cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Intelektualita
ISSN : -     EISSN : 23545984     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini memfokuskan diri pada pengkajian ilmu bidang pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi Psikologi dan Konseling. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita" : 6 Documents clear
PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SMP PKPU NEUHEUN ACEH BESAR Dian Mahza Zulina; Mumtazul Fikri
Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pengelolaan program tahfidz, kepala sekolah sangat berperan penting dalam menjalankan program tahfidz, dan bisa mewujudkan karakter siswa yang islami. Sekolah SMP PKPU Neuheun Aceh Besar berbeda dengan sekolah lainnya di mana sekolah ini memiliki program unggulan yaitu program tahfidz, di mana setiap harinya mengadakan tahfidz Al-Qur‟an, semua siswa mampu menghafal sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah, dan karakter siswa setelah mengikuti program tahfidz sudah semakin membaik. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengelolaan program tahfidz, metode, faktor pendukung, dan penghambat program tahfidz dalam pembentukan karakter anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar. Bentuk penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, 2 orang guru bidang tahfidz, 2 orang siswa hafidz Qur‟an 12 juzdan 3 juz. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pengelolaan program tahfidz dalam pembentukan karakter anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, adapun pelaksanaannya meliputi (1) perencanaan; (2) pengorganisasian; (3) pengarahan; (4) pemantauan program tahfidz. kedua, metode menghafal Al-Qur‟an yang diterapkan yaitu (1) metode tahfidz; (2) metode takrir; (3) metode tartil. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat program tahfidz, faktor pendukung yaitu (1) faktor lingkungan sosial; (2) Al-Qur‟an yang di sediakan pihak sekolah untuk menghafal; (3) tersedianya kelas untuk kegiatan tahfidz; (4) adanya guru tahfidz. Faktor penghambat yaitu (1)sifat malas yang timbul dari siswa; (2) kurangnya kelas untuk kegiatan tahfidz; (3) kekurangan guru tahfidz.
SISTEM REKRUTMEN DOSEN FAKULTAS KEDOKTERAN DI UNIVERSITAS ABULYATAMA ACEH BESAR Erly Mauvizar
Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan institusi pendidikan dalam mengembangkan misinya sangat ditentukan oleh peningkatan kualitas mutu hasil kerja institusi pendidikan seperti tenaga pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: obsevasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berpedoman pada langkah – langkah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sistem rekrutmen yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran di Universitas Abulyatama dilaksanakan berdasarkan perencanaan kebutuhan dengan cara menganalisis kebutuhan, melakukan verifikasi berkas dan pemanggilan oleh Badan Administrasi Umum (BAU) dan kepegawaian, (2) kriteria rekrutmen dosen Fakultas Kedokteran di Unversitas Abulyatama memiliki ijazah S2 pendidikan kesehatan/spesialis dokter, telah lulus Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (bagi dokter), memiliki kemampuan berbahasa inggris, IPK 2.75, memiliki pengalaman mengajar di PT/sederajat, atau memiliki pengalaman sebagai praktisi sesuai bidang ilmunya minimal 2 tahun, dan usia maksimum 45 tahun, (3) proses penyeleksian dilakukan melalui kegiatan seleksi administrasi dan ujian tertulis, serta dilakukan tes khusus dalam bentuk wawancara, pengangkatan dosen dilaksanakan dalam dua kriteria yaitu dosen tetap dan dosen dengan masa kontrak, Dosen tetap dituntut untuk bekerja penuh waktu.
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 1 ACEH BESAR Nazarullah Nazarullah
Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 1 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolahdi MAN 1 Aceh Besar adalah pemimpin yang demokratis. Kepala sekolah juga memiliki sifat yang baik dan memiliki karisma (pengaruh) yang besar. Perannya sudah berjalan dengan baik yaitu sebagai: educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Adapun usaha kepala sekolah MAN 1 Aceh Besar dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan:1) Pembinaan disiplin, dengan cara memberi contoh yang baik seperti datang tepat waktu serta mentaati peraturan-peraturan sekolah; 2) Pemberian motivasi terhadap guru dengan cara memberi dukungan, pujian, mendorong guru untuk terus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan, ataupun berupa jabatan; 3) Pemberian penghargaan, dengan ucapan terimakasih, diterima ide-ide atau pendapatnya.
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKATER Murni Murni
Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter berkomitmen untuk menumbuh kembangkan peserta didik menjadi pribadi yang utuh untuk menginternalisasi nilai-nilai kebajikan dan terbiasa mewujudkan kebajikan itu dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Karakter merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada implementasi pengetahuan. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif. Dengan demikian, pendidikan karakter adalah segala upaya yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Tugas guru adalah membentuk karakter peserta didik yang mencakup keteladanan, perilaku guru, cara guru menyampaikan, dan bagaimana bertoleransi.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI BEURIWEUH PIDIE JAYA, ACEH Yusri M. Daud
Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini fokus pada strategi implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah seorang kepala sekolah dan delapan orang guru yang dilakukan secara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Sedangkan data dianalisis dengan cara induktif sehingga hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian yang ditemukan; (1) Strategi implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya dilakukan dengan menggunakan delapan strategi berikut; Integrasi dalam mata pelajaran, Pendekatan student centered dan metode, Model pembelajaran kooperatif, Metode diskusi, Metode ceramah, Integrasi dalam muatan lokal, Kegiatan pengembangan diri, dan Guru sebagai model karakter. (2) Implementasi pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya dilakukan melalui pengembangan budaya sekolah yang berkarakter, dan (3) penerapan pendidikan karakter pada pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Negeri Beuriweuh Meureudu Pidie Jaya masih terkendala; minim fasilitas, keterampilan guru dalam pemanfaatan media masih kurang, dan lingkungan masyarakat yang kurang mendukung.
PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI PESANTREN DARUL IHSAN SIEM ACEH BESAR Liza Zulaini; Lailatussaadah Lailatussaadah
Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penting dalam keseluruhan perangkat penggerak pendidikan. Pengelolaantenaga kependidikan bertujuan untuk mendayagunakan tenaga kependidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan tenaga kependidikan dan pengklasifikasian tugas tenaga kependidikan di Pesantren Darul Ihsan. Jenis pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian, orang kepala sekolah, 1 orang pegawai tata usaha, 1 orang guru. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik anaisis data ini dilakukan dengan cara tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job deskriptiondi Pesantren Darul Ihsan Siem Aceh Besar, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, adapun pelaksanaannya meliputi perencanaan, pembinaan dan pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan. (2) pengklasifikasian tugas tenaga kependidikan dilakukan dengan mengidentifikasi pekerjaan pegawai, pertangungjawaban hasil pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik dimana dalam perencanaan ini dilakukan dengan musyawarah dan melihat kemampuan pegawai dalam menyelesaikan tugas. Tenaga kependidikan diberikan pembinaan dan dikembangkan baik secara langsung maupun tidak langsung serta dilakukan penilaian yang diharapkan tenaga kependidikan berhasil dalam melaksanakan pekerjaan yang dibuat oleh pesantren. Pesantren merupakan lembaga keagamaan yang memberikan pendidikan dan pengajaran serta pengembangan terhadap tenaga kependidikan dimana diharapkan dapat diterapkan dipesantren lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6