cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH" : 24 Documents clear
Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo 105 EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE CERAMAH DAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA DI SMKN 1 PURWOREJO Agung Purwo Sucipto Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.016 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan metode ceramah dan metode kerja kelompok terhadap peningkatan pengetahuan teknik listrik dasar otomotif pada siswa di SMKN 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan menggunakan dua kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Variabel dependen yaitu pengetahuan siswa, variabel independen yaitu metode pembelajaran (ceramah dan kerja kelompok). Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil perhitungan dengan uji t diperoleh nilai thitung = 3,19 sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel yaitu 3,19 > 2,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari post-test adalah terdapat perbedaan atau tidak sama. Dengan hasil akhir rata-rata siswa, dimana Mean ± SD dengan pembelajaran metode kerja kelompok adalah (82,80 ± 5,95) sedangkan Mean ± SD dengan metode pembelajaran ceramah adalah (77,86 ± 6,00). Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah.Kata kunci : Metode Ceramah, Metode Kerja Kelompok, Peningkatan Pengetahuan
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM AC TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Dedik Yaenal Mustofa Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (965.426 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3388

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar mahasiswa dengan menggunakan media trainer AC mobil. (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media trainer AC mobil pada mahasiswa semester VI Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan yakni Lembar Angket, dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa dari persentase rata-rata pada angket pra siklus yaitu 59%, angket pada siklus I menjadi 63%, dan pada siklus II menjadi 70%, dan (2) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan pada hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata awal 65,8 , setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 72 dengan prosentase pencapaian 50% dan pada akhir siklus II terjadi peningkatan menjadi 77 dengan prosentase pencapaian 80%.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Minat, dan Hasil Belajar
PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP KETERAMPILAN DAN SIKAP PRAKTIK SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN POWER TRAIN DI SMK N 1 WADASLINTANG Prastiyo Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.984 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh pengetahuan terhadap keterampilan praktik siswa kelas XII pada mata pelajaran power train di SMK N 1 Wadaslintang, (2) pengaruh pengetahuan terhadap Sikap praktik siswa kelas XII pada mata pelajaran power train di SMK N 1 Wadaslintang, Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian semua siswa kelas XII TKR SMK N 1 Wadaslintang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 65 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah dengan TKR XII B dengan jumlah siswa 33. Penentuan sampel ini menggunakan metode acak sederhana yang hanya semua populasi mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reabilitas serta metode dokumentasi. Validasi instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisa korelasi regresi sederhana , yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan terhadap keterampilan praktik siswa kelas XII pada mata pelajaran Power Train di Smk N 1 Wadaslintang yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 4,91 ≥ 1,69 dengan sumbangan sebesar 43,8%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan terhadap sikap praktik siswa kelas XII pada mata pelajaran Power Train di Smk N 1 Wadaslintang yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 3,56 ≥ 1,69 dengan sumbangan sebesar 26,5.Kata kunci: Pengetahuan, Keterampilan Praktik, Sikap Praktik
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA DIKLAT TDSM KELAS X TSM DI SMKN 8 PURWOREJO TAHUN 2015/2016 Nur Hamid Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.975 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan pembelajaran model STAD di SMKN 8 Purworejo; (2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD; (3) mengetahui peningkatan kerjasama belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD; (4) mengetahui peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo setelah diterapkan pembelajaran model STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek penelitian kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kerjasama siswa dan tes pilihan ganda pada setiap siklus. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan metode STAD dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo dalam kompetensi gambar teknik. (2) Aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal yaitu 52% hasil observasi pada siklus I menjadi 73% dan pada siklus II menjadi 88%, (3) kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal 51%, observasi pada siklus I menjadi 71% dan pada siklus II menjadi 85%. (4) Prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas, kerjasama dan prestasi belajar pada pembelajaran kompetensi gambar teknik kelas X TSM B di SMKN 8 Purworejo.Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, STAD, aktivitas, kerjasama, prestasi belajar
PENGARUH KEMAMPUAN PRAKTIK DAN PENGUASAAN MATERI MATA PELAJARAN CHASIS TERHADAP KESIAPAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN) DI SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI Riza Khoirul Anwar Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.964 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh kemampuan praktik chasis terhadap kesiapan siswa dalam melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2015/2016, (2) pengaruh penguasaan materi chasis terhadap kesiapan siswa dalam melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2015/2016, dan (3) pengaruh kemampuan praktik dan penguasaan materi chasis secara terhadap kesiapan siswa dalam melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian semua siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 30, maka sampel penelitian ini adalah seluruh siswa atau termasuk penelitian dengan teknik penentuan sampel jenuh. Pengujian hipotesis dengan analisa korelasi Product Moment dan analisa regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan praktik chasis terhadap kesiapan PKL pada siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 3,737>2,063 dengan sumbangan sebesar 28%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan materi chasis terhadap kesiapan PKL pada siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 3,233>2,063 dengan sumbangan sebesar 20,5%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan praktik dan penguasaan materi chasis terhadap kesiapan PKL pada siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2015/2016 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel yaitu: 11,293>3,40 pada taraf signifikansi 5% dengan sumbangan kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi kesiapan PKL sebesar 48,5%.Kata kunci: Kemampuan Praktik, Penguasaan Materi Chasis, dan Kesiapan PKL
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PRAKTIK MOTOR BENSIN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN Imam Ulfi Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.035 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3392

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016,dan 3)i hubungan motivasi dan lingkungan belajar secara bersama dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian experimen yang juga menguji hipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan tertentu karena sesuatu sebab untuk memberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Taman Karya Madya Teknik yang berjumlah 158 siswa dengan jumlah sampel 158 orang. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan 1) ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana thitung sebesar thitung sebesar 5,012 dengan p=0,000,2) ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana thitung sebesar thitung sebesar 3,483 dengan p=0,001 dan 3) ada hubungan motivasi dan lingkungan belajar secara bersama dengan prestasi belajar praktik motor bensin siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016 dimana Fhitung sebesar 21,918 dengan p=0,000.Kata kunci : Motivasi, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM AC TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMERTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Muhammad Tamyiz Bambang Sudarsono.
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.986 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3393

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah (1) untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran stand AC dalam pembelajaran pada mata kuliah sistem AC di Universitas Muhammadiyah Purworejo, (2) untuk mengetahui prosedur pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan media sistem stand AC dan, (3) untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media stand sistem AC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: Angket , dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran stand sistem AC dapat dilaksanakan dengan langkah berikut : (a) Dosen memberikan pembelajaran terkait dengan materi sistem AC melalui penggunaan media stand sistem AC. (b) Dosen memberikan pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. (c) Mahasiswa mencari jawaban dari pertanyaan yang disampaikan oleh dosen. (d) Mahasiswa mencari jawaban yang benar. (e) Dosen membantu mahasiswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap hasil pembelajaran, (2) penggunaan medi pembelajaran dengan media stand AC dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, terbukti dengan perolehan angket respon motivasi belajar dengan rata–rata persentase 60,64% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 71,8% pada siklus II mata kuliah sistem AC dan, (3) pembelajaran dengan penggunaan media stsnd sistem AC dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa terbukti pada pra siklus nilai rata–rata 66,25 dengan ketuntasan 42,30% pada pra siklus meningkat menjadi rata–rata 70,36 dengan ketuntasan 57,14% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi rata–rata 75,53 dengan ketuntasan 78,57% pada siklus II.Kata kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Media Pembelajaran
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STAND ALAT PERAGA SISTEM WIPER WASHER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 2 GOMBONG TAHUN 2015/2016 Pradipta Yafi Atprivema Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1070.364 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3394

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Stand Alat Peraga Sistem Wiper Washer Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR Di Smk Ma’arif 2 Gombong Tahun 2015/2016.Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan media pembelajaran Alat Peraga guna meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Alat Peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong, (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Alat Peraga pada sistem wiper washer di SMK Ma’arif 2 Gombong.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development (R n D)). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian media (angket) dan soal tes berbentuk pilihan ganda. Tehnik analisis data pada penelitian ini adalah kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian ini meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisi produk.Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) proses pembuatan media pembelajaran system kelistrikan berupa stand dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan pada siswa Kelas XI TKR SMK Ma’arif 2 gombong telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. (2) hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, (3) hasil uji pembeda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung = 5,014 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki rata-rata hasil belajar 82,56 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 72,86.Kata Kunci : Hasil Belajar, Pengembangan Media, Alat Peraga, Wiper washer
PENGARUH KETERAMPILAN OPERASIONAL MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN Priyo Anggoro Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.413 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3395

Abstract

Pengaruh Keterampilan Operasional Mengajar Guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Kelas Xi Tkr Di Smk Negeri 2 Kebumen”.Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen; 2) Mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen; dan 3) Mengetahui pengaruh keterampilan operasional mengajar guru terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Kebumen.Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan jumlah sampel sampel 105 siswa dari dua kelas Teknik Kendaraan Ringan kelas XI di SMK Negeri 2 Kebumen. Variabel keterampilan operasional mengajar guru dan motivas belajar diperoleh menggunakan angket. Data prestasi belajar diperoleh menggunakan data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan operasional mengajar guru terhadap motivasi belajar dengan thitung sebesar 6,993 dan p=0,000; 2)Ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan operasional mengajar guru terhadap prestasi belajar dengan thitung sebesar 6,007 dan p=0,000; dan 3)Ada pengaruh positif dan signfikan keterampilan operasional mengajar guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 37,0%, terdiri dari pengaruh total keterampilan operasional mengajar guru terhadap prestasi sebesar 18,2% dan total pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar sebesar 18,8%.Kata kunci : Keterampilan, Motivasi, dan Prestasi Belajar
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PURWOREJO Robby Rahmandhani Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 2 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.302 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i2.3396

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses mengembangkan media pembelajaran teknik listrik dasar otomotif dengan menggunakan media pembelajaran blog, (2) Untuk mengetahui ada dan tidaknya perbedaan minat belajar siswa kelas X dengan menggunakan blog sebagai media pembelajaran pada teknik listrik dasar otomotif pada siswa di SMK N 1 Purworejo, (3) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan media blog terhadap peningkatan pengetahuan teknik listrik dasar otomotif meningkatkan minat belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan ialah R&D (Researd and Development). Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR SMK N 1 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016, yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut prosedur pembuatan media pembelajaran blog adalah (1) Menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan, (2) Melakukan penelitian pendahuluan, (3) Pengembangan materi, (4) Rancangan media pembelajaran, (5) Mengembangkan bentuk produk, (6) Validasi oleh ahli media dan ahli materi, (7) Analisis (8) Uji coba kelompok kecil (10) Analisis hasil uji coba kelompok kecil (11) Uji coba kelompok besar, dan Analisis hasil uji coba kelompok besar (12) Produk akhir. bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran TLDO dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TKR SMKN 1 Purworejo. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa kontrol sebesar 69.57% dengan menggunakan pembelajaran model konvesional dan kelas eksperimen sebesar 72,85% setelah menggunakan pembelajaran dengan Media blog. produk akhir menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat untuk meningkatkan minat serta hasil belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, media blog, minat belajar

Page 1 of 3 | Total Record : 24