cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING AIR SUSPENSION PADA SEPEDA MOTOR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Hermawanto, Eko; Primartadi, Aci
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.576 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui prosedur pembuatan media pembelajaran Cutting Air Suspension pada Sepeda Motor untuk Meningkatkan Minat Belajar di Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Cutting Air Suspension pada Sepeda Motor untuk Meningkatkan Minat Belajar Universitas Muhammadiyah Purworejo 3) Mengetahui pengaruh penggunaan Cutting Air Suspension pada sepeda motor untuk meningkatkan minat belajar di Universitas Muhammadiyah Purworejo.Jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu semester 5 kelas A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket).Hasil penelitian, menunjukkan: 1) prosedur pengembangan media pembelajaran Cutting Air Suspension meliputi pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, pengujian produk, revisi produk dan pemakaian produk. 2) media pembelajaran Cutting Air Suspension yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah sistem kemudi, rem dan Suspension, di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 87.50% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan minat belajar (thitung = -5,247 dan p = 0,000) mahasiswa semester 5 Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 86.50% yang meliputi 5 mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 88.00% yang meliputi 25 mahasiswa. Dengan demikian media pembelajaran system cutting air suspension telah berhasil meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar, Cutting Air Suspension
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CHASSIS PEMINDAH TENAGA DENGAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MADINATUL ULUM BAURENO BOJONEGORO Mahmudi, Ali
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.637 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian TKR SMK Madinatul Ulum pada Mata pelajaran Chassis Pemindah Tenaga melalui penggunaan macromedia flash. Hipotesis penelitian tindakan ini adalah melalui penggunaan pembelajaran macromedia flash pada mata pelajaran chassis pemindah tenaga akan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro.Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 di SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro yang berjumlah 42 siswa. Penelitian menggunakan 2 siklus.Aspek yang diteliti adalah hasil belajar siswa berupa evaluasi teori dan praktik sebagai indikator keberhasilan peningkatan prestasi belajar.Teknik analisi data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil kegiatan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan melalui penggunaan macromedia flash pada mata diklat chassis pemindah tenaga, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu melalui penggunaan macomedia flash terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran chassis pemindah tenaga di kelas XI TKR I SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro. Ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 6,98 pada siklus I dengan kategori kurang baik menjadi 7,78 pada siklus II dengan kategori tinggi. Hal ini berarti ketercapaian kompetensi kelas dari 42 siswa meningkat dari 68,75% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan sudah diatas indikator keberhasilan penelitian yaitu dengan pencapaian kompetensi kelas mencapai 70%.Dari hasil prestasi belajar tersebut diperkuat dengan hasil angket tanggapan siswa yang positif/setuju dengan pembelajaran melalui penggunaan macromedia flash yang mencapai 91,90% sudah diatas indikator yang ditentukan yaitu sebesar 70%Kata Kunci : Metode macromedia flash, Hasil belajar, chassis pemindah tenaga
PENGEMBANGAN MEDIA STAND KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF Supriyanto, Andi; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.423 KB)

Abstract

Pengembangan media stand kelistrikan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa pendidikan teknik otomotif, merupakan upaya untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran sistem kelistrikan dalam hal ini adalah kelistrikan body pada wiring kelistrikan L300. Berdasarkan hasil melalui observasi/angket kepada responden yang sudah menempuh mata kuliah sistem kelistrikan diketahui bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami komponen-komponen dan fungsi sistem kelistrikan body. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan keterampilan mahasiswa.Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu: define, pada tahap ini yaitu proses menganalisis pada pembelajaran maupun media, hal ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan pada pembelajaran maupun media yang dimaksud. Design, tahap ini disebut proses perancangan desain pembelajaran maupun media yang sudah dianalisis pada tahap awal. Develop, yaitu proses pengembangan, pada tahap ini dilakukan setelah menyimpulkan dari hasil analisis dan desain. Dan disseminate, yaitu proses penyebar luasan setelah konsep pembelajaran maupun media divalidasi oleh validator yang sudah dipilih. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata komulatif sebesar 85% dengan kriteria ?Baik? ada revisi terhadap materi sistem kelistrikan. Skor rata-rata komulatif validasi oleh ahli media sebesar 85% dengan kiteria ?Baik? ada revisi terhadap media stand kelistrikan dan siap digunakan untuk ujicoba lapangan. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar pada kelas eksperimen dan siap digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah system kelistrikan.Kata Kunci: Pengembangan media stand kelistrikan, metode 4D, keterampian mahasiswa
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 DI SMK DIPONEGORO 2 RAWALO Sutrisno, Sutrisno; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (944.962 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui tahapan membuat produk pengembangan media pembelajaran animasi sistem kelistrikan (2) untuk mengetahui kelayakan pembelajaran kelistrikan sepeda motor dengan Macromedia Flash 8. Metode penelitian ini adalah Research and Development 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate.Hasil penelitian ini diukur berdasarkan kelayakan media pembelajaran yang di validasi oleh para ahli dan di uji cobakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 96,05% dengan kriteria ?Sangat Layak?. Skor rata-rata validasi oleh ahli media 83,75% dengan kiteria ?Layak?. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji coba kelas kontrol dan uji coba kelas eksperimen. Pada uji coba kelas kontrol diperoleh rata-rata skor sebesar 6,50 dengan kriteria "Kurang Baik" dan uji coba kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor 8,80 dengan kriteria "Baik" artinya media yang dikembangkan layak digunakan dan siap digunakan sebagai bahan ajar.Kata Kunci : pengembangan media, macromedia flash 8
PENGARUH PRAKERIN UNTUK PENINGKATAN SOFT SKILL DALAM MENGHADAPI DUNIA INDUSTRI DAN DUNIA USAHA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Savi?I, Abdurokhman
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1053.718 KB)

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan jumlah populasi 32 mahasiswa semester 5 kelas B Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan juga dokumentasi. Validasi kuisioner yang akan diberikan kepada subyek berupa angket yang terlebih dahulu diberikan kepada ahli dan menggunakan skala Liker tempat pilihan jawaban untuk mengetahui seberapa baik kemampuan soft skill. Data dari kemampuan praktik kerja industri (prakerin) diperoleh dengan metode dokumentasi diambil dari database nilai pihak Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa, Variabel kemampuan praktik kerja industri berpengaruh signifikan terhadap peningkatan soft skill mahasiswa semester 5 kelas B Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengujian, pengaruh kemampuan praktik kerja industri untuk peningkatan soft skill diperoleh data sebesar, 6.166 lebih besar dari pada df = 30 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1,697 atau P 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya tersebut signifikan pada taraf signifikansi 5%. Maka variable kemampuan praktik kerja industri berpengaruh terhadap peningkatan soft skill mahasiswa semester 5 kelas B Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.Kata Kunci: Soft skill, prestasi praktik kerja industri.
36 JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO HUBUNGAN KEMAMPUAN PRAKTIK DAN TEORI MATA KULIAH PRODUKTIF OTOMOTIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Rochman, Adam Ainur
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.564 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kemampuan praktik terhadap minat berwirausaha mahasiswa semester 5 Universitas Muammadiyah Purworejo; (2) hubungan kemampuan teori terhadap minat berwirausaha mahasiswa semester 5 Universitas Muhammadiyah Purworejo; (3) hubungan kemampuan praktik dan kemampuan teori secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha mahasiswa semester 5 Universitas Muhammadiyah Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purworejo pada mahasiswa semester 5 Jurusan Teknik Otomotif dengan jumlah Populasi sebanyak 50 Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan juga dokumentasi. Validasi kuisioner yang akan diberikan kepada subyek berupa angket yang terlebih dahulu diberikan kepada ahli dan menggunakan skala Likert empat pilihan jawaban untuk mengukur minat berwirausaha mahasiswa. Data dari kemampuan praktik dan teori diperoleh dengan metode dokumentasi diambil dari database nilai dosen mata kuliah produtif otomotif. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan praktik berhubungan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (2) kemampuan teori berhubungan terhadap minat berwirausaha, (3) kemampuan praktik dan kemampuan teori secara bersama-sama berhubungan terhadap minat berwirausaha.Kata Kunci : Kemampuan Praktik, Kemampuan Teori, Minat Berwirausaha
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR PADA KOMPETENSI SISTEM PENDINGINAN DI SMK YPE KROYA Akbar, Akhanul Fikri; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.371 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan minat belajar siswa setelah diterapkannya metode berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) dengan Kompetensi Sistem Pendinginan, 2) Untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) pada mata diklat PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) dengan Kompetensi Sistem Pendinginan.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI TKR SMK YPE Kroya, yang berjumlah 57 orang. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan minat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran Problem based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata minat dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini terlihat dari nilai rata rata dari kelas pada siklus I sebesar 71,5, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 75,88. Presentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, siklus I presentase ketuntasan 63%, meningkat menjadi 78% pada siklus II.Kata kunci : Metode pembelajaraan problem based learning, minat belajar, hasil belajar
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAO KOMPETENSI SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Fadlil Zen, Alif Ahmad; Sudarsono, Bambang
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.9 KB)

Abstract

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Dengan Metode Project Based Learning Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Diesel di Universitas Muhammadiyah Puworejo?. Program Keahlian Pendidikan vokasional teknologi otomotif universitas muhammadiyah Purworejo?.. Skirpsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2019.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan kelas dengan metode pembelajaran project based learning dalam kompentesi sistem bahan bakar diesel, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap minat belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa.1) Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa semester 4 Program pendidikan otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2019, yang berjumlah 24 orang yang semuanya adalah mahasiswa laki-laki. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas mahasiswa yang menunjukkan minat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh dosen sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran project based learning. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata minat dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. 2) Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata minat mahasiswa dari pra siklus dengan persentase 63,75% berkategori kurang, naik menjadi 67,29% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 76,46%. 3) Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran project based learning berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 79% pada siklus II.Kata kunci: metode pembelajaraan project based learning, minat belajar, hasil belajar
54 JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI TBSM SMK NEGERI 1 KUTASARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Antoro, Mujib Budi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.552 KB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedidiplinan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelax XI TBSM SMK Negeri 1 Kutasari. Jenis penelitian ini menggunakan metode expost fakto,subjek penelitian yang di ambil adalah siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Kutasari yang berjumlah 90 Siswa. Pengumpulan data prestasi belajar dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan data kedisiplinan dan data kemandirian belajar dilakukan dengan teknik angket. Dari hasil penelitian di deskripsikan dalam sekor tertinggi dan sekor terendah.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Kedisiplinan Belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TBSM dalam pembelajaran produktif di SMK Negeri 1 Kutasari. 2) Kemandirian Belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TBSM dalam pembelajaran produktif di SMK Negeri 1 Kutasari.Kata kunci : Kedisiplinan, Kemandirian, Prestasi Belajar
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN CHASIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI SMK PN PURWOREJO Hariyanto, Syahman; Suyitno, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 14, No 01 (2019): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.806 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya keaktifan siswa yang telah diterapkan model PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran chasis kelas XI di SMK PN Purworejo. 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa setelah diterapkannya model PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran chasis kelas XI di SMK PN Purworejo.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PN Purworejo tahun ajaran 2018/2019, yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 26 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi keingintahuan, tingkah laku, dan keaktifan siswa yang menunjukkan semangat belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator pelaksana pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata keaktifan siswa dari pra siklus dengan persentase 70,37% berkategori kurang, naik menjadi 82,87% berkategori baik dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 90,89% dan masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Berdasarkan hasil belajar rata-rata siswa yang memenuhi standar kompetensi yaitu sebagai berikut: pada pra siklus nilai rata-rata sebesar 72,37 dengan presentase sebesar 29,63% masuk dalam kategori cukup kemudia n meningkat pada siklus I dengan rata-rata sebesar 81,03 dengan presentase sebesar 51,85% dan masuk dalam kategori baik dan semakin meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 90,66 dengan presentase sebesar 88,88% dan masuk dalam kategori sangat baik.Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), keaktifan siswa, hasil belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 12