cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 2442–5028     EISSN : 2460–4291     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
JPEB is a periodical publication (two times a year, in March and September) with the primary objective to disseminate scientific articles in the fields of management, economics, accounting, and islamic economics. JPEB is accept your manuscript both written in Indonesian or English.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis" : 7 Documents clear
PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI DAN NON AKUNTANSI TERHADAP UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING DI BURSA EFEK INDONESIA Saifudin Saifudin; Dia Rahmawati
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/jpeb.v1i1.1478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh informasi akuntansi yang terdiri dari ROE, DER, ukuran perusahaan (size), dan EPS dan non akuntansi yaitu reputasi underwriter, reputasi auditor, umur perusahaan, dan inflasi terhadap underpricing. Sampel dalam penelitian ini adalah semua perusahaan go public yang melakukan Initial Public Offering yang terdaftar di Bursa efek Indonesia (BEI) pada 2009-2013. Data yang dikumpulkan dengan metode purposive sampling.Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan Debt Equity Ratio (DER), reputasi underwriter, reputasi auditor, umur perusahaan dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Sedangkan Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS),Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan (Size) dan Inflasi tidak berpengaruh pada underpricing. Kata Kunci: IPO; Underpricing; Informasi Akuntansi; Informasi Non Akuntansi  
ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) JAGUNG DI KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN Eka Widayat Julianto; Darwanto Darwanto
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/jpeb.v1i1.1473

Abstract

Pertanian menjadi salah satu sektor penyumbang terbesar untuk PDB. Salah satu subsektor yang menjadi unggulan adalah tanaman pangan. Jagung menjadi salah satu tanaman pangan yang menyumbang cukup besar, salah satu daerah yang menjadi penghasil jagung terbesar di Jawa Tengah adalah Kabupaten Grobogan sehingga jagung menjadi ikon daerah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai nilai jagung di Kabupaten Grobogan, serta merumuskan strategi untuk mengembangkan jagung. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Penelitian ini digunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsi profil responden di daerah penelitian, dan menggunakan metode Analisis Rantai Nilai (Value Chain), serta dalam strategi mengatasi masalah rantai nilai jagung menggunakan metode wawancara mendalam (in – depth interview) dengan key-person A-B-G-C yang berkompeten terhadap pengembangan usahatani jagung dengan penentuan key – person menggunakan metode purposive sampling. Kata Kunci: Tanaman Pangan; Jagung; Analisis Rantai Nilai (VCA)
PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY (ISST) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS : DENGAN MEDIASI RELATIONAL BENEFITS Yohan Wismantoro
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/jpeb.v1i1.1479

Abstract

Penerapan layanan mandiri berbasis teknologi dalam penyampaian layanan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, namun pemahaman tentang mempertahankan konsumen dan kepuasan pelanggan dalam konteks seperti itu terbatas. Makalah ini mengusulkan kerangka konseptual yang memanfaatkan konstruksi manfaat relasional untuk menjelaskan hubungan antara atribut teknologi self-service berbasis internet, loyalitas pelanggan dan kepuasan. Hasil studi empiris yang menggunakan dua konteks dan mendukung model dimediasi. Artinya, manfaat kepercayaan memediasi dampak pengendalian dan kinerja yang dirasakan pada loyalitas dan kepuasan pelanggan, sedangkan manfaat perlakuan khusus memediasi hubungan efisiensi dan kenyamanan dengan loyalitas pelanggan dan kepuasan. Kata Kunci: Retensi Pelanggan; Kesetiaan Pelanggan; Manfaat Relasional; Berbasis Teknologi Swalayan
KOMPENSASI SEBAGAI PENENTU KEPUASAN KERJA Ayuwardani Mellasanti; Kusni Ingsih
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/jpeb.v1i1.1474

Abstract

Meskipun keadaan ekonomi di Indonesia melambat di tahun 2015, industri ritel masih diprediksi akan terus berkembang hingga tahun 2017. PT Matahari Department Store Tbk (Matahari atau Perseroan) adalah salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia. Setiap eksekutif sadar betul akan pentingnya kepuasan pelanggan setia. Namun, tidak semua eksekutif memahami pentingnya menciptakan kepuasan dan loyalitas di tingkat karyawan. Kepuasan kerja juga memiliki kaitan dengan kinerja organisasi. Kasus yang terutama terjadi di industri jasa, di mana para pekerja yang tidak puas kerap memicu ketidakpuasan banyak pelanggan. Para manajer dapat secara potensial meningkatkan motivasi para karyawan melalui berbagai usaha untuk meningkatkan kepuasan kerja.. Metode analisis yang digunakan adalah metode explanatory research. Pemilihan sampel menggunakan puposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 86 orang karyawan Matahari Departement Store cabang Paragon kota Semarang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Studi menunjukkan bahwa ada tiga cara untuk meningkatkan kepuasan kerja para karyawan: pertama, bahwa kompensasi merupakan faktor terkuat yang secara langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja mereka, kedua, faktor lingkungan kerja yang baik akan mampu menciptakan motivasi mereka yang akan berdampak pada kepuasan kerjanya, dan ketiga, faktor yang dapat meningkatkan kepuasan kerja adalah desain kerja yang jelas akan mampu menciptakan motivasi kerja mereka, yang pada akhirnya akan berdampak pada kepuasan kerja mereka. Kata Kunci:          Kompensasi; Desain Kerja; Lingkungan Kerja; Motivasi Kerja; Kepuasan Kerja
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN BERBELANJA DI MINIMARKET (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang) Guruh Taufan Hariyadi
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/jpeb.v1i1.1475

Abstract

Pertumbuhan industri ritel nasional mendorong peritel lokal untuk mengembangkan industri ritel di daerah mereka. Minimarket Berpartisipasi meramaikan industri ritel di Indonesia. Saat ini, industri ritel untuk membangun sebuah pusat perbelanjaan di dekat perumahan. Bagi masyarakat Indonesia, hal ini menjadi fenomena. Seringkali masyarakat melihat pemandangan di mana jika setiap outlet Indomaret maka tidak jauh dari itu ada outlet Alfamart. Jika di suatu tempat telah Berdiri minimarket, kemudian menggoda memiliki potensi untuk tumbuh ke bisnis lain. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang Mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di minimart. Para peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, MO, dan MSA sebagai metode analisis. Responden adalah konsumen yang membeli di pasar ini. Selain itu, peneliti menggunakan accidental sampling sebagai sampling. Hasil penelitian ini adalah 15 faktor yang Mempengaruhi keputusan konsumen dapat dikurangi dengan faktor 5 item item, yaitu: layanan cepat, barang bervariasi, lokasi perumahan terdekat, pengaruh keluarga, dan harganya lebih murah dibandingkan pesaingnya . Kata kunci : Inudstri Ritel; Minimarket; Analisis Faktor; Keputusan Pembelian Konsumen
ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI PSIKOLOGI KEUANGAN ANTARA PRIA DAN WANITA DI KOTA BATAM Novendy Arifin; Robin Robin
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/jpeb.v1i1.1477

Abstract

Dalam melakukan aktifitas keseharian tidak pernah lepas dari penggunaan uang. Ada hal yang cukup unik dalam menggunakan uang (financial behavior) jika melihat dari dua gender, pria dan wanita. Hal unik ini didapatkan dari sifat psikologi yang ada di internal individu yang menyebabkan cara penggunakan antar individu ini berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan antar gender di Kota Batam dalam melihat psikologi keuangan. Sebanyak 500 set kuesioner yang disebarkan dengan tingkat pengembalian 471 kuesioner dengan objek penelitian masyarakat Kota Batam yang sedang atau pernah bekerja. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian yang didapatkan adalah wanita lebih merasa khawatir saat ditanya mengenai keuangan yang dimiliki dan cenderung lebih sulit untuk mengambil keputusan untuk menggunakan uang atau sebaliknya karena perasaan akan takut ketika mengeluarkan uang sementara pria dalam melihat keuangan cenderung mengedepankan uang dalam hidup, kekuatan hidup, simbol kesuksesan, alat standar perbandingan, dan cenderung menimbun kekayaan. Kata Kunci: Jenis Kelamin; Perilaku Menggunakan Uang; Psikologi Keuangan
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Volume 1 number 1 admin JPEB
Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33633/jpeb.v1i1.2351

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7