cover
Contact Name
Engelbertus Kukuh W
Contact Email
jppi@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jppi@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148) Telp. (0341) 801488 (ext 230) e-mail: jppi@unikama.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
ISSN : 18584985     EISSN : 27218821     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali dalam setahun, setiap artikel yang terbit akan melalui tahapan peer-review. JPPI diterbitkan oleh Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang. JPPI menerima manuskrip hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah yang mencakup: School and Education Management, School Leadership, Social Studies Learning, Teaching Students with Special Education, Culture and Multicultural Society, Civic Education, Character Building Education, IPS Education Curriculum, serta bidang terkait lainnya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI" : 10 Documents clear
ANALISIS NILAI-NILAI FALSAFAH JAWA DALAM BUKU PITUTUR LUHUR BUDAYA JAWA KARYA GUNAWAN SUMODININGRAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS Arif Widodo; Sa’dun Akbar; Sujito Sujito
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study originated from unrest author of the erosion of understanding the values of local wisdom of the students due to the distortion values of Javanese philosophy which has implications on the deterioration of character of the nation, therefore replanting Values of Javanese Philosophy in learning is especially important in learning IPS. Prior to actualize these values first educators should get a correct understanding of the meaning contained in the philosophy of Java. Therefore in this study the researchers conducted the interpretation of the book "Pitutur Luhur Budaya Jawa" by using heuristic and hermeneutic analysis model so that can know the meaning contained in it properly. This study aimed to explore the content of the values in the Javanese philosophy, character education and its relevance to search for what values are worth to be rebuild in social studies learning. Based on these results it can be seen that there are many good values contained in the book "Pitutur Luhur Budaya Jawa" is still relevant and in line with the eighteen values of character education that disseminated by the government, because they both contain the teaching of manners include honesty, trustworthy, discipline, courtesy, neatness, sincerity, wisdom, self-control, courage, friendship, loyalty, honor and justice. Those values are reflected in hamemayu hayuning bawana, sepi ing pamrih rame ing gawe, alon-alon waton kelakon, mangan ora mangan waton ngumpul, Aja ketungkul marang kalungguhan kadonyan lan kemareman, aja sira deksura, and Aja waton ngomong ning ngomonga nganggo waton.There are some decent character value actualized in social studies lesson although not on the list of eighteen value character because these values are universal can apply to anybody and anywhere. Those values include the patient, neriman, rila, alert, selfless, conscious process and ensure harmony. Actualization of these values can be an answer to the problems that hit the nation's character because of these values is a bridge for people in ngudi kawicaksanan lan ngudi kasampurnaning urip. Keywords: Values of Javanese Philosophy, Pitutur Luhur, learning resources, learning IPS.
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA MTS. MIFTAHUL KOTA KEDIRI Erwiyati Erwiyati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang. Seorang yang hasil belajar tinggi dapat dikatakan bahwa ia telah berhasil dalam belajar. Hasil belajar Mata pelajaran IPS siswa MTs. Miftahul ‘Ulum Kota Kediri sesuai dengan harapan, Karena pemanfaatan perpustakaan dan motivasin belajar siswa baik. Penelitian “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di MTs. Miftahul Kota Kediri” untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs Miftahaul ‘Ulum Kota Kediri, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs. Miftahul ‘Ulum Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian yang memberikan gambaran informasi mengenai status suatu gejala yang ada. Sampel yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini adalah 20% dari seluruh populasi dengan jumlah 76 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan teknik analisis korelasi dengan bantuan aplikasi statistik SPSS release 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan oleh siswa termasuk kategori baik , dan motivasi belajar siswa termasuk kategori baik , sedangkan prestasi belajar termasuk dalam kategori baik dengan persentase 77,32 % .Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MTs. Miftahul ‘Ulum Kota Kediri Dari kesimpulan tersebut disarankan kepada siswa agar dapat meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sehingga mereka banyak mendapat informasi tentang pelajaran yang mereka pelajari. Penguasaan materi dengan mereka sering memanfaatkan perpustakaan akan menumbuhkan motivasi belajar yang baik akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
PERAN BUDAYA KARAPAN KERBAU DALAM MEREKATKAN HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT DESA JOTANG BERU KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA BESAR-NTB (STUDI DESKRIPTIF ANALISIS TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI BUDAYA PENDIDIKAN IPS) Hari Wijaya
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Bagaimana Pelaksanaan Karapan Kerbau di Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. (2) Bagaimana Bentuk-bentuk Kerekatan Sosial Masyarakat Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. (3) Nilai-nilai apa saja dalam Karapan Kerbau yang Merekatkan Hubungan Sosial Masyarakat Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. (4) Bagaimana Peran Nilai dalam Merekatkan Hubungan Sosial Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan bentuk antropologitentang perilaku alami dalam sebuah budaya atau seluruh kelompok sosial. Dengan lokasi penelitian yaitu Desa Jotang Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Besar-NTB, Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Instrument dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data mengunakan : 1) Observasi, 2) Wawancara dan 3) Studi dokumen dan pustaka, dan teks yang berkaitan dengan budaya karapan kerbau. Analisis data menggunakan model analisis interaktif melalui perumusan masalah, pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber, Audit trail, Peerdebreefing, Member Chek, dan Perpanjang Pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Pelaksanaan karapan kerbau di Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB meliputi : 1) Pelaksanaan, 2) Waktu Pelaksanaan, 3) Tempat Pelaksanaan, 4) Peserta, 5). Peralatan dan Perlengkapan, meliputi : a. Sepasang Kerbau, b. Noga, c. Kareng, d. Mangkar, e. Saka, f. Tiang Panjang, g. Bendera, h) Sanro Saka dan Sanro Kebo, i) Pengukuran Waktu. 6) Aturan Permainan dan 7) Hadiah. (2) Bentuk-bentuk kerekatan sosial masyarakat Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB antara lain sebagai berikut : a) Kerja sama, b) kepercayaan, c) gotong royong dan d) kebersamaan yang terdapat dalam budaya karapan kerbau. (3) Nilia-nilai keeratan sosial yang merekat pada karapan kerbau adalah nilai kerja sama, nilai persaingan, nilai ketertiban dan nilai sportivitas. (4) Peran nilai dalam merekatkan hubungan sosial Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB adalah nilai Sebagai Pedoman berprilaku, nilai sebagai kontrol sosial dan nilai sebagai pelindung sosial. . Kata Kunci : Peran Budaya, Karapan Kerbau dan Hubungan Sosial
PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan) Iflakhah Iflakhah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya metode pembelajaran Macromedia Flash 8 dalam meningkatkan semangat belajar sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi di sekolah terutama dalam pelajaran IPS, karena nilai IPS siswa tergolong rendah. Oleh karena itu penting adanya metode pembelajaran yang menarik siswa untuk tidak bosan belajar IPS yaitu penggunaan multimediainteraktif berbasis macromedia flash 8. Guru juga harus memberikan motivasi dalam meningkatkan dan mendorong siswa untuk terus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 terhadap prestasi belajar IPS, Untuk menganalisis pengaruh pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS(studi pada siswa kelas VII MTs Negeri Bangil Kabupaten Pasuruan). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden atas kuisioner yang digunakan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G, VII-H, VII-I dan VII-J sebanyak 144 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa secara acak mengambil sampel 16 siswa dari masing-masing kelas tersebut. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda, Uji Normalitas Data, Uji linieritas, Uji Multikolinieritas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 dan motivasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Variabel penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasimemiliki nilai determinasi yang cukuptinggi terhadap prestasi siswayaitu sebesar 52,3%. Hal ini mengindikasikan bahwavariabel bebas dalam penelitian ini merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Negeri Bangil Kab.Pasuruan. Determinasi variabel penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasi sebesar 52,3% dan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel bebas yang lain diluar variabel yang diteliti, karena pada dasarnya masih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa selain penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasi. Kata kunci: macromedia flash 8, motivasi belajar, prestasi siswa.
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SDN GUGUS SEKOLAH LUMBANG KABUPATEN PASURUAN Radi Radi
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pada ilmu pengetahuan sosial kajian persoalan-persoalan kehidupan sosial kemasyarakatan yang bersifat praktis sangat berguna bagi siswa sekolah dasar untuk hidup dan kehidupannya masa kini dan masa yang akan datang. Dengan harapan siswa ini nantinya dapat menyadari dan memahami bahwa dia tidak hidup sendirian, tetapi hidup di lingkungan yang luas, jika ingin hidup yang layak. Masalah berikutnya terkait dengan pemilihan dan pendekatan pembelajaran, yang belum banyak menimbulkan keaktifan dan kreatifitas siswa. Hal ini karena masih sering menggunakan pendekatan konvensional, yang pembelajaranya terpusat pada guru, sehingga siswanya menjadi pasif. Jika pembelajarannya dapat mengaktifkan siswa, maka akan menarik dan materi yang banyak tadi bisa secara cepat diserap oleh siswa. Karena mereka antuas, mau belajar dengan sungguh-sungguh. Berangkat dari masalah di atas maka kami tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kontekstual yang dipandang dapat membantu siswa aktif dalam kegiatan belajar dan mengajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemebelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar llmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar llmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kontekstual dan minat belajar siswa secara secara simulltan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2016-2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran kontekstual dan minat belajar siswa secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Persepsi siswa tentang model pembelajaran kontekstual mempunyai sumbangan yang efektif lebih besar daripada minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu meskipun belum secara maksimal sepenuhnya. Kata Kunci: Pembelajaran Kontestual, Minat belajar Siswa dan Prestasi Belajar Siswa Abstract The study "Effects of Contextual Learning Implementation and Interest Student Learning Achievement Terhahadap Science Class V SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan in the academic year 2016-2017." In social science study of the problems of social life that is practically very useful for school students basis for life and the life of the present and the future. With hope these students will be able to realize and understand that she does not live alone, but living in a spacious environment, if you want a decent life. The next issue related to the selection and learning approach, which has not generated a lot of activity and creativity of students. This is because they often use the conventional approach, which pembelajaranya centered on the teacher, so that students become passive. If learning can enable students, it will be interesting and a lot of material that had to be quickly absorbed by the students. Because they antuas, willing to learn in earnest. Departing from the above problems then we are interested to apply contextual learning model which is seen to help students actively in learning and teaching activities. The purpose of this study was to determine how the contextual pemebelajaran influence on the learning achievement of Social Sciences. To determine the influence of student interest towards learning achievement of Social Sciences. To determine the influence of contextual learning and students' learning interest in simulltan on student achievement grade IV SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan in the academic year 2016-2017. The method used in this research is a quantitative method that is based on the philosophy of positivism, is used to examine the population or a particular sample, data collection using research instruments, quantitative data analysis / statistics, with the aim to test the hypothesis that has been set. The results showed the influence of contextual learning and student interest simultaneously on student achievement grade IV SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan. Students' perceptions about contextual learning model has an effective contribution is greater than the interest of student learning to the student achievement in social studies though not optimally integrated fully. Keywords: Learning Kontestual, Interest in learning Students and Student Achievement
MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADABUKU TEKS PELAJARAN ILMUPENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS II SEKOLAH DASAR Moh. Tohir; Sa’dun Akbar; Sujito Sujito
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) muatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada tujuan, uraian materi, soal latihan/penugasan, dan uji kompetensi (2) relevansi/konsistensi nilai-nilai karakter antara fokus pengembangan nilai-nilai karakter dengan bagian-bagian buku yang terdapat pada buku teks pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan analisis konten yang dilaksanakan melalui tiga tahap analisis (1) analisis pra lapangan (2) analisis selama di lapangan; yaitu (a) reduksi data; (b) pengumpulan data; (c) penentuan sampel; (d) pencatatan; (e) penarikan kesimpulan; dan (f) mendeskripsikan hasil penelitian (3) analisis selesai di lapangan; yaitu (a) analisis domain (b) analisis taksonomi (c) analisis komponensial (d) analisis tema. Untuk pengecekan temuan dilakukan dengan cara : (1) perpanjangan keikutsertaan, (2) ketekunan pengamatan (3) triagulasi (4) pengecekan sejawat (5) kajian kasus negatif (6) pengecekan anggoota (7) uraian rinci (8) audit kebergantungan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas II Sekolah Dasar terbitan Erlangga Karya Tim Bina Karya Guru yang terdiri dari enam bab, sedangkan obyeknya adalah muatan nilai-nilai yang terkandung dalam seluruh bagian buku. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku teks pelajaran IPS terpadu dalam setiap bab mengandung muatan nilai-nilai karakter dengan jumlah yang bervariasi dan persebaran kurang merata, bahkan nilai karakter tersebut ada yang tidak muncul (2) ditemukan nilai-nilai karakter yang tidak sesuai dengan UU no 20 tahun 2003; (3) teknik penyajian nilai-nilai karakter yang relevan/konsisten dan tidak relevan/konsisten antara fokus pengembangan nilai-nilai karakter dengan bagian-bagian buku dengan cara: (a) pengungkapan dan pengintegrasian nilai-nilai karakter dengan menggunakan lagu, cerita, dan drama untuk memunculkan nilai-nilai karakter; (c) mengubah hal-hal negatif menjadi positif; serta (d) melakukan praktik lapangan untuk memunculkan nilai-nilai karakter. Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, Buku teks, IPS, Sekolah Dasar.
PENGARUH PENERAPAN METODE PETA KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 GONDANGWETAN KABUPATEN PASURUAN Ratna Yuniawati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS saat ini masih didominasi oleh metode konvensional (ceramah) dan selama ini guru hanya berupaya mengembangkan dan menguji daya ingat peserta didik. Sedangkan kemampuan berfikir rasional dan kreatif kurang diaktifkan. Pengembangan kemampuan berfikir kritis dan kreatif terhambat oleh kemampuan mengingat. Dalam rangka mencapai hasil belajar IPS yang komprehensif diperlukan berbagai macam strategi, termasuk strategi yang belum banyak dilakukan oleh guru yaitu strategi pembelajaran dengan peta konsep (Concep Mapping). Dengan membuat peta konsep diharapkan dapat mempermudah penguasaan terhadap kompetensi pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode peta konsep dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Untuk menganalisis pengaruh penerapan metode peta konsep terhadap hasil belajar dan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada atau tidaknya hubungan antara 2 variabel atau lebih dan apabila ada, seberapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu.Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Gondangwetan berjumlah 179 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 179 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan regresi ganda dengan bantuan komputer SPSS versi 18.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan penerapan metode peta konsep dan motivasi belajar siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Gondangwetan Pasuruan, (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan metode peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Gondangwetan Pasuruan, (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Gondangwetan Pasuruan Kata kunci: Metode PetaKonsep, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
PENGEMBANGAN MODUL IPS SUBTEMA MASA PRAAKSARA UNTUK MEWUJUDKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN I2M3 SISWA KELAS VII MTs NEGERI POHJENTREK Aidy Fitry
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul yang valid sesuai teori, menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul yang praktis dan efektif dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri Pohjentrek, menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul pada mata pelajaran IPS yang dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa, menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul pada mata pelajaran IPS yang dapat menciptakan pembelajaran yang interakif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik (I2M3) pada siswa kelas VII MTs Negeri Pohjentrek. Hasil yang diperoleh dalam Pengembangan modul IPS, Berdasarkan kebutuhan Siswa dan Guru, modul yang diinginkan yaitu Modul IPS praktis dengan kajian materi sederhana dan dapat mengajak siswa belajar dengan aktif serta dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Modul IPS tidak hanya bersifat tekstual, namun juga buku yang menyajikan gambar menarik yang dapat minat baca siswa serta memudahkan anak memahami materi serta memiliki lembar kegiatan yang mengajak siswa yang aktif dan kreatif, yang dapat mengajak siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi dan juga dapat memberikan pembelajaran I2M3.
PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT ( IQ ) , PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS ( Study di SDN Jatimulyo 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ) Sri Mulyati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “ Pengaruh Intelligence Quotient ( Iq ) , Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS” yaitu penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengaruh IQ, Perhatian Orang Tua, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa – siswi kelas 5 dan 6 SDN Jatimulyo 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Tahun Pelajaran 2016 – 2017, baik secara Parsial atau Simultan. Penelitian ini dilatar belakangi nilai IPS semester 2 lebih rendah dari pada nilai PPKN. Rendahnya nilai – nilai tersebut bisa disebabkan dari dalam diri siswa ( faktor intern ) dan faktor dari luar ( ektern ). Selain dari rendahnya nilai IPS juga dilatar belakangi beberapa pendapat dari para ahli bahwa IQ, Perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa dapat mempengaruhi dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa – siswi kelas 5 dan 6 SDN Jatimulyo 3 tahun pelajaran 2016 – 2017 dengan jumlah 68 siswa terdiri dari kelas 5 ada 31 siswa dan kelas 6 ada 37 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini adalah dokumen dan angket. Dokumen untuk mencari data tentang IQ dan prestasi belajar siswa. Angket atau kuesioner untuk mencari data tentang perhatian orang tua dan kedisplinan siswa. Angket dibuat dengan skala likert Jumlah soal variabel perhatian orang tua ada 12 soal dan variabel kedisiplinan siswa ada 13 soal. Hasil dalam penelitian berdasarkan uji F (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dalam uji t ( Parsial ) yaitu pengaruh variabel IQ terhadap prestasi belajar adalah nilai signifikan atau p value 0.039 < 0,005 dan t hitung 2,105 > t tabel 1,998 maka H0 ditolak dan H1 diterima. IQ berpengaruh terhadap prestasi belajar. Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar adalah signifikan atau p value 0.039 < 0,005 dan t hitung 2,105 > t tabel 1,998 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar adalah nilai signifikan atau p value 0.031 < 0,005 dan t hitung 2,205 > t tabel 1,998 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil output SPSS koefisien korelasi sebesar 0,820 hal ini menunjukkan hubungan antara variabel – variabel sangat kuat. Nilai diterminasi 0,673 atau 67,3% hal ini memberikan arti bahwa iq, perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa mempengaruhi prestasi belajar sebesar 67,3% dan sisanya 32,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci :Intelligence Quotient ( Iq ) , Perhatian Orang Tua , Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Belajar
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ADAPTIF DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn (Studi Pada : Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare Tahun Pelajaran 2016 – 2017) Sugeng Giyanto
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Adaptif dan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar PKn di SMP Negeri 1 Kalipare Kabupaten Malang” yaitu penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Adaptif dan penggunaan Internet terhadap prestasi belajar Siswa SMP Negeri 1 Kalipare, suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Metode pembelajaran Adaptif pada penelitian ini, merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran dari gabungan beberapa metode pembelajaran yang terdiri dari Apel Kelas, Diskusi antar Kelompok, Presentasi tanpa Teks, dan Positif Reinforcement (Penguatan Positif). Berdasarkan hasil pengujian beda rata-rata dengan kruskal Wallis dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan signifikan rata-rata post test prestasi belajar PKn antara siswa yang mendapatkan penerapan metode pembelajaran adaptif, siswa yang menggunakan internet dan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab) pada siswa SMP Negeri 1 Kalipare Nilai rata-rata tertinggi adalah pada kelompok eksperimen 1 yaitu metode adaptif yaitu sebesar 80,55 sedangkan rata-rata eksperimen 2 yaitu metode penggunaan internet menempati urutan kedua yaitu sebesar 77,09 sedangkan yang paling rendah nilai rata-ratanya adalah kelompok kontrol, yaitu metode konvensional, yaitu sebesar 63,30. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan metode Adaptif dan Penggunaan Internet dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 1 Kalipare. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Adaptif, Penggunaan Internet dan Prestasi Belajar PKn

Page 1 of 1 | Total Record : 10