cover
Contact Name
Dr. Saiful, M.Ag
Contact Email
saiful.saiful@ar-raniry.ac.id
Phone
085361728880
Journal Mail Official
jurnal.mudarrisuna@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
ISSN : 20895127     EISSN : 24600733     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal MUDARRISUNA (JM) publishes scholarly articles on education science and Islamic education in particular, based on researches and project reports, book reviews. Jurnal MUDARRISUNA (JM) accepts submission in the field of education science and Islamic education science in scope Aqeedah, Morals, Jurisprudence, Islamic Law, Qoran, Hadith, History and Islamic Civilization to help spread new insights and concept, as well as highlights best-practices by and for many Islamic educational practitioners, teachers, lectures, and various education policy makers in the field. Published by Center for Research and Publication Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh in cooperation with Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. This journal is published biannually in January-Juny and July-December. Registered with Print ISSN 2089-5127 and Online ISSN 2460-0733.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2014)" : 10 Documents clear
Gender, Kesehatan Reproduksi, dan Pemberantasan Napza Chairan M. Nur
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.278

Abstract

Ketika pemerintah Propinsi Aceh dipimpin oleh Irwandi Yusuf memberi dukungan kepada peningkatan perhatian terhadap kaum perempuan dengan membentuk sebuah lembaga pemerintah yang dikenal dengan Lembaga Pemberdayaan Perempuan diketuai oleh salah satu dosen UIN Ar-Raniry yaitu Dra. Raihan Putry, M.Pd (Sekitar 2006 s/d 2009). Akan tetapi masalah jender ini masih saja terdapat pro dan kontra dalam kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kesalahpahaman tentang konsep jender dan kaitannya dengan upaya pemberdayaan kaum perempuan. Bahkan masih banyak masyarakat yang curiga dan ketakutan. Hal ini lumrah mengingat dalam diri manusia secara naluriah terdapat potensi untuk takut terhadap hal-hal yang belum dikenal atau sesuatu yang asing pada dirinnya. Kata Kunci: Perempuan, Aceh, Kesehatan Reproduksi, Napza
Pendidikan Kematian: Memaknai Maut Menjadi Sebuah Kerinduan Mumtazul Fikri
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.283

Abstract

The death would not be able to be separated from human life, because everything that lives must feel death. In waiting for the death coming human always in the anxiety and the fear, except for them who worshipped Allah SWT. Actually, the death is not the end of journey; otherwise, it’s the beginning of human life in the eternal and immortal place at the longest. The death education is the awareness effort of people opinion about the true concept of death itself in order to achieve the highest destination of human life. The philosophy of death education have to be understood by entire Muslim in order the death would not be the anxiety and the fear; however, it will become a yearning. Kata Kunci: Pendidikan Kematian, Istisyhadiyah, Jihad
Kontribusi Dan Posisi Pendidikan Islam Di Indonesia Isna Wardatul Bararah
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.279

Abstract

Ruh pendidikan Islam tidak akan dapat dipahami tanpa pemahaman terhadap kedudukannya dalam keseluruhan bingkai konsep Islam itu sendiri. Pendidikan merupakan cara yang digunakan Islam untuk menata kehidupan, sekaligus sebagai sarana yang digunakan oleh Allah untuk memuliakan manusia. Adanya dikotomi antara pendidikan agama (Islam) dan pendidikan umum yang belum terjembatani sampai saat ini secara real mengantarkan posisi pendidikan agama selalu menjadi pelengkap mata kuliah/pelajaran lainnya di lembaga pendidikan umum. Upaya untuk menempatkannya ke dalam ranah analisis perlu segera diwujudkan mengingat hal itu jarang dilakukan sebelum-nya. Masuknya sistem metodologi ala Barat juga harus mendapat perhatian khusus agar tidak menghasilkan anak didik yang bersifat “sekuler” dan kehilangan nilai-nilai etika Islam. Kata Kunci: Pendidikan Islam, posisi dan konstribusi
Implementasi Manajemen Pengajaran PAI Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada SDN Ateuk Kabupaten Aceh Besar Nurlina Nurlina; Nasir Usman; Sakdiah Ibrahim
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.284

Abstract

Teacher’s skillmof organising teaching management is one of the success indicators in implementing Islamic Education at School since good teaching management will really influence students achievement. The object or this reaserch were to find out a program, planning, implementation, and evaluationof Islamic Education teaching result at Elementary School Ateuk Kuta Baro of Aceh Besar. This Reaserch used a descriptive method with a qualitative approach. Data collection technique was carried by an interview, observation, and documentation. The reaserch subject were: teacher of Islamic Education, a principal, vice principal, and students at Elementary School Ateuk of Kuta Baro Aceh Besar. The reaserch result showed that: (1) Teaching plan was designed based on the accepted guidance, (2) Teaching implementation began from an apperception and the continued by a material presentation, (3) Evaluation which was conducted by the teachers with a reference of the Minimum Criteria of Completion was relevant to indicator of graduate competence standars of Islamic Education subject. Evaluation of learning result still used writing ang written tests. Many teachers still had not did yet a learning analysis. Consequently, the quality used was still in doubt. The obstacles faced by Islamic Education teachers in doing an Evaluation of students learning result were: low ability by students and minimum of community’s support. Key words: Teaching Managemenet and Learning Achievment
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pembelajaran Guru Pada MTsN Sigli Kabupaten Pidie Juhor Juhor
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.280

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah identik dengan kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh kepala sekolah untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, meng-gerakkan, dan mengarahkan warga sekolah agar menerima pengaruhnya demi tercapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam merencanakan program, melaksanakan program, mengorganisasikan pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi untuk meningkatkan pembelajaran guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam merencanakan program pembelajaran guru menggunakan gaya kepemimpinan yang bervariasi sesuai dengan masalah yang dihadapi para guru. Secara dominan kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis sehingga guru-guru merasa sangat senang dalam melaksanakan tugasnya. 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan program pembelajaran guru pada MTsN Sigli adalah dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. 3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengorganisasikan pembelajaran guru dengan menerapkan gaya situasional. Upaya ini ditempuh kepala sekolah untuk meningkatkan komitmen guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran guru pada MTsN Sigli adalah dengan menerapkan gaya situasional. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan dan Pembelajaran
Kontribusi Minat Dalam Peningkatan Hasil Belajar Filsafat Pendidikan Ramli Abdullah
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.285

Abstract

Learning is change of somebody ability and defensible in certain range of time. Various growth that happened in learning that, like behaviour change after student somebody getting various experience at various situation learn the itself, so that from various that experience will cause the change process that happened in x'self of student somebody. Result learn is entire efficiency and its result is which reached for by student of through study process and specified with the number measured by pursuant to test of result of learning. That result learn which is reached for by student after experiencing of experience learn in eye of learning of Education Philosophy followed of. That study activity to eye of related/relevant kuliah Education Philosophy once with the enthusiasm problem, motivate and mount the dread, so that can succeed in learning eye of certain learning Education Philosophy, hence student somebody shall have the enthusiasm to eye of the learning Education Philosophy, because that enthusiasm will influence the somebody motivation to be diligent in learning. such hence student enthusiasm in learning in this article is student enthusiasm to eye of kuliah of Education Philosophy, because student interested to a eye of learning of Education Philosophy so that he will learn easily and please in activity of study of eye of learning of Education Philosophy which following. Kata Kunci: Minat, Belajar, Filsafat Pendidikan
Pembaharuan Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani Muhammad Khalis
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.281

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia masih menghadapi berbagai masalah dalam berbagai aspek. Upaya perbaikannya belum dilakukan secara mendasar, sehingga terkesan seadanya saja. Selama ini, upaya pembaharuan pendidikan Islam secara mendasar, selalu dihambat oleh berbagai masalah mulai dari persoalan dana sampai tenaga ahli. Padahal pendidikan Islam dewasa ini, dari segi apa saja terlihat goyah terutama karena orientasi yang semakin tidak jelas. Ada dua alasan pokok mengapa konsep pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia untuk menuju masyarakat madani sangat mendesak. Pertama, konsep dan praktek pendidikan Islam dirasakan terlalu sempit, artinya terlalu menekankan pada kepentingan akhirat, sedangkan ajaran Islam menekankan pada keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat. Maka perlu pemikiran kembali konsep pendidikan Islam yang betul-betul didasarkan pada asumsi dasar tentang manusia yang akan diproses menuju masyarakat madani. Kedua, lembaga-lembaga pendidikan Islam yang dimiliki sekarang ini, belum atau kurang mampu memenuhi kebutuhan umat Islam dalam menghadapi tantangan dunia modern dan tantangan masyarakat dan bangsa Indonesia di segala bidang. Maka, untuk menghadapi dan menuju masyarakat madani diperlukan konsep pendidikan Islam serta peran sertanya secara mendasar dalam memberdayakan umat Islam. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Masyarakat madany
Manajemen Pembelajaran Tematik Pada MIN Kota Sigli Kabupaten Pidie Tadriana Tadriana
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.286

Abstract

Pembelajaran tematik pada hakikatnya merupakan model pembelajaran terpadu, yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru pada MIN Kota Sigli Kabupaten Pidie. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan telaah dokumensi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan guru kelas awal MIN Kota Sigli. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran tematik yang dibuat oleh guru pada MIN Kota Sigli belum direncanakan dengan baik, masih ada guru yang belum mampu menyusun pemetaaan dengan baik, penyusunan jaringan tema, dan penyusunan silabus sebagai perangkat yang harus dipersiapkan sebelujm menyusun RPP. 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru pada MIN Kota Sigli berpedoman pada Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP). Proses pelaksanaan pembelajaran tematik yang diterapkan belum optimal, karena masih kurangnya pengetahuan guru tentang tata cata penerapan pembelajaran tersebut secara efektif. 3) Evaluasi pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh guru pada MIN Kota Sigli berpedoman pada RPP yang disusun. Tahap Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran. Bentuk evaluasi dilakukan baik secara lisan maupun tulisan. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Tematik
Komitmen Guru Profesional Dalam Pembelajaran Bachtiar Ismail
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.277

Abstract

Bahwa profesi akan hidup dan berkembang jika profesi itu dihargai masyarakat, dan penghargaan dari masyarakat ter-hadap sebuah profesi ditunjukkan olehnya untuk memilih profesi sebagai suatu pilihan terbaik. Pilihan masyarakat terhadap profesi tersebut disebabkan profesi itu dianggap sulit untuk dimasuki oleh seseorang dan sesuai dengan hukum pasar, sehingga peng-hargaan terhadap profesi itu sesuai dengan kesulitan bagi memasukinya. Kemampuan seseorang guru selalu kaitan dengan tanggung jawab yang harus dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran di sekolah, termasuk seluruh bi-dang studi yang diajarkan. Bahwa tanggungjawab itu punya aspek individual, sosial, etis dan religius. Maka dengan demikian ke-beradaan seorang guru sebagai pemelajar punya tanggung jawab secara intelektual, dan bahkan guru se¬cara nalar mampu mengembang-kan berbagai berpikir, problematis dan sistematis.
Qirâ`At Al-Qur`an dan Pengaruhnya Terhadap Istimbath Hukum Misnawati Misnawati
Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 4, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jm.v4i1.282

Abstract

Qirâ`at al-Qur`an adalah suatu aliran yang dianut oleh salah satu imam mazhab dari beberapa imam mazhab tentang pengucapan lafazh al-Qur'an. Perbedaan antara satu qira`at dengan qira`at yang lain bisa saja terjadi pada perbedaan huruf, bentuk kata, susunan kalimat, i’rab, penambahan, dan pengurangan kata. Perbedaan qira`at al-Qur`an yang berkaitan dengan subtansi lafadh atau kalimat, adakalanya mempengaruhi makna dari lafadh tersebut dan adakalanya tidak. Perbedaan-perbedaan ini sedikit banyak-nya tentu membawa kepada perbedaan makna yang selanjutnya berpengaruh terhadap hukum yang diistimbathkan darinya. Kata Kunci: Ilmu Qira'at, Hukum Islam, Al-Qur'an

Page 1 of 1 | Total Record : 10