cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Wawasan Ilmiah
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Merupakan jurnal Wawasan Ilmiah Teknologi Informasi yang diterbitkan oleh AMIK Garut, sebagai media publikasi karya  ilmiah yang berupa hasil  penelitian mahasiswa dan dosen pada bidang teknik informatika dan manajemen informatika
Arjuna Subject : -
Articles 46 Documents
Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital Menggunakan Unified Software Development Process (USDP) Dede Kurniadi
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 5, No 10 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1336.29 KB)

Abstract

Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkannya.Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut sebagai lembaga pendidikan berbasis teknologi di dalam proses penyelenggaraan pendidikannya terutama dalam dalam pengelolaan bidang akademik masih menggunakan sistem informasi yang belum terintegrasi secara maksimal, baik secara intranet maupun internet.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendukung pengembangan kampus dgital AMIK Garut dengan menganalisis dan merancang arsitektur sistem e-academic yang baru di AMIK Garut secara online. Untuk lebih jelas dalam menganalisis dan merancang sistem baru penulis menggunakan pendekatan metode Unified Software Development Proccess (USDP) dengan perancangan arsitektur teknologi menggunakan pendekatan konsep MVC (Model View Controller), sedangkan perangkat lunak yang digunakan dalam membantu penggambaran sistem yaitu dengan UML.Rancangan arsitektur sistem e-academic yang dihasilkan dibatasi yaitu hanya pada sistem informasi akademik berbasis web yang diterapkan secara online yang terkoneksi dengan internet yang dapat diakses setiap saat tanpa terbatas oleh ruang dan waktu, sehingga dapat membantu dalam memperoleh informasi akademik.Hasil dari penelitian ini adalah berupa arsitektur perancangan dan perencanaan implementasi sistem aplikasi berupa Sistem Administrasi E-Academic secara online guna mendukung pengembangan konsep kampus digital AMIK Garut.Kata Kunci : e-academic, arsitektur sistem, USDP, MVC, kampus digital
Promosi Dengan Pendekatan End User Computer (Promotion With The Aproach Of End User Computer) Diky Firdaus
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 5, No 10 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.009 KB)

Abstract

Kegiatan yang kami kaji merupakan salah satu usaha menggali dan mengembangkan metode mengenalkan produk atau jasa melalui pendekatan media personal komputer. Personal komputer merupakan teknologi multifungsi apabila dapat digunakan secara efektif. Mayoritas masyarakat telah menggunakan bukan hanya pada kalangan orang dewasa saja tetapi banyak digunakan oleh kalangan remaja dan anak-anak. fenomena ini merupakan peluang yang perlu di manifestasikan sebagai keuntungan dalam dunia usaha. Kami menggambarkan bahwa pengguna komputer adalah sebagai segmen sasaran guna memperkenalkan produk atau jasa. Berdasarkan gambaran tersebut diatas maka kami menggali litelatur yang berkaitan dengan kegiatan promosi produk atau jasa hingga terciptalah model penayangan iklan dengan pendekatan pemakai komputer (Promotion with the aproach of end user computer). Kelebihan penayangan iklan dengan model ini adalah mudah untuk menentukan segmen tayangan iklan yang akan ditampilkan karena box komputer yang tersedia telah disimpan pada lokasi atau tempat yang telah ditentukan sesuai dengan kebutuhan.
Sistem Informasi Akademik Secara On Line Dengan Kepercayaan Masyarakat Dan Kinerja Dosen Pada Prestasi Mahasiswa Jajang Jaenudin
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 5, No 10 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.226 KB)

Abstract

Pemanpaatan  Sistem Informasi Akamik Secara On  Line dengan Kepercayaan Masyarakat   dan Kinerja  Dosen pada prestasi belajar mahasiswa ( Studi Kasus yang dilaksanakan  di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut pada semester Ganjil Tahun Akademik 2012/2013 ). Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut, merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang mencetak lulusannya sebagai tenaga professional pada bidang computer, memegang peran yang sangat strategis.  Salah satu indicator lulusan yng berkualitas dapat dilihat pada prestasi belajar/indeks prestasi akademik yang diperolehnya.  Untuk menghasilkan lulusan yang diharapkan, tentunya dipengaruhi oleh berbagai factor.  Selain factor kurikulum, pendanaan, prasarana, uga dipengaruhi oleh system informasi akademik yang diterpakan dalam hal ini secara online yang berimbas terhadap kepercayaan masyarakat dan keterampilan mengajar dosennya. Penelitian ini mengkaji masalah hubungan antara kepercayaan masyarakat (X1) dan keterampilan mengjar dosen (X2) dari sisitem informasi online terhadap restasi belajar/indeks prestasi mahasiswa (Y).  Yang dijadikan indicator dalam kepercayaan masyarakat meliputi : 1). Status pembayaran mahasiswa, 2).Rekapitulasi kehadiran kuliah, 3). Daftar transkip nilai, 4) Kartu hasil studi dan, 5). Jadwal kuliah teori.  Sedangkan indicator keterampilan mengajar dosen meliputi : 1) waktu pelaksanaan pengajaran, 2) metode mengajar dan penyampaian materi perkuliahan, 3) pengelolaan kelas, 4) interaksi belajar mengajar, serta 5) pemberian avaluasi dan penilaian.  Mengenai indicator prestasi belajar mahasiswa diperoleh dari nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang diperoleh mahasiswa.  Adapun moetode penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian terhadap sampel sebanyak 106 orang tua/masyarakat yang dilakukan secara random berdasarkan proporsi dari jumlah mahasiswa tiap program studi yaitu program studi Manajemen informatika jenjang D3 non regular dan regular serta, Teknik informatika jenjang D3.  Dengan menggunakan taraf signifikan 5%, diperoleh kesimpulan bahwa : 1). Terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan mengenai kepercayaan masyarakat tentang system informasi akademik online dengan prestasi mahasiswa; 2). Terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan mengenai keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa; dan 3). Terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan kepercayaan masyarakat/orang tua tentang system informasi akademik online dan keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa.  Hal ini menunjukan bahwa semakin baik tanggapan masyarakat/orang tua tentang system imformasi akademik online dan keterampilan mengajar dosen maka akan semakin meningkat pula prestasi belajar mahasiswa yang diperolehnya.
Aplikasi Sosiologi Bahasa Sunda Berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) Cecep Furqon
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 5, No 10 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.344 KB)

Abstract

Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa daerah yang diucapkan/dipertuturkan di sebelah barat pulau Jawa, di daerah Tatar Sunda. Namun bahasa Sunda juga diucapkan/dipertuturkan di Jawa Tengah, khususnya di daerah Cilacap dan Berebes. Tetapi saat ini mengenai penyebaran atau sosiologi bahasa sunda kurang diketahui dan dipahami oleh orang sunda itu sendiri. Pemanfaatan perangkat Handphone sebagai pendamping dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari sudah sangat lumrah bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan beberapa Handphone sudah memiliki fungsi dan kemampuan lebih dari sekedar fungsi dasarnya. Salah satu perangkat lunak yang dapat membuat aplikasi Handphone adalah Bahasa Pemrograman Java, khusunya Java 2 Micro Edition (J2ME) dan untuk sistem penyimpanan datanya menggunakan Record Management System (RMS). Pada laporan penelitian ini dikembangkan aplikasi sosiologi bahasa sunda, diharapkan pengguna yang menggunakan perangkat handphone dapat terbantu untuk mengetahui dan mempelajari sosiologi bahasa sunda. Kata kunci : sosiologi, bahasa sunda, J2ME, RMS
Upaya Meningkatkan Pemahaman Kalkulus Melalui Pembelajaran Berbantuan Maple pada Mahasiswa Teknik Informatika AMIK Garut Undang Indrajaya
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 5, No 10 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.725 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain kelompok pretes postes, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman kalkulus mahasiswa Teknik Informatika AMIK Garut melalui pembelajaran berbantuan Maple. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa  semester satu jurusan Teknik Informatika AMIK Garut yang tersebar pada 3 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian adalah sebanyak dua kelas yang diambil secara acak. Dari dua kelas tersebut diklasifikasikan menjadi dua kelompok pembelajaran, yaitu kelompok pembelajaran berbantuan Maple sebagai kelompok eksperimen dan pembelajaran tanpa bantuan Maple sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan angket. Dalam penelitian ini dianalisis mengenai peningkatan pemahaman kalkulus mahasiswa yang mendapat pembelajaran berbantuan Maple. Selain itu juga menganalisis peningkatan pemahaman kalkulus pada kelompok mahasiswa level tinggi, level sedang dan level rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman kalkulus mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan Maple dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran  tanpa bantuan Maple, dimana peningkatan pemahaman kalkulus mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berbantuan Maple, lebih baik daripada peningkatan pemahaman kalkulus mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa bantuan Maple. Hasil penelitian juga menunjukkan bahawa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman pada siswa level tinggi dan level sedang dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih baik dari peningkatan pemahaman pemahaman kelompok kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbantuan Maple menunjukkan peran yang berarti dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa untuk siswa level tinggi dan level sedang. Sedangkan pada level rendah tidak terdapat perbedaan peningkatan pemahaman yang signifikan. Kata kunci: Pemahaman, kalkulus, Maple
Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Aktifitas Belajar Dan Prestasi Belajar Dalam Mata Kuliah Isbd Di Stkip Garut Efi Sofiah
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 5, No 10 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.743 KB)

Abstract

Rendahnya aktivitas pada proses  pembelajaran  berpengaruh pada prestasi belajar  mahasiswa salah satu penyebabnya diantaranya, rendahnya wawasan ilmu pengetahuan, penyajian pembelajaran tidak menarik, kurang menantang, kurang tertanam kemandirian, serta tidak terpenuhinya kebutuhan belajar mahasiswa. Berkenaan dengan hal tersebut maka seorang pengajar  perlu menerapkan  inovasi baru dengan pemanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer (powerpoint,internet dan blog) agar tecapai pembelajaran yang komprehensif. Dengan menggunakan metode deskriptif, penulis menerapkan media pembelajaran berbasis komputer pada mata kuliah ISBD untuk meningkatkan aktivitas belajar sehingga  terjadi peningkatan prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)    Terjadi peningkatan aktivitas belajar pada proses pembelajaran, ketepatan dalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen serta suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan terjadi komunikasi interaktif (2) Terjadi peningkatan prestasi belajar dengan melihat hasil  nilai UTS sebaran  nilai 64 s.d. 85. data tersebut dapat disimpulkan  tergolong kategori baik atau tinggi mempunyai pengaruh cukup bai. (3) terdapat pengaruh yang positif antara aktifitas belajar  dengan prestasi belajar dengan memberikan kontribusi/pengaruh  sebesar r2 = 0,7592 = 57,61% termasuk katagori cukup baik.(4.) adanya keberhasilan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang  menyenangkan, menantang dan terjadi interaktif antara dosen dan mahasiswa serta mahasiswa dengan mahasiswa dengan adanya forum community ISBD (FaceBook)  semuanya dapat berinteraksi dan Blog sebagai sarana ajang kreatifitas mahasiswa sehingga dapat meningkatkan motivasi untuk menulis.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint berbasis Goggle Translate Terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Yanti Sofyanti
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 5, No 10 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.28 KB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint berbasis Goggle Translate Terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris. (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Amik Garut Tahun Ajaran 2011/2012)”. Tuntutan kurikulum Amik Garut untuk mata kuliah Bahasa Inggris  adalah pemahaman membaca teks bahasa Inggris yang bertemakan komputer. Tetapi terdapat kendala  kurangnya kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dengan data nilai UAS mahasiswa  yang  rata-rata dalam satu kelas 50 % nilai UAS mereka berada di bawah angka 70.  Tujuan penelitian ini adalah untuk  menghasilkan informasi tentang pengaruh media pembelajaran PowerPoint berbasis Google Translate terhadap peningkatan kemampuan pemahaman kosakata bahasa Inggris bagi mahasiswa Amik Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint berbasis Google Translate berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman kosakata bahasa Inggris. Hal ini ditandai dengan hasil analisis data pemahaman kosakata pada kelas kontrol sekitar 83%  berada pada interpretasi peningkatan pemahaman kosakata yang rendah dan  sekitar 17% berada pada interpretasi peningkatan pemahaman kosakata yang sedang. Sedangkan pada kelas eksperimen sekitar 89% berada pada interpretasi peningkatan pemahaman kosakata yang sedang dan sekitar 11% berada pada interpretasi peningkatan kosakata yang tinggi dan tidak ada siswa yang berada pada interpretasi peningkatan pemahaman kosakata yang rendah. Kata kunci: PowerPoint berbasis Google Translate, Pemahaman Kosakata
Model Pendokumentasian Kegiatan Belajar Di Sekolah Menengah Atas Berbasis Teknologi Komputer Tedi Budiman; Sony Firdaus
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 7, No 12 (2015): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.209 KB)

Abstract

Pendokumentasian seluruh proses kegiatan belajar mengajar di kelas yang berkenaan dengan aktivitas guru dan siswa di dalam kelas, mulai dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir pembelajaran tersebut dapat bermanfaat sebagai berikut : 1) Sebagai bahan evaluasi bagi guru untuk dapat menilai sendiri mengenai aktivitas mengajarnya, sehingga dapat memperbaiki hal-hal yang dianggap masih kurang; 2) Meningkatkan kemampuan profesionalisme guru, karena dapat melihat dan membandingkan antara kemampuan kompetensi guru yang satu dengan yang lainnya; 3) Sebagai kontrol dan bahan pembinaan bagi kepala sekolah yang harus diberikan kepada tiap guru disesuaikan dengan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing guru; 4) Bagi siswa, dapat dijadikan media pembelajaran diluar kelas, sehingga dapat diputar ulang atau dilihat kembali hasil perekaman atau dokumentasi proses belajar mengajar tersebut.Menganalisis bagaimana cara pendokumentasian proses belajar mengajar di sekolah menengah atas merupakan langkah awal yang harus dilakukan, sebelum membuat suatu model pendokumentasian berorientasi objek mengenai proses belajar mengajar menggunakan model UML (Unified Modeling Language) yang menggambarkan proses belajar mengajar di sekolah. Pendokumentasian belajar mengajar ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan pemahaman proses belajar mengajar karena proses pembelajaran yang sudah lewat dapat dilihat kembali karena sudah di dokumentasikan dalam bentuk audio visual menggunakan teknologi komputer.Keyword : model, dokumentasi, audio visual, komputer, kegiatan belajar mengajar
Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan Elektronik Berbasis Komputer Dede Kurniadi; Asri Mulyani
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 7, No 12 (2015): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.588 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesat menimbulkan terjadinya penemuan-penemuan baru dibidang teknologi. Komputer adalah salah satu alat yang dianggap sebagai barometer kemajuan teknologi, dengan inovasi-inovasinya yang canggih  membuat fungsi komputer menjadikan pekerjaan manusia lebih cepat dan mudah. Salah satu fungsi yang ada dikomputer adalah Komunikasi parallel port yang banyak digunakan dalam interface Personal Computer namun penggunaan umum Port adalah untuk berkomunikasi dengan printer, modem, keyboard dan display. Padahal fungsi komunikasi parallel port dapat digunakan untuk keperluan pengontrolan peralatan elektronik listrik rumah tangga seperti lampu, kipas angin, televisi, kulkas, radio, setrika dan lain-lain. Maka parallel port sangat berperan penting dalam hal komunikasi data digital, apalagi pada saat ini, parallel port bisa dikatakan menjadi tidak berguna karena fungsinya sudah sering digantikan oleh USB (Universal Serial Bus). Dalam paper penelitian ini akan dibuat Prototipe Perangkat Lunak Sistem Kendali Peralatan Elektronik Berbasis Komputer berikut rangkaian perangkat kerasnya berupa rangkaian relay menggunakan fungsi parallel port, aplikasi perangkat lunaknya  diberi nama Sistem kendali perangkat elektronik yang dapat digunakan dalam hal pengendalian peralatan elektronik listrik rumah atau gedung. Metode Pengembangan perangkat lunak menggunakan Rapid Application Development (RAD), Metode ini di dalam pengembangannya menggunakan semua sumber daya yang ada dengan tujuan pengembangan perangkat lunak yang sangat cepat dan singkat. Pengujian secara software dilakukan pada pengecekan kebenaran pengiriman data, sedangkan pengujian rangkaian perangkat keras dilakukan pada kebenaran pembangkitan arus listrik yang dialirkan ke perangkat elektronik dengan kendali perangkat lunak pada komputer. Kata Kunci : Prototipe, parallel port, Relay Listrik, Komputer, Pemrograman Interfacing.
Pengembangan Sistem Informasi Pengendalian Bahan Baku Pada Proses Produksi Diky Firdaus
Jurnal Wawasan Ilmiah Vol 6, No 11 (2014): Jurnal Wawasan Ilmiah
Publisher : AMIK Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.048 KB)

Abstract

Apabila merujuk pada teori Siklus Pengolahan Data Elektronik yang dikembangkan pada buku Pengenalan Komputer, Yugiyanto HM. sebelum proses data diinputkan perlu ada pengklasifikasian data agar mudah dan cepat mencari dan memasukan data.atau yang dikenal elmen Origination. Atas dasar hal tersebut maka akan mengganggu pada kegiatan khususnya proses produksi menjadi terhambat. permasalahan diatas memungkinkan perusahaan akan mengalami kerugian secara perlahan. Sehingga menurut hipotesa kami hal ini dapat diantisipasi dengan cara menggunakan suatu prosedur yang baik dalam kegiatan system informasi manajemen. Menurut pengkajian kami akan lebih baik bila antara pembuatan resep, bagian produksi dan bagian gudang terintegrasi pada pengolahan data sehingga akan lebih efektif dan efisien guna menghasilkan informasi yang diperlukan oleh setiap bagian. Kata Kunci : Produksi, perusahaan produksi