cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech" : 8 Documents clear
MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK BEROTASI BERBASIS PEMBELAJARAN TIM PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO agus gozali
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas pembelajaran praktik yang meliputi peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Kejuruan Memperbaiki Sistem Pengisian Siswa Kelas XI TKR-A SMK Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR-A yang berjumlah 16 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan efektivitas pembelajaran praktik pada mata pelajaran kejuruan memperbaiki sistem pengisian. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) aktivitas belajar siswa saat pembelajaran praktik pada siklus I mencapai 86,72%, dengan kriteria sangat kuat, pada siklus II meningkat menjadi 100%, dengan kriteria sangat kuat; (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I adalah 89,52, dengan kriteria sangat baik, pada siklus II meningkat menjadi 94,57, dengan kriteria sangat baik. Kata-kata kunci: efektivitas, metode, berotasi, pembelajaran
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI KABUPATEN KLATEN arif susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.492

Abstract

Penelitian kompetensi pedagogik guru SMK program keahlian teknik otomotif di kabupaten Klaten bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan profil guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten, dan (2) menghitung tingkat pencapaian kompetensi pedagogik guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, berdasarkan kumpulan data mengenai tingkat kompetensi pedagogik guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru bidang produktif SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten. Sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling, adapun ukuran sampel yang diambil sebanyak 55 guru, 300 siswa, dan 10 kepala sekolah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dengan program SPSS versi 17. Data disajikan dalam bentuk persentase, selanjutnya dideskripsikan dan disimpulkan masing-masing komponen maupun variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebagian kecil guru belum memenuhi standar yang ditetapkan ditinjau dari kualifikasi akademik, kesesuaian bidang studi, dan lama pelatihan/penataran; 2) tingkat pencapaian kompetensi pedagogik guru termasuk kategori baik, ditinjau dari guru dalam memahami siswa, mengembangkan siswa, merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai titik tolak dalam upaya pembinaan dan peningkatan kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik guru SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Klaten. Kata kunci: Standar, Kompetensi Pedagogik, Guru SMK
TINGKAT EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BIMBINGAN AKADEMIK SEBAGAI LANGKAH PERBAIKAN KARAKTER MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO bambang sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.493

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Tingkat Efektivitas Pemanfaatan Bimbingan Akademik sebagai langkah perbaikan karakter mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Bimbingan akademik meliputi bimbingan pribadi, belajar, sosial dan karir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Subyek penelitian adalah para mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik penentuan sampel menggunakan nomogram Harry A.King sehingga diperoleh sampel berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Variabel penelitian adalah tingkat efektivitas pemanfaatan bimbingan akademik oleh mahasiswa. Alat pengumpul data yaitu kuesioner yang disusun sendiri oleh peneliti. Kuesioner tingkat efektivitas pemanfaatan bimbingan akademik terdiri dari 36 item yag mencakup aspek bimbingan belajar, pribadi, sosial dan bimbingan karir. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan pribadi kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 38 mahasiswa (44,7%) dan kategori rendah berjumlah 42 mahasiswa (49%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan belajar kategori tinggi berjumlah 7 mahasiswa (8,3%), kategori sedang berjumlah 32 mahasiswa (36,5%) dan kategori rendah berjumlah 47 mahasiswa (55,3%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan sosial kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,6%), kategori sedang berjumlah 29 mahasiswa (34,3%) dan kategori rendah berjumlah 46 mahasiswa (54,1%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan karir kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 36 mahasiswa (30,6%) dan kategori rendah berjumlah 44 mahasiswa (51,6%). Secara total pemanfaatan bimbingan akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memanfaatkan bimbingan dengan kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,7%), kategori sedang berjumlah 30 (35,4%) dan kategori rendah 45 mahasiswa (52,9%). Kata kunci : Bimbingan Akademik, Karakter, Mahasiswa
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK TUNAS NUSANTARA PURWOREJO onis warsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.494

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa SMK Tunas Nusantara Purworejo. Hal ini ditandai dengan media yang digunakan belum menarik perhatian siswa untuk aktif, sehingga siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Data diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar angket dan tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode audio visual dalam pembelajaran Alat Ukur Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo. Hal tersebut terlihat dari data hasil persentase angket hasil belajar siswa meningkat dari 68,75% pada hasi uji instrumen menjadi 73,75% pada  siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,25% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 71,25 dengan ketuntasan 62,50% pada hasil uji instrument menjadi 62,50 dengan ketuntasan 77,91% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,25 dengan ketuntasan 83,33% pada siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Teknik Sepeda Motor
KONTRIBUSI MOTIVASI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN ALAT UKUR TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X SMK NEGERI 2 KEBUMEN purwadi purwadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alat ukur pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Kebumen. Penelitian menggunakan pendekatan deskripsi korelasi. Jika dilihat dari pengambilan datanya maka penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2011 / 2012 yang berjumlah 120 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,081 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,000, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 3,459 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,001, (3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya sumbangan efektif (SE) variabel bebas (X) secara simultan terhadap variabel terikat (Y) dapat dilihat dari perolehan koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,379. Hal ini mengandung pengertian bahwa variabel motivasi belajar siswa (X1), dan variabel dukungan orang tua (X2) secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 37,9%, sedangkan 62,1% (100% - 37,9%) merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti. Adapun sumbangan efektif (SE) variabel motivasi belajar siswa (X1) terhadap variabel prestasi belajar (Y) (SEx1) sebesar 21,1%, dan variabel dukungan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) (SEx2)  sebesar 16,8%,  . Adapun sumbangan relative (SR) variabel motivasi belajar siswa (X1) terhadap variabel prestasi belajar (Y) (SRx1) sebesar 55,6%, dan variabel dukungan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) (SRx2)  sebesar 44,4%. Kata kunci : Motivasi, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI SMKN 1 PURWOREJO sutiyono sutiyono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.496

Abstract

Tujuan penelitian efektifitas penggunaan modul pembelajaran terhadap ketuntasan belajar sistem rem adalah untuk mengetahui perbedaan, peningkatan dan ketuntasan  pada prestasi belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran dan prestasi siswa tanpa menggunakan modul. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMKN 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik mesin otomotif. Sampel yang diambil adalah siswa dengan teknik sampel Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul pembelajaran dan yang diajar tanpa alat modul pembelajaran. Berdasar Uji Ketuntasan Belajar setelah siswa memperoleh pembelajaran, terlihat bahwa ketuntasan belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Pada kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan Modul Pembelajaran memiliki ketuntasan belajar yang lebih tinggi dari kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran tanpa Modul. Hal ini terlihat dari tabel 4.7 diperoleh rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen sebesar 7.80 dimana rata-rata tersebut lebih besar dari batas nilai tuntas belajar yaitu 7.00 yang berarti belajar telah mencapai ketuntasan belajar. Pada kelompok kontrol rata-rata prestasinya adalah 7.09 dimana rata-rata tersebut lebih besar dari batas nilai tuntas belajar yaitu 7.00 yang berarti pembelajaran juga telah mencapai ketuntasan belajar. Secara umum menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Modul Pembelajaran lebih efektif, karena berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar dan ketuntasan belajar yang lebih tinggi dari pada yang memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan modul pembelajaran.   Kata kunci : modul pembelajaran, ketuntasan belajar, sistem rem
MODIFIKASI KNALPOT STANDAR FIZ R 1995 UNTUK MENGURANGI EMISI GAS BUANG suyitno suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.497

Abstract

Pembuatan karya  ini bertujuan untuk, 1) merancang  modifikasi knalpot standar FIZ R untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor , 2) modifikasi knalpot standar FIZ R untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor, dan 3) dapat mengetahui besarnya penurunan emisi gas buang kendaraan bermotor FIZ R setelah dilakukan modifikasi. Tahap pelaksanaan program terdiri dari,  1) Penggambaran dengan Auto CAD 2 dan 3 dimensi, dan 2) modifikasi knalpot standar FIZ R. Kemudian yang terakhir adalah tahap evaluasi. Tahap evaluasi digunakan untuk merevisi kembali terhadap produk yang telah dibuat, jika dari produk ini perlu adanya penyempurnaan. Berdasarkan tahap-tahap program pembuatan Proyek Akhir yang telah dilaksanakan, maka didapatkan hasil modifikasi knalpot standar FIZ R.  Berdasarkan uji  yang telah dilakukan untuk timbal dengan alat AAS (Atomic Absorbance Spectrophotometer), knalpot modifikasi dapat meneyerap kandungan timbal pada gas buang kendaraan bermotor dengan tingkat penyerapan yang cukup tinggi mencapai 100% dengan limit deteksi 0.001 mg/m3. Sedangkan dengan alat Four Gas Analizer didapatkan data prosentase penurunan Karbonmonoksida (CO) untuk putaran rendah  74.72%, untuk putaran sedang 66.21%, dan untuk putaran tinggi sebesar 68.31%. Sedangkan prosentase penurunan Hidrokarbon (HC) untuk putaran rendah  25.01%, untuk putaran sedang 27.12%, dan untuk putaran tinggi sebesar 19.03%. Kata Kunci : modifikasi, knalpot, uji emisi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PANCABAKTI RAKIT BANJARNEGARA wawan Kurniawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 1, No 1 (2013): Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v1i1.498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran elektronik terhadap prestasi belajar siswa SMK Pancabakti Rakit Banjarnegara Kelas X Tahun 2011/2012, 2) Mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran elektronik terhadap prestasi belajar siswa SMK Pancabakti Rakit Banjarnegara Kelas X Tahun 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah ekspose facto yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan tersebut. Populasi dalam penelitian ini sebesar 240 dengan menggunakan tabel Krecjie maka sampel yang diambil sebanyak 142 dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis kuantitatif, penggunaan media pembelajaran elektronik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK Pancabakti Rakit Banjarnegara Kelas X Tahun 2011/2012. Besarnya pengaruh tersebut tergantung pada besarnya koefisien determinasi atau varians atau R Square.   Kata kunci : Penggunaan Pembelajaran Elektronik, Prestasi Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 8