cover
Contact Name
FRANSISKUS XAVERIUS MANGGAU
Contact Email
fransiskus@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fransiskus@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL
Published by Universitas Musamus
ISSN : 20858779     EISSN : 23547723     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Imu Ekonomi & Sosial (p-ISSN: 2085-8779; e-ISSN: 2354-7723 diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Musamus Mersauke. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun setiap bulan April dan Oktober yang memuat artikel ilmiah hasil pemikiran kritis atau hasil penelitian dalam bidang ilmu manajemen, akuntansi, ekonomi pembangunan, dan sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Ilmu Ekonomi " : 5 Documents clear
THE EFFECT OF INVESTMENT OPPORTUNITY SET ON CORPORATE CAPITAL STURUCTURE Moh Rusman Ramli; frans papi papilaya
EKONOMI & SOSIAL Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v6i2.278

Abstract

ABSTRACTInvestment opportunity is the heart of the company's growth is that become important expectation which desired by the internal and external parties of company  such as management, investors and creditors. The purpose of this study was to analyze the significance of the effect of IOS on the capital structure of the company. Object of this study is automotive and component companies and the research span was 2008-2012. The dependent variable of this study is the firm's capital structure, while the independent variable is IOS which consists of 5 single’s proxy. The data used are secondary data from ICMD 2008-2012. The analytical tool used is a simple regression and factor analysis. The results showed that IOS significantly positive effect on capital structure. There are three viable IOS proxy used to form the joint proxy variables IOS that is E / P , MV / BVA and MV / BE. This study confirms that the proxy IOS with combined proxy better than a single proxy . This study also supports the pecking order theory than trade off theory regarding the relationship between IOS corporate capital structure.
ANALISIS KINERJA APARATUR PEMERINTAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Aparatur Pemerintah di Kampung Yanggandur) Dina Fitri Septarini; Erni Dwita Silambi
EKONOMI & SOSIAL Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v6i2.296

Abstract

Aparatur kampung merupakan bagian dari struktur pemerintahan yang paling bawah yang mengetahui secara pasti segala kondisi dan permasalahan yang ada di wilayahnya yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu target pengukuran kinerja harus berorientasi kepada masyarakat. Pengukuran kinerja pada organisasi publik yang umum dilakukan hanya menitikberatkan pada sektor keuangan saja, sehingga cenderung mengabaikan kinerja non keuangan seperti kepuasan pelanggan (masyarakat), efektivitas dan SDM yang berkemampuan dan berkomitmen tinggi. Pengukuran kinerja dengan balance scorecard merupakan pengukuran kinerja yang komprehensif karena mengukur kinerja dari aspek keuangan dan non keuangan. Balance scorecard mencakup empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum aparatur kampung Yanggandur sudah memahami dengan jelas visi dan tujuan yang hendak dicapai dalam pembangunan kampung. Hal ini ditunjukkan oleh persentase jawaban responden terhadap pertanyaan terkait dengan visi, misi, dan strategi organisasi, di mana lebih dari 75% responden cenderung menjawab setuju, yang berarti mereka memahami visi, misi, dan strategi organisasi. Perspektif keuangan mencapai score 19,2%, perspektif proses bisnis internal memiliki score 25,9%, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mencapai score 13,3%, dan perspektif masyarakat memiliki score 8,9%. Secara keseluruhan kinerja aparatur kampung Yanggandur apabila dianalisa menggunakan 4 perspektif dalam balanced scorecard memiliki score total sebesar 67,3% dan berada pada daerah kuning, yang berarti cukup bagus.
ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK ONLINE (SIMAKAD) PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTASI UNIVERSITAS MUSAMUS MOHAMAD ILHAM ILYAS; OKTO IRIANTO
EKONOMI & SOSIAL Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v6i2.370

Abstract

Sistem informasi akademik online (SIMAKAD) dirancang untuk memenuhi kebutuhan Akademik yang terkomputerisasi yang bertujuan meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas informasi yang dibutuhkan. Namun kenyataan yang ada bahwa saat ini masih  terdapat mahasiswa yang mengalami keterlambatan proses administasi di jurusan(kampus). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Simakad dari sudut pandang penggunanya dengan menggunakan Model Penerimaan Teknologi (TAM) dan Teori Kognitif Sosial. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester tiga Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 66 pemakai SIMAKAD. Data dianalisis dengan menggunankan perangkat lunak SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh positif dan signifikan  terhadap penggunaan SIMAKAD, (2) Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SIMAKAD, (3) Persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness), dan (4) Computer self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan SIMAKAD.
UPAYA GENERALISASI KONSEP MANAJEMEN STRATEGIK B Elnath Aldi
EKONOMI & SOSIAL Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v6i2.503

Abstract

Manajemen strategik telah mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini jika ditelusur dimulai sejak era revolusi industri sampai sekarang. Integrasi pengertian manajemen strategik sangatlah susah dilakukan mengingat banyaknya arti dan konsep mengenai manajemen strategik, hal ini juga didukung oleh temuan-temuan penelitian manajemen strategik yang beragam. Tidak adanya satu konsep mengenai manajemen strategik justru membuat penelitian dan pengembangan teori semakin dinamis. Perbedaan konsep dan hasil penelitian ternyata sudah dicermati sejak tahun 1960-an sampai tahun 2005.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK PADA WAJIB PAJAK DI MERAUKE Irene Herdjiono; Sarwina Sulo
EKONOMI & SOSIAL Vol 6 No 2 (2015): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial
Publisher : Universitas Musamus,Merauke,Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/jies.v6i2.369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengetahuan dan pemahaman, kualitas pelayanan, persepsi terhadap kemauan membayar pajak dengan kesadaran membayar pajak sebagai variabel intervening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman peraturan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran membayar pajak, sedangkan kualitas pelayanan, persepsi atas efektifitas sistim pajak berpengaruh positif terhadap kesadaran membayar pajak. Pengetahuan dan pemahaman peraturan pajak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran membayar pajak, sedangkan kualitas pelayanan, persepsi atas efektifitas pelayanan dan keadaran membayar pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Pengujian intervening menunjukkan bahwa kesadaran membayar pajak tidak terbukti dapat menjadi intervening antara pengetahuan, pemahaman, kualitas pelayanan, persepsi atas efektivitas pelayanan terhadap kemauan membayar pajak.   

Page 1 of 1 | Total Record : 5