cover
Contact Name
Sulistyo
Contact Email
endiswk@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jurnal.modernisasi@unikama.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Modernisasi
ISSN : 0216373X     EISSN : 25024078     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ekonomi Modernisasi is a peer-reviewed journal that disseminates research in the fields of management and accounting. The journal publishes issues every February, June, and October. It covers a large variety of topics of management and accounting as a medium for practitioners, academics, independent researchers to publish articles that contribute to the development of science. The journal is published with fully open access. Jurnal Ekonomi Modernisasi was firstly published in printed version in 2005 (ISSN 0216-373X), but since 2016, the journal has been published online (ISSN 2502-4078). It is published by the Economics and Business Faculty, University of Kanjuruhan Malang, Indonesia. Jurnal Ekonomi Modernisasi promotes the ideas and information among researchers that have been achieved in the area of: financial management, marketing management, human resource management, behavior organizational, good governance, strategic management, entrepreneurship, management accounting, financial accounting, public sector accounting, Islamic accounting, auditing, taxation, business ethics.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober" : 6 Documents clear
ANALISIS PERANAN KOPERASI SIMPAN PINJAM/UNIT SIMPAN PINJAM DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN MALANG Sarwoko, Endi
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.257 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam di Kabupaten Malang, menganalisis peran koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam sebagai sumber pembiayaan bagi UMKM, dan untuk menganalisis potensi dan permasalahan yang dihadapi koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam dalam menyediakan sumber pembiayaan bagi UMKM. Merupakan jenis penelitian Deskriptif, menggunakan data sekunder dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang meliputi data perkembangan KSP/USP selama 3 tahun (2006-2008), teknik analisis yang digunakan adalah analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSP/USP mengalami perkembangan yang signifikan dilihat dari 4 indikator yaitu jumlah, anggota, penyerapan tenaga kerja, modal sendiri, serta indikator volume usaha semuanya mengalami peningkatan, sedangkan satu indikator yaitu modal pinjaman mengalami penurunan. KSP/USP memiliki peran yang cukup besar dalam pemenuhan permodalan, proporsi kredit modal kerja ke UMKM sebesar 79,81% dari total kredit yang disalurkan. Permasalahan yang diidentifikasi dalam perkembangan KSP/USP adalah: rendahnya kemampuan SDM, lemahnya tata kelola, dan belum optimalnya pembinaan dari pemerintah. Adapun potensi-potensi KSP/USP di antaranya adalah mendorong pertumbuhan sektor rill khususnya UMKM, mampu menciptakan keterkaitan jalinan usaha kemitraan antara koperasi-UMKM maupun pengembangan jaringan antar KSP/USP untuk perluasan akses, dan menjalankan fungsi intermediasi yaitu memobilisasi dana masyarakat dan menyalurkan pada sektor riil khususnya UMKM.
ASIMETRI INFORMASI DAN PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA Tyasari, Irma
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.282 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh asimetri informasi terhadap praktik manajemen laba, dan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan terhadap praktik manajemen laba. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 51 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Setelah dilakukan uji statistik dengan model regresi berganda, maka diperoleh hasil bahwa variabel asimetri informasi berpengaruh terhadap praktik manajemen laba, demikian juga variabel ukuran perusahaan teruji berpengaruh terhadap praktik manajemen laba
PENGARUH HARGA SAHAM, TRADING VOLUME ACTIVITY DAN RISIKO SAHAM TERHADAP BID-ASK SPREAD (Studi pada Perusahaan LQ-45 di Bursa Efek Jakarta) Istanti, Lulu Nurul
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.927 KB)

Abstract

This study aimed to analyze the effect of stock price, shares of Tradimg volume activity and the risk of bid-ask spread. And test them with statistical tools. This study argued that share price, TVA and risk affect the stock bid-ask spread partially or together. For this purpose, we used multiple regression analysis. Samples taken are the LQ-45 firms listed on the JSE the period February 2002 until July 2005. The results showed that the Trading volume activity and risk affect the stock bid-ask spread, while stock prices are not. And jointly share price, Ttading volume activity and risk affect the stock bid-ask spread
SEJARAH KONSEPSI PEMIKIRAN KEWIRAUSAHAAN Respati, Harianto
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.191 KB)

Abstract

Penulis menginterpretasikan dan menjelaskan tentang perubahan pemikiran mengenai kewirausahaan berdasar pada aplikasi sejarah, menyatukan konsep pemikiran kewirausahaan yang meliputi banyak hal serta menjelaskan konsep kewirausahaan secara terpadu dalam sebuah konsep yang mendasar. Melalui pendekatan konseptual ini, dijelaskan pula gambaran teori kewirausahaan pada masa lalu sesuai dengan kondisi yang ada pada saat itu serta mengidentifikasi beberapa bidang konsepsi untuk kemajuan dimasa yang akan datang. Jurnal ini memberikan pandangan bagi para sarjana dan para praktisi tentang makna kewirausahaan. Beberapa jurnal internasional dikaji penulis disajikan untuk para sarjana dan peneliti agar dapat mengintrepretasikan dan menjelaskan makna dan aktivitas kewirausahaan sesuai dengan jamannya
GOOD GOVERNANCE MELALUI PENERAPAN PENJAMINAN MUTU PROSEDUR PELAYANAN Asna, Asna
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.107 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan good governance melalui penerapan penjaminan mutu prosedur pelayanan. Selain itu juga akan menganalisis kepuasan pelanggan yang memiliki kontribusi dalam peningkatan pendapatan dari unit layanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jenis data digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan sasaran mutu prosedur pelayanan pada PDAM Unit Bantur Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa laporan per bulan pencapaian sasaran mutu prosedur pelayanan, indeks kepuasaan pelanggan berkala serta tingkat realisasi pendapatan setiap bulan di PDAM Unit Bantur Kabupaten Malang. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaduan pelanggan, penambahan SR baru, pendapatan, dan kepuasan pelanggan menunjukkan adanya peningkatan setelah penjaminan mutu, dimana peningkatannya adalah signifikan. Khusus untuk kecepatan pemasangan baru teruji tidak berbeda secara signifikan antara sebelum dan sesudah implementasi penjaminan mutu. Temuan lain dari penelitian ini adalah bahwa kepuasan pelanggan yang dicapai ternyata belum mampu memberikan pengaruh yang signifkan terhadap peningkatan pendapatan. Walaupun kontribusi kepuasan pelanggan terhadap pendapatan relatif cukup besar yaitu 75,4% tetapi hasil uji menunjukkan bahwa kontribusi tidak signifikan artinya hasil penelitian ini tidak dapat digunakan untuk kesimpulan generalisasi bahwa kepuasan pelanggan akan menyebabkan peningkatan pendapatan, atau hanya berlaku untuk kasus penelitian ini saja
PENGARUH KELELAHAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU Sholikhan, Sholikhan
Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.313 KB)

Abstract

A teacher has an important and heavy task in the case of improving the intelect of a particular society. Beside being an educator, a teacher also has a role as a trainer, an exchange agent, and a parent for a learner. Because of having such important and heavy task, s/he may lack of the emotional resourches. If a teacher faces the case continously, s/he will have emotional exhaustion, so that it may influence the working satisfactory and the teacher’s performance.This study aimed to analyze the direct effect and indirect effect of the emotional exhaustion through the teacher’s working satisfactory for the teacher’s performance. The sample of the study is the population of 137 teachers in MAN 3 Malang and MTsN 1 Malang. The research methods applied for the study are collecting data and distributing a questionaire, whilst the data analysis used is path analysis. The result of the study shows that teachers in MAN 3 Malang and MTsN 1 Malang have high tension of emotional exhaustion, while the working satisfactory and the teacher’s performance are categorized adequate. The emotional exhaustion has negative effects for the working satisfactory. It means when the emotional exhaustion among teachers in MAN 3 Malang and MTsN 1 Malang is high, the working satisfactory is low. The working satisfactory has positive effect for the teacher’s performance. As the working satisfactory is high, the teacher’s performance will be high. The emotional exhaustion has negative direct effect for the teacher’s performance. When the emotional exhaustion among teachers in MAN 3 Malang and MTsN 1 Malang is high, the teacher’s performance is low. The emotional exhaustion does not have indirect effect for the teacher’s performance through the working satisfactory.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2009 2009


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 1 (2023) Vol. 18 No. 3 (2022) Vol. 18 No. 2 (2022): Juni Vol. 18 No. 1 (2022): Februari Vol. 17 No. 3 (2021): Oktober Vol. 17 No. 2 (2021): Juni Vol. 17 No. 1 (2021): Februari Vol. 16 No. 3 (2020): Oktober Vol. 16 No. 2 (2020): Juni Vol. 16 No. 1 (2020): Februari Vol. 15 No. 3 (2019): Oktober Vol. 15 No. 2 (2019): Juni Vol. 15 No. 1 (2019): Februari Vol. 14 No. 3 (2018): Oktober Vol. 14 No. 2 (2018): Juni Vol. 14 No. 1 (2018): Februari Vol. 13 No. 3 (2017): Oktober Vol. 13 No. 2 (2017): Juni Vol. 13 No. 1 (2017): Februari Vol. 12 No. 3 (2016): Oktober Vol. 12 No. 2 (2016): Juni Vol. 12 No. 1 (2016): Februari Vol. 11 No. 3 (2015): Oktober Vol. 11 No. 2 (2015): Juni Vol. 11 No. 1 (2015): Februari Vol. 10 No. 3 (2014): Oktober Vol. 10 No. 2 (2014): Juni Vol. 10 No. 1 (2014): Februari Vol. 9 No. 3 (2013): Oktober Vol. 9 No. 2 (2013): Juni Vol. 9 No. 1 (2013): Februari Vol. 8 No. 3 (2012): Oktober Vol. 8 No. 2 (2012): Juni Vol. 8 No. 1 (2012): Februari Vol. 7 No. 3 (2011): Oktober Vol. 7 No. 2 (2011): Juni Vol. 7 No. 1 (2011): Februari Vol. 6 No. 3 (2010): Oktober Vol. 6 No. 2 (2010): Juni Vol. 6 No. 1 (2010): Februari Vol. 5 No. 3 (2009): Oktober Vol. 5 No. 2 (2009): Juni Vol. 5 No. 1 (2009): Februari Vol. 4 No. 3 (2008): Oktober Vol. 4 No. 2 (2008): Juni Vol. 4 No. 1 (2008): Februari Vol. 3 No. 3 (2007): Oktober Vol. 3 No. 2 (2007): Juni Vol. 3 No. 1 (2007): Februari Vol. 2 No. 3 (2006): Oktober Vol. 2 No. 2 (2006): Juni Vol. 2 No. 1 (2006): Februari Vol. 1 No. 3 (2005): Oktober Vol. 1 No. 2 (2005): Juni Vol. 1 No. 1 (2005): Februari More Issue