cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2: Juli 2015" : 8 Documents clear
Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN Ita Nurmuiza , Faad Maonde; & Asrul Sani
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2065

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam tulisan ini merupakan bagian penelitian dengan judul Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi terhadap hasil belajar matematika SMA di Kota Kendari. Perlunya kajian motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika secara parsial untuk mempelajari sampai seberapa besar korelasi, sumbangan,  kontribusi dan pengaruh variabel motivasi terhadap hasil belajar siswa.  Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI-IA SMA Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel berjumlah 90 orang siswa dari populasi  berjumlah 180 orang siswa. Hasil analisis regresi linear dengan menerapkan metode kuadrat terkecil diperoleh hasil sebagai berikut: (i) motivasi belar siswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan korelasi sebesar 0.612; sumbangan sebesar  36.7% serta kontibusi sebesar 0.818 satuan artinya setiap perubahan satu satuan motivasi belajar siswa akan diikuti oleh meningkatnya hasil belajar siswa sebesar 0.818 satuan dalam populasi. Kata kunci :Motivasi, hasil belajar matematika.
PengaruhKombinasi Model Pembelajaran Kooperatif dan Perilaku BerkarakterTerhadap Hasil Belajar Matematika Ikman , Faad Maonde; & Al Nur
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.424 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2066

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 3x2 faktorial bertujuan untuk mempelajari PengaruhKombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Jiksaw-STAD, TSTS-STAD,  STAD dan Perilaku Berkarakter (Kelompok Atas, Kelompok Bawah) Terhadap Hasil Belajar Matematikadi SMA Negeri 8 Kendari dengan jumlah sampel 90 siswa. (1) Hasil Analisis diperoleh berdasarkan statistik uji-F pada taraf signifikasi ­=0.05 menunjukkan  rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh kombinasi model pembelajaran kooperatif dan perilaku berkaraktermempunyai pengaruh yang signifikan.(2) Berdasar statistik uji-t diperoleh lima hipotesis besyarat, salah satunya yaitu kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw-STAD lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD khususuntuk siswa dengan perilaku berkarakter kelompok atas mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan.Kata kunci:Kombinasi model pembelajaran kooperatif, perilaku berkarakter, dan hasil belajar matematika.
Pengaruh Pendidikan Ibu Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Faad Maonde & Made Arya Dwipayana Putra
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.763 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2063

Abstract

Penelitian eksperimen desain 3x2 faktorial dengan sampel sebanyak 90 siswa, bertujuan mempelajari Pengaruh Pendidikan Ibu Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif yakni Jigsaw-STAD (A1*), TSTS-STAD (A2*) dan STAD (A3) dengan pendidikan ibu SMA (B1) dan bukan SMA (B2) di SMA Negeri 5 Kendari. Hasil Analisis diperoleh berdasarkan statistik uji F pada taraf signifikasi =0.05 menunjukkan  rerata hasil belajar matematika untuk semua sel yang dibentuk oleh faktor kombinasi model pembelajaran kooperatif dan pendidikan ibu mempunyai pengaruh yang signifikan.duahipotesis faktor interaksi bersyarat perbedaan rerata hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar dengan kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe TSTS-STAD  dengantipe STAD dengan syarat pendidikan ibu (Bj)  mempunyai perbedaan yang signifikan, dan dua hipotesisfaktor interaksi bersyarat lainya mempunyai perbedaan yang tidak signifikan.Kata kunci:pendidikan ibu, kombinasi model pembelajaran kooperatifdan hasil belajar matematika.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Settingmind Mapping Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X Man 1 Kendari La Misu, Arvyaty & Ranti Widiastuti
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.851 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2073

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan perangkatpembelajaran problem based learning (PBL) setting mind mapping pada materi persamaan dan fungsi kuadrat kelas X di MAN 1 Kendari. Perangkat pembelajaran yang dikembangan yakni rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar (BA), lembar kerja siswa (LKS) dan tes hasil belajar (THB). Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika model PBL setting mind mapping materi persamaan dan fungsi kuadrat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validasi oleh pakar menyatakan perangkat yang dikembangkan baik dan layak digunakan. Kepraktisan mengacu pada data hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran, keaktifan siswa selama proses pembelajaran serta angket respon siswa dengan skor rata-rata 3,09. Keefektifan mengacu pada ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat yakni sebesar 88,1% siswa hasil belajarnya dinyatakan tuntas karena memenuhi standar KKM yang ditetapkan yakni 2,8.Kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, problem based learning, mind mapping
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Melalui Lesson Studydengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Anwar Bey ,Arvyaty; & Irajuana Haidar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.272 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2062

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntukmengkajimodel pembelajaran berbasis masalah melalui lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa kelas VIII3 SMP Negeri 12 Kendari. Tahapan penelitian ini terdiri dari: (1) tahapan plan, (2) tahapando, (3) tahapancheck, dan (4) tahapan act.  Dari segi proses pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah dengan jumlah siswa 32 orang, rata-rata peningkatan tahap I sebesar 6,605 dengan kategori sangat rendah, rata-rata peningkatan tahap II sebesar 9,447 dengan kategori sedang, rata-rata peningkatan tahap III sebesar 10,763 dengan kategori sedang, rata-rata peningkatan tahap IV sebesar 12,105 dengan kategori tinggi, dan rata-rata peningkatan tahap V sebesar 13,132 dengan kategori tinggi. Dari segi hasil menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik siswapada materi SPLDV mengalami peningkatan.Kata kunci : berpikir kritis, lesson study, pembelajaran berbasis masalah
Kajian Keterampilan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Kegiatan Lesson Study Busnawir .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.183 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2068

Abstract

Penelitian ini mengkaji kelemahan-kelemahan siswa terkait dengan keterampilan  berpikir kreatif dalam matematika. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelemahan-kelemahan apa saja yang dominan dimiliki siswa dalam menerapkan keterampilan berpikir kreatif pada materi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dalam bentuk kajian deskriptif menggunakan lesson study yang dilaksanakan di kelas VII-3 SMPN 9 Kendari berjumlah 36 orang, pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kreatif matematika. Data penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yaitu mendeksripiskan kelemahan-kelemahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan pecahan ditinjau dari ciri-ciri keterampilan berpikir kreatif yang terdiri dari  kelancaran, keluwesan, keaslian, elaborasi, dan evaluasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kelemahan keterampilan berpikir kreatif dalam hal keaslian, elaborasi dan keluwesan, sedangkan dua ciri yang lainnya, yaitu kelancaran dan evaluasi sebagian besar siswa sudah dapat melakukannya dengan baik. Pada setiap tahapan lesson study guru model mendapatkan masukan mengenai karakteristik penilaian yang mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa terkait dengan materi bilangan pecahan.        Katakunci: keterampilan berpikir kreatif, lesson study.bilangan pecahan
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMPN Melalui Pendekatan Pengajuan Masalah Muhammad Sudia & Nurnaningsih
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.388 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2064

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas IX-2 SMPN 15 Kendari melalui pendekatan pengajuan masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 (dua) kali pertemuan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan pengajuan masalah,  kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX-2 SMPN 15 Kendari dapat ditingkatkan, yaitu  dari hasil tes awal ke hasil tes siklus I tentang aspek kefasihan, dari 10 % menjadi 40 %; aspek fleksibilitas, 6,7 % menjadi 10 orang atau 33,3 % dan aspek kebaruan, dari 0 %  menjadi  10 %.   Peningkatan dari hasil tes siklus I ke hasil tes siklus II tentang aspek kefasihan dari 40 % menjadi 80 %; aspek fleksibilitas dari 33,3 % menjadi 73,3 % dan aspek kebaruan dari 10 % menjadi 23,3 %.Kata Kunci: Pendekatan pengajuan masalah, kemampuan berpikir kreatif 
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa Zamsir, La Masi & Padmi Fajrin
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6, No 2: Juli 2015
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.554 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v6i2.2070

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Lawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 80 orang siswa yakni 24 orang kelas VI, 24 orang kelas VIII dan 32 orang kelas IX. Data motivasi belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan cara pemberian angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yakni analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil análisis data diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Lawa dengan kontribusi sebesar 10%.Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika, Ex Post Facto

Page 1 of 1 | Total Record : 8