cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Universitas PGRI Palembang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue " Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si" : 27 Documents clear
PMRI APPROACH (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION APPROACH OF INDONESIA) TO IMPROVE UNDERSTANDING MATHEMATICAL ABILITY AND DISPOSITION SMP STUDENT Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis aim of this study to determine the influence of PMRI approach to improvement of understanding and mathematical disposition. Experimental design used is a Control Group Pretest-posttest design. Samples were randomly selected from three grade  schools that ranked high school ranking, medium school rankings, and low scholls rankings. From each of the schools taken two classes; one class as an experimental class (PMRI approach) and one more class as a conrol class (conventional learning). Analysis of test data using two-ways ANOVA. Based on the data analysis, it can be concluded that the improvement of mathematical understanding ability and disposition of student who got PMRI approach is higher than students who had conventional mathematic (CMT) approach, by overall students, school rank, and students basic mathematical knowledge. Keywords: realistic mathematics education Indonesia (PMRI), mathematical understanding         (MU), mathematical disposition (MD), school rank (SR), and students basic mathematic knowledge (BMK).
MOTIV BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN MERUPAKAN BAGIAN DARI FAKTOR PENENTU PROFESIONAL GURU Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak             Kualitas seorang guru professional dapat juga didukung oleh motiv berprestasi dan kemandirian untuk mengabdikan diri pada institusi pendidikan. Motiv berprestasi dari dalam maupun dari luar diri seorang guru. Selanjutnya kemandirian adalah kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berpikir dan bertindak, serta tidak tergantung kepada orang lain secara emosional. Pada intinya kemandirian mencerminkan keinginan yang mengakar untuk mengukur diri sendiri, kemampuan untuk mengikuti pikiran sendiri dan berusahan mewujudkan keinginan yang ditentukan sendiri. Begitu pentingnya peranan seorang guru, sehingga sampai saat ini peranan tersebut tidak dapat digantikan oleh media apapun. Titik focus terletak pada perannya sebagai pendidik dan arsitek pembentuk watak manusia. Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Kata kunci: motiv berprestasi, kemandirian, dan professional guru.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS INQUIRY UNTUK SISWA SMP Kesumawati, Nila; Mulbasari, Anggria Septiani; Darmawijoyo, Darmawijoyo
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to produce a teaching material for three dimensional spaces using inquiry based approach. This research is a developmental research consists of three steps: preliminary, formative study (self evaluation, expert review, one to one and small group) and a field test. The subjects were eighth grade student of SMPN 45 Palembang. Experts review suggest that this study has produced a valid and practical teaching material for three dimensional apaces. The results of the field test alsoshow that the material has a potential effect to improve students critical thinking skills. Keywords: Inquiry based approach, three dimensional spaces, worksheet.
Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPembelajaran metakognitif mengajari siswa untuk merencanakan, memantau, dan merivisi pekerjaan mereka sendiri termasuk tidak hanya membuat siswa sadar tentang apa yang mereka tahu tapi juga apa yang bisa mereka lakukan ketika mereka gagal untuk memahami. Guru terfokus dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk memecahkan soal serta rasa percaya diri siswa di dalam kemampuan memecahkan soal. Pembelajaran dengan metakognitif ini mengarahkan perhatian siswa pada sesuatu yang relavan dan membimbing mereka untuk memilih strategi yang cocok untuk menyelesaikan soal-soal.Kata kunci: metakognitif, pendekatan metakognitif, dan pemecahan masalah
DEVELOPMENT MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY PROBLEMS ON THE TOPICS OF FRACTIONS FOR 7 GRADE STUDENTS Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract  This research aims to generate mathematical creative thinking ability in material fractions for 7th grade students of SMP valid and practical. This research is formative evaluation type of development research. The subjects research is 7th grade students of SMP. The technique of collecting data which is used in this research are walkthrough in order to constructively know the content validity of this questions and the terminology; and document is to ascertain the practicality of this questions. Based on the result of the data analysis, it concluded this research has produced a product mathematical creative thinking ability questions in material fractions for 7th grade students of SMP valid and practical. The validity is reflected from result of validator’s assessment which stated that the questions have already been good in content (it is based on the curriculum and mathematical creative thinking ability indicators), in construction (develop mathematical creative thinking ability, rich of concepts, based on the level of the 7th grade students), and in language (based on the correct spelling of EYD, no double interpretation of questions, the limitation of questions and clear answers). It is practically shown from the trial test result to one-to-one and small group students where most of students can understand the questions well.  Keywords: mathematical creative thinking ability, material fractions, the development of questions
PENGEMBANGAN MATERI TABUNG BERDASARKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SMP PALEMBANG Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Salah satu reformasi kurikulum pada pelajaran matematika adalah pengembangan materi pembelajaran. Pengembangan materi pembelajaran sangat diperlukan sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika. Pengembangan materi pembelajaran tersebut disesuaikan dengan karakteristik dan tingkat intelektual siswa. Salah satu pendekatan khusus untuk pembelajaran matematika adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Pendekatan PMRI merupakan suatu pendekatan yang didasari atas pandangan bahwa matematika sebagai aktivitas manusia. Matematika diusahakan dekat dengan kehidupan siswa, harus dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan jika mungkin harus real bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi tabung yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah development research yang terdiri dari dua tahap yaitu preliminary dan formative study. Pengumpulan data melalui analisis dokumen, uji pakar, dan tes. Subjek penelitian adalah 40 siswa SMPN 22 Palembang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa prototip materi tabung berdasarkan pendekatan PMRI dapat dikatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru matematika dan siswa kelas IX SMP. Kata kunci: Pendekatan PMRI, masalah kontekstual, dan tabung.
KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Kecerdasan logika matematika adalah kemampuan dalam menghitung, mengukur, dan mempertimbangkan proposisi dan hipotesis, serta menyelesaikan operasi matematis. Para ilmuwan, ahli matematika, akuntansi, insiyur, dan pemprogram komputer adalah orang-orang yang menunjukan kecerdasan logika matematika. Kata kunci: Kecerdasan, logika matematika, kecerdasan ganda.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) Kesumawati, Nila; Rohayah, Siti; Darmawijoyo, Darmawijoyo
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract. This study aims to develop teaching material for algebra operations for grade of junior high school using the approach of Indonesian Realistic Mathematics Education and determine its potential effects on learning outcomes. This study uses the type of formative research methods development research. Step by step studies include preliminary stages (preparation and designing) and the formative stages of evaluation (self-evaluation, revision, one to one, experts review, revision, small group, revision, and field test, revision). Data was collected by walk through, documentation, and test competencies. The result validates the expert views that teaching material of algebra operations for seventh grade of junior high school is an valid and practical that can be used in fields trials. The trials of teaching materials were conducted in junior high school 6 of Sekayu, Musi Banyuasin at 7.1 by 30 students. Competency test result show that 77% of students achieved minimum qualifications in which 47% with excellent qualifications, 40% good qualified, 6,7% sufficient qualification, and 6,7% lesws qualifications. The results of students answer analysis show that students are able to understand the problem, determine the variables in a problem, and expressed in algebraic form. However, students are not careful when completing subtraction algebraic expression using parentheses. Keywords: algebra expression, PMRI, teaching materials.
Teori Belajar Bermakna dari David Ausubel Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTeori belajar dari David Ausubel merupakan suatu teori yang membandingkan belajar bermakna dengan belajar hafalan. Untuk belajar bermakna, siswa harus menghubungkan pengetahuan baru kepada pengetahuan yang telah diketahuinya dengan istilah advanced organizer. Dua prinsip advanced organizer, yaitu: (1) gagasan lama dari suatu subyek harus disajikan terlebih dahulu, baru kemudian masuk ke dalam bagian-bagiannya atau kespesifikannya, (2) materi ajar harus diupayakan terintegrasi dengan bahan yang terdahulu melalui perbandingan dan rujuk silang antara materi lama dengan yang baru. Ausubel menolak pendapat bahwa semua kegiatan belajar dengan menemukan adalah bermakna, sedangkan kegiatan belajar menerima (dengan ekspositori) adalah kurang bermakna. Kedua kegiatan belajar itu saling bergantung satu sama lain, artinya belajar menemukan maupun belajar menerima, kedua-duanya dapat menjadi belajar menghafal atau belajar bermakna.Kata kunci: Teori Ausubel, belajar bermakna.
KETERKAITAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Berpikir kreatif merupakan salah satu komponen dari tujuan pembelajaran matematika. Dalam berpikir kreatif terdapat aktifitas kreatif. Aktifitas kreatif siswa harus dikembangkan yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan. Untuk mengembangkan aktifitas kreatif, hal yang perlu dikembangkan adalah pemikiran divergen, orisinal, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba. Adapun indikator kemampuan berpikir kreatif adalah fluency, flexibility,originality, dan elaboration.Salah satu pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Pendekatan PMRI adalah pembelajaran matematika yang menggunakan konteks dunia nyatasebagai langkah awal untuk membangun pengetahuan siswa, yang berlandaskan pada prinsip: (1) pembimbingan dalam penemuan kembali dan progressive mathematizing; (2) fenomenologi didaktik (didactical phenomenology); dan (3) pengembangan model oleh siswa (self-developed models), dan memiliki karakteristik: (1) menggunakan konteks dunia nyata; (2) penggunaan model-model; (3) pemanfaatan hasil konstruksi maupun kontribusi siswa; (4) interaktif; (5) keterkaitan antar topik dalam matematika dengan topik lain di luar matematika. Dengan adanya 3 prinsip dan 5 karakteristik PMRI tersebut kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dikembangkan. Itu berarti terdapat keterkaitan berpikir kreatif matematis dengan PMRI. Kata kunci: Pendekatan PMRI, berpikir kreatif, kreativitas, dan kemampuan berpikir kreatif matematis

Page 1 of 3 | Total Record : 27


Filter by Year

0000


Filter By Issues
All Issue PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Jurnal Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Jurnal Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si More Issue