cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak
ISSN : 23026804     EISSN : 25794531     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak" : 10 Documents clear
PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA USIA DINI Bayu Nugraha
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12344

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan keseluruhan yang memberikan kontribusi pada pengembangan individu melalui media aktivitas fisik gerakan alami manusia. Pendidikan jasmani merupakan urutan yang direncanakan dan dirancang dari pengalaman belajar untuk memenuhi perkembangan dan pertumbuhan, dan kebutuhan perilaku masing-masing anak. Pendidikan fisik dimulai dari usia yang sangat dini, untuk merangsang pembentukan pertumbuhan organik, motorik, intelektual dan emosional. Pendidikan anak usia dini adalah usia penting untuk membekali anak-anak menghadapi perkembangan masa depan. Anak-anak membutuhkan stimulasi atau pembelajaran observasional serta pengetahuan tentang hal-hal yang akan diperlukan dalam hidupnya. Pada kenyataannya, banyak orang tua yang tidak mampu mengoptimalkan potensi anak-anak mereka, jadi hanya untuk dirawat secara fisik dan memberikan sejumlah asupan yang dibutuhkan oleh anak-anak, tetapi kurangnya dalam memberikan stimulasi dalam olah tubuh. Kata kunci: pendidikan jasmani, pendidikan anak usia dini.
PERANAN TERAPI MENGGAMBAR SEBAGAI KATARSIS EMOSI ANAK - Muthmainnah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12338

Abstract

Seiring dengan perkembangan dan pengalaman, anak memiliki masalah emosi yang berbeda-beda. Anak menyikapi permasalahan sesuai dengan karakteristik kepribadian masing-masing. Orang tua dan pendidik perlu membantu anakmelakukan katarsis emosi dengan menghindari perilaku destruktif, salah satunya dengan terapi menggambar. Menggambar dipilih sebagai salah satu bentuk terapi karena kegiatan ini disukai oleh anak-anak sekaligus dapat membantu anak mengekspresikan pikiran dan perasaan tanpa kata-kata, serta menyalurkan isi alam bawah sadar. Tema gambar yang dipilih dapat disesuaikan dengan hal yang ingin diungkap dari anak contohnya keluargaku, cita-citaku, sahabatku, orang kusayang, kegiatan yang kusukai dan sebagainya. Melalui gambar, diharapkan orang tua dan guru dapat lebih memahami pikiran dan perasaan anak, serta membantu anak mewujudkan harapan dan menyelesaikan masalah yang dialaminya. Kata kunci: terapi menggambar, katarsis emosi, anak
MEMBANGUN GENERASI MELALUI PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI MASA DEPAN Harun Rasyid
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12345

Abstract

Untuk melahirkan manusia Indonesia yang unggul itu, diperlukan suatu arah kebijakan pembangunan yang memprioritaskan pendidikan sebagai investasi masa depan. Sebagai investasi masa depan bangsa, maka pendidikan harus dimulai sejak anak usia dini sebagai program yang berkelanjutan dan sistemik yang dikemas dalam dalam berbagai program kebijakan, yang dimulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai dengan pendidikan tinggi. Untuk menyukseskan program tersebut dibutuhkan berbagai perbaikan dalam hal kebijakan pendidikan untuk semua anak bangsa, peningkatan kualitas pendidik dan  program pendidikan di Indonesia Kata Kunci: Pendidikan, Anak Usia Dini
KAJIAN LITERATUR PERKEMBANGAN PENGETAHUAN FONETIK PADA ANAK USIA DINI Martha Christianti
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12339

Abstract

Artikel ini merupakan kajian literatur perkembangan pengetahuan fonetik pada anak. Fonetik berkaitan dengan bunyi bahasa dan simbol. Perkembangan fonetik pada anak terjadi sangat alami pada kemampuan bahasa reseptif dan produksi bahasa. Tahap perkembangan pengetahuan fonetikpada anak terbagi dalam tahap bayi, batita, prasekolah dan taman kanak-kanak. Setiap tahap perkembangannya menunjukkan karakteristik yang khusus. Pengetahuan tentang perkembangan pengetahuan fonetik berguna bagi guru dalam menstimulasi fonetik anak dan bagi peneliti untuk melakukan penelitian terhadap fonetik anak dalam konteks budaya Indonesia. Kata kunci: perkembangan pengetahuan fonetik 
MEMBACA PERMULAAN MELALUI KEGIATAN MENEBALKAN HURUF Ramadani, Risky
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12346

Abstract

Artikel ini mengenai membaca permulaan melalui kegiatan menebalkan huruf pada anak kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 10 Terangun.Membaca permulaan pada anak – anak belum berkembang optimal.Anak – anak tidak bisa membedakan lambang huruf kemudian menuliskannya. Guru membutuhkan kegiatan yang menarik untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa tersebut, yaitu kemampuan membaca permulaan. Kemampuan membaca permulaan melalui kegiatan menablkan huruf dipilih dan cenderung menarik, karena anak – anak bisa menuliskan ulang baik itu di buku tulis masing – masing maupun di papan tulis.Menebalkan huruf menggunakan warna – warna yang menarik menambah keinginan anak untuk belajar. Melalui menebalkan huruf, kemampuan membaca permulaan pada anak dapat berkembang secara optimal.Dari sepuluh siswa di kelas I, Sembilan diantaranya sudah dapat mengenal dan membedakan lambang huruf.Kata kunci : membaca permulaan, menebalkan huruf, siswa kelas I SD N 10 Terangun
KEGIATAN LATIHAN GERAK DAN LAGU (JERUK BALI) UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI Paspiani, Ni Kadek Nelly
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12340

Abstract

Perkembangan motorik kasar anak usia dini sama pentingnya dengan aspek perkembangan yang lain. Apabila anak tidak mampu melakukan gerakan fisik dengan baik akan menumbuhkan rasa tidak percaya diri dan konsep diri negatif dalam melakukan gerakan fisik serta akan mengalami keterbatasan dalam hal melakukan aktivitas sehari-hari. Perkembangan motorik kasar anak akan berkembang dengan baik apabila diberikan stimulus yang mampu mendorong anak untuk bergerak, salah satu cara untuk mengembangkan motorik kasar adalah dengan kegiatan latihan gerak dan lagu. Kegiatan latihan gerak dan lagu dapat mempengaruhi semua bidang aspek perkembangan anak terutama perkembangan motorik kasar anak. Kegiatan latihan gerak dan lagu (jeruk bali) dilakukan untuk mengembangkan motorik kasar  pada anak TK Negeri Pembina Kotabaru. Sehingga nantinya mampu membantu perkembangan motorik kasar anak agar tidak kaku, lincah dan anak lebih luwes dalam melakukan kegiatan yang nantinya akan berguna untuk kegiatan sehari-hari. Kata kunci: Perkembangan, motorik kasar, anak usia dini
Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Abc-Abc Melalui Media Gelang Warna Di Kelompok A PAUD Gemsana, Otvai, Alor Masyithoh, Syari’ati
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12347

Abstract

AbstrakPermasalahan yang muncul pada kelompok A di PAUD Gemsana Otvai, Alor, NTT ialah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal pola yang ditandai dengan ketidakmampuan anak dalam memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat pola yang berurutan. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang variatif salah satunya ialah dengan media gelang warna. Kegiatan dilakukan secara individual. Observasi dilakukan pada anak kelompok A1 sebanyak 20 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Objek dalam observasi ini adalah kemampuan kognitif. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa kemampuan mengenal pola ABC-ABC dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media gelang warna di kelompok A PAUD Gemsana Otvai, Alor, NTT. Kata kunci: kemampuan mengenal pola ABC-ABC, media gelang warna, kelompok A.
KEMAMPUAN MENULIS AWAL MELALUI PERMAINAN KREATIVITAS Nur Halimah
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12342

Abstract

Perkembangan menulis awal anak tidak akan berkembang begitu saja seiring dengan kematangan usia, tetapi adanya dorongan dari luar maka perkembangan tersebut dapat terjadi. Kegiatan bermain yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan menulis permulaan pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain kreatif pada anak SD tingkat rendah di SD Negeri 1 Pining, Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues. Kemampuan menulis awalpada kelas rendah masih sangat kurang itu disebabkan keterbatasan guru dalam memberikan kegiatan yang kurang menarik bagi anak. Permainan kreatif sebagai salah satu alternatif yang bisa dilakukan guru agar dapat mengembangkan menulis awal dengan kegiatan yang menimbulkan rasa senang. Kata Kunci : perkembangan menulis awal, bermain kreatif. 
ESTETIKA KOREOGRAFI SEBAGAI PENUNJANG KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI Joko Pamungkas
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12348

Abstract

Estetika koreografi merupakan sarana untuk berekspresi estetis secara kreatif pada anak  dimanfaatkan untuk membina dan mengembangkan kreativitas anak pada usia dini. Estetika koreografi sebagai konsep pendidikan seni yang sesuai  pada anak usia dini tidak mengajarkan bagaimana untuk  untuk menari semata  tetapi juga harus mengarah kepada pembinaan dan pengembangan kreativitas untuk mengangkat bakat dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Dalam pendidikan seni, anak dibebaskan untuk mengekspresikan apa yang ada dalam jiwanya baik itu melalui gerakan-gerakan tari. Yang  bebas berekspresi membuat anak dapat menumbuhkan  kreativitas anak untuk menciptakan sesuatu  semakin berkembang. Kata kunci: Estetik,koreografi AUD
PELATIHAN PENGELOLAAN PAUD DI PADUKUHAN SEKITAR UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Hayati, Nur; Pamungkas, Joko; Syamsudin, Amir
Jurnal Pendidikan Anak Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Anak
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpa.v4i1.12343

Abstract

Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini yang sesuai dengan kurikulum dan prinsip pembelajaran bagi anak usia dini diupayakan dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Pelaksanaan pendidikan tidak serta merta dijalankan tanpa menganut pandangan tertentu atau hanya mengandalkan kemauan dan semangat mengembangkan PAUD saja. Pendidikan akan memiliki arah, tujuan dan pelaksanaan yang baik jika dari awal telah direncanakan secara matang. Filosofi merupakan salah satu hal yang harus dijadikan pijakan ketika akan menyelenggarakan pendidikan agar arah pelaksanaannya sistematis dan sesuai dengan tuntutan lingkungan. Pelatihan pengelolaan PAUD yang dilaksanakan di padukuhan sekitar UNY dihadiri sekitar 37 peserta kader PAUD. Metode kegiatandilaksanakan dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek pengemasan pembelajaran. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu hari pertama pada tanggal 8 Juni 2013 dan hari kedua pada tanggal 22 Juni 2013.Kegiatan pelatihan ini terbagi ke dalam 3 (tiga) sesi. Kata Kunci: Pelatihan, Pengelolaan PAUD, Filosofi PAUD

Page 1 of 1 | Total Record : 10