cover
Contact Name
Faisal Mubarak
Contact Email
faisalmubarak@uin-antasari.ac.id
Phone
+6282146709421
Journal Mail Official
jurnalmaqoyis@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjan UIN Antasari Banjarmasin Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin Kalimantan Selatan Email : jurnalmaqoyis@uin-antasari.ac.id
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Al-Maqayis
ISSN : 23381337     EISSN : 26153890     DOI : https://dx.doi.org/10.18592/jams.v8i2.4838
Jurnal Al-Maqayis Jurnal Al-Maqayis: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education and Arabic Studies related topics to Arabic Language in Education, Teaching Arabic as a Foreign Language, Arabic Language and Linguistic, Arabic Language and Literature, and Islam and Arabic Language Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Magister Program, Antasari State Islamic University, in partnership with PPJKBA Indonesia (Arabic Studies Journal Management Association) and IMLA (Association of Arabic Lecturers). Click Here to Download MoU. This journal is an open access journal which means that all content is freely available without charge for the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015)" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER MENURUT KONSEP TEKNOLOGI PEMBELAJARAN Assyauqi, Mohammad Iqbal
Jurnal Al Maqoyis Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : IAIN ANTASARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER MENURUT KONSEP TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PERKEMBANGAN BAHASA ARAB DAN PENGAJARANNYA DI INDONESIA Ahmad Arifin
Jurnal Al-Maqoyis Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UIN ANTASARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.202 KB) | DOI: 10.18592/jams.v3i1.877

Abstract

?? ????? ??????? ?? ???? ?????? ???? ????? ?? ?? ??? ?? ???? ??? ???? ??? ???? ???? ????? ???? ?? ????? ?? ??? ??????? ??? ????? ????? ??????? ?? ?????? ???? ?? ???? ??? ????? ?? ?????? ?????? ???? ?????? ??? ????? ?????? ?????? ????? ??? ?????? ?? ???????? ???????? ????? ????? ?? ?????? ????? ?? ?????? ???? ????? ????? ??? ????? ????? ?????? ???????. ????? ??? ??? ???? ?? ????? ????? ????? ??????? ???? ?? ??? ???????. ??? ??? ????? ?? ????? ??????? ?? ??? ?????? ???? ??????? ???? ?????? ??? ?? ??? ?? ?????? ????? ????? ??????? ??? ?????? ?????????. ?? ??? ?????? ??? ?????? ?? ????? ???? ????? ??????? ????? ??????? ?? ?????? ?????????
IBARAT AT TAHIYAH WA AL WIDA FI ALBIYAT AL ARABIYAH AL MUKTALIFAH Shabah Husni Basuni Muhsin
Jurnal Al-Maqoyis Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UIN ANTASARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.337 KB) | DOI: 10.18592/jams.v3i1.878

Abstract

BAHASA ARAB ADALAH SALAH SATU BAHASA INTERNASIONAL.
MAJAZ AQLIY DALAM SURAH AL-BAQARAH Muhammad Syamsudin Noor
Jurnal Al-Maqoyis Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UIN ANTASARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1031.076 KB) | DOI: 10.18592/jams.v3i1.879

Abstract

Majaz diklasifikasikan menjadi dua, yaitu majaz lughawy dan majaz aqliy. Selanjutnya majaz lughawy terbagi menjadi dua yaitu istiarah dan mursal. Surah Al-Baqarah sebagai surah terpanjang dalam Al-Quran banyak sekali mempergunakan majaz dalam ungkapan-ungkapannya. Baik majaz itu berupa istiarah, majaz mursal ataupun majaz aqliy. Majaz aqliy adalah penyandaran fiil atau kata yang menyerupainya kepada tempat penyandaran yang tidak semestinya karena adanya suatu hubungan dan disertai qarinah yang menghalangi dipahaminya sebagai penyandaran yang haqiqi. Disebut demikian karena pada majaz aqliy setiap lafaz-lafaznya digunakan untuk maknanya yang asli. Sedangkan majaz-nya terletak pada segi tarkib (susunan) atau isnad (penyandaran).
PEMBELAJARAN BERBASIS EDUTAINMET Rahmad Shadiqin
Jurnal Al-Maqoyis Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UIN ANTASARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1890.533 KB) | DOI: 10.18592/jams.v3i1.880

Abstract

PEMBELAJARAN BERBASIS INI AKN SELALU DINAMIS DAN BERKEMBANG
ASPEK PENDIDIKAN AGAMA DALAM WASIAT LUQMANUL HAKIM ( STUDI PADA SURAH LUQMAN AYAT 11-19 ) Ahmad Husaini
Jurnal Al-Maqoyis Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UIN ANTASARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (964.361 KB) | DOI: 10.18592/jams.v3i1.881

Abstract

??? ??????? ?? ??? ?????? ?? ?????? ?????? ?? ??? ???? ? ?????? ??? ? ?????? ??? ? ?? ???? ??? ?? ???? ?????? ??? ??????? ?? ?????? ?????????. ? ?? ?????? ?????? ???? ??? ??? ??? ???????? ? ???????? ? ???? ???? ?? ???? ????? ??? 12-19 ???? ???? ?????? ????? ?????. ???? ??????? ?? ????? ?????? ? ??????? ???????? ? ???? ?? ???? ???????? ? ????????. ? ???? ?? ???? ?? ?????? ???????? ????????? ???? : ????? ??????? ? ??????? ? ??????? ? ????? ??????.
OPTIMALISASI MEDIA DUA DIMENSI TANPA PROYEKSI DALAM MENINGKATKAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SISWA Hasan Hasan
Jurnal Al-Maqoyis Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : UIN ANTASARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.226 KB) | DOI: 10.18592/jams.v3i1.876

Abstract

Dewasa ini media pelajaran sangat berkembang dengan pesatnya, baik harganya yang murah bahkan sampai mahal pun ada. Ketika media yang kita inginkan tidak dapat dibeli karena alasan financial yang belum mencukupi atau alasan yang lain. Itu tentunya tidak bisa dijadikan alasan untuk menghadirkan media yang dapat digunakan ketika sedang dalam pembelajaran. Untuk sekolah yang anggaran belanja untuk media yang sedikit tidak perlu khawatir. Hal itu bisa disiasati dengan mengoptimalkan media pembelajaran yang sudah ada di sekolah/kelas. Setiap sekolah bisa dipastikan memiliki media papan tulis. Ketika sebuah media dioptimalkan penggunaannya oleh guru di kelas seperti halnya papan tulis, maka hasilnya pun akan menggembirakan. Untuk itu kreatifitas dan inovasi seorang guru mutlak diperlukan dan ditingkatkan guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7