AbstrakLatar belakang penelitian ini adalah terdapat kegiatan pembelajaran musik instrumental/ musik alat menggunakan gelas berbahan kaca pada mahasiswa jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran musik menggunakan gelas berbahan kaca pada mahasiswa jurusan PAUD FIP UNY tahun angkatan 2016/2017. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah komponen pembelajaran dalam permainan musik gelas berbahan kaca. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tidak terstruktur. Analisis data menggunakan model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan/verifikasi. Uji kredibilitas menggunakan perpanjangan pengamatan.Hasil penelitian yaitu: 1). Pembelajaran diawali dengan pengenalan unsur irama menggunakan software Sibelius seri 6, metode Takadimi, jenis birama, pengulangan harafiah dari ilmu bentuk lagu; 2) materi dilanjutkan dengan unsur melodi; 3) materi dilanjutkan pembelajaran unsur harmoni/ trinada; 4) berikutnya adalah materi kaden; 5) berikutnya adalah materi bentuk lagu, yaitu lagu dua bagian; 6) dilanjutkan materi tentang progresi harmoni/ akor; 7) menggunakan tempo jenis sedang; 8) rekomendasi penggunaan Wine Glass, 9). Teknik memainkan gelas adalah dengan cara menyentuhkan jari-jari tangan terhadap bibir gelas/ teknik menyentuhkan satu sama lain. Dapat dilakukan pada salahsatu bidang bibir gelas dengan cara stacatto ataupun dengan menyentuhkan jari tangan memutar seiarah jarum jam pada bibir gelas, 10). Kondisi jari tangan haruslah terbebas dari segala macam bentuk minyak, termasuk sejenis pelembab tangan. Tangan hendaknya dicuci terlebih dahulu menggunakan cairan pencuci tangan, 11). Gelas ditata sejajar di meja kemudian direkatkan menggunakan sejenis lakban, 12). Perolehan nada dari total setengah lusin gelas adalah sejumlah 5 gelas dengan menghasilkan 5 nada berurutan; 13) jumlah air berpengaruh pada nada yang dihasilkan. Makin banyak jumlah air dalam gelas maka nada semakin rendah; 14) menggunakan alat pengukur tinggi rendah nada yaitu aplikasi sejenis tuner dan aplikasi piano. Keyword: musik; gelas kaca AbstractThe background of this research is that there are instructional activities of musical instrument using glass made glass at student of Early Childhood Education (PAUD) Faculty of Education (FIP) Yogyakarta State University (UNY) academic year 2016/2017. The purpose of this study is to describe the learning of music using glass made of glass in the students majoring in PAUD FIP UNY year force 2016/2017.The research method used descriptive type. The subject of the study is the learning component in the glass music game made from glass. Data collection techniques use unstructured observation. Data analysis using interactive model, that is data collection, data reduction, data display, conclusion / verification. The credibility test uses an extension of observation.The results of research are: 1). Learning begins with the introduction of rhythmic elements using software Sibelius series 6, Takadimi method, the type of bar, literal repetition of the science of song form; 2) the material is continued with the element of the melody; 3) material continued learning of harmony element / trinada; 4) the next is kaden material; 5) next is the song form material, which is a two part song; 6) continued material on the progression of harmony / chord; 7) using medium tempo; 8) recommendation of using Wine Glass, 9). The technique of playing glass is by touching the fingers of the lips of the glass / technique touching each other. Can be done on one area of glass lips by stacatto or by touching the fingers rotate clockwise on the glass lips, 10). The condition of the fingers must be free of all forms of oil, including a kind of hand moisturizer. Hand should be washed first using hand washing liquid, 11). The glasses are arranged parallel to the table and then glued together with a kind of duct tape, 12). Acquisition of tones from a total of half a dozen glasses is 5 cups by producing 5 consecutive tones; 13) the amount of water effect on the resulting tone. The more the amount of water in the glass the lower the tone; 14) using a low-tone gauge that is a similar application tuner and piano applications. Keyword: music; glass