cover
Contact Name
Erwin Hafid
Contact Email
jurnal.inspiratifpendidikan@uin-alauddin.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.inspiratifpendidikan@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Inspiratif Pendidikan
ISSN : 23376767     EISSN : 26554445     DOI : 10.24252
Inspiratif Pendidikan is a scholarly journal published by Department of Islamic Religion Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal only accepts research findings, thoughts that related to education and teaching development in general, and more specifically in Islamic point of view.
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN" : 25 Documents clear
PENGEMBANGAN MATERI PAI DENGAN ILMU KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN Nenden Darussaniah
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.17451

Abstract

Pendidikan agama Islam secara umum bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang agam Islam, sehingga menjadi menjadi manusia muslim yamng beriman dan bertakwa kepada Allah serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan diantara salah satu cara kita beribadah kepada Allah yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik dan Halal. Di dalam Islam Allah SWT sangat menganjurkan sekali agar kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal agar ibadah yang dilakukan ini dapat diterima oleh Allah dan tentu dapat membantu dalam proses pendidikan. Untuk itu setiap orang yang sedang dalam pembelajaran harus memperhatikan bagaimana kesehatannya. Salah satunya dengan memberikan pemahaman, bagaimana cara mendapatkan, dan mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Materi Pai Dengan Ilmu Kesehatan Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif jenis library research atau studi pustaka yakni dengan mencari referensi teori yang relevan dengan permasalahan yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini adalah kita dapat memperhatikan gizi yang terdapat pada makanan dan minuman maka kita pun akan peduli terhadap lingkungan. Salah satu kunci kesehatan itu juga adalah kita mampu menjaga lingkungan yang sehat serta bersih. Karena lingkungan ini juga merupakan faktor yang tak kalah pentingnya dalam menjaga stabilitas kesehatan tubuh kita. Dan apabila lingkungan tempat kita tinggal tidak sehat maka akan sangat sulit untuk dapat hidup sehat sekeras apapun kita berusaha untuk hidu sehat jika lingkungannya tidak mendukung.Kata Kunci: Pengembangan materi PAI, Makanan dan minuman halal serta bergizi.
PENGARUH KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTSN 1 KOTA BOGOR Nurasiah Anhar; Hidayah Baisa
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.16641

Abstract

Dunia pendidikan Islam mempunyai banyak tujuan yang hendak dicapai, termasuk Dalam membentuk karakter religius peserta didik, dengan kedisiplinan shalat berjamaah untuk meningkatkan karakter religius siswa.  Nurasiah Anhar NPM 161104090164 “ Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamah Terhadap Penigkatan Karakter Religius Siswa” Fakultas Agama Islam UIKA Bogor, 2020, skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa Di MTsN 1 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif. Penelitian ini mengambil sampel kelas IX sebanyak 15 % sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa dari jumlah 320 populasi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner (angket). Hasil penelitian ini adalah dengan df sebesar 46 dengan nilai r tabel pada tabel pada taraf signifikan 5%, maka diketahui bahwa r tabel 5 % = 0,284. Dengan demikian Hipotesa penelitian dinyatakan bahwa Person Corelation ( 0,635 ) >  r tabel ( 0, 284). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan menyatakan adanya pengaruh yang positif antara kedisiplinan Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa yaitu sebesar  40,3 %. The world of Islamic education has many goals to be achieved, including in shaping the religious character of students, with the discipline of praying in congregation to improve the religious character of students. Nurasiah Anhar NPM 161104090164 "The Influence of Discipline of Greeting Prayers on Improving the Religious Character of Students" Faculty of Islamic Studies UIKA Bogor, 2020, thesis. This study aims to determine the effect of the discipline of praying in congregation on the improvement of the religious character of students at MTsN 1 Bogor City. This research uses a quantitative approach. This study took a sample of 15% class IX so that the sample in this study were 48 students from a total of 320 populations. This data collection technique uses a questionnaire (questionnaire).The results of this study are with a df of 46 with a value of r table in the table at a significant level of 5%, it is known that r table 5% = 0.284. Thus the research hypothesis states that Person Correlation (0.635)> r table (0, 284). So that Ho is rejected and Ha is accepted by stating that there is a positive influence between the discipline of praying in congregation on the increase in student religious character, which is 40.3%.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT HIASAN DINDING (QUILLING) MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS VIII DI SLBN 1 LIMA KAUM KAB. TANAH DATAR Erni Novianti; Damri Damri
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.16640

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana meningkatkan keterampilan hiasan dinding (quilling) melalui metode pembelajaran tutorial bagi anak kelas VIII tuanrungu. Jenis dari penelitian in ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksankan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus ini terdiri dari empat pertemuan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode tutorial ini dapat meningkatkan keterampilan hiasan dinding quilling bagi anak tunarungu. Adanya peningkatan kemampuan tersebut dibuktikan pada siklus I nilai siswa 33,3 %, 41,6%, 55%, 66% meningkat pada siklus II menjadi 70%, 71%, 83,3%, dan 88%. Temuan pada menelitian ini menunjukan bahwa siswa tunarungu sudah adanya perkembangan dan peningkatan dalam keterampilan hiasan dinding quilling. Sehingga diartikan bahwa meningkatnya kemampuan siswa dalam membuat hiasan dinding (quilling) dengan menggunakan metode pembelajaran tutorial.
EFEKTIVITAS VIDEO TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT JILBAB BOUQUET PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN (QUASI EXPERIMENT KELAS X DI SLB AL-AZHAR BUKITTINGGI) Venny Santika Oktafia
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.17250

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kemampuan membuat jilbab bouquet pada anak tunagrahita ringan. Tujuannya untuk membuktikkan video tutorial efektif digunakan dalam membuat jilbab bouquet. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang berbentuk quasi eksperiment dengan jenis one grup pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 5 orang anak tunagrahita ringan kelas  X di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan pretest untuk mengetahui kondisi awal anak membuat jilbab bouquet selanjutnya treatment dengan menggunakan video tutorial dan dilanjutkan dengan memberikan posttest diolah dan dibandingkan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada saat pretest yaitu 43,00 sedangkan pada nilai posttest didapatkan hasil yaitu 89,80. Data diolah menggunakan uji willcoxon hasilnya diperoleh nilai rank tast antara pretest dan posttest  2,032 dengan probabilitas atau Asymp Sig (2-tailed) 0,042. Nilai probabilitas yang ditetapkan yaitu α=0,05 sehingga probabilitas kurang dari yang ditetapkan. Jadi terbukti bahwa video tutorial efektif digunakan dalam keterampilan vokasional membuat jilbab bouquet. Disarankan bagi para pendidik memberikan pelayanan kepada anak tunagrhita ringan untuk menggunakan media video tutorial dalam mengajar keterampilan agar bertujuan untuk pembelajaran ini dapat tercapai serta berguna kelak bagi anak tunagrahita ringan.Kata Kunci : Video Tutorial, Keterampilan Vokasional Membuat Jilbab Buket, Anak Tunagrahita Ringan
CARA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUTIR TES PILIHAN GANDA SEBAGAI INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR Gustina Efrina; Ayu Rahma Nengsi; Yona Syaida Oktira
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.17095

Abstract

The low quality of teacher-made tests makes the information provided by the measurement results of these tests doubtful as a basis for educational decision making. In order to clearly identify the cause of the low quality of the test, it is important to conduct research that aims to look deeper into the methods that teachers take in the process of developing tests in the field. The sample was taken purposively, limited to 4 teachers at six grade, who were involved in the UTS and UAS question preparation team in Lubuk Alung District. The triangulation technique was chosen for data collection, the four samples were observed several times until the question writing process was completed. Interviews were conducted on matters that were not clear to the researcher during the process. Photos, videos and the form of test instruments made required was collected as documentations. The research findings show that basically the teacher has followed a part of the flow, although not all of the steps were followed correctly during the test item writing process. The findings of the study indicate the process of writing the items by the teacher, namely 1) the design of the lattice table, 2) the writing of the items was found: a) the choice of the operational words only measured aspects of knowledge and understanding, b) there were many negative types of questions such as the use of the word 'except' , c) the distractor is made very predictable, d) there is an ambiguous question language 3) the test review is carried out by a special team who edits all tests before they are printed and distributed, 4) testing and analysis of grain quality is not carried out at all, due to limitations funds, time and effort.
PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Riska Darwis; Muhammad Amri; Risna Moshiba; Baharuddin .
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.20459

Abstract

Student perspectives on morality learning strategies in the Islamic Education Department at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty are good and student perspectives on moral learning media in the Islamic Religious Education Department at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty are also good, where this media is an intermediary, information channel or conveyor. the message to smooth the learning process while the student's perspective on the akidah akhlak learning model in the Islamic Religious Education Department at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty is already good. Basically, it is a form of learning that is illustrated from beginning to end which is specially presented by educators. One of the models applied by the lecturer is Contextual Teacing and Learning (CTL), the PAIKEM model (Parsipative, Active, Innovative, Creative, Effective and Fun) and a cooperative model that can help students to facilitate the teaching and learning process in the Islamic Education Department of the Tarbiyah Faculty and Teachers of UIN Alauddin Makassar
PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP KARAKTER SISWA-SISWI MAN 1 KABUPATEN BOGOR Citra Nurul Amalia
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.21623

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembiasaan shalat dhuha berpengaruh terhadap karakter siswa-siswi di MAN 1 Kabupaten Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru siswa-siswi di MAN 1 Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini siswa kelas XII Agama 1 dengan sampel 15 dan Siswa kelas XII IPS dengan sampel 15 dengan jumlah keseluruhan  30 sampel. Dalam penelitian ini instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan spss 23, Setelah menghitung dengan correlation pearson didapat perolehan rxy 0,509. Pada indeks 0,40-0,70 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel X dan variabel Y. Ternyata rx1x2y ≥ rtabel sebesar 0,361 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti ada korelasi yang cukup atau sedang yang signifikan antara pembiasaan shalat dhuha (Variabel X) dengan karakter siswa-siswi (Variabel Y) di MAN  1 Kabupaten Bogor.
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT POMADE BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 2 PADANG Muhammad Iqbal; Damri Damri
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.16607

Abstract

Penelitian ini diawali oleh proses pembelajaran keterampilan vokasional yang kurang menarik, seperti keterampilan tata boga, tata busana, perbengkelan, dan griya kayu yang diterapkan disekolah yang diajarkan dengan metode demonstrasi, sehingga siswa tunarungu bosan dalam belajar. Dalam posisi ini Peneliti memberikan alternatif dengan menggunakan inovasi baru berupa pendekatan Project Based Learning untuk menunjang proses pembelajaran keterampilan vokasional siswa dengan pembuatan pomade. Peneliti menggunakan metode eksperimen yang berbentuk pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design dengan sampel lima orang siswa tunarungu. Kemampuan yang dinilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa tunarungu dalam membuat pomade setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest dan posttest. Data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit= 2,5 dan Utab= 2 dengan n =5 pada taraf signifikan 95% dan a=0,5. Hipotesis alternatif diterima karena Uhit>Utab. Jadi terbukti bahwa pendekatan project based learning efektif dalam meningkatkan keterampialn membuat pomade bagi siswa tunarungu pada kelas VIII di SLBN 2 Padang. Saran dalam penelitian ini agar guru dan siswa tunarungu di SLBN 2 Padang dapat menggunakan project based learning dalam meningkatkan kemampuan membuat pomade bagi siswa lainnya.
PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS Anis Fitriyah; Shefa Dwijayanti Ramadani
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.17642

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 telah menggeser tuntutan sumber daya manusia dengan kualifikasi yang lebih tinggi, yakni mereka yang memiliki keterampilan abad ke-21. Sayangnya, keterampilan berpikir kreatif maupun berpikir kritis yang merupakan bagian dari keterampilan abad-21 masih belum diberdayakan dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedua macam keterampilan tersebut yaitu melalui pembelajaran STEAM berbasis PjBL (project-based learning). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji adanya pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan Tahun Pelajaran 2020/2021; sementara sampel yang digunakan meliputi satu kelas X IPA B untuk kelas eksperimen dan satu kelas X IPS I digunakan sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji anakova. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran STEAM berbasis PjBL berpengaruh secara signifikan  terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa  (P 0,000 < 0,005; Fhitung = 35,551). 2) Pembelajaran STEAM berbasis PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (P 0,003 < 0,05, Fhitung = 9,401). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEAM berbasis PjBL dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21.
HUBUNGAN INTENSITAS TADARUS AL-QUR’AN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XI MAN 01 KOTA BOGOR Windi Setiawati
Inspiratif Pendidikan Vol 10 No 1 (2021): JURNAL INSPIRATIF PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ip.v10i1.21608

Abstract

This study aims to determine the relationship between the intensity of Al-Qur'an tadarus and spiritual intelligence of class XI students of MAN 01 Bogor City. The problem in this research is the low spiritual intelligence of students. The method used in this research is descriptive method with a quantitative approach. The sample of this research was 50 students. The instruments used in this study were interviews and questionnaires. The results of data analysis show that the intensity of tadarus Al-Qur'an reaches 72% in the medium category, 4% in the low category and 22% in the high category. So it can be concluded that the intensity of the Qur'anic tadarus is in the moderate category. Meanwhile, spiritual intelligence reaches 54% in the medium category, 6% in the low category and 40% in the high category. So it can be concluded that the spiritual intelligence of students is in the medium category. The results of the product moment correlation between the two variables obtained r_count = 0.366, then the value was compared with the r-table value. While r_ (table) with a significant level of 5% and N = 50 is 0.2306, so r_count (0.616) r_table> (0.2306). So it can be concluded that there is a significant relationship between the intensity of the Tadarus Al-Qur'an and the spiritual intelligence of students.

Page 1 of 3 | Total Record : 25