cover
Contact Name
ilham Bakhtiar
Contact Email
jurnalestunm@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ilham_konseling@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Science and Technology
ISSN : 24601497     EISSN : 24773840     DOI : -
Jurnal EST mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi kependidikan, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran, teori dan praktik pendidikan, kebijakan pendidikan, pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran, pendidikan budaya dan karakter bangsa, pendidikan guru, teknologi dan media pembelajaran, dan kegiatan lainnya yang relevan. Untuk itu diundang berbagai penulis artikel dari dalam dan luar negeri
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Nomor 3 Desember 2015" : 9 Documents clear
PROFIL DISPOSISI MATEMATIS SISWA PEMENANG OLIMPIADE PADA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN andi trisnowali
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.693 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1826

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Disposisi Matematis Siswa pemenang Olimpiade pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Subjek Penelitian ini ada 2 orang yang masing-masing merupakan juara 2 dan juara 4 Olimpiade Matematika tingkat Propinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2014. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang di pandu oleh angket disposisi matematis siswa, dan pedoman wawacara. Setelah melakukan penafsiran data maka disimpulkan bahwa subjek memiliki disposisi positif terkait  : (1) Minat dan Rasa ingin tahu, kedua subjek senang mengajukan pertanyaan dan subjek pertama lebih antusias disbanding subjek kedua, (2) Percaya Diri, kedua subjek tertantang dengan situasi-situasiyang rumit dan mempertahankan gagasan matematika, (3)Tekun, kedua subjek memiliki kesung-guhan dalam belajar dan tidak mudah putus asa, (4) Fleksibel, kedua subjek  sering berbagi pengetahuan dan menghasilkan berbagai macam ide. Adapun faktor yang mempengaruhi disposisi matematis adalah lingkungan sekolah dengan menerapkan disiplin sekolah serta orang tua yang sering memberikan dorongan maupun motivasi agar menjadi siswa berprestasi didalam bidang pendidikan.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KONSEP EKOSISTEM BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Yusminah Hala
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.973 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1825

Abstract

The study was a research and development aimed at developing learning package based on scientific approach, which was valid, practical, and effective for  Junior High School’s students. The development procedure used in the study was based on Thiagarajan’s model or 4-D model consisted of four phases, namely defining, designing, developing, and dissemination. The development learning package based on scientific approach had been validated by the experts and practitioners and had been revised; thus, it obtained feasible result to be used. The results revealed that the learning package based on scientific approach was valid, practical, and effective. The learning package that  were RPP, student’s book, and student’s worksheet was valid due to the extremely valid category, practical because it was in completely conducted and  effective as well because it had met the criteria of effective.  
REVITALISASI NILAI ETOS KERJA DALAM HADIH MAJA SEBAGAI BAHAN AJAR PENDIDIKAN KARAKTER mohammad harun
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.763 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1824

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menafsirkan prinsip-prinsip dasar dan karakteristik nilai-nilai etos kerja orang Aceh berbasis hadih maja sebagai bahan ajar pendidikan karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah etnografi. Sumber data terdiri atas dokumen dan informan di enam kabupaten/kota di Aceh. Teknik pengumpulan data terdiri atas teknik kaji dokumen dan wawancara. Data hadih maja dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadih maja mengandung 7 prinsip dasar dan 23 karakteristik nilai etos kerja orang Aceh yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar pendidikan karakter. Bahan ajar dimaksud dapat digunakan untuk meningkatkan etos kerja generasi muda sehingga kompetitif dalam dunia kerja. Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis hadih maja menggarisbawahi pentingnya unsur keteladanan yang disertai dengan upaya-upaya untuk mewujudkan lingkungan sosial yang kondusif  bagi para pembelajar, baik dalam keluarga, di sekolah, maupun dalam masyarakat.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL STAD DAN NHT Radiatul Laila Agustina
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.191 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1801

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada konsep struktur tumbuhan dengan fungsinya menggunakan model STAD dan NHT. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bersifat kolaborasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dari siklus I adalah 45 % dan meningkat menjadi 86,66% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan baik secara individu maupun klasikal. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 33% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dan NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kampung Baru tahun pelajaran 2015/2016. 
PENGUATAN NILAI KARAKTER MAHASISWA BARU BERBASIS PEMBELAJARAN REFLEKTIF (REFLECTION LEARNING) Rais Misi
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.496 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1693

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang akan dilaksanakan selama dua tahun (2015-2016). Kegiatan tahun pertama (2015) diawali dengan menganalisis karakter awal mahasiswa baru. Hasilnya menunjukkan bahwa 1) mahasiswa umumnya 56.67% memaknai kekerasan yang berujung tawuran sebagai perilaku anti sosial yang melanggar hukum, tidak beretika dan perlu direduksi melalui pendekatan preventif awal, 2) umumnya 40%  mahasiswa mengetahui bahwa perilaku tawuran baik dari segi gejala, modus, kelompok pelaku, dan kadang waktu-waktu terjadinya tawuran, 3) pemahaman pada mahasiswa bahwa upaya pencegahan tawuran 40% dapat dilakukan  melalui pembentukan gerakan anti kekerasan di kampus. Pada tahun pertama juga telah dihasilkan produk buku panduan dan materi pembinaan nilai-nilai karakter mahasiswa baru melalui model pembelajaran reflektif yang telah tervalidasi. Selanjutnya produk diuji pada kelompok ahli dan kelompok mahasiswa untuk menguji kegunaan, kelayakan, dan ketepatan panduan dan materi.  Hasilnya menunjukkan bahwa buku panduan dan materi memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, dan ketepatan dengan rata-rata memberi skor 3 dan 4. Kriteria kegunaan menurut penilaian ahli maupun mahasiswa menyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan berguna dalam memberi pemahaman konsep pencegahan tawuran sejak dini bagi mahasiswa baru. Kriteria kelayakan dinyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan adalah layak dalam upaya memberi penguatan nilai karakter dan semangat membangun komunitas anti tawuran. Kriteria ketepatan dinyatakan bahwa panduan dan buku yang dikembangkan memiliki substansi isi dan materi yang memberi dukungan pengembangan kepribadian khususnya pengembangan nilai-nilai karakter berbasis pada integrasi model pembelajaran khususnya pembelajaran reflektif.
KEYAKINAN DIRI SEBAGAI DIMENSI PSIKOLOGIS GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI MAKASSAR hasbullah hasbullah
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.541 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1695

Abstract

Kajian ini bertujuan melihat dan mengenal pasti tahap keyakinan diri individu guru dalam pembangunan sekolah sebagai organisasi pembelajaran di Sekolah Menengah. Kajian embedded dijalankan kepada 391 guru Sekolah Menengah Atas di Makassar yang dipilih dengan menggunakan teknik persampelan rawak mudah. Data soal selidik dianalisis menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) for Windows 20 dengan kaedah analisis diskriptif dan data temubual dianalisa dengan menggunakan teknik analisis tematik. Dapatan kajian menunjukkan bahawa tahap keyakinan diri individu daripada 391 guru SMA di Makassar berada pada kategori sederhana (min= 3.64). Guru dalam menjalankan tugas di SMA daerah Makassar pada amnya berkeyakinan mengharapkan yang terbaik, bersikap positif terhadap masa hadapan, merupakan suatu keyakinan yang diharapkan mampu mencapai matlamat organisasi pembelajaran. Kajian ini sedikit sebanyak akan dapat membantu guru-guru SMA di Makassar untuk menilai kembali keyakinan diri daripada pelbagai aspek dan seterusnya dapat mengukuhkan lagi kepercayaan stakeholders’ terhadap peranan guru dalam pembangunan sekolah sebagai organisasi pembelajaran di Negara Indonesia.
MODEL PENGEMBANGAN SENI KERAJINAN KERAMIK DI TAKALAR BERBASIS PENDEKATAN DESAIN Irfan Irfan
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.194 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1802

Abstract

Penelitian bertujuan menguraikan kesinambungan dan perubahan yang terjadi pada produk keramik di Takalar, tujuan lainnya adalah menemukan suatu model pengembangan yang sesuai untuk diterapkan dalam pengembangan desain dimasa mendatang. Penelitian kualitatif terapan yang dilakukan menggunakan metode analisis data sistem alur Miles dan Huberman, sistem singkronik dan diakronik serta model pengembangannya menggunakan pendekatan desain melalui proses kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai pelatihan dan pengembangan desain yang pernah dilakukan pada seni kerajinan keramik di Takalar, terdapat empat aspek desain yang pernah dikembangkan yaitu aspek bentuk, aspek fungsi, aspek hiasan dan aspek teknik produksi. Oleh sebab itu dikembangkanlah model yang mengakomodasi empat aspek tersebut sebagai sebuah model pengembangan berbasis pendekatan desain.  Setelah itu, dibuatlah rencana implementasi model pengembangan untuk menciptakan produk keramik yang lebih berkualitas. 
GANDRANG BULO SEBAGAI BAHAN AJAR SENI BUDAYA ., masnaini
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.332 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1338

Abstract

Bajar pembelajaran kreatif dan inovatif perlu disusun untuk memadukan cabang seni musik, tari dan teater. Penulis mengangkat Gandrang Bulo sebagai materi ajar. Seni pertunjukan tersebut dikembangkan sebagai bahan ajar untuk mengintegrasikan pembelajaran Seni Budaya.Permasalahan penelitian, “Bagaimana karakteristik, model pengembangan, aplikasi, dan kelayakan produk akhir Gandrang Bulo sebagai bahan Ajar Seni Budaya di SMP Negeri 4 Sungguminasa? Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Landasannya teori pembelajaran dan antropologi. Hasil temuan antara lain: (1) Karakteristik Gandrang Bulo yang mengintegrasikan unsur musik, tari, dan teater dapat kembangkan sebagai bahan ajar Seni Budaya di SMP; (2) Model Pengembangan Gandrang Bulo sebagai bahan ajar Seni Budaya dengan penyusunan draf buku, kemudian diuji coba setiap draf, direvisi menjadi buku, divalidasi sampai menghasilkan produk akhir bahan ajar; (3) Pengintegrasian cabang seni musik, tari dan teater efektif, karena semua siswa terlibat memainkan peran sesuai dengan bakat dan minatnya  melalui pendekatan pembelajaran kolaborasi dalam mengembangkan siswa yang cerdas, bertanggung jawab, dan partisipatif; (4)Berdasarkan masukan dari validator, dihasilkan produk Gandrang Bulo sebagai bahan ajar Seni Budaya di SMP Negeri 4 Sungguminasa.
PERSEPSI GURU SAINS TERHADAP KUALITAS LAYANAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SMA NEGERI Ratlin ratlin
Journal of Educational Science and Technology (EST) Volume 1 Nomor 3 Desember 2015
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.379 KB) | DOI: 10.26858/est.v1i3.1803

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (i) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi perencanaan pembelajaran; (ii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi pelaksanaan pembelajaran; dan (iii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei jenis ex post facto. Populasi penelitian adalah guru sains (guru yang mengampu mata pelajaran fisika, kimia, dan biologi) pada SMA Negeri di Kota Baubau. Sampel penelitian terdiri atas 59 orang guru sains yang diperoleh dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui instrumen dengan tingkat reliabilitas di atas 75% berdasarkan hasil validitas isi Gregory. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi perencanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (ii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik; dan (iii) persepsi guru sains perihal kualitas layanan supervisi akademik pengawas SMA Negeri di Kota Baubau pada dimensi evaluasi pembelajaran berada pada kategori baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 9