cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 88 Documents
Search results for , issue "Vol 2 (2013)" : 88 Documents clear
UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PUISI DI KELAS X SMA NEGERI 3 SINGARAJA Sukalima, AG,; Putryasa, IB,; Rasna, W,
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan (1) Nilai-nilai pendidikan  karakter yang terkandung pada puisi yang digunakan dalam pembelajaran membaca puisi   di kelas X SMA Negeri 3 Singaraja; (2) upaya yang ditempuh oleh guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran puisi; (3) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam  pembelajaran  puisi; dan (4) Kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menggali nilai-nilai pendidikan karakter dalam  pembelajaran  puisi  di kelas X SMA Negeri 3 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, studi dokumentasi, perekaman dan metode wawancara. Data penelitian diolah secara induktif melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut. (1) Nilai karakter yang ditemukan dalam puisi dikaitkan dengan delapan belas nilai karakter yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional yaitu religius, rasa ingn tahu, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, mandiri, disiplin, demokratis. (2) Upaya yang dilakukan guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran disiapkan secara terencana yang didikung oleh lembaga atau sekolah. (3) Kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya kemampuan siswa memahami isi puisi, kerasnya pengaruh perekmbangan zaman terhadap karakter bangsa. (4) Katerbatasan pemahaman kosa kata yang dimiliki oleh siswa untuk memahami makna kata di dalam puisi. Peneliti lain diharapkan untuk melakukan penelitian sejenis yang lebih mendalam untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.   Kata kunci: Penanaman Nilai Karakter, Pembelajaran  puisi, Nilai Karakter dalam puisi       ABSTRACT This research is a qualitative descriptive study aimed to describe and interpret (1) character education values ​​contained in the poem used in teaching reading poetry in class X SMA 3 Singaraja, (2) efforts made by the teachers to instill values the value of character education through learning poetry, (3) Constraints faced by teachers in an effort to instill the values ​​of character education in learning poetry, and (4) Constraints faced by the students in exploring the values ​​of character education in the teaching of poetry in class X SMA 3 Singaraja. Data collection method used is the method of observation, study documentation, recording and interview methods. Data were analyzed inductively through data reduction, data presentation, and drawing conclusions and verification data. The results of this study are as follows. (1) The characters found in the poems attributed to eighteen character value set by the Ministry of Education that is religious, sense INGN know, hard work, creativity, responsibility, self-discipline, democratic. (2) The efforts of teachers to instill character values ​​in the learning process is planned didikung prepared by the institution or school. (3) Constraints faced by teachers is the lack of ability of the students to understand the content of poetry, age perekmbangan severity influence the character of the nation. (4) Katerbatasan understanding vocabulary possessed by the students to understand the meaning of words in the poem. Other researchers are expected to conduct similar research deeper to get maximum results.   Keywords:        Investment Value Character, Learning poetry, character value in poetry
KECERMATAN FORMULA FLESCH, FOG INDEX, GRAFIK FRY, SMOG, DAN BI SEBAGAI PENENTU KEEFEKTIFAN TEKS BERBAHASA INDONESIA KN, Yasa,; Made, Sutama; Nengah, Martha
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kecermatan formula berbasis bahasa Inggris  dan BI dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia, (2) perbedaan kecermatan antara formula berbasis bahasa Inggris dan BI dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia, Populasi primer penelitian ini adalah teks berbahasa Indonesia yang terdapat dalam BSE berjumlah 12 teks. Populasi skunder penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP se-Kota Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013 berjumlah 1770 orang. Sampel primer penelitian ini ditentukan secara quota sampling sebanyak 5 teks. Sampel skundernya ditentukan secara quota-area-clusster-proportional-random sampling sebanyak 324 orang. Rancangan penelitian ini berupa penelitian ex-post facto. Data primer penelitian ini dikumpulkan dengan menerapkan masing-masing formula keterbacaan sehingga ditemukan indeks keterbacaan teks. Data skunder penelitian ini dikumpulkan dengan tes objektif bentuk pilihan ganda. Hipotesis penelitian ini diuji secara statistik menggunakan Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) formula yang berbasis Bahasa Inggris dan formula BI cermat menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia, (2) kecermatan antara formula berbasis Bahasa Inggris dan formula BI tidak berbeda secara signifikan, dalam artian sama-sama cermat. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa baik formula keterbacaan berbasis bahasa Inggris maupun formula BI, sama-sama dapat digunakan sebagai penentu keefektifan teks berbahasa Indonesia.   Kata Kunci: kecermatan, formula keterbacaan, teks berbahasa indonesia     Abstract This research aimed to determine (1) accuracy English-Based Formulas and BI in determining legibility of Indonesian text, (2) whether or not significant differences between the accuracy English-Based Formulas and BI in determining readability of Indonesian text. The primary population of this study was Indonesian reading text BSE, consist of 12 texts. The secondary population was class IX of Junior High School of Singaraja in Academic Year 2012/2013, consist of 1770 people. The primary sample this study was determined by quota sampling about 5 texts. Secondary sample was determined by quota-clusster area-proportional-random sampling about 324 people. The study was designed in the form of ex-post facto research. The primary data were collected by applying each readability formula so that readability text could be found. The secondary data was collected by multiple choice tests. The research hypothesis was tested using Chi Square. The results showed that: (1) English-Based formulas and BI was accurate to determine readability of Indonesian text, (2) The accuration of the English-Based formulas and BI formula doesn’t have significant differences, in terms of carefully. Based on these findings it can be concluded, that either English-Based formulas or BI formula can be used as a determinant of the Indonesian text. Keywords: accuracy, readability formula, indonesian text
EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI IA1, SMA NEGERI SE-KOTA SINGARAJA GRA, Sutrisna,; Martha, Nengah; ., Arifin
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan evaluasi pembelajaran drama, (2) pelaksanaan evaluasi pembelajaran drama, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam evaluasi pembelajaran drama. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia, kelas XI IA1 SMA Negeri sekota Singaraja. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data,  (3) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan evaluasi pembelajaran drama yang dibuat guru meliputi jenis tagihan, teknik penilaian, dan instrumen penilaian. Perencanaan tersebut mengacu pada tujuan pembelajaran yang telah ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan, (2) pelaksanaan evaluasi drama menggunakan teknik tes yang berupa tanya-jawab dan teknik nontes yang berupa unjuk kerja. Penerapan teknik tersebut dilengkapi dengan rubrik penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, (3) kendala yang dihadapi guru meliputi pengelolaan waktu, tenaga,  kelas, serta tempat. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa di kelas XI IA1 SMA Negeri kota Singaraja, perencanaan evaluasi pembelajaran drama sejalan dengan tujuan pembelajaran, pelaksanaannya menggunakan teknik tes dan nontes, dan kendalanya menyangkut waktu, tenaga, dan tempat.   Kata kunci: evaluasi, pembelajaran drama, SMA. Abstract This research was a descriptive qualitative research which aimed at describing (1) the planning of evaluating drama instruction, (2) the evaluation of drama instruction, and (3) the constraints faced by teachers in the evaluation of drama instruction. The subjects were XI IA1 teachers of highschools in Singaraja. The data were collected by using documentation, observation, and interviews. The data analysis was conducted through three phases, namely: (1) data reduction, (2) data presentation, (3) data conclusions and verification. The results showed that (1) the planning of evaluating drama instruction was includes bill types, assessment techniques, and assessment instruments. the planning of evaluating drama instruction was in line with the underlying learning goal, (2) the evaluation of drama used interview test and non-test in the form of performance assessment. The application of these techniques came with the assessment rubric of cognitive, affective and psychomotor, and (3) the constraints faced by teachers included the management of time, energy, class, and place.   Keywords: evaluation, drama instruction, highschool
CAMPUR KODE DALAM BAHASA INDONESIA LISAN SISWA KELAS VII SMP N 8 DENPASAR Adnyani, N.M; Martha, N.; Sudiana, N.
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Bahasa dan ragam bahasa yang memunculkan campur kode pemakaian bahasa Indonesia lisan, bentuk-bentuk campur kode bahasa Indonesia lisan, macam-macam campur kode bahasa Indonesia lisan, Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode bahasa Indonesia lisan. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan-tuturan yang digunakan siswa dalam berkomunikasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan metode intervieu. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya unsur bahasa lain dalam pemakaian bahasa Indonesia lisan siswa seperti bahasa Bali, bahasa kawi, bahasa Sansekerta, bahasa Inggris, dan bahasa Belanda. Bentuk-bentuk campur kode yang ditemukan dalam penelitian ini adalah campur kode berbentuk kata, frasa, dan Idiom. Macam-macam campur kode yakni campur kode ke dalam,  campur kode ke luar, dan campur kode campuran. Faktor-faktor penyebab campur kode yaitu faktor peserta wicara atau faktor ekstra linguistik, faktor topik pembicaraan atau faktor intra linguistik, dan faktor situasi. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan adanya unsur bahasa lain dalam pemakaian bahasa Indonesia lisan siswa. Terjadinya peristiwa campur kode dalam penelitian ini diakibatkan oleh faktor kedwibahasaan dan karena situasi informal yang mendukung penggunaannya.   Kata kunci: campur kode, bahasa lisan siswa, bahasa indonesia   ABSTRACT This research is a descriptive qualitive research aimed at analyzing and describing Language and language veriation containing code mixing with referenceto the use of spoken Indonesian, various forms of code mixing in spoken Indonesian,  types of code mixing in spoken Indonesian. The sources of the data in this research are the spoken texts used by the students to communicate in certain speech events. The method adopted for collecting the data pertaining to research questions (1), (2), and (3) was observation method, while the data pertaining to researchcuestion (4) was obtained through interview. The result of this research shows that there are elements of other languages in the students’ spoken Indonesian such as those from Balinese, old Japanese, Sanskrit, English, and Dutch. The forms of code mixing found in this research include those at word level represented. Code mixing in the forms of phrases and idioms are also found in this research. Types of code mixing found in this research include those accurring intra-linguistically, those occurring extra-linguistically, and those of mixed type. The factors which cause the occurrences of code mixing include:  The factor of participants (extralinguistic factor), the factor of topics (intra linguistic factor), and The factor of situation, Based on those findings mentioned above, it can be concluded that code mixing accurs because of the inclusion of elements from other languages into the spoken Indonesian of the students. As also found in this research, the factors of bilingualism and informal situation also have their share in the occurrences of code mixing.   Key Words :  Code mixing, students spoken language, indonesian language
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA INDONESIA DAN PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 8 DENPASAR Md Aryaningsih, I Gst. A.; Sudiana, N.; Martha, N.
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Masalah yang ditemui di SMP Negeri 8 Denpasar adalah kurang tersedianya bahan ajar membaca sastra yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan penilaian yang digunakan oleh guru tidak bercirikan penilaian autentik. Terkait dengan masalah ini, tujuan penelitian: (a) untuk mengembangkan bahan ajar membaca sastra Indonesia yang layak dan dapat diaplikasikan, dan (b) untuk mengembangkan perangkat penilaian yang bercirikan penilaian autentik. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall (1983) yang dimodifikasi: analisis kebutuhan, mengembangkan desain, mengembangkan bahan ajar, uji awal, revisi, produk uji awal, uji ulang, revisi, uji akhir, dan produk akhir. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan kuesioner. Data hasil tes uji coba dianalisis secara statistik deskriptif. Data hasil studi empirik tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dianalisis secara deskriptif. Hasil uji coba pengembangan bahan ajar membaca sastra Indonesia dan perangkat penilaian autentik mencapai nilai rata-rata di atas KKM (80). Berdasarkan hasil uji coba, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah layak dan dapat diaplikasikan. Demikian juga penilaian yang dikembangkan telah bercirikan penilaian autentik, karena penilaian telah mampu digunakan untuk mengungkap kompetensi yang diinginkan atau sesuai dengan indikator.   Kata kunci : bahan ajar, membaca sastra, penilaian autentik   Abstract This research belongs to research and development (R&D). The problems faced at SMP Negeri 8 Denpasar are the lack of reading material of Indonesian literature which is not appropriate with the students’ needs and the assessment used by the teachers is not authentic. The purposes of this study are (a) To develop reading material of Indonesian literature which is appropriate and applicable, and (b) To develop assessment which is authentic. This research and development used a model proposed by Borg and Gall (1983) which was modified such as: need analysis, developing design, developing material, pre-test, revision, product preliminary test, product re-test, revision, posttest, and final product. The data was gathered by using test, observation sheet, and questionnaires. The preliminary test was analyzed by using descriptive statistic while the data about empirical study about the implementation of reading material of Indonesian literature was analyzed descriptively. The tryout test shows that the result is above 80 (standard achievement score). Based on the tryout’s result, it can be concluded that material developed is appropriate and applicable while the assessment developed is authentic and appropriate where it is also based on the competency and indicator that want to be achieved.   Keywords : Teaching Material, Reading Literature, Authentic Assessment.
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KARAKTER BANGSA PADA SISWA SMK NEGERI 2 TABANAN Yusana, D.M. Wardika; Putrayasa, I.B.; Sudiana, N.
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3)  evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendidikan karakter bangsa di SMK Negeri 2 Tabanan. Subjek penelitian ini adalah  guru bahasa Indonesia kelas X,XI,XII. Pengumpulan data menggunakan metode dokumen untuk mendapatkan data  berupa RPP, observasi dan wawancara untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendidikan karakter bangsa dikembangkan secara bervariasi oleh guru. (2) Pelaksanaan pembelajaran  bahasa Indonesia berbasis pendidikan karakter bangsa belum sepenuhnya diterapkan guru. (3) Evaluasi pembelajaran  bahasa Indonesia, nilai pendidikan karakter bangsa belum diterapkan oleh guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia berbasis karakter  bangsa pada Siswa SMK Negeri 2 Tabanan belum sepenuhnya dilaksanakan guru.   Kata kunci : pembelajaran bahasa Indonesia, penerapan, nilai karakter bangsa     ABSTRACT This research used a qualitative descriptive design that aims to describe and explain (1) lesson planning, (2) the implementation of learning, and (3) evaluation of learning based on national character education in SMK Negeri 2 Tabanan.The subject of this research is,  Indonesian teachers of X, XI, XII class. Data collection used the document method to get the data in the form of lesson plans, observation and interviews to obtain data on the implementation and evaluation of learning. Analysis of the data in this research used the qualitative data analysis procedure such as data reduction, data display, and conclusion / verification. The results showed that (1) planning- Indonesian learning based on national character education developed variously by teacher. (2) The implementation of Indonesian learning based on national character education teacher has not been fully implemented. (3)The evaluation of Indonesian learning, the value of the national character education has not been applied by the teacher. It can be concluded that Indonesian learning based on national character on the students of SMK Negeri 2 Tabanan has not been fully implemented by the teachers. Keywords: learning Indonesian, the application, the value of the nations character
Esai tentang Dampak Media Sosial terhadap Perkembangan Psikologis Siswa Karya Siswa SMA Unggulan Sekota Denpasar (Kajian Analisis Wacana Kritis) Dewi, Yuni Santika; Sudiana, N.; ., Arifin
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif  kualitatif  yang bertujuan untuk menganalisis struktur makro, super, dan mikro esai tentang dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa karya siswa SMA Negeri Unggulan Sekota Denpasar. Data penelitian ini berupa struktur makro, super, dan mikro yang bersumber dari  esai karya siswa SMA Negeri Unggulan Sekota Denpasar. Data penelitian diperoleh melalui metode dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data,  penyajian data, dan penyimpulan data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur makro esai tentang dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa beragam dari segi tema, meliputi tema yang mengungkapkan dampak positif, negatif, dan dampak positif dan negatif  penggunaan jejaring sosial bergantung pada penggunanya. . (2) Superstruktur pada esai siswa adalah seragam, meliputi summary, yang diawali dengan judul dan lead, dan story berupa uraian berupa pendahuluan, isi, penutup.  (3) Struktur mikro pada esai siswa dibangun dengan aspek semantik, sintaksis, stilistika, dan retoris yang bervariasi bergantung pada karakteristik penulis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa esai tentang dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa karya siswa SMA Negeri Unggulan Sekota Denpasar dapat dikatakan dibangun dengan struktur makro, super, dan mikro bervariasi. Oleh karena itu, hasil penelitian ini hendaknya dapat memperluas wawasan, kreativitas daya berpikir kritis siswa dan guru, serta bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi untuk mengadakan penelitian lanjutan.   Kata Kunci : wacana, analisis wacana kritis,  esai Abstract This research aimed at analyzing macro structure, super structure and micro structure used by the students to deliver their ideas in the form of essay about the effect of social media on students’ psychological development. The findings found were, firstly, the macro structure found on the essay about the effect of social media on students’ psychological development was categorized by three classification, such as: (1) the theme used which expressed the students’ positive point of view upon the social networking, (2) the theme used which expressed the students’ negative point of view upon the social networking, and (3) the theme used which expressed the students’ neutral point of view upon the social networking. Secondly, the super structure found on the essay about the implication of social media on students’ psychological development was alike. Thirdly, the micro structure found on the essay about the effect of social media on students’ psychological development was constructed from variety of semantic aspects, syntax aspects, stylistics aspects, and rhetoric aspects depended on students’ characteristics. Key terms: discourse, critical discourse analysis,  essay
Korelasi antara Disiplin, Motivasi, dan Semangat Kerja Guru dengan Kemampuan Mengajarkan Bahasa Indonesia di Kelas XI SMAN Se kota Denpasar Mudana, I.G.A.Md.Gd.; Rasna, I. W.; Suandi, N.
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin, motivasi dan semangat kerja guru dengan kemampuan mengajarkan bahasa Indonesia pada SMA Negeri  sekota Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Sampel penelitian berjumlah 24 orang. Data didapatkan dengan memberikan kuesioner kepada responden, kemudian dianalisis dengan regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi ganda. Dari hasil analisis data, diperoleh beberapa temuan yaitu; (1)  terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja guru dengan kemampuan guru mengajarkan bahasa Indonesia dengan kontribusi 35,0%; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan kemampuan guru mengajarkan bahasa Indonesia dengan kontribusi sebesar 36,5%; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara semangat kerja guru dengan kemampuan guru mengajarkan bahasa Indonesia  dengan kontribusi sebesar 41,8%. Kesimpulan dari penelitian ini disiplin, motivasi dan semangat kerja guru berhubungan positif dengan kemampuan  mengajarkan bahasa Indonesia pada SMA Negeri  sekota Denpasar dengan kontribusi  57,5%.   Kata kunci : disiplin, motivasi, semangat kerja mengajarkan bahasa Indonesia       Abstract This study was aimed at finding out the correlation between teacher’s discipline, teacher’s work motivation and teacher’s work ethic  and  teacher’s ability in teaching Indonesian at SMANs  throughout Denpasar This study was an expost facto research. The respondents were determined through  random sampling with a sample size of 24 Indonesian teachers of SMANs throughout Denpasar. The data were collected with questionnaires that were analyzed with simple regression, multiple regression and multiple correlation. On the basis of  the data analysis it was found that there was a significant correlation between teacher’s work discipline and teacher’s ability in teaching with 35.0% contribution; there was a significant correlation between teacher’s work motivation and teacher’s ability in teaching Indonesian  with 36.5% contribution; there was  a significant correlation between teacher’s work ethic and teacher’s ability in teaching Indonesian with 41.8% contribution; and there was a significant contribution between  teacher’s work discipline, teacher’s work motivation, teacher’s work ethics and teacher’s ability in teaching Indonesian with 57.5% contribution.   Keywords: discipline, motivation, work ethic in teaching Indonesian.
UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 DENPASAR DI KOTA DENPASAR Rumiati, N.M.; Martha, N.; Artawan, G.
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap siswa kelas XII SMKN 1 Denpasar terhadap pembelajaran Sastra. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII. Objek penelitian ini adalah sikap siswa terhadap pembelajaran sastra, Dalam metode pengumpulan data, digunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Cara menganalisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) upaya guru dengan menerapkan metode pembelajaran berpuat pada guru dan berpusat pada siswa. (2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sikap siswa, yaitu faktor fisiologis, psikologis, faktor sosial. (3) Kendala-kendala dihadapi guru, yaitu mengaitkan komponen-komponen pembelajaran.Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa guru menerapkan metode pembelajaran sebagai usaha meningkatkan sikap siswa. Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap sikap siswa, ada kendala-kendala saat meningkatkan sikap siswa. Disarankan kepada guru, agar meningkatkan upaya dan cara mengajar, Kata kunci: sikap siswa, pembelajaran, sastra Indonesia.   Abstract This research aims for describing students attitude on class XII SMKN 1 Denpasar to learning literature. The subject is the students class XII SMKN 1 Denpasar. The object is students attitude to learning literature, The data collection method is used are documentation, observation, interview. Data analysis method, those are reduction, data report, conclusion and verification. The result of research shows (1) the teacher effort those are applying teacher centered method, student centered method. (2) Factors that influence, those are physiological factor, psychological factor, social factor. (3) Teacher constrains is when take a relation on the each of learning components. It can be concluded that the teacher applied several learning method as an effort of improving students attitude. There are factors influence to students attitude, there are constrains when improving students attitude. It is suggested to teacher for improve more the effort and teaching method.   Keywords: students attitude, learning, Indonesian literature.
ANALISIS KUALITAS TES SUMATIF BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN8 DENPASAR SEMESTER GENAP TAHUN 2012 Darini, N.M; Martha, N.; Artawan, G.
Jurnal Pendidikan Bahasa Vol 2 (2013)
Publisher : Jurnal Pendidikan Bahasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas tes sumatif bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 8 Denpasar. Rancangan penelitian bersifat ex-post facto. Subjek berjumlah 349 orang. Objeknya yaitu tes dan hasil tes sumatif. Metode dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis, yaitu statistik deskiptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) analisis validitas isi diperoleh validitas yang tinggi. (2) Analisis reliabilitas tes memiliki reliabilitas tinggi. (3) Analisis daya beda ditemukan 1 soal daya bedanya sangat baik, 6 soal daya bedanya baik, 29 soal daya bedanya sedang, 13 soal daya bedanya kurang baik, dan 1 soal daya bedanya tidak baik. (4) Analisis tingkat kesukaran diperoleh 42 soal klasifikasi sedang, 8 soal klasifikasi mudah. (5) Analisis kemampuan pengecoh ditemukan 49 soal pengecohnya berfungsi efektif dan 1 soal tidak berfungsi efektif.   Kata Kunci : Kualitas tes sumatif, bahasa Indonesia. Abstract This study aims to determine the quality of Indonesian language summative tests class VIII SMPN 8 Denpasar. The research design is ex-post factor. Subjects totaling 349 students. The object are summative test and the result summative test. Document method was used for collecting data. The data analyzed by descriptive statistic technique. The result showed: (1) content validity analyzed is obtained high content validity. (2) Test reliability analysis has high reliability. (3) In power difference analysis found a question has very well, 6 questions its power difference is good, 29 questions its power difference is medium, 13 questions its power difference is not so good, a question its power difference not good. (4) Analysis of difficulty level gained 42 medium classification questions, 8 easy classification questions. (5) Analysis capabilities rapscallion found 49 questions the rapscallion functioning effectively and a question is not effectively.   Keywords : Summative test quality, Indonesian language