cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
SMARTek
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2009)" : 7 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN UDARA PEMBAKARAN UNTUK MEMBAKAR BERBAGAI JEN IS BATU BARA Patabang, Daud
SMARTek Vol 7, No 4 (2009)
Publisher : SMARTek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.413 KB)

Abstract

Kajian ilmiah ini ditujukan untuk mengetahui kebutuhan udara pembakaran untuk berbagai jenisbatubara yaitu batubara antracite, batubara bituminous, batubara subbituminous, danbatubara lignite, serta hubungan antara kandungan unsur kimia di dalam batubara dengankebutuhan udara pembakaran.Hasil dari analisis ini adalah kebutuhan udara pembakaran untuk masing-masing batubara yaitu:batubara antracite 10,4233 lb udara/lb batubara , batubara bituminous 12,819 lb udara/lbbatubara , batubara subbituminous 9,0977 lb udara/lb batubara dan 6,423 lb udara/lb batubara, disamping itu juga ditemukan tren kenaikan kebutuhan udara pembakaran akibatmeningkatnya kandungan carbon didalam batubara dan sebaliknya kebutuhan udarapembakaran menurun akibat kenaikan kandungan oksigen di dalam batubara.
PENGGUNAAN ABU BATU BARA PLTU MPANAU SEBAGAI BAHAN STABILISASI TANAH LEMPUNG B., Arifin
SMARTek Vol 7, No 4 (2009)
Publisher : SMARTek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.35 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memeriksa pengaruh stabilisasi tanah lempung menggunakan bahanstabilisasi Abu batu bara dan semen. Abu batu bara yang digunakan adalah abu bara hasilpembakaran dari PLTU Mpanau Kecamatan Tawaeli Kota Palu yang lolos saringan No.200, tanahlempung yang diuji memiliki indeks plastisitas lebih besar dari 20. Sifat yang diperiksa adalah:perubahan batas cair, kepadatan maksimum dan nilai CBR. Proporsi rancangan campuran terdiridari abu batu bara adalah 10% dan 20% semen sebesar 4% dan 8% masing-masing terhadapberat kering tanah lempung,.Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran abu batu bara dansemen mampu menurunkan nilai indeks plastisitas tanah lempung dari 27,33% menjadi 10,37 %,meningkatkan nilai CBR tanah dari 4,46% menjadi 13,8% untuk CBR rendaman dan dari 5,6%menjadi 15,5% untuk CBR tanpa rendaman
APLIKASI DAN TINJAUAN TEKNIS DIRECT SEQUENCE CODE DIVISION MULTIPLE ACCESS (D S-CDMA) Sollu, Tan Surayani
SMARTek Vol 7, No 4 (2009)
Publisher : SMARTek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.312 KB)

Abstract

Direct Sequence Code Division Multiple Access (DS-CDMA) sering disebut CDMA saja,merupakan teknik multiple akses yang banyak digunakan dalam komunikasi bergerak,memanfaatkan teknik spread spectrum, dimana sejumlah pengguna dapat menggunakan lebarpita frekuensi dalam waktu yang bersamaan. Kanal tiap pengguna dibedakan oleh kode unikyang digunakan untuk menebarkan daya sinyal informasi pada pita frekuensi yang jauh lebihlebar dibandingkan pita frekuensi sinyal informasi. Kualitas sistem ditentukan oleh Sinyal to Noiserasio (S/N), Sinyal to Noise rasio total perbit (Eb/No), power control, dan processing gain (Pg)atau spreading factor yang akan menentukan jumlah pengguna yang dapat ditangani olehsistem. Keunggulan teknologi ini yaitu tidak membutuhkan equalizer, satu radio per site, tidakmembutuhkan guard time dan guard band, tidak membutuhkan alokasi dan pengelolaanfrekuensi, daya pancar rendah, soft handoff, dan lebih kebal terhadap penyadapan danjamming.
STUDI PEMILIHAN MODA ANGKUTAN UMUM ANTAR KOTA MENGGUNAKAN METODE STATED PREFERENCE Rahman, Rahmatang
SMARTek Vol 7, No 4 (2009)
Publisher : SMARTek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.25 KB)

Abstract

Pemilihan moda merupakan salah satu model yang digunakan dalam perencanaan transportasiangkutan umum, hal ini dikarenakan peran kunci dari angkutan umum dalam upayameningkatkan perbaikan dan peningkatan pelayanan dari moda transportasi. Penelitian inimenitik beratkan pada transportasi angkutan umum penumpang antar kota antara moda mobilKijang dan moda mobil Sedan yang melayani rute Palu – Donggala. Adapun tujuan penelitian iniyaitu untuk mengetahui karakteristik pengguna moda, menentukan faktor – faktor yangmempengaruhi pemilihan moda, memperoleh suatu model pemilihan moda yang dapatmenjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda serta untuk mengetahuisensitivitas model dari respon individu pelaku perjalanan dalam menentukan pilihan seandainyaterjadi perubahan pada setiap atribut perjalanan. Studi preferensi terhadap responden dilakukandengan melalui survey primer (kuisioner survey dan interview) pada pengguna moda Kijang danmoda Sedan dengan sampel sebanyak 200 responden. Analisis data model pemilihan modamenggunakan model logit biner dan estimasi parameter model dengan menggunakan analisaregresi.Analisis data model pemilihan moda menggunakan model logit biner dan estimasi parametermodel dengan menggunakan analisa regresi. Dari hasil analisis didapatkan logit model untukpemilihan moda dengan variabel – variable: selisih biaya perjalanan (X1), selisih waktu tempuhperjalanan (X2), selisih jadwal keberangkatan (X3), selisih tingkat pelayanan (X4) antara mobilKijang dan mobil Sedan. Hasil dari uji statistik disimpulkan bahwa biaya perjalanan, waktutempuh perjalanan, jadwal keberangkatan serta tingkat pelayanan secara signifikanmempengaruhi responden dalam memilih moda
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PERDESAAN DENGAN PELIBATAN MASYARAKAT SETEMPAT Asnuddin, Andi
SMARTek Vol 7, No 4 (2009)
Publisher : SMARTek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.275 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran tentang pelibatan masyarakat dalamproses Program Pembangunan infrastruktur Perdesaan (PPIP) Tahun 2009 dan dampak yangditimbulkan, serta data dan informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk pembelajaranpada kegiatan-kegiatan serupa di masa yang akan datang.Metode analisis deskriptif yang digunakan dalam penelitian tersebut dengan menggunakan fullpopulasi, yaitu: di sejumlah 25 desa sasaran PPIP Propinsi Sulawesi Tengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek pembangunan infrastruktur perdesaan sekalipuncukup fungsional dan masyarakat puas dengan kinerja teknisnya, namun masih rendah tingkatkeberlanjutannya. Karena itu, dibutuhkan fokus perhatian proyek pada masa yang akan datang,seperti (1) meningkatkan aspek pengorganisasian masyarakat, (2) transparansi, dan (3)akuntabel, serta (4) berkelanjutan
PERILAKU DAN KAPASITAS LENTUR BALOK BETON BERSERAT BAMBU Rivani, Agus; Maricar, Shyama
SMARTek Vol 7, No 4 (2009)
Publisher : SMARTek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.86 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian studi adalah menetahui perilaku dan kapasitas lentur balok beton yangmemakai serat bambu. Ukuran benda uji balok beton yang telah dibuat adalah panjang 500mm, tinggi 100 mm dan lebar 100 mm, yang mengandung serat bambu 0,25%, 0,5%, 0,75% dan1% terhadap berat fraksi normal beton. Satu variasi lainnya dibuat tanpa serat bamboo sebagaiparameter pembanding. Serat bambu yang digunakan dalam eksperimen ini adalah jenisBambu Apus (Giganthochloa Apus Kurz) yang diambil secara acak. Uji bending telah dilakukandengan empat titik pembebanan.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan serat bambu pada balok beton berpengaruhpada regangannya. Rasio regangan bending maksimum balok beton normal terhadap balokbeton serat bambu adalah 1: 1,314. Penelitian ini menunjukkan bahwa regangan bending daribalok dengan serat bambu adalah lebih baik dibanding dengan balok beton normal.Kata Kunci : Serat Bambu, Balok Beton, Bambu Apus
KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL (AC-WC) DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI KADAR FILLER ABU TERBANG BATU BARA Tahir, Anas
SMARTek Vol 7, No 4 (2009)
Publisher : SMARTek

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.921 KB)

Abstract

Penelitian ini mencoba menggunakan bahan pengisi filler abu terbang batu bara yangdiharapkan menambah daya tahan lapis perkerasan beton aspal terhadap kerusakan yangdisebabkan oleh cuaca dan beban lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiseberapa besar nilai karakteristik Marshall pada campuran beton aspal dengan menggunakanfiller abu terbang batu bara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu dengan suatupercobaan untuk mendapatkan hasil, dengan demikian akan terlihat pemanfaatan filler abuterbang batu bara pada konstruksi beton aspal dengan variasi kadar filler 4%, 5%, 6%, 7%, dan 8%terhadap total campuran Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan filler abu terbangbatu bara akan mempengaruhi karakteristik campuran beton aspal. Semakin banyak filler abuterbang batu bara yang digunakan, menyebabkan nilai stabilitas semakin meningkat. Padakadar filler abu terbang batu bara 4% nilai stabilitas yang didapatkan sebesar 1518.124 Kg, padasaat kadar filler abu terbang batu bara ditambahkan sampai pada kadar 8%, nilai stabilitasmeningkat menjadi 1640.499 Kg. Nilai fleksibilitas mengalami peningkatan seiring pertambahankadar filler abu terbang batu bara. Dengan peningkatan rata-rata sebesar 14,87% dari kadar fillerabu terbang batu bara 4 % sampai 8 % menunjukan bahwa campuran lebih bersifat kaku.Durabilitas campuran mengalami peningkatan seiring pertambahan kadar filler abu terbangbatu bara. Pada saat campuran menggunakan variasi kadar filler abu terbang batu barasebesar 4 %, memiliki nilai durabilitas sebesar 91.433%, setelah divariasikan dengan kadar filler abuterbang batu bara sampai pada 8%, nilai durabilitas meningkat menjadi 95.703%, dengan rataratapeningkatan sebesar 2.02%

Page 1 of 1 | Total Record : 7