AL MAQAYIS
Jurnal Al-Maqayis Jurnal Al-Maqayis: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education and Arabic Studies related topics to Arabic Language in Education, Teaching Arabic as a Foreign Language, Arabic Language and Linguistic, Arabic Language and Literature, and Islam and Arabic Language Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Magister Program, Antasari State Islamic University, in partnership with PPJKBA Indonesia (Arabic Studies Journal Management Association) and IMLA (Association of Arabic Lecturers). Click Here to Download MoU. This journal is an open access journal which means that all content is freely available without charge for the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author. This is in accordance with the BOAI definition of open access.
Articles
106 Documents
TERMONOLOGI SALAM DALAM ISLAM
Shodiqin, Rahmat
Jurnal Al Maqoyis Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
  اÙÙ
ÙØ®Øµ:ÙØ§Ù تعاÙÙ ÙØ¥Ø°Ø§ Ø¯Ø®ÙØªÙ
بÙÙØªØ§Ù ÙØ³ÙÙ
ÙØ§ عÙ٠أÙÙØ³ÙÙ
تØÙØ© Ù
Ù Ø¹ÙØ¯ اÙÙÙ Ù
Ø¨Ø§Ø±ÙØ©Ù Ø·ÙØ¨Ø© ÙÙØ§Ù تعاÙ٠٠إذا ØÙÙØªÙ
بتØÙØ© ÙØÙÙØ§ Ø¨Ø£ØØ³Ù Ù
ÙÙØ§ أ٠ردÙÙØ§ Ù٠تØÙØ© Ø§ÙØ¥Ø³ÙاÙ
Ø§ÙØ®Ø§ÙØ¯Ø©Ø ØªØÙØ© Ù
Ù Ø¹ÙØ¯ اÙÙÙ Ù
Ø¨Ø§Ø±ÙØ© Ø·ÙØ¨Ø©.ÙÙØªØ¹Ø±Ù عÙÙ ÙØ°Ù Ø§ÙØªØÙØ© Ø§ÙØªÙ Ø®ØµÙØ§ Ø¨ÙØ§ اÙÙÙ ÙØ¬Ø¹ÙÙØ§ رسÙÙ Ø§ÙØ±ØÙ
Ø© رÙ
زا خاصا ÙØ£Ù
ØªÙØªÙ
ÙØ²ÙابÙ٠أÙÙÙ Ø§ÙØ£ÙØ¨ÙØ§Ø¡ ÙØ¢Ø®Ø±ÙÙ
رابطة Ù
Ø´Ø±ÙØ© ÙØ¹Ø§Ø¯Ø© Ù
ØªÙØ¨Ø¹Ø© ÙØ§ ÙØ¹ÙÙ
ÙØ§ ÙØ«Ùر٠Ù
٠اÙÙØ§Ø³ Ø ÙØ¢Ø¯Ù
عÙÙÙ Ø§ÙØ³ÙاÙ
Ù٠أÙÙÙ Ù
٠استخدÙ
Ø§ÙØªØÙÙØ© Ø§ÙØ¥Ø³ÙاÙ
ÙØ© ØÙÙÙ
ا عÙÙÙ
٠ربÙÙ Ø§ÙØ³ÙاÙ
عÙ٠اÙÙ
ÙØ§Ø¦ÙØ© Ø ÙÙ
ØÙ
د - صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙØ³ÙÙ
â Ø¬Ø¹ÙÙØ§ رÙ
Ø²Ø§Ù Ø®Ø§ØµÙØ§Ù ÙØ£Ù
ت٠تÙ
ÙØ²ÙÙØ§ ع٠باÙÙ Ø§ÙØ£Ù
Ù
. ÙØ§ÙÙÙÙØ¯ ÙØ§ÙÙØ§ ÙØÙÙÙ٠بعضÙÙ
Ø¥Ø´Ø§Ø±Ø©Ù Ø¨Ø§ÙØ£ØµØ§Ø¨Ø¹ Ø ÙØ§ÙÙØµØ§Ø±Ù ÙØ§ÙÙØ§ ÙØ´ÙرÙ٠بأÙÙÙÙÙ
Ø Ø£Ù
ا اÙÙ
سÙÙ
ÙÙ ÙÙØ¯ أبدÙÙÙ
اÙÙ٠تعاÙÙ Ø¹Ù ÙØ°Ø§ ÙÙÙÙ Ø¨Ø®ÙØ± تØÙÙØ© ÙØ£ÙØ¶Ù Ø³ÙØ§Ù
: Ø§ÙØ³ÙاÙ
عÙÙÙÙ
ÙØ±ØÙ
Ø© اÙÙÙ ÙØ¨Ø±Ùات٠.ÙÙØ°Ù Ø§ÙØªØÙÙØ© اÙÙ
تÙ
ÙÙØ²Ø© Ù٠أÙÙØ§Ø¸Ùا â ÙÙÙ Ù
Ø£Ø®ÙØ°Ø© Ù
٠اسÙ
اÙÙÙ Ø§ÙØ³ÙاÙ
ÙÙ
ا ÙÙ Ø§ÙØØ¯ÙØ« Ø§ÙØµØÙØ â Ø§ÙعÙ
ÙÙØ© ÙÙ Ù
دÙÙÙØ§ØªÙا â Ø¨Ù
ا تØÙ
ÙÙ Ù
Ù Ù
عاÙÙ Ø§ÙØ±ØÙ
Ø© ÙØ§ÙÙ
ÙØ¯ÙØ© â Ø§ÙعظÙÙ
Ø© ÙÙ ØªØ£Ø«ÙØ±Ùا â ÙØ£Ø«Ø±Ùا ÙØ§Ø¶ØÙ ÙÙ ØªÙØ«ÙÙ Ø§ÙØ¹ÙØ§ÙØ§Øª ÙØµÙاء اÙÙÙÙØ¨ â ÙÙ Ø®ÙØ± بدÙÙ Ø¹Ù ØªØØ§Ùا Ø£ÙÙ Ø§ÙØ¬Ø§ÙÙÙÙØ© Ø ÙÙØ§ عجب Ø¥Ø°Ø§Ù Ø£Ù ÙØØ³Ø¯ÙØ§ اÙÙÙÙØ¯ عÙÙÙØ§ Ø ÙÙ
ا ثبت ÙÙ ØØ¯ÙØ« عائشة رض٠اÙÙ٠عÙÙØ§ أ٠رسÙ٠اÙÙÙ - صÙ٠اÙÙ٠عÙÙÙ ÙØ³ÙÙ
â ÙØ§Ù : ( Ù
ا ØØ³Ø¯ÙÙ
اÙÙÙÙØ¯ عÙÙ Ø´ÙØ¡ Ù
ا ØØ³Ø¯ÙÙÙ
عÙÙ Ø§ÙØ³ÙاÙ
ÙØ§ÙتأÙ
ÙÙ ) Ø±ÙØ§Ù Ø§ÙØ¥Ù
اÙ
Ø§ÙØ¨Ø®Ø§Ø±Ù ÙÙ Ø§ÙØ£Ø¯Ø¨ اÙÙ
ÙØ±Ø¯.
Attaswiru Al Fanny Fil Ayat Al-Quraniyah (Dirasah Balaghiyah Fil Badil Ayat Al-quraniyyah)
Mubarak, Faisal
Jurnal Al Maqoyis Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
 Bangsa Arab terkenal sebagai orang yang ahli dalam kesusasteran. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Allah dalam Al Quran sebagai Ashabul Fushaha Wal Balaghah. Kehebatan masayarakat Arab di zaman Jahiliyyah tidak dapat menandingi Keidahan ayat Al-qurâan baik dari segi kata, kalimat serta ayat. Bahkan ketika para ahli sastra Arab ditantang oleh Allah untuk mendatangkan semisal ayat saja, akan tetapi mereka tidak sanggup untuk mendatangkanya. Keindahan Al-Qur,an sesungguhnya bisa dikaji dari sudut Balaghah. Jamakhsary mengungkapkan bahwa tidak ada seorangpun dari pakar fiqih, pakar kalam, pakar bahasa serta berbagai macam ahli dalam disiplin ilmu yang sanggup menafsirkan Al Quran dengan baik melainkan ia harus menguasai Ilmu Al Maani dan Ilmu Al Bayan.
MAJAZ MURSAL DALAM SURAH AL-BAQARAH
Noor, Muhammad Syamsudin
Jurnal Al Maqoyis Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
AbstrakMajaz diklasifikasikan menjadi dua, yaitu majaz lughawy dan majaz aqliy. Selanjutnya majaz lughawy terbagi menjadi dua yaitu istiâarah dan mursal. Surah Al-Baqarah sebagai surah terpanjang dalam Al-Qurâan banyak sekali mempergunakan majaz dalam ungkapan-ungkapannya. Baik majaz itu berupa istiâarah, majaz mursal ataupun majaz aqliy. Majaz Mursal ialah kata yang disengaja digunakan untuk menunjukkan selain arti aslinya karena melihat persesuaian yang bukan penyerupaan serta adanya pertanda yang menunjukkan untuk tidak menghendaki makna aslinya. Dikatakan pula bahwasanya majaz ini dinamakan mursal karena terlepasnya dari ikatan (taqyid) dengan persesuaian khusus, tetapi majaz ini mempunyai persesuaian-persesuaian yang banyak dibandingkan dengan istiâarah yang hanya mempunyai satu persesuaian yaitu musyabbah (perserupaan). Kata Kunci: Majaz Mursal, Qarinah, âalaqah
Ø§ÙØªØ·Ùر Ø§ÙØ¯ÙاÙÙ Ù٠اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© ÙÙ Ø¶ÙØ¡ عÙÙ
اÙÙØºØ© Ø§ÙØØ¯ÙØ« (Ø¹ÙØ§Ù
ÙÙ ÙØ£Ø³Ø¨Ø§Ø¨Ù ÙÙ
Ø¸Ø§ÙØ±Ù)
Dairobi, ahmad
Jurnal Al Maqoyis Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
 Ù
ÙØ®Øµ :ØªØ¨ØØ« ÙØ°Ù اÙÙ
ÙØ§ÙØ© Ø£Ù ÙÙØªØ·Ùر Ø§ÙØ¯ÙاÙÙ Ø¹ÙØ§Ù
Ù ÙØ£Ø³Ø§Ø¨ Ù
ختÙÙØ© تؤد٠إÙÙÙØ ÙÙ
ا Ø£Ù ÙÙÙ Ù
Ø¸Ø§ÙØ± Ù
عÙÙØ© ÙØ³ÙÙÙØ§ ÙØ°Ø§ Ø§ÙØªØ·ÙØ±Ø ÙÙÙ Ù
ا ÙØØ§Ù٠اÙÙÙÙ٠عÙÙÙ Ù
Ù Ø®ÙØ§Ù ÙØ°Ù Ø§ÙØ¯Ø±Ø§Ø³Ø© ÙÙ Ø¶ÙØ¡ عÙÙ
اÙÙØºØ© Ø§ÙØØ¯ÙØ«. ÙØ§ ترجع Ø¹ÙØ§Ù
Ù ÙØ£Ø³Ø¨Ø§Ø¨ Ø§ÙØªØ·Ùر Ø§ÙØ¯ÙاÙ٠إÙ٠أسباب Ø®Ø§Ø±Ø¬ÙØ© ÙØ¥Ù٠أسباب داخÙÙØ© ÙØØ³Ø¨Ø Ø¨Ù ØªØ±Ø¬Ø¹ Ø¥Ù٠أسباب ÙØºÙÙØ©Ø ÙÙÙØ³ÙØ©Ø ÙØªØ§Ø±ÙØ®ÙØ©Ø ÙØ§Ø¬ØªÙ
Ø§Ø¹ÙØ©Ø ÙØ³ÙØ§Ø³ÙØ©. ÙØ¨Ø°ÙÙ ÙØ¬Ø¯ أ٠أÙÙ
Ù
Ø¸Ø§ÙØ± Ø§ÙØªØ·Ùر Ø§ÙØ¯ÙاÙÙ Ø§ÙØªÙ ØªØµÙØ¨ Ø§ÙØ£ÙÙØ§Ø¸ Ø«ÙØ§Ø«Ø©Ø ÙÙ : Ø§ÙØªØ¶ÙÙÙ (Gejala Penyempitan)Ø ÙØ§Ùاتساع (Gejala Peluasan) ÙØ§ÙØ§ÙØªÙا٠(Gejala Transisi). ÙÙØ´Ù
Ù ÙØ°Ø§ اÙÙ
Ø¸ÙØ± ÙÙØ¹ÙÙ Ù
Ù ØªØ·ÙØ± Ø§ÙØ¯ÙØ§ÙØ© : (1) Ù
ا ÙØ§Ù Ø§ÙØªÙØ§Ù Ø§ÙØ¯ÙØ§ÙØ© ÙÙÙ ÙØ¹ÙØ§ÙØ© اÙÙ
Ø´Ø§Ø¨ÙØ©Ø ÙÙÙ Ù
ا ÙØ¹Ø±Ù بÙ(Ø§ÙØ§Ø³ØªØ¹Ø§Ø±Ø©/Metafora)Ø Ù(2) Ù
ا ÙØ§Ù Ø§ÙØªÙØ§Ù Ø§ÙØ¯ÙØ§ÙØ© ÙÙÙ ÙØºÙر Ø¹ÙØ§ÙØ© اÙÙ
Ø´Ø§Ø¨ÙØ©Ø ÙÙÙ Ù
ا ÙØ¹Ø±Ù بÙ(اÙÙ
جاز اÙÙ
رسÙ/Metonimi).ÙÙÙ
Ø© Ù
ÙØªØ§ØÙØ© : Ø§ÙØªØ·Ùر Ø§ÙØ¯ÙاÙÙØ اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ©Ø Ø¹ÙÙ
اÙÙØºØ© Ø§ÙØØ¯ÙØ«
ASPEK BALAGHAH DALAM PENERJEMAHAN AL-QURâAN
Husaini, H. Ahmad
Jurnal Al Maqoyis Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak Semua bahasa mempunyai dua unsur yaitu pertama unsur bunyi dan kedua unsur dalalah (simentik). Unsur dalalah atau semantik terdiri dari: kosakata atau mufradat (lexicologie), pembentukan kalimat atau syntaxe (اÙÙØÙ), pembentukan kata atau morphologie (Ø§ÙØµØ±Ù), dan penggayaan atau stylistique (Ø§ÙØ¨Ùاغة). Gaya bahasa atau style dan terkadang disebut ragam yang dalam bahasa Arab disebut uslub (أسÙÙØ¨) ikut berperan dalam memberi makna atau arti. Oleh karena suatu bahasa itu pengungkapan suatu gagasan, maka gaya atau cara pengungkapan gagasan itu sendiri turut menentukan. Dengan demikian, jelas bahwa gaya bahasa bukan sekedar menyangkut struktur lahir, tetapi lebih dari itu bahkan berkaitan dengan struktur makna yang menentukan terhadap pengertian dan pemahaman seseorang. Dan oleh karena itu gaya bahasa atau uslub ini tidak boleh diabaikan dalam berbahasa termasuk dalam kegiatan menerjemahkan bahasa asing lebih-lebih lagi menerjemahkan Alquran yang sarat dan spesifik mempunyai gaya bahasa tersendiri karena dia bukan produk manusia.Â
Mempermudah Pembelajaran Ilmu Nahwu pada Abad 20
Rahman Hakim, Arif
Jurnal Al Maqoyis Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Arabic grammar (al-Nahwu) is one of the most important disciplines to master in understanding the Islamic literatures (kutub al-turats). For its theoretical and philosophical complexity, learning nahwu becomes very difficult to the Arabic learners especially for non-Arabic speakers. Since the third century, the Arabic grammarian (al-Nahwiyyun) has tried to simplify al-Nahwu and make it easier to study (taisÄ«r al-nahwi). This effort has continued until the 20th century when the Arabic scholars, such as Ibrahim Mustafa and Syauqi Dhaif, in Middle East felt the need of simplifying nahwu to overcome the Arabic learnersâ difficulty in understanding the complex traditional nahwu books which content many rules and principles. To realize the idea, they wrote many books and presented some new concepts in simplifying nahwu.Keyword: Arabic Grammar (al-nahwu), Masterpiece, Learning.
Ø§ÙØ·Ø¨Ø§Ù Ù٠اÙÙØ±Ø¢Ù اÙÙØ±ÙÙ
(تØÙÙÙÙØ© Ø¨Ø¯ÙØ¹ÙØ© ع٠بعض Ø¢ÙØ§Øª اÙÙØ±Ø¢Ù)
Shadiqin, Rahmat
Jurnal Al Maqoyis Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Abstrak Sebagai kitab suci agama Islam, Al-Qurâan juga menjadi acuan bagi keindahan bahasa Arab. Salahsatu kacamata untuk melihat keindahan Al-Qurâan adalah dengan ilmu Balaghah. Ilmu Badiâ merupakan bagian dalam pembahasan ilmu Balaghah yang mengupas keindahan kalimat dari segi penghias lafadz (Muhassinat Al-Lafdziyyah) dan penghias makna (Muhassinat Al-Maânawiyah).Ada banyak uslub (gaya bahasa) yang digunakan dalam ilmu Badiâ. Salah satu uslub yang paling banyak ditemukan dalam ayat-ayat Al-Qurâan adalah uslub Thibaq. Beberapa riwayat mengatakan bahwa gaya bahasa ini termasuk gaya bahasa yang banyak digunakan pada Al-Qurâan maupun hadits.Mengumpulkan dua hal yang berlawanan makna nya dalam sebuah kalimat merupakan sebuah keindahan tersendiri dan memiliki daya tarik tersendiri yang dapat magnet bagi para pendengar maupun pembacanya, itu lah yang menjadi keistimewaan gaya bahasa tersebut. Thibaq memiliki tiga jenis, yaitu thibaq ijab,thibaq salab dan iihamu ath-thibaq. Sedangkan unsur kata yang menjadi thibaq bisa jadi terdiri dari dua isim atau dua fiâil atau dua huruf atau bisa jadi terdiri dari dua hal yang berbeda seperti terdiri dari isim dan fiâil atau sebaliknya.Dengan mengenali gaya bahasa ini maka ketika membaca atau mendengar sebuah kalimat atau ungkapan dalam bahasa Arab akan menimbulkan bekas (atsar) yang lebih dalam bagi pembaca ataupun pendengarnya sehingga akan meningkatkan rasa keingintahuan dan juga pengahayatan yang lebih jauh lagi. Kata kunci : Thibaq, Alquran alKarim.
KARYA TERJEMAHAN LITERATUR KEAGAMAAN BERBAHASA ARAB BAGI MAHASISWA
Husaini, H. ahmad
Jurnal Al Maqoyis Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
 Ù
ÙØ®ØµÙد Ø£Ø¹Ø§ÙØª اÙÙØªØ¨ اÙÙ
ترجÙ
Ø© عÙÙ Ø§ÙØ·Ùبة Ù٠تعÙ
Ù Ø§ÙØ¹ÙÙÙ
Ø§ÙØ¯ÙÙÙØ© ٠تسÙÙÙÙÙ
عÙ٠دراستÙÙ
Ù٠اÙÙ
ØØ§Ø¶Ø±Ø©. ÙØ§Ø³ÙÙ
ا Ø¹Ù Ø§ÙØ·ÙØ¨Ø©Â Ø§ÙØ°ÙÙ ÙØµØ¹Ø¨Ù٠عÙÙ ÙÙÙ
اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ©.ÙÙÙÙ Ø£Ù ÙØ¹ÙÙ
ÙØ§ Ø£Ù٠اÙÙØªØ¨ اÙÙ
ترجÙ
Ø© ÙØ§ تص٠ا٠تترجÙ
اÙÙØºØ© اÙÙ
صدر ØÙ Ø§ÙØªØ±Ø¬Ù
Ø© Ù
٠اÙÙØªØ¨ Ø§ÙØ£ØµÙÙØ©Ø ÙØ¨Ùذا أ٠اÙÙÙÙ
ÙØµØ¯Ø± Ù
ÙÙØ§ ÙØ§ ÙØÙ
ÙÙ ØÙ اÙÙÙÙ
ÙÙ
ا ثبت Ù٠اÙÙØªØ¨ Ø§ÙØ£ØµÙÙØ©.ÙÙØ°ÙÙ ÙÙØ¨ØºÙ ÙÙÙ Ø·Ø§ÙØ¨ Ø£Ù ÙØ¹ÙÙ
 أÙ٠اÙÙØªØ¨ اÙÙ
ترجÙ
Ø© ÙØ¯ Ø£Ø¹Ø§ÙØªÙ عÙ٠تسÙÙ٠دراست٠Ù٠تعÙ
Ù Ø§ÙØ¹ÙÙÙ
Ø§ÙØ¯ÙÙÙØ© ÙÙØ· ÙÙØ§ تجعÙÙÙØ§ اÙÙ
راجع Ø§ÙØ£Ø³Ø§Ø³ÙØ©. ÙÙØ¬Ø¨ عÙÙÙ Ø£Ù ÙØªØ¹ÙÙ
اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© بجد ÙÙØ´Ø§Ø·Â ÙÙÙ
ات Ø§ÙØªØªØ§ØÙØ© : Ø§ÙØªØ±Ø¬Ù
Ø©Ø Ø§ÙÙ
راجع Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ©Ø Ø§ÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ©Â
PENGEMBANGAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERBASIS KOMPUTER MENURUT KONSEP TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Assyauqi, Moh Iqbal
Jurnal Al Maqoyis Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
اÙÙ
ÙØ®Øµ:ÙØ¥ÙاÙ
Ø© تطÙÙØ± اÙÙØ³Ø§Ø¦Ø· Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
ÙØ© ÙØªØ¹ÙÙÙ
Ù
ÙØ±Ø¯Ø§Øª اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© بÙ
راØÙ Ø¢ØªÙØ©Ø ÙÙÙ: تØÙÙÙ Ø§ÙØØ§Ø¬Ø§ØªØ ÙØªØµÙ
ÙÙ
Ø§ÙØªØ·ÙÙØ± Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
ÙØ ÙØªØ·ÙÙØ± اÙÙ
ÙØªØ¬Ø ÙØ§ÙÙ
ÙØªØ¬ Ø§ÙØ£ÙÙØ ÙØ§ÙتÙÙÙÙ
Ø ÙØ§ÙÙ
ÙØªØ¬ Ø§ÙØ£Ø®Ùر. ÙØªØÙÙÙ Ø§ÙØØ§Ø¬Ø§Øª ÙÙ Ø®Ø·ÙØ© Ø£ÙÙÙ Ù
٠تطÙÙØ± Ø§ÙØ¥Ùتاج ÙØ¹Ù٠جÙ
ع اÙÙ
عÙÙÙ
ات اÙÙ
ÙØ§Ø³Ø¨Ø© Ø¨Ø§ÙØ¥Ùتاج اÙÙ
ØªØ·ÙØ±. تصÙ
ÙÙ
Ø§ÙØªØ·ÙÙØ± Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
Ù Ù٠إثبات اÙÙ
ÙØ§Ø±Ø©Ø ÙØªÙظÙÙ
Ø¥Ø³ØªØ±Ø§ØªÙØ¬ÙØ© Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
Ø ÙØªØ·ÙÙØ± اÙÙ
ÙØ§Ø¯ Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
ÙØ©Ø ÙØªØ®Ø·ÙØ· Ø§ÙØªÙÙÙÙ
. ÙÙ٠تطÙÙØ± اÙÙ
ÙØªØ¬ ÙØ´Ù
٠جزءا Ù
Ù Ø§ÙØ®Ø·ÙØ§ØªØ Ø¬Ø¹Ù flow chart Ø ÙØ¬Ù
ع اÙÙ
ÙØ§Ø¯ اÙÙ
دعÙÙ
Ø©Ø ÙØ¬Ø¹Ù story boardØ ÙØ¥Ùتاج اÙÙ
ÙØªØ¬Ø ÙØªÙدÙÙ
اÙÙ
ÙØ§Ø¯ اÙÙ
دعÙÙ
Ø©. ÙØ§ÙØ¥ÙØªØ§Ø¬ Ø§ÙØ£ÙÙ ÙÙ ÙØªÙجة تطÙÙØ± اÙÙ
ÙØªØ¬ Ø§ÙØ£ÙÙ. ÙÙÙ Ø§ÙØªÙÙÙÙ
ÙÙ Ø®Ø·ÙØ© ØÙØ« Ø¥Ù Ø§ÙØ¥Ùتاج Ø§ÙØ£ÙÙ ÙÙØ§Ù
Ø¨Ù Ø§ÙØªÙÙÙÙ
Ø§ÙØ°Ù ÙØªÙÙÙ Ù
Ù Ø®Ù
س Ø®Ø·ÙØ§ØªØ ÙÙ٠تØÙÙÙ
Ø§ÙØ®Ø¨Ø±Ø§Ø¡ Ù٠اÙÙØ³Ø§Ø¦ÙØ ÙØªØÙÙÙ
Ø§ÙØ®Ø¨Ø±Ø§Ø¡ Ù٠اÙÙ
ÙØ§Ø¯Ø ÙØ§Ùتجربة اÙÙØ±Ø¯ÙØ© (ÙØ±Ø¯Ø§Ù)Ø ÙØ§Ùتجربة Ù٠اÙÙØ±ÙØ© (ستة Ø£ÙØ±Ø§Ø¯)Ø ÙØ§Ùتجربة اÙÙ
ÙØ¯Ø§ÙÙØ© (25 ÙØ±Ø¯Ø§). ÙÙÙ Ø§ÙØ¥Ùتاج Ø§ÙØ£Ø®Ùر ØÙØ« Ø¥ÙÙ ÙØ¬Ø±Ø¨ ÙÙÙØªØ¬ ÙÙÙØ´Ø± Ø¥Ù٠اÙÙ
جتÙ
ع Ø§ÙØ°ÙÙ ÙØØªØ§Ø¬Ù٠إÙÙÙ.اÙÙÙÙ
ات Ø§ÙØ±Ø¦ÙØ³ÙØ©: تطÙÙØ± اÙÙØ³Ø§Ø¦Ø· Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
ÙØ©Ø تعÙÙÙ
اÙÙ
ÙØ±Ø¯Ø§ØªØ اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ©
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK
Muradi, Ahmad
Jurnal Al Maqoyis Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurnal Al Maqoyis
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
 ÙÙ
Ù Ø§ÙØ¹Ùاصر Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
ÙØ© اÙÙ
ÙÙ
Ø© Ù٠تØÙÙÙ Ø£ÙØ¯Ø§Ù Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
Ù٠اÙÙ
عÙÙ
Ø ÙØ£Ù ÙÙ
ØªØ³ÙØ± Ø§ÙØ¹Ù
ÙÙØ© Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ
ÙØ© سÙÙÙØ§ شاÙ
ÙØ§ إذا ÙØ§Ù اÙÙ
عÙÙ
ÙÙ
ÙØªÙ
ÙØ± Ù٠اÙÙ
ÙØ§Ø±Ø§Øª اÙÙ
ؤÙÙØ© ÙØ¯Ù اÙÙ
عÙÙ
. ÙÙ
Ù Ø§ÙØ¹Ùاصر اÙÙ
ÙØµÙدة Ù٠اÙÙ
ÙØ§Ø±Ø© Ø§ÙØ§Ø¬ØªÙ
Ø§Ø¹ÙØ©. ÙØªØ±Ùد ÙØ°Ù اÙÙ
ÙØ§Ø±Ø© أ٠اÙÙ
عÙÙ
ÙØ¹Ø±Ù أساÙÙØ¨ تعÙÙ
Ø§ÙØ¯Ø§Ø±Ø³ÙÙ. ÙÙØ°ÙÙ ÙØ±Ø¬Ù ÙÙ
عÙÙ
٠اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© Ø§ÙØ°ÙÙ ÙØ¹ÙÙÙ
Ù٠اÙÙ
ÙØ§Ø±Ø§Øª اÙÙØºÙÙØ© Ø£Ù ÙØ¯Ø±Ø³Ùا أساÙÙØ¨ تعÙÙ
Ø§ÙØ¯Ø§Ø±Ø³ÙÙ ÙÙ٠اÙÙ
Ø±Ø¦ÙØ© ÙØ§ÙسÙ
Ø¹ÙØ© ÙØ§ÙØØ±ÙÙØ©. ØØªÙ ÙØ³ØªØ®Ø¯Ù
اÙÙ
عÙÙ
Ø§ÙØ·Ø±Ù ÙØ§ÙØ¥Ø³ØªØ±Ø§ØªÙØ¬Ùات اÙÙ
ÙØ§Ø³Ø¨Ø© ÙØ§ÙÙ
ÙØ§Ø¦Ù
Ø© بأساÙÙØ¨ تعÙÙ
Ø§ÙØ¯Ø§Ø±Ø³ÙÙ.اÙÙÙÙ
ات Ø§ÙØ±Ø¦ÙØ³ÙØ©: اÙÙ
عÙÙ
Ø Ø§ÙÙ
ÙØ§Ø±Ø§Øª اÙÙØºÙÙØ©Ø ÙØ£Ø³Ø§ÙÙØ¨ Ø§ÙØªØ¹ÙÙÙ