cover
Contact Name
Engelbertus Kukuh W
Contact Email
jppi@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jppi@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148) Telp. (0341) 801488 (ext 230) e-mail: jppi@unikama.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
ISSN : 18584985     EISSN : 27218821     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali dalam setahun, setiap artikel yang terbit akan melalui tahapan peer-review. JPPI diterbitkan oleh Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang. JPPI menerima manuskrip hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah yang mencakup: School and Education Management, School Leadership, Social Studies Learning, Teaching Students with Special Education, Culture and Multicultural Society, Civic Education, Character Building Education, IPS Education Curriculum, serta bidang terkait lainnya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI" : 10 Documents clear
LINGKUNGAN SOSIAL SISWA, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 JAMBON PONOROGO) Siswanto Siswanto; M. Tauchid Noor; Christea F
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Siswa terhadap Hasil Belajar IPS, Studi pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo” adalah  penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS agar didapatkan hasil penelitian  yang dapat memperbaiki hasil belajar IPS khususnya di SMPN 1 Jambon Ponorogo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial siswa terhadap hasil belajar IPS, untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap hasil belajar IPS dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial siswa dan tingkat pendidikan orang tua siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif atau analisis data statistik. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Jambon Ponorogo.. Adapun tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga dihasilkan jumlah sampel sebesar 59 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, didapatkan persamaan:  Y’ = 37,475 + 0,224 X1+ 0,365 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan lingkungan sosial siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo karena nilai thitung (2,366) > ttabel (2,003)  atau nilai probabilitas tsig (0,02) < α (0,05). Dan ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo karena nilai thitung (4,031) > ttabel (2,022)  atau nilai probabilitas tsig (0,000) < α (0,05). Selain itu, ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama  antara lingkungan  sosial siswa dan tingkat pendidikan orang tua siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 1 Jambon Ponorogo karena nilai Fhitung (10,652) > Ftabel (4,080)  atau nilai probabilitas Fsig (0,000) < α (0,05). Dengan besarnya pengaruh 48,3%%. Sedangkan sisanya 51,7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA SDN PUDAK WETAN KECAMATAN PUDAK KABUPATEN PONOROGO Katiran Katiran
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang, Pengaruh MetodeDiskusi dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI SDN Pudak Wetan Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode diskusi kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS siswa SDN Pudak Wetan Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo, 2) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS siswa SDN Pudak Wetan Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo, 3) pengaruh metode diskusi kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SDN pudak Wetan Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga dihasilkan jumlah sampel sebesar 30 responden. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING, MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN PRESTASI BELAJAR Ria Yusfita Ernawati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study aimed to observe the Influence of Learning Model Discovery Learning and Learning Media Power Point to the Student Achievement of Social Science 5th Grade Student at SDN 1 Banjarjo, Pudak, Ponorogo. The study used population all  students of class V SDN 1 Banjarjo, Pudak, Ponorogo totaling 30 students. But only 30 students was taken as sample, using total sampling technique. The instrument used was questionnaires. The Results of evaluator analysis and assay statistic proves that the naught hypothesis (Ho) refused and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This study means that the partial application of learning models Discovery learning and Learning Media Power Point have a significant effect on Student Achievement of Social Sciences, with tcount respectively 3.782 and 0.888 is greater than ttable which is 2.042 and 0.662. The statistical analysis also result that simultaneous application of learning models Discovery learning and Learning Media Power Point have a significant effect on Student Achievement of Social Sciences, with Fcount 7.621 greater than Ftable which is 3.34. beside of that from bifiliar linear regression evaluator is known that the application of Discovery learning as learning model and Power Point as Learning Media have a significant influence on student learning achievement in social studies, with the Rvalue of 0.601 with constant coefficient of 63.115. It is concluded that there is significant influence between the application of Discovery learning as learning model and Power point as Learning Media on the Student Achievement of Social Sciences 5th grade students at SDN 1 Banjarjo, Pudak, Ponorogo.
STATUS SOSIAL EKONOMI, GAYA, DAN PRESTASI BELAJAR Roni Priyo Jatmiko
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was try to explain the influence of student’s parents social economic status and student’s learning style to student’s learning achievement, especially at VIIIth Graders Student 2015/2016 Academic Year of SMP Negeri 3 Kecamatan Ponorogo. The subjects were 56 students. Data obtained by questionnaire and documentation mode, for analyst by multiple regression methode, while the hypothesises are tested by using Ftest and Ttest. The result of research indicate that by togetherness, student’s parents social economic status and student’s learning style is own the influence to student’s learning achievement. There are positive values of regression coefficient among student’s parents social economic status and student’s learning with student’s learning achievement. The Ttest values indicate that student’s parents social economic status has and student’s learning style have significance influence to student’s learning achievement.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SDN 2 MRICAN, KECAMATAN JENANGAN, KABUPATEN PONOROGO Mismiati Mismiati Mismiati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi belajar dan prestasi belajar adalah dua hal yang saling berkaitan, selain itu media pembelajaran juga berpengaruh terhadap kedua hal tersebut. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas Motivasi Belajar Siswa (X1), Penggunaan Media Pembelajaran (X2), dan variabel terikatnya adalah Prestasi Belajar Matapelajaran IPS (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:  a) pengaruh antara motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa terhadap prestasi belajar siswa SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015-2016.  b) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015-2016.  c) pengaruh motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015 – 2016.Jenis penelitian menggunakan metode regresi dengan menggunakan regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4,5,6 SDN 2 Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015 – 2016 yaitu sebanyak 87 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan software SPSS Versi 16.00 for windows.Hasil analisis regresi linier sederhan dengan menggunakan SPSS Versi 16.00 adalah bahwa ada pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Terdapat pengaruh positif signifikan juga antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Serta motivasi belajar siswa dan penggunaan media pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap prestasi matapelajaran IPS.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SISWA SMPN 1 KECAMATAN NGEBEL KABUPATEN PONOROGO Muhaji Muhaji; Pieter Sahertian; Agus Priyono
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan ujung tombak untuk mencapai tujuan di atas. Dan guru adalah orang yang berhubungan dengan siswa setiap hari. Oleh karena itu kemampuan untuk mendorong siswa mencapai hasil belajar yang optimal adalah kewajiban. Guru harus bisa memotivasi siswanya untuk belajar lebih giat. Memotivasi siswa dalam proses pembelajaran bisa dilakukan dengan model pembelajaran yang menarik dan di senangi oleh siswa. Salah satunya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS). Namun sering terlihat proses pembelajaran di sekolah menengah pada umumnya masih menerapkan sistem tradisional atau konversional yaitu teacher centered sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru bukan siswa. Pembelajaran ini dirasa masih kurang variatif dan menimbulkan rasa jenuh pada siswa dan menyebabkan rendahnya penguasaan materi pada siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tersebut.Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan model TS-TS terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel, Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel, Untuk mengetahui  pengaruh secara bersama-sama penggunaan model pembelajaran model TS-TS dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VIII SMPN 1 Kec. Ngebel tahun pelajaran 2015-2016 sebanyak 129 siswa dengan sampel 56 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model two stay-two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel Ponorogo (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel Ponorogo (3) Ada pengaruh secara bersama-sama penggunaan model pembelajaran model two stay-two stray (TS-TS) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SMPN 1 Kec. Ngebel Ponorogo. 
MENARIKNYA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SISWA SDN 1 GAJAH PONOROGO Prapto Prapto; Pieter Sahertian; Andista Priyono
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan nasional,  merupakan usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pendidikan non formal dan formal. Sekolah-sekolah mempunyai tugas berat dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan cara mencari model pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membuat siswa-siswa mejadi bosan dengan materi yang disajikan. Jika siswa-siswa merasa senang dalam menerima materi akan dengan sendirinya mereka akan semakin termotivasi dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo, (2) untuk mengetahui apakah motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo, (3) untuk mengetahui apakah bersama-sama penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 1 Gajah Ponorogo dengan mengambil sampel siswa kelas V sejumlah 30 siswa dan melihat subyek penelitian dengan jumlah dengan jumlah relatif cukup (30 siswa), maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, dengan demikian besarnya sampel ditetapkan 30 orang siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan model pembelajaran Picture adn Picture mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo, (2) Motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN Gajah Ponorogo, (3) Secara bersama-sama penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS Samsul Hariadi
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara  umum  penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh  pembelajaran  ilmu  pengetahuan  sosial  dengan  menggunakan media LCD PROYEKTOR  dan  motivasi  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa. Secara  khusus , tujuan  penelitian adalah (1) untuk  mengetahui ada  pengaruh prestasi  belajar  siswa pada mata pelajaran  ilmu  pengetahuan sosial siswa yang pembelajarannya dengan  menggunakan media  LCD PROYEKTOR.(2) Untuk  mengetahui  ada pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan media  LCD PROYEKTOR terhadap  prestasi  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  IPS. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi pembelajaran  menggunakan media  LCD PROYEKTOR  dan  motivasi belajar  terhadap prestasi belajar  siswa  kelas  VIII di MTs Negeri Sampung. Populasi  penelitian ini adalah para siswa MTs Negeri Sampung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo  sejumlah  316  orang siswa. Dari anggota populasi  tersebut, diambil sample  secara random ( acak ) sejumlah 60 siswa. Cara  melakukan  acak adalah: pertama - tama dilaksanakan  undian  kelas dari  kelas VII, VIII, IX, yang  hasilnya  diperoleh  kelas VIII.  Data - data penelitian  yaitu data  angket  penggunaan  media  LCD PROYEKTOR , data  angket  motivasi belajar  dan   data  prestasi  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  ilmu  pengetahuan  sosial, diperoleh  dengan  menggunakan  skala  likert. Selanjutnya  data - data  penelitian tersebut  dianalisis  dengan  menggunakan  teknik  regresi  ganda SPSS for  Windows versi  16.0. Dari  analisis  data  pembelajaran  penggunaan  media  LCD PROYEKTOR  siswa  diperoleh nilai t hitung = 4.821  tingkat signifikan 0,000 < 0.005 dengan demikian hipotesis 1 diterima secara  signifikan. Hasil  analisis  data  motivasi belajar  siswa diperoleh  nilai t hitung = 7.359 tingkat signifikan 0,000 < 0.005 dengan demikian hipotesis  2 diterima secara signifikan. Hasil  analisis  regresi  ganda  pembelajaran  penggunaan  media  LCD PROYEKTOR  dan motivasi  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa  diperoleh t  hitung = 3.233  tingkat  signifikan 0.002 < 0.005  dengan  demikian   hipotesis  3  diterima  secara  signifikan. Kesimpulan sebagai temuan hasil penelitian ini  adalah (1) Ada pengaruh penggunaan media LCD PROYEKTOR  terhadap prestasi  belajar siswa  mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial  kelas  VIII  MTs Negeri Sampung. (2)  Ada pengaruh  motivasi  belajar  terhadap  prestasi  belajar  siswa  mata  pelajaran  Ilmu Pengetahuan  Sosial  kelas  VIII  MTs Negeri Sampung. (3) Secara  bersama-sama ada  pengaruh antara  pembelajaran  penggunaan  LCD PROYEKTOR  dan  Motivasi  belajar terhadap  prestasi  belajar  pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas  VIII  MTs Negeri Sampung kecamatan  Sampung   kabupaten  Ponorogo.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN COMPLETTE SENTENCE SISWA SDN 1 BLEMBEM KABUPATEN PONOROGO Boniran Boniran
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “Perbedaan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Picture And Picture Dengan Complette Sentence Siswa SDN 1 Blembem” yaitu penelitian yang berorientasi pada siswa, dan dapat melibatkan siswa secara aktif, yaitu suatu model pembelajaran dengan bentuk kelompok dengan metode yang interaktif, yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan kerjasama antar siswa. Model tersebut adalah model pembelajaran kooperatif dengan metodenya Picture And Picture dan Complette Sentence yang mana bisa membantu siswa dalam mempelajari materi IPS serta memberikan kemudahan dalam memahami isi materi tentunya pada siswa kelas IV SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPS melalui metode picture and picture dengan complette sentence. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperimen dengan dasain posttest-only control design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon dengan jumlah 263 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa melalui metode picture and picture dengan complette sentence di SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Perbedaan ini menunjukkan metode picture and picture lebih unggul dibandingkan dengan complette sentence, dikarenakan kondisi siswa SD yang masih suka dengan keterlibatan gambar dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dengan metode picture and picture dan complette sentence sebagai tipe kegiatan pembelajaran yang perlu ditingkatkan secara terus menerus sejalan dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian yang mendalam tentang hal tersebut agar upaya pengembangan dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sedangkan untuk metode picture and picture mempunyai keunggulan dengan adanya keterlibatan gambar. Selain itu guru juga perlu meningkatkan kemampuannya dalam menguasai berbagai metode seperti metode picture and picture dan complette sentence agar tercipta proses pembelajaran yang efektif.
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA PROGRAM IPS DI MAN 3 MALANG Mishad Mishad
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses belajarnya peserta didik atau siswa menghadapi berbagai faktor, diantaranya adalah faktor kebiasaan belajar, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya  pengaruh secara parsial (sendiri-sendiri) atau simultan (bersama-sama) antara kebiasaan belajar, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa program IPS di MAN 3 Malang.Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program IPS MAN 3 Malang yang tinggal bersama orang tua mereka, atau tidak kos dan tidak tinggal di ma’had MAN 3 malang yang berjumlah 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan keluarga  terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa program IPS di MAN 3 Malang, dengan nilai F hitung 10,209. Variabel kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,280. Variabel kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,552. Variabel kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,583.

Page 1 of 1 | Total Record : 10