cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Al-`Ulum
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Pola Pikir dan Pendidikan El Widdah, Minnah
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap manusia baik sebagai individu atau sebagai kelompok masyarakat memiliki thought style (pola pikir) yang khas dan terkadang berbeda antara satu dengan lainnya. Kekhasan dan atau perbedaan-perbedaan pola pikir manusia ini terbentuk atau dipengaruhi oleh banyak faktor, yang kemudian juga menjiwai atau mewarnai aktifitas kehidupannya termasuk mempengaruhi kegiatan pendidikan yang dilakukan. Tulisan ini, sebagaimana tergambar dari judul di atas, mencoba mengangkat suatu diskursus filosofis tentang dua model atau pola pemikiran (thought style) yang kemudian mempengaruhi sistem dan kegiatan pendidikan.
Konsep Pendidikan Islam dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Karim, Hasnidar
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pendidikan yang diharapkan ialah membentuk kepribadian seseorang menjadi insan kamil dengan pola taqwa kepada Allah SWT, dimana tujuan pendidikan pada hakikatnya adalah “Fitrah”yaitu dapat membembing manusia sejalan dengan kejadiannya. Dan bertujuan untuk mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat. Dengan adanya pendidikan Islam maka diharapkan menghasilkan manusia yang berkepribadian muslim yang berbuat baik secara lahiriah maupun batiniah yang mampu mengabdikan amal dan perbuatan untuk mencari keridhoan Allah SWT.
Motivasi Belajar dalam Tinjauan Kitab Ta’lim al-Muta’allim Kartubi, Kartubi
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehidupan ideal seorang muslim adalah dapat meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat nantinya, dan kebahagiaan hidup didunia hanya bisa diraih dengan ilmu pengetahuan dan karya (amal). Islam adalah agama yang memacu setiap pemeluknya untuk senantiasa belajar sepanjang hayat. Anjuran tersebut dijelaskan oleh para ulama dalam berbagai kitab, dan salah satunya Syekh al-Zarnuji di dalam kitab Ta’limnya yang berisikan tentang bimbingan untuk penuntut-penuntut (mahasiswa) Islam yang sedang mengharungi lautan ilmu pengetahuan yang tidak terkira dalamnya, dan tidak bertepi luasnya.
Pendidikan dalam Perspektif Islam (Telaah Qur’ani) Musyaddad, Kholid
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pendidikan adalah upaya yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan itu merupakan sebuah cita-cita atau idealitas yang ingin dicapai oleh subyeknya. Manusia adalah subyek dan sekaligus merupakan obyek aktifitas pendidikan. Dikatakan sebagai subyek, karena manusia memang merupakan pelaksana, dan bahkan perancang aktifitas pendidikan. Manusia menjadi obyek kegiatan pendidikan, karena manusia adalah sasaran dari kegiatan pendidikan. Karena itu, pendidikan pada dasarnya membutuhkan kajian atau pemahaman tentang hakikat manusia itu sendiri, yakni hakikat keberadaan, cita-cita, sistem nilai yang dianut manusia sebagai Pelaku pendidikan. Makalah ini berupaya memahami manusia melalui perspektif Islam (Al-Qur’an) yang kemudian, dengan sudut pandang terbatas, mencoba melihat hubungan dialektika konseptualnya dengan masalah kependidikan.
Transformasi Ilmu Pengetahuan Melalui Madrasah Musli, Musli
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmu pengetahuan merupakan jalan menuju kesuksesan dan merupakan  suatu yang mutlak yang harus dimiliki oleh semua umat Islam, dan sejak mula turun ayat al-Quran, di dalamnya menyuruh untuk menuntut ilmu, merupakan perintah Allah yang tercantum dalam surat al-alaq. Dalam transmisi ilmu pengetahuan dari satu generasi ke generasi yang lain menggunakan berbagai macam cara dan diantaranya adalah melalui madrasah, sejak awal berdirinya madrasah yang didirikan oleh Nizham al Mulk dengan nama madrasah nizamiah, transmisi ilmu pengetahuan setiap generasi selalu berkembang, baik materi, sarana dan lainnya. sistem pengajaran maupun sumber daya manusia, apalagi jika kita lihat perkembangannya sampai saat ini, madrasah sudah dapat bersaing dengan sekolah-sekolah umum dalam berbagai faktor. Tulisan ini akan menggambarkan secara sederhana bagaimana transmisi ilmu pengetahuan dalam Islam melalui lembaga pendidikan madrasah yang kini sudah menjamur di berbagai pelosok tanah air.
Penerapan Pendidikan terhadap Anak Secara Islam Ulfah, Siti Mariah
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak adalah harapan di masa yang akan datang, tidak ada yang mengingkari ungkapan tersebut karena memang hal itulah yang akan terjadi, oleh karena itu orang tua, pemerintah dan masyarakat harus memberikan perhatian yang istimewa dalam hal mendidik anak mereka. Pendidikan adalah hak setiap manusia yang hidup di dunia ini. Setiap Negara maupun  propinsi memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda, bahkan di daerah maupun komunitas tertinggal yang tidak mempunyai lembaga pendidikan formal pun memiliki sistem pendidikan tersendiri, Pendidik Islam ialah Individu yang melaksanakan tindakan mendidik secara Islami dalam situasi pendidikan islam untuk mencapai tujuan yang diharapkan.cara mendidik anak yang ideal dalam Islam yaitu mengikuti cara Rasul.
Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia: Tenaga Pendidik dan Kependidikan untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Yusraini, Yusraini
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan lembaga penentu dalam kiprah pengembangan pendidikan, karena dari deretan birokrasi yang terkait dengan pengembangan pendidikan, sekolah sebagai pelaksana dari semua program pendidikan yang direncanakan dari tingkat pusat sampai ke tingkat operasional di sekolah. Maju mundurnya pendidikan sangat ditentukan oleh pelaksanaan  yang ada di tangan para pendidik di sekolah. Oleh karena itu, dengan tanpa mengesampingkan pentingnya faktor-faktor lain yang turut berpengaruh terhadap mutu pendidikan, unsur pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah harus mendapat pengelolaan  dan pengembangan secara optimal. Hal ini sejalan dengan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan dibuatnya berbagai kebijakan yang berkaitan dengan unsur ketenagaan di sekolah. Kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang telah dibuat oleh pemerintah diantaranya dituangkan dalam UUD 1945, Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanl, Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang Kompetensi Pengawas Sekolah, Permendiknas No. 13 Tahun 2007 tentang Kompetensi Kepala Sekolah, Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru, Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidik dan masih banyak lagi kebijakan-kebijakan pemerintah yang ditujukan untuk pengembangan pendidikan. Layanan sekolah dapat dikatakan bermutu atau berkualitas jika dibuat secara sederhana tetapi penting dan memenuhi standar. Artinya, produk tersebut harus tepat sesuai dengan tujuan. Dan strategi yang dilakukan dalam pengembangan SDM dimulai dari proses : perencanaan, rekrutmen, seleksi, pembinaan dan pengembangan, promosi dan mutasi, pemberhentian, kompensasi, dan penilaian. Manajemen Sumber Daya Manusia memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan.
Diagnostik Potensi Peserta Didik Risnita, Risnita
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran menempatkan peserta didik sebagai subjek bukan sebagai objek. Menurut Piaget sejak lahir peserta didik mengalami tahap-tahap perkembangan Kognitif. Setiap tahapan perkembangan kognitif tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Berdasarkan Intelegeni Wechsler peserta didik berbakat intelektual tergolong “sangat unggul” (IQ 130 keatas) berjumlah 2,2% dan tergolong “unggul” (IQ 120-129) berjumlah 6,7% dari populasinya. Peserta didik bagaikan aneka macam bunga elok di taman sari yang indah. Mereka memiliki pesonanya masing-masing sehingga tidak bisa diseragamkan begitu saja atau dipangkas sama rata.
Validitas Tes Buatan Dosen (Survai pada Dosen di Fak. Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi TA. 2010-2011) Rizalman, Rizalman
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of the research is to study the relationships between Comprehension of Constructing Achievement Test, Perception of Evaluation System and Validity of Lecturers Constructed Test. The research was conducted at the Faculty of Education al IKIP Jakarta 1998/1999 with N - 41 lecturers by taking proportional random sampling technique. The research concluded that there are positive relationships between (1) comprehension of constructing achievement test (X1) and validity of lecturers constructed test (Y) with ry1 -0,49 and Y - 22,26 + 1,16X,, (2) perception of evaluation system (X2) and validity of lecturers constructed^ test (Y) with ry2 -0,34 and Y = 32,87 + 0,25X2. That is also positive relationships between those two independent variables with Two independent variables with dependent variables with R Y,? 0,56 and multiple regression ? = 13,00 + 103X1 + 0,18X2
Efektifitas Sekolah Ihtiati, Ihtiati
Al-`Ulum Vol 1 (2012)
Publisher : Al-`Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang memegang peranan penting didalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menghasilkan tenaga terdidik sehingga mampu menjawab tantangan-tantangan yang sangat cepat.Pada Negara-negara yang sedang berkembang kebutuhan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan keterampilan penduduknya melalui pendidikan sangatlah besar. Sejumlah pembicara dalam berbagai seminar, diskusi atau tulisan di media massa mengisyaratkan bahwa secara keseluruhan, mutu SDM Indonesia saat ini masih ketinggalan dan berada di belakang Negara-negara maju dan Negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Page 1 of 3 | Total Record : 27