cover
Contact Name
Erwin Musdah
Contact Email
jan.stialanmks@gmail.om
Phone
+628113157949
Journal Mail Official
jan.stialanmks@gmail.om
Editorial Address
Jl. A.P. Pettarani No.61 Makassar 90222
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Administrasi Negara
ISSN : 14108399     EISSN : 26153424     DOI : -
Jurnal Administrasi Negara menyediakan media untuk mempublikasikan artikel asli berupa pengetahuan baru yang unik dalam bidang administrasi negara. Jurnal ini membuka kesempatan seluas-luasnya untuk publikasi dan berbagi penelitian serta pengembangan upaya berkelanjutan di bidang administrasi. Jurnal Administrasi Negara menerbitkan artikel di bidang admnistrasi negara dengan pendekatan antar disiplin dengan berbagai topik kajian yang meliputi tata pemerintahan, organisasi publik, kebijakan publik pelayanan publik, manajemen, etika birokrasi, serta hukum administrasi/tata pemerintahan. Artikel harus dikirim ke kantor redaksi. Informasi lengkap mengenai cara mengirimkan artikel dan petunjuk untuk penulis tersedia di setiap edisi. Semua artikel yang disampaikan akan diseleksi oleh mitra bebestari (peer reviewed) dan dapat diedit oleh redaksi. Sejak tahun 2014 jurnal ini akan dipublikasikan tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk publikasi dalam jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara" : 10 Documents clear
KEPATUHAN PELAYANAN FARMASI KLINIK DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO Djamaluddin, Furqan; Imbaruddin, Amir; Muttaqin, Muttaqin
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.923

Abstract

Pelayanan farmasi klinik merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang berorientasi kepada pasien sehingga perlu dilakukan kesesuaian standar pelayanan farmasi klinik untuk menciptakan pelayanan yang bermutu dan berkualitas. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kepatuhan Pelayanan Farmasi Klinik di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo sesuai dengan sebelas indikator pelayanan farmasi klinis berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 72 Tahun 2016. Metode penelitian menggunakan pendekatakan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar dengan Teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah Kepala Instalasi Farmasi, penanggung jawab Pelayanan Informasi Obat, penanggung jawab Depo, apoteker, dan pasien. Hasil penelitian menemukan bahwa sebelas indikator pelayanan farmasi klinik yaitu pengkajian dan pelayanan Resep, penelusuran riwayat penggunaan obat, rekonsiliasi obat, Pelayanan Informasi Obat (PIO), konseling, visite, Pemantauan Terapi Obat (PTO), Monitoring Efek Samping Obat (MESO), Evaluasi Penggunaan Obat (EPO), dispensing sediaan steril; dan Pemantauan Kadar Obat dalam Darah (PKOD) sudah dilaksanakan dengan baik walaupun masih ada indikator yang belum optimal. Hanya satu indikator yang belum terlaksana yaitu pemantauan kadar obat dalam darah karena terkendala dengan pembiayaan sarana dan prasarana yang cukup mahal. Kepatuhan Pelayanan Farmasi Klinik di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar sudah dilakukan cukup baik tetapi masih terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi oleh pihak rumah sakit, diantaranya perlu peningkatan SDM, penjadwalan visite yang lebih intens,  penganggaran yang memadai untuk pengadaan alat kesehatan dan produk media edukasi.
KOMPETENSI PENERAPAN KERANGKA PENGELUARAN JANGKA MENENGAH BIDANG ANGGARAN PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI SULAWESI BARAT Andira, Tri Susanti Resqi; Basri, Muhammad; Halim, Halim
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penerapan sistem Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM) Bidang Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Sulawesi Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang mana dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang anggaran Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Sulawesi Barat satu orang, sekretaris badan satu orang, kepala bidang anggaran satu orang, kepala sub bidang anggaran tiga orang serta staf bidang anggaran sebanyak tujuh orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu program sistem Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM) telah siap untuk diterapkan di Bidang Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Provinsi Sulawesi Barat sebagai salah satu kebutuhan dalam mengefesiankan dan mengefektifkan pengelolaan proses penyusunan anggaran, serta kompetensi yang dibutuhkan selama ini menjadi kekhawatiran dalam hal kemampuan untuk mengoprasikan sistem Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM) sudah siap untuk diterapkan, hanya saja masih terkendala karena belum adanya sosialisasi atau pelatihan serta belum adanya pedoman kerja penerapan Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM) sebagai acuan untuk mengoprasikan sistem tersebut.
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM HOME CARE PADA PUSKESMAS BARA-BARAYA KOTA MAKASSAR Haswira, Ma'mur; Wahidin, Wahidin; Ahmad, Syarif
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.889

Abstract

Pelayanan home care saat tengah malam banyak dikeluhkan warga serta tidak ada pembagian jadwal petugas home care di Puskesmas Bara-Baraya Kota Makassar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah evaluasi pelaksanaan program home care pada Puskesmas Bara-Baraya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program home care pada Puskesmas Bara-Baraya Kota Makassar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan serta mengamati secara mendalam tentang evaluasi pelaksanaan program home care pada Puskesmas Bara-Baraya Kota Makassar. Penelitian ini juga menggunakan desain penelitian terapan. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari empat orang petugas home care Puskesmas Bara-Baraya Kota Makassar dan empat orang masyarakat pengguna layanan home care.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada sub variabel input dapat dikatakan cukup baik. Alat kesehatan seperti termometer, tensimeter, dan stetoskop berfungsi dengan baik dan layak digunakan untuk pelayanan kesehatan home care.  Kemudian dana operasional seperti honor petugas dibayarkan sesuai jumlah kunjungan ke masyarakat. Dokter sebesar Rp. 100.000/kunjungan dan perawat sebesar 75.000/kunjungan. Namun pada aspek petugas home care masih belum memadai. petugas home care memiliki peran ganda antara melayani masyarakat di puskesmas, juga melayani masyarakat di tempat tinggal. Pada sub variabel proses, dapat dikatakan cukup baik. Pada aspek call center, masyarakat mudah menghubungi call center karena layanan ini bebas pulsa. Kunjungan ke rumah dan observasi telah dilakukan secara seksama. Namun pembagian tugas petugas home care belum optimal. Pada sub variabel output, dapat dikatakan sudah baik karena masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari pelayanan home care.  
EVALUASI PENERAPAN PEMERIKSAAN KESEHATAN TENAGA KERJA DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KOTA MAKASSAR Ridwan, Ridwan; Kamariah, Najmi
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.976

Abstract

Kegiatan  Pemeriksaan  kesehatan pada tenaga kerja masih menjadi kendala dalam penerapannya karna tidak dilakukanya pemeriksaan kesehatan awal dan kesehatan khusus pada tenaga kerja. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk Mengevaluasi Penerapan Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja di Balai Balai Besar Pengembangan Keselamatan dan Kesehatan kerja, Sesuai Permenakertrans No. 02 tahun 1980 tentang pemeriksaan kesehatan dan Penyeleggaraan keseselamatan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan serta mengamati secara mendalam tentang evaluasi penerapan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja di Balai Besar Pengembangan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja . Sumber data yang dianalisis adalah hasil wawancara, Pengamatan langsung pada Bidang Pelayanan,Bidang Umum Tenaga Kerja serta telaah dokumen di Balai Besar Pengembangan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja makassar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pemeriksaan kesehatan pada tenaga kerja pada perusahaan masih belum efektif karena belum diterapkan pemeriksaan kesehatan awal dan khusus, rekomendasi yang ditawarkan peneliti kepada BBPK3 untuk merevisi atau amandemen undang-undang no.1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja dan penerapan ISO 15189 tentang akreditasi laboratorium klinik Agar perusahaan dapat menerapkan Pemeriksaan Kesehatan kerja Awal,berkala dan khusus, supaya Pemeriksaaan Kesehatan Tenaga Kerja semakin sempurna guna meningkatkan efisiensi dan pencapaian tingkat kinerja tenaga kerja lebih tinggi.     Kata Kunci :  Pemeriksaan Kesehatan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
KOMUNIKASI PEMERINTAHAN MELALUI TANDA PAGAR #ENERGIBERKEADILAN PADA MEDIA SOSIAL KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL Ramadani, Thoriq
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.1046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemerintahan melalui tanda pagar (tagar) #EnergiBerkeadilan pada media sosial Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada media sosial Kementerian ESDM. Teknik pengumpulan data primer dan data sekunder, data primer dari wawancara terhadap key informants dan data sekunder berupa tinjauan literatur seperti jurnal, buku dan peraturan terkait. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tagar #EnergiBerkeadilan merupakan rangkuman dari Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 dan Nawa Cita Presiden Joko Widodo, yang merupakan tagline dari Kementerian ESDM dan diteruskan menjadi tagar di media sosial Kementerian ESDM. Tagar #EnergiBerkeadilan (1) dianggap belum merubah bagaimana kita berbicara secara verbal atau non verbal pada media sosial, (2) menjadi campaign terkait program dan capaian kinerja sektor ESDM pada media sosial Kementerian ESDM, (3) bisa digunakan atau dijadikan sumber pencarian konten, (4) memerlukan kegiatan yang terencana dan dilakukan secara luas, untuk menjadi sarana baru gerakan sosial tagar #EnergiBerkeadilan yang membuat masyarakat tertarik berpartisipasi pada kegiatan tersebut, dan (5) Kementerian ESDM secara rutin melaksanakan kegiatan Temu Netizen, untuk merubah bagaimana membangun komunitas virtual.
A KOMPETENSI PENERAPAN KERANGKA PENGELUARAN JANGKA MENENGAH BIDANG ANGGARAN PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI SULAWESI BARAT Tri Susanti Resqi Andira; Muhammad Basri; Halim Halim
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Politeknik STIA LAN Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.722

Abstract

This study aims to determine the extent of the readiness of the competency of the Civil Servant (ASN) in the implementation of the Budget Sector Medium Term Expenditure Framework (KPJM) of budget field on financial and regional income department of west sulawesi. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach, where this study uses interview guidelines as the main instrument of data collection. The informants in this study came from the staff of the budget department of BPKPD west sulawesi one person, secretary of BPKPD one person, the head of the budget department one person, the head of the sub-sector of the budget three people, the budget staff seven person. The results of the research are that the Medium Term Expenditure Framework system program is ready to be applied in the Budget Sector of the West Sulawesi Province Finance and Regional Revenue Management Agency as one of the needs in streamlining the management of the budgeting process, as well as the required competencies which have been a concern in terms of the ability to operate the Medium Term Expenditure Framework system is ready, only a little constrained by the absence of socialization or training and the absence of work guidelines for the application of (KPJM) as a reference for operating the (KPJM) system.
EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM HOME CARE PADA PUSKESMAS BARA-BARAYA KOTA MAKASSAR Ma'mur Haswira; Wahidin Wahidin; Syarif Ahmad
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Politeknik STIA LAN Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.889

Abstract

Home care services at midnight many residents complained and there is no distribution of home care officers at the Bara-Baraya Public Health Center in Makassar. The focus of research in this study is the evaluation of the implementation of home care programs at the Bara-Baraya Public Health Center in Makassar City. This study aims to evaluate the implementation of home care programs at the Makassar City of Bara Baraya Health Center. The approach used in this study is a qualitative approach that describes and observes deeply the evaluation of the implementation of home care programs at the Makassar City of Bara Baraya Health Center. This research also uses applied research design. The data source in this study was taken from four home care officers at the Bara-Baraya Public Health Center in Makassar City and four people who use home care services. The results showed that the input sub-variables can be quite good. Medical devices such as thermometers, tensimeters, and stethoscopes function properly and are suitable for use in home care health services. Then operational funds such as staff salaries are paid according to the number of visits to the community. The doctor for Rp. 100,000 / visit and nurses 75,000 / visit. But in the aspect of home care officers is still inadequate. Home care workers have a dual role between serving the community at the puskesmas, as well as serving the community at the residence. In the process sub-variables, it can be quite good. In the call center aspect, people can easily call the call center because this service is toll free. Home visits and observations have been carried out carefully. But the division of duties of home care officers is not optimal. In the output sub-variable, it can be said to be good because the public can directly benefit from home care services.
KEPATUHAN PELAYANAN FARMASI KLINIK DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO Furqan Djamaluddin; Amir Imbaruddin; Muttaqin Muttaqin
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Politeknik STIA LAN Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.923

Abstract

Clinical pharmacy service is one of the patient-oriented health services so that it needs to be done in accordance with clinical pharmacy service standards to create quality and quality services. The purpose of this study was intended to find out how compliance with Clinical Pharmacy Services at RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo is in accordance with eleven clinical pharmacy service indicators based on Minister of Health Regulation No. 72 of 2016. The research method uses qualitative approach. Data collection was conducted at Dr. RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar with in-depth interviews, observation and documentation. The research informants were the Head of Pharmacy Installation, the Person in charge of Drug Information Services, the Responsible Department of Depos, Pharmacists, and Patients. The results found that ten indicators of clinical pharmacy services were assessment and prescription services, tracking drug use history, drug reconciliation, drug information services (PIO), counseling, visite, Drug Therapy Monitoring (PTO), Monitoring of Drug Side Effects (MESO), Evaluation Drug use (EPO), dispensing sterile preparations; and Monitoring of Drug Levels in Blood (PKOD) has been carried out well although there are still indicators that are not optimal. Only one indicator that has not yet been implemented is monitoring blood drug levels because it is constrained by the financing of facilities and infrastructure which are quite expensive. Compliance Clinical Pharmacy Services at RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar has done quite well but there are still a few things that need to be addressed by the hospital, including the need to increase human resources, scheduling more intense visite, adequate budgeting for the procurement of medical devices and educational media products.
EVALUASI PENERAPAN PEMERIKSAAN KESEHATAN TENAGA KERJA DI BALAI BESAR PENGEMBANGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA KOTA MAKASSAR Ridwan Ridwan; Najmi Kamariah
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Politeknik STIA LAN Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.976

Abstract

Abstract Health inspection activities on the workforce is still a challenge in its application because no initial health checks and special health checks on the workforce. Based on these considerations, this study aims to evaluate the application of labor inspection in the Center for Occupational Safety and Health Development, in accordance with Minister of Manpower and Transmigration No. 02 of 1980 concerning health checks and work safety management. The research method used was qualitative discussion material that discussed health issues at the Center for Occupational Safety and Health Development. Data sources analyzed were the results of interviews, direct observations in the field of services, the general field of labor and document review at the Makassar Center for Occupational Safety and Health Development. Research results related to the implementation of medical examinations in companies are still ineffective because they apply initial and special health examinations, the discussion offered by researchers for BBPK3 to revise or amend, Law No. 1 of 1970 concerning work safety and the application of ISO 15189 on clinical laboratory accreditation so that companies can examine initial, periodic and special occupational health, examine the workforce health of workers to improve efficiency and improve workforce performance higher. Keywords : Health Check, Occupational Health and Safety
KOMUNIKASI PEMERINTAHAN MELALUI TANDA PAGAR #ENERGIBERKEADILAN PADA MEDIA SOSIAL KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL Thoriq Ramadani
Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara
Publisher : Politeknik STIA LAN Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33509/jan.v25i3.1046

Abstract

This research aims to determine government communication through the hashtag #EnergiBerkeadilan on social media Ministry of Energy and Mineral Resources (EMR). Research with a qualitative approach with a case study method on social media Ministry of EMR, d ata collection techniques with primary and secondary data. Primary data from interviews with key informants and secondary data in the form of literature reviews such as journals, books and related regulations. The results of the research revealed that the hashtag #EnergiBerkeadilan is a summary of Article 33 of the 1945 Constitution and President Joko Widodo's Nawa Cita, which is a tagline from the Ministry of EMR and is continued to become a hashtag on social media of the Ministry of EMR. The hashtag #EnergiBerkeadilan (1) was considered not to change how we spoke verbally or non-verbally on social media, (2) it became a campaign related to programs and performance achievements of the EMR sector on social media Ministry of EMR, (3) it could be used or made content search sources, (4) require activities that are planned and carried out broadly, to become a new means of social networking hashtag #Energiberkeadilan which makes people interested in participating in these activities, and (5) the Ministry EMR regularly carries out Temu Netizen activities, to change how build virtual communities.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 29 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Negara Vol 29 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Negara Vol 28 No 3 (2022): Jurnal Administrasi Negara Vol 28 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Negara Vol 28 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Negara Vol 27 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Negara Vol 27 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Negara Vol 27 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Negara Vol 26 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Negara Vol 26 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Negara Vol 26 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 25 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 3 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 3 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 2 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 2 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 1 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 24 No 1 (2018): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 3 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 3 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 23 No 1 (2017): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 2 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 2 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 1 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 21 No 1 (2015): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 3 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 3 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 2 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 1 (2014): Jurnal Administrasi Negara Vol 20 No 1 (2014): Jurnal Administrasi Negara More Issue