cover
Contact Name
Damis Hardiantono
Contact Email
damiz@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
damiz@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
MUSTEK ANIM HA
Published by Universitas Musamus
ISSN : 20896697     EISSN : 23547707     DOI : -
Core Subject : Engineering,
MUSTEK ANIM HA (p-ISSN :2089-6697, e-ISSN : 2354-7707) adalah pusat publikasi yang memuat tentang karya ilmiah bidang keteknikan dan rekayasa teknologi.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA" : 9 Documents clear
ANALISIS EFISIENSI POMPA DISTRIBUSI PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) LEUWILIANG PERUMDA TIRTA KAHURIPAN BOGOR Muhammad Rafi
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5330

Abstract

Pompa air merupakan alat listrik yang sangat penting, baik di rumah maupun di industri. Efisiensi pompa air adalah faktor kritis yang harus dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efisiensi kinerja pompa distribusi dengan spesifikasi yang berbeda pada setiap sampel pompa. Data primer dan sekunder dikumpulkan dalam penelitian ini. Parameter pengukuran meliputi tegangan, arus, daya, faktor daya, dan debit aliran air. Data tersebut digunakan untuk menghitung head, daya hidrolisis, efisiensi motor, dan efisiensi pompa air. Berdasarkan analisis, nilai head yang terukur pada pompa grand sutra sebesar 52m, jauh lebih tinggi diantara pompa distribusi grand sutra dan pompa distribusi kandang sapi yang hanya memiliki nilai head masing-masing sebesar 45m dan 44m. Pompa Grand sutra terhitung efisiensi total sebesar 58%, dan efisiensi motor bernilai 96,2%. Pompa distribusi Sadeng mendapatkan nilai efisiensi total yang diperoleh sebesar 76%, sedangkan untuk efisiensi motor bernilai 87%. Dan Pompa distribusi Kandang sapi mendapatkan nilai efisiensi total sebesar 49%, sedangkan untuk efisiensi motor bernilai 93%.
STUDI LITERATUR : PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA INDUSTRI PETERNAKAN Refo Tri Putra; Sheila Nurul Huda
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5373

Abstract

Subsektor peternakan di indonesia adalah salah satu subsektor yang memberikan kontribusi perekonomian nasional. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini, membawa pengaruh terhadap modernisasi manajemen peternakan. Peternakan modern membutuhkan sistem manajemen untuk membantu peternak dalam aktivitas harian mereka. Beberapa tahun terakhir telah banyak dilaksanakan penelitian terkait penerapan sistem informasi manajemen pada subsektor peternakan. Setelah melakukan proses studi literatur, kami dapat mengumpulkan beberapa literatur yang sesuai dengan topik penelitian ini. Terdapat 24 literatur yang memenuhi kriteria penelitian ini. Setelah melalui proses seleksi literatur ditemukan bahwa untuk platform yang paling banyak diutilisasi adalah pada website dengan prosentase sebesar 68%. Sedangkan untuk platform lain seperti mobile dan desktop masih kurang bila dibandingkan dengan website. Sedangkan untuk fokus yang disasar pada literatur sebelumnya adalah pada peternakan sapi, dan untuk fitur yang paling banyak dikembangkan adalah pembukuan peternakan.
STUDI TARIF PARKIR ON STREET PROGRESIF KAWASAN PERKOTAAN MENENGAH BERDASARKAN DURASI PARKIR Rizki Dwi Irawan; Rofi Budi Hamduwibawa; Totok Dwi Kuryanto
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5377

Abstract

Sebagian pengguna jalan di Jember seringkali memarkir kendaraannya dan memicu kemacetan pada ruas Jalan Trunojoyo. Sangat diperlukan pemanfaatan area parkir secara optimal untuk menjamin kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa parkir. Salah satu cara yakni dengan menerapkan tarif parkir progresif, maka diharapkan pengguna nuang parkir dapat mengurangi waktu parkir. Dengan mengurangi lama parkir maka ruang parkir dapat dipergunakan dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jalan dan kapasitas parkir jika diterapkan sistem parkir progresif mungganakan durasi parkir. Kinerja jalan dianalisa menngunakan MKJI 1997, analisa durasi parkir menggunakan metode dari Direktorat Perhubungan Darat, dan perhitungan tarif parkir progresif menggunakan acuan Perda Surakarta dan Jember mengenai parkir dan tarif progresifnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Derajat Kejenuhan (DS) pada ruas Jalan Trunojoyo Jember hari senin sebesar 1,41 dan hari sabtu 1,10 dengan Kecepatan Arus Bebas (FV) sebesar FV (km/jam) 50,02 km/jam. Dimana dengan hasil tersebut layak untuk menerapkan sistem parkir progresif. Kapasitas satuan ruang parkir on street pada segmen 1 sebesar 27, segmen 2 terdapat 28, di segmen 3 terdapat 41 dan di segmen 4 ada 36 SRP. Pendapatan tarif parkir progresif sebesar Rp. 298.000 ribu pada hari senin dan sebesar Rp. 214.000 ribu pada hari Sabtu.
STUDI PENELITIAN KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN SERABUT KELAPA SAWIT DAN KAWAT IKAT Al Hafiz; Teuku Farizal
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beton dengan tambahan serat (serabut kelapa sawit dan kawat ikat) terhadap kuat tekan beton normal (0%), menggunakan metode eksperimen. Dengan bahan-bahan penyusun beton diantaranya yaitu kerikil, pasir kasar, pasir halus, air, semen andalas (porlant komposit type III), kawat ikat dan serabut kelapa sawit (yang berasal dari PT. Socfindo Kebun Seunagan). Benda uji dibuat berbentuk kubus (15 × 15 × 15 cm) dengan FAS 0,45. Variasi penambahan serat sebanyak 2% (serabut kelapa sawit) + 4% (kawat ikat) dan 6% (serabut kelapa sawit) + 4% (kawat ikat) dari berat semen. Pengujian kuat tekan dilaksanakan di laboratorium milik PT. Espe Makmur Beton untuk benda uji umur 7 hari (berjumlah 9 sampel benda uji) dan umur 28 hari (berjumlah 9 sampel benda uji) menggunakan mesin uji tekan beton (merek Indotest). Berdasarkan pengujian didapatkan hasil kuat tekan rata-rata untuk beton normal (0%) sebesar 16,67 Mpa. Serta untuk beton dengan tambahan serat variasi 2% (serabut kelapa sawit) + 4% (kawat ikat) didapatkan hasil kuat tekannya sebesar 9,70 Mpa terjadi penurunan sebesar 41,81% terhadap kuat tekan beton normal (0%) dan 6% (serabut kelapa sawit) + 4% (kawat ikat) didapatkan hasil kuat tekannya sebesar 4,96 Mpa terjadi penurunan sebesar 70,25% terhadap kuat tekan beton normal (0%). Maka dengan penambahan serabut kelapa sawit dan kawat berdampak negatif terhadap kuat tekan beton.
ANALISIS FENOMENA TINGKAT KELAYAKAN DARI PENGOPERASIAN PERUSAHAAN ANGKUTAN Andi Muh Ashad Sadiq; Suci Fatmawati Marzuki
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5408

Abstract

ABSTRAK Transportasi atau pengangkutan merupakan bidang kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat indonesia. Pentingnya transportasi bagi masyarakat indonesia di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain, keadaan geografis indonesia yang terdiri dari ribuan pulau kecil dan besar, perairan yang terdiri dari sebagian besar laut, sungai dan danau yang memungkinkan pengangkutan dilakukan melalui darat, perairan, dan udara guna menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya biaya operasional kendaraan, pendapatan usaha dan kelayakan finansial dari pengoperasian angkutan antar daerah tersebut. Penelitian ini meliputi data primer berupa hasil wawancara dengan pemilik usaha untuk mengetahui biaya operasional kendaraan dan pendapatan usaha. Serta data sekunder berupa inflasi, pajak dan penyusutan kendaraan. Metode yang digunakan untuk menganalisis kelayakan finansial usaha adalah metode Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Benefit Cost Ratio (BCR), dan Payback Period (PBP). Analisis dilakukan PT Bintang Manunggal Abadi (BMA) Trans Makassar – Parepare, dengan menggunakan tingkat suku bunga 15% dan umur rencana 7 tahun. Hasil yang didapatkan untuk PT. BMA adalah nilai NPV Rp.969.980.000, IRR 20,46%, BCR 1,02 dan PBP 6 tahun. Sedangkan untuk PT. Amanda Legian Tours adalah nilai NPV Rp.336.700.000, IRR 28,31%, BCR 1,13 dan PBP 5 tahun. Hasil analisis finansial tersebut mengindikasikan bahwa investasi tersebut layak secara finansial. Kata kunci: Angkutan Umum Antar Daerah, Kelayakan Finansial
PENGARUH UKURAN RUMAH TANGGA TERHADAP KEPEMILIKAN KENDARAAN YANG MENGAKIBATKAN KEMACETAN DI KOTA MAKASSAR Musdalifah Musdalifah; Zainal Arifin Halim
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5413

Abstract

Kendaraan mobil dan motor di Kecamatan Panakkukang semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Dimana dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang mengakibatkan kemacetan. Pesatnya pertumbuhan penduduk bersamaan dengan gencarnnya perputaran ekonomi yang mendorong pembangunan infrastruktur. Dan pesatnya pertumbuhan penduduk juga di dorong dengan sektor transportasi. Berdasarkan hasil penelitian, semakin besar jumlah anggota keluarga maka peluang keluarga memiliki lebih dari 1 unit mobil dan sepeda motor lebih besar, dan Semakin besar pendapatan per bulan suatu keluarga maka peluang memiliki lebih dari 1 unit mobil dan sepeda motor lebih besar. Jumlah anggota keluarga terbanyak adalah sebesar 5 orang atau lebih dengan anggota keluarga yang bekerja rata-rata sebanyak 2 orang. Pendapatan netto dan bruto perbulannya dalam rumah tangga rata-rata Rp 6 jt s/d Rp 10 jt. Jarak rata-rata perjalanan perhari dalam rumah tangga rata-rata 10 s/d 20 km. Pengeluaran biaya transportasi rata-rata perbulannya setiap rumah tangga adalah Rp 500 rb s/d Rp 1 jt, dengan waktu Perjalanan rata-rata perharinya 1 s/d 2 jam.Tingkat Kepemilikan masing-masing mobil dan sepeda motor pada rumah tangga yang tertinggi adalah 1 unit, sedangkan yang tekecil adalah 4 unit atau lebih.
SIMULASI PERFORMA AERODINAMIKA NACA 1408 PADA APLIKASI TURBIN ANGIN DENGAN VARIASI PANJANG GURNEY FLAP Eli Kumolosari; Aris Sandi; Yulia Venti Yoanita; Sinung Tirtha Pinindriya; Dondi Kurniawan
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5418

Abstract

Airfoil merupakan bagian dari turbin angin yang memiliki fungsi untuk mengubah energi angin menjadi gaya. Performa aerodinamika airfoil akan mempengaruhi efisiensi turbin angin secara keseluruhan. Salah satu cara untuk meningkatkan performa aerodinamika airfoil adalah dengan menambahkan gurney flap (GF). Pada penelitian ini dilakukan simulasi airfoil NACA 1408 dengan penambahan GF yang panjangnya divariasikan antara 0,12-0,21%c pada sudut serang 0o. Hasil simulasi dengan software Simflow menunjukkan bahwa nilai Cl/Cd tertinggi dihasilkan pada panjang GF 0,18%c yaitu sebesar 20,185. Selain nilai Cd, Cl, dan Cl/Cd, juga dihasilkan visualisasi distribusi kecepatan dan tekanan udara yang melewati airfoil. Dari hasil visualisasi tersebut terlihat bahwa hasil simulasi sesuai dengan Hukum Bernoulli, yaitu kecepatan bagian bawah airfoil lebih rendah dari bagian atasnya, yang mengakibatkan tekanan bagian bawah lebih tinggi dari bagian atasnya, sehingga menghasilkan gaya angkat (lift force). Kata kunci: Turbin angin, airfoil, NACA 1408, simulasi, Cl/Cd
TINJAUAN DESAIN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BERSINYAL Husni Mubarak; Husnah Husnah; Desky Aldino
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5446

Abstract

Ruas Jalan Petapahan – Suram KM ±59 - 60 merupakan jalan lintas yang berstatus Jalan Provinsi yang menjadi kewenangan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam melengkapi aspek prasarana diruas jalan Petapahan – Suram KM ±59 - 60. Dengan kondisi yang demikian, timbul permasalahan lalu lintas berupa kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan lalu litas tersebut diperlukannya suatu analisis untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam peelitian ini adalah dengan Analisis Makro dan Analisis Mikro. Analisis Makro dilakukan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan secara umum bagaimana kecenderungan terjadinya kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Petapahan – Suram KM ±59 - 60. Analisis Makro menggunakan analisis numerik sederhana yaitu analisis terhadap waktu kejadian kecelakaan, analisis berdasarkan bulan kejadian, analisis terhadap korban kecelakaan, analisis terhadap jenis kecelakaan . Untuk analisis mikro terdiri dari beberapa analisis yang terdiri dari analisis berdasarkan data kronologi kecelakaan, analisis factor penyebab kecelakaan, analisis kecepatan sesaat/spot speed dan analisis jarak pandang henti. Setelah dilakukannya analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa faktor penyebab kecelakaan yang banyak terjadi pada Petapahan – Suram KM ±59 - 60 adalah faktor manusia dan faktor lingkungan. Faktor manusia menjadi faktor utama kecelakaan yang terjadi. Sehingga diperlukannya penelitian ini guna untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti penambahan, penggantian serta perawatan untuk fasilitas perlengkapan jalan yang sesuai dengan persyaratan teknis.
Monitoring Suhu, Vibrasi dan Arus Motor Induksi 3 Fasa Sukriyah Buwarda; Lutfi Lutfi; Muh Ainul Yaqin
MUSTEK ANIM HA Vol 12 No 02 (2023): MUSTEK ANIM HA
Publisher : Faculty of Engineering, Musamus University, Merauke, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mustek.v12i02.5455

Abstract

Monitoring suhu, vibrasi dan arus motor induksi 3 fasa di industry umumnya masih dilakukan secara manual menyebabkan pengawasan menjadi kurang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mencari alternatif metode monitoring yang lebih efektif dan efisien menjadi system monitoring otomatis. Penelitian ini bersifat eksperimental yang dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap simulasi alat serta tahap rancang bangun alat kemudian dilanjutkan dengan pengujian. Alat ini menggunakan sensor MLX90614 sebagai sensor suhu, sensor piezoelektrik sebagai sensor vibrasi dan sensor PZEM 004T. Wemos D1 Mini berfungsi sebagai modul wifi dan digunakan aplikasi thingspeak yang berfungsi sebagai media tampilan web yang menampilkan parameter yang dimonitor. Pengukuran suhu dengan sensor MLX90614 diperoleh rata-rata 55,58°C. Pengukuran vibrasi dengan sensor piezoelektrik didapatkan rata-rata 9,1 mm/s dan pada pengukuran arus dengan sensor PZEM 004T didapatkan rata-rata pada 0,11 Ampere. Pada pengujian mematikan motor secara otomatis dengan memberikan batas suhu maksimal ketika suhu terdeteksi lebih besar atau sama dengan 80°C maka buzzer dan lampu indikator akan aktif dan ketika kecepatan vibrasi terdeteksi lebih besar atau sama dengan 11 mm/s motor mati maka buzzer dan lampu indikator akan aktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 9