKAR 4 LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Adhi Wibowo; Widiyatmoko Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.612 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui bagaimana prosedur pengembanagan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah. 2)bagaimana kelayakan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap kegiatan pembelajaran siswa kelas X SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen. dan 3)pengaruh penggunaan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Puspa Jati Buluspesantren Kebumen.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran audio video meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) media pembelajaran audio video layak digunakan untuk media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 3,37. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,36. Media pembelajaran audio video juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 3,10 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,15 yang meliputi 25 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audio video dan yang menggunakan media audio video. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.261, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 0,661 dengan p = 0.578, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 82.8 dan nilai rata – rata kelas kontrol 78,7. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran audio video dapat meningkatkan minat belajar siswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video, Minat Belajar
PENGGUNAAN MEDIA SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK GIRIPURO SUMPIUH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Gandhi Permana Adjie; Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.068 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran sistem pengapian konvensional. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem pengapian konvensional. 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran sistem pengapian konvensional terhadap hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan 1) Pengembangan media pembelajaran yang di kembangkan oleh peneliti yaitu berupa media pembelajaran stand pada pembelajaran sistem pengapian konvensional. 2) Hasil penelitian pada tahap uji validitas atau kelayakan oleh ahli materi dan media mendapatkan kategori “valid” dengan rata-rata presentase 85%. Hasil penelitian uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran stand sistem pengapian konvensional ditinjau dari dua kelompok kecil dan besar, pada kelompok kecil mendapatkan persentase skor 81,17%; pada kelompok besar mendapatkan persentase skor 84,11%; Total penilaian kedua kelompok mendapatkan persentase skor 82.64% dengan kategori “ valid”. 3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian pemahaman belajar didapatkan nilai rata-rata siswa pre test 70,73 adalah siswa yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran sedangkan pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian pemahaman belajar didapatkan nilai rata-rata siswa post test 80,73 adalah siswa yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran dengan selisih nilai rata-rata 10 sehingga hasil belajar siswa setelah menggunakan media sistem pengisian menunjukan nilai pre test secara bermakna lebih tinggi dibandingkan nilai post test.Kata Kunci: Pengembangan Media, Hasil Belajar, Sistem Pengapian Konvensional
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM MATA KULIAH SISTEM KEMUDI, REM DAN SUSPENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA SEMESTER 4 PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Luqmanul Khakim; Aci Primartadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 01 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i01.4303

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) mendeskripsikan prosedur pengembangkan media pembelajaran alat peraga sistem rem pada mata kuliah sistem kemudi, rem dan suspensi terhadap kegiatan pembelajaran mahasiswa semester 4 Universitas Muhammadiyah Purworejo 2) mengetahui kelayakan media alat peraga sistem rem pada mata kuliah sistem kemudi, rem dan suspensi. 3) mengetahui minat belajar dengan media sistem rem pada mata kuliah sistem kemudi, rem dan suspensi.Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). dengan subjek penelitian, yaitu kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 mahasiswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa deskripsi.Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) Prosedur pengembangan media pembelajaran sistem rem meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,revisi desain, uji coba prodak, revisi produk, uji coba pemakaian, menunjukkan produk layak (baik) digunakan sebagai media pembelajaran. 2) Didapatkan hasil skor penilaian oleh ahli media terhadap media yang dibuat termasuk memperoleh skor 34 dari total skor maksimal 40 dengan presentase 85%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media pembelajaran ini termasuk klasifikasi Baik. Dari penilaian ahli materi mendapat penilaian jumlah skor 33 dari total skor maksimal 40 dengan persentase 82.5% dinyatakan Baik untuk digunakan dalam penelitian. menurut data tersebut media sistem rem layak digunakan sebagai media pembelajaran. 3) Hasil perbandingan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol membuktikan bahwa minat belajar kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,95 lebih tinggi dari kelas kontrol yang mendapat nilai 69,51 dari hasil perbandingan tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran sistem rem berhasil meninggkatkan minat belajar.Kata Kunci: Media pembelajaran, alat peraga, minat belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 14