cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2015): Februari" : 5 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DOSEN TETAP DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI DKI JAKARTA Yudo, Dwiki Ananto
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 11 No. 1 (2015): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.704 KB) | DOI: 10.21067/jem.v11i1.865

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara variabel budaya organisasi dan variabel gaya kepemimpinan terhadap variabel kepuasan kerja. Penggunaan variabel tersebut berdasarkan penelitian terdahulu, yaitu: H. Teman Koesmono (2005), dan Ramlan Ruvendi (2005). Penelitian ini dilakukan di sebuah Perguruan Tinggi swasta di DKI Jakarta dengan  jumlah responden sebanyak 75 orang dosen tetap, dengan menggunakan tools koefisien Rank Spearman melalui software SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi dan gaya kepemimpinan memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dosen tetap, yaitu sebesar r = 0,835 pada variabel budaya organisasi, dan r = 0,895 pada variabel gaya kepemimpinan.
ANALISIS KESESUAIAN HARAPAN DAN PERSEPSI ATAS KUALITAS LAYANAN (SERVICE QUALITY) PADA BANK UMUM SYARIAH DI TULUNGAGUNG Huda, Qomarul; Subagiyo, Rokhmat
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 11 No. 1 (2015): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.159 KB) | DOI: 10.21067/jem.v11i1.866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesenjangan antara persepsi dan harapan nasabah atas kualitas pelayanan berupa tangibles ( bukti fisik); (2) tingkat kesenjangan antara persepsi dan harapan nasabah atas kualitas pelayanan berupa reliability (kehandalan); (3) tingkat kesenjangan antara persepsi dan harapan nasabah atas kualitas pelayanan berupa responsiveness (keikutsertaan); (4) tingkat kesenjangan antara persepsi dan harapan nasabah atas kualitas pelayanan berupa assurance (jaminan & kepastian); dan (5) tingkat kesenjangan antara persepsi dan harapan nasabah atas kualitas pelayanan berupa empathy (empati) pada bank umum syariah di kabupaten tulungagung.Sampel adalah nasabah simpanan yang pernah menggunakan layanan pada perbankan syariah di bank umum syariah di kabupaten Tulungagung dan pernah datang ke kantor layanan bank umum syariah minimal tiga (3) kali 3 bulan terakhir. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis Tes Rangking-Bertanda Wilcoxon agar mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara pasangan-pasangan data ordinal dari dua (2) buah sampel yang berhubungan. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas.Hasil penelitian menunjukkan:  (1) hasil uji tes rangking-bertanda wilcoxon untuk data berpasangan antara persepsi dan harapan nasabah atas kualitas pelayanan berupa tangibles (bukti fisik) terdapat kesenjangan antara persepsi dan harapan nasabah pada bank umum syariah di tulungagung; (2) hasil uji rangking-bertanda wilcoxon untuk data berpasangan antara persepsi dan harapan nasabah atas kualitas pelayanan berupa kehandalan (reliability) tidak ada kesesuaian antara persepsi dan harapan nasabah pada bank umum syariah di tulungagung,: (3) setelah data diuji rangking-bertanda wilcoxon untuk data berpasangan yang diujikan antara persepsi dan harapan pada variabel daya tanggap/keikutsertaanada kesenjangan (tidak ada kesesuaian); (4) hasil data diuji rangking-bertanda wilcoxon untuk data berpasangan yang diujikan antara persepsi dan harapan pada variabel jaminan dan kepastian atau assurance, telah sesuai dan  (5) hasil uji rangking-bertanda wilcoxon untuk data berpasangan menunjukkan bahwa pegawai bank umum syariah dalam berkomunikasi telah berjalan dengan baik, dapat memahami kebutuhan khusus nasabah dan mudah dihubungi.
ANALISIS PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH 2013 Harinoto, Harinoto
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 11 No. 1 (2015): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.76 KB) | DOI: 10.21067/jem.v11i1.867

Abstract

The research took place in the department of finance and asset management revenue Malang trying to analyze the potential of local financial resources that support local revenues, analyze the contribution of revenue to the budget, analyzing the constraints faced in optimizing Regional Revenue receipts, as well as efforts to overcome obstacles PAD is in optimizing revenues. The research uses descriptive-qualitative analysis approach intends to obtain in-depth study of the potential sources of finance and its implications Budget (budget). This type of research is descriptive who tried to describe in depth the object of research at the present time based on the facts as they appear. The results showed that the potential sources of local finance in the current budget year, local tax receipts increased, but revenues from levies fluctuate so that the necessary strategic efforts are more progressive, following receipt of Income Results of Regional Wealth Management The Separated also experienced improvement and other local Revenue valid from year to year fluctuations, in terms of the level of local autonomy based on the reception area, Malang still low, considering the contribution of local revenues to the budget by an average of 9117%, remaining at 90.18% contributed by sources other than those derived from the PAD, and there are still many obstacles faced in optimizing regional income, yet realistic in determining the revenue targets, are still high levels of leakage and breakouts, as well as reduced admission object types. Efforts to do is to strive for the determination of revenue targets made more realistic, eliminate leakage and break-out level, and strive for the type of object revenue from taxes and levies can be further improved
PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG Wilujeng, Sri
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 11 No. 1 (2015): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.55 KB) | DOI: 10.21067/jem.v11i1.868

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penilaian mahasiswa tentang kualitas jasa yang diberikan oleh Universitas Kanjuruhan Malang?. (2) Apakah Kualitas Jasa (yang dibentuk oleh reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibility) berpengaruh terhadap loyalitas?.Metode penelitian yang digunakan adalah adalah korelasional yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antara kualitas jasa dengan loyalitas mahasiswa.populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling aksidental.Analisis regresi digunakan untuk mengetahui bagaimana eratnya hubungan antara beberapa variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penilaian mahasiswa mengenai kualitas jasa yang diberikan Universitas Kanjuruhan  adalah kualitas jasa yang dirasakan sudah memenuhi kualitas jasa yang diharapkan. Yaitu sebesar 52.2% sedangkan sisanya sebesar 47.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara sendiri-sendiri (parsial) dimensi kualitas jasa yaitu, reliability, responsiveness dan emphaty berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap loyalitas.Sementara assurance dan tangible berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas.Secara bersama-sama (simultan) kelima dimensi kualitas jasa yang terdiri darireliability, responsiveness, emphaty, assurance dan tangible berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas. 
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INDUSTRI KECIL Putra, Siswanto Wijaya
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 11 No. 1 (2015): Februari
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.506 KB) | DOI: 10.21067/jem.v11i1.869

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel komitmen organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan pada industri kecil tas dan kulit di Tanggulangin Sidoarjo. Kinerja karyawan merupakan issue yang menarik, karena akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Populasi penelitian adalah karyawan yang ada di industri kerajinan kulit, tas dan sepatu.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja.Teknik sampling yang digunakan proporsional random sampling.Teknik analisis data digunakan regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, dan lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadap kinerja

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue