cover
Contact Name
Naser Jawas
Contact Email
naser.jawas@stikom-bali.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsi@stikom-bali.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Sistem dan Informatika
ISSN : 1858473X     EISSN : 24603732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) terbit dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi makalah-makalah ilmiah hasil penelitian dari civitas akademika STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)" : 10 Documents clear
Pengembangan Pembelajaran E-learning Dengan Moodle (Modulator Object-Oriented Dynamic Learning Environment) M Samsudin; Ni Nyoman Utami Januhari
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.237 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.210

Abstract

Teknik pembelajaran secara e-learning semakin meningkat di jaman teknologi yang semakin berkembang. Dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini. Pembelajaran secara e-learning sudah diterapkan di lingkungan pendidikan. Dengan pembelajaran e-learning diharapkan dapat memperbaiki pola pembelajaran konvensional menjadi pola pembelajaran digital, seperti yang diharapkan oleh pengelola pendidikan. Masih banyak sekolah yang melakukan pembelajaran secara konvensional sehingga siswa belum dapat secara optimal menerima materi pembelajaran karena keterbatasan waktu pelajaran, sehingga dibutuhkan pengembangan sistem e-learning untuk mempermudah proses pembelajaran siswa. Pengembangan Teknik pembelajaran e-learning yang dikembangkan dengan Moodle. Dalam penelitian ini dibangun system informasi e-learning dengan tampilan Moodle Analisa dan desain sistem dengan pendekatan Zachman Framework dimulai dengan menentukan ruang lingkup sistem (business scope) yang meliputi seluruh data, Activity Diagram, dan Sequence Diagram serta tahap terakhir yang dilakukan adalah membuat technology model yaitu menjelaskan tentang perancangan interface menu dan implementasi e-learning berbasis moodle dengan melakukan kustomisasi pada perangkat lunak Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Dengan pengembangan e-learning sebagai sarana pembelajaran, kualitas pembelajaran dan hasil belajar semakin mudah dan cepat diterima oleh peserta didik. Selain itu hal ini penulis lakukan demi membantu para anak didik dapat mempelajari dan mengulang kembali materi pelajaran yang telah dipelajari.
Analisis Pembacaan dan Penulisan Data Buku Menggunakan RFID Mifare RC-522 untuk Perpustakaan Mochamad Reza Adhitama; I Gede Eka Wiantara Putra
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.99 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.228

Abstract

Perpustakaan modern memerlukan suatu sistem untuk mengidentifikasi buku satu dengan yang lain. Saat ini sistem automasi perpustakaan sudah menerapkan sistem identifikasi menggunakan barcode. Namun teknologi ini memerlukan kontak langsung atau terlihat agar dapat dibaca oleh sistem. Teknologi alternatif yang dapat digunakan adalah RFID. Kelebihan RFID adalah tidak memerlukan kontak langsung (contactless) dengan tingkat error yang rendah dan data yang dapat ditulis berulang kali. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall. Komponen yang digunakan pada sistem ini adalah RFID Tag/Transponder (Mifare Classic 1K), RFID Interrogator Module (Mifare RC-522) yang dirangkaikan dengan Arduino Uno R3 yang terhubung dengan komputer. Pada hasil pengujian didapatkan bahwa sistem ini dapat melakukan pembacaan data pada tag dengan rekomendasi jarak baca di bawah 3.5 cm (memiliki tingkat akurasi di atas 80%) dan penulisan data pada tag dengan rekomendasi jarak tulis di bawah 2.5 cm (memiliki tingkat akurasi di atas 80%).
Pemilihan Lokasi Usaha Vapor Store Menggunakan Metode Weighted Product Made Arya Budhi
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.104 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.230

Abstract

Gaya hidup merupakan salah satu bagian yang tumbuh beriringan dengan era modernisasi. Gaya hidup modern yang sekarang banyak dianut oleh masyarakat kebanyakan adalah gaya hidup yang bersifat konsumtif. Vape merupakan salah satu teknologi rokok elektrik yang sedang digandrungi pada saat ini. Walaupun legalitas dari teknologi ini masih diperdebatkan hingga saat ini, namun para pengguna dari teknologi ini semakin bertambah banyak. Vapor store merupakan sebuah usaha yang menyediakan perlengkapan dari vape. Weighted Product merupakan salah satu metode yang dapat membantu dalam pemilihan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam penentuan lokasi vapor store yang berimbas pada tingginya tingkat penjualan.
Perbandingan Akurasi Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor pada Klasifikasi untuk Meramalkan Status Pekerjaan Alumni ITB STIKOM Bali Muhammad Azman Maricar; Dian Pramana
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.613 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.233

Abstract

Tujuan utama setiap alumni setelah lulus di perguruan tinggi adalah mendapatkan pekerjaan. Setiap alumni tentu memiliki rentang waktu yang berbeda untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus, maka dari itu diperlukan metode untuk memprediksi seberapa lama waktu yang diperlukan oleh alumni dalam mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan metode antara Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor dengan nilai K = 3, 5, 7, dan 9. Parameter yang digunakan sebagai acuan prediksi rentang waktu dalam mendapatkan pekerjaan adalah masa studi, jenis kelamin, dan IPK terakhir. Prediksi yang dihasilkan adalah berupa keterangan cepat yang berarti tiga bulan ke bawah dan lama yang berarti di atas tiga bulan. Data yang digunakan sebanyak 1669, dimana 80% atau 1335 sebagai data training dan 20% ata 334 sebagai data testing. Hasil yang diperoleh adalah Naïve Bayes memiliki akurasi dan MAPE yang lebih baik yaitu 83.83% dan 16.17%, dibandingkan dengan K-Nearest Neighbor dengan nilai K terbaik yaitu 9 yang memiliki akurasi 82.34% dan MAPE 17.66%. Berdasarkan ketentuan rentang nilai MAPE, baik Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor dengan nilai K=9 memiliki arti bahwa metode tersebut baik dalam kasus ini, namun Naïve Bayes sedikit lebih baik.
Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV UMA HANA Ria Manurung
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.441 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.239

Abstract

Perkembangan IPTEK yakni teknologi informasi yang sangat cepat tentu akan dapat mempermudah kegiatan bisnis. Akan tetapi, kegiatan bisnis pada UMA HANA meliputi pengelolaan pembelian, penjualan dan persediaan barang pada UMA HANA masih dilakukan dengan cara manual sehingga memungkinkan terjadi kesalahan. Oleh sebab itu dibutuhkan adanya sebuah sistem secara komputerisasi berbasis desktop yang diharapkan dapat membantu pencatatan transaksi pembelian, dan penjualan, serta persediaan barang sehingga mampu menyediakan informasi yang cepat, akuntabel dan akurat kepada user UMA HANA. Metode Development Life Cycle Software dengan metode waterfall dipergunakan untuk merancang sistem pada penelitian ini. Uji hipotesis dan uji manfaat digunakan untuk mencermati bagaimana dan sejauh mana pengaruh dan manfaat yang diberikan. Sistem UMA HANA juga berguna untuk mempermudah membuat laporan. Sistem ini mempunyai keunggulan dalam kegunaan, kemudahan untuk dipelajari, efisiensi dan akurasi.
Arsitektur Konsolidasi Server dengan Virtualisasi untuk Penyedia Layanan Infrastruktur Cloud I Gusti Ngurah Wikranta Arsa
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.436 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.240

Abstract

IAAS sebagai salah satu model layanan penyedia infrastruktur tentunya harus melayani kebutuhan infrastruktur khususnya server sebagai salah satu layanan komputasi. Dalam implementasinya layanan penyedia server atau komputasi memberikan sebuah server yang dapat dikelola oleh pengguna layanan, sebagai penyedia layanan seharusnya menyediakan server secara fisik. Permasalahan yang ditimbulkan adalah jumlah server yang disediakan tentunya sesuai dengan jumlah pelanggan jika saja ini dilakukan maka akan menimbulkan jumlah server yang banyak dan tingkat investasi yang besar, konsumsi daya yang besar, penggunaan utilitas infrastruktur yang tidak maksimal, biaya perawatan besar, penyediaan ruang secara fisik yang besar, serta manajemen pengelolaan perangkat fisik yang besar. Dalam pengelolaannya ada beberapa metode yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan konsolidasi. arsitektur server konsolidasi yang digunakan untuk penyedia layanan infrastructure cloud computing. Dimana pada arsitektur terdapat tiga layer yang diusulkan yaitu layer infrastruktur sebagai penyedia fisik dari server, layer hypervisor sebagai sistem oprasi virtualisasi pengelola seluruh infrastruktur fisik, dan yang ketiga adalah layer aplikasi yang berisikan seluruh mesin virtual yang dapat diakses oleh pengguna layanan cloud infrastruktur.
Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web Fredy Perdana Anggara Selfiyan; Dimas Wahyu Wibowo; Adn Maulidya Handah Putri; Haryo Bagus Setyawan; Okta Chandika Salsabila
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.789 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.243

Abstract

Penyeleksian mahasiswa berprestasi adalah suatu kegiatan untuk memilih beberapa mahasiswa yang berprestasi baik di bidang akademis ataupun non akademis. Kegiatan penyeleksian mahasiswa berprestasi merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tahun. Di dalam proses penyeleksian mahasiswa berprestasi dibentuk sebuah tim yang akan menilai kandidat mahasiswa berprestasi. Namun dalam proses penyeleksian masih dilakukan secara manual sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengolah data. Selain itu, ketidaksempurnaan informasi juga merupakan salah satu faktor yang membuat waktu pengolahan data yang cukup lama. Berdasarkan hal tersebut pada tugas ini dibangun sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk penyeleksian mahasiswa berprestasi. Metode yang digunakan adalah metode Naive Bayes. Sistem pendukung keputusan ini dibentuk dengan bahasa pemrograman PHP dan database SQL. Sistem akan mengambil input berupa data mahasiswa yang terdiri dari nomor induk mahasiswa, nama, jenis kelamin, program studi, jurusan kuliah, semester, nilai indeks prestasi (IP), dan jumlah piagam baik di bidang akademis maupun non-akademis yang dimiliki oleh mahasiswa. Berdasarkan input tersebut, sistem akan memberikan output yang memutuskan apakah seorang mahasiswa layak mendapatkan gelar mahasiswa berprestasi atau tidak. Dengan demikian sistem dapat digunakan untuk membantu dalam penentuan gelar mahasiswa berprestasi.
Analisis Performansi Antara Apache & Nginx Web Server Dalam Menangani Client Request Albert Yakobus Chandra
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.549 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.248

Abstract

Dalam keberadaan World Wide Web (WWW), web server menjadi salah satu faktor penting agar sebuah website dapat berjalan dengan baik dan melayani kebutuhan pengguna web tersebut. Web server yang tepat digunakan untuk sebuah sistem website maka dapat dipastikan website tersebut selalu dapat berjalan dengan baik. Saat ini banyak pilihan web server yang dapat digunakan untuk menjalankan sistem website, dua yang paling populer digunakan adalah Apache dan Nginx web server. Penelitian ini akan melakukan pengujian pada kedua web server tersebut untuk mengetahui salah satu web server yang terbaik dalam menyelesaikan client request. Pengujian yang dilakukan mengggunakan tools Apache Bench untuk melakukan benchmarking dari sisi banyak nya client request yang bervariasi mulai dari 100 request sampai dengan 1000000 request dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan request tersebut. Hasil uji pada penelitian ini memberikan hasil benchmarking yang menunjukkan bahwa dari sisi penggunaan waktu, nginx menggunakan waktu lebih sedikit daripada Apache dalam menyelesaikan client request.
Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 Lisa Amelia; Iis Pradesan
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.201 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.249

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi komputer yang banyak dimanfaatkan kegunaannya saat ini adalah Website. Website menjadi salah satu bentuk teknologi yang banyak digunakan karena dapat memberikan kemudahkan dan manfaat bagi penggunanya. Suatu website dapat dikatakan berkualitas apabila apa website tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. Penulis menggunakan Metode WebQual 4.0 dengan tiga dimensi utamanya yaitu usability, information, service interaction untuk mengukur kualitas layanan yang dapat dikaitkan dengan kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan pada pengguna website di Universitas XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian menyatakan bahwa variabel independen (usability, information, dan service interaction ) berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (kepuasan pengguna) dengan nilai signifikansi dari setiap variabel usability, information, dan service interaction masing-masing sebesar 0,003, 0,000 dan 0,047.
Implementasi Model Delphi dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Objek Wisata di Kabupaten Banyuwangi Muhammad Rusli; Khairul Anam; Dian Rahmani Putri
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 14 No 1 (2019): Jurnal Sistem dan Informatika (JSI)
Publisher : Bagian Perpustakaan dan Publikasi Ilmiah - Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.285 KB) | DOI: 10.30864/jsi.v14i1.254

Abstract

Selaras dengan perkembangan infrastruktur teknologi informasi, khususnya teknologi multimedia, kebutuhan informasi yang aktual, menarik dan interaktif menjadi suatu keniscayaan untuk dipenuhi. Informasi tersebut dibutuhkan antara lain guna mengenalkan atau mempromosikan objek-objek wisata bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Untuk dapat lebih mempromosikan objek-objek wisata sebuah daerah kepada wisatawan secara luas, cepat dan menarik, diperlukan penggunaan aplikasi teknologi multimedia tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di era digital ini, yaitu berupa informasi wisata yang dikemas dalam sebuah format multimedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi multimedia interaktif yang berisikan informasi tentang objek wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Metode pengembangannya menggunakan Model Delphi dengan software Authoring Multimedia menggunakan Adobe Flash. Prinsip-prinsip animasi dalam menampilkan elemen-elemen multimedia diterapkan guna memperoleh hasil yang lebih menarik dan efektif. Hasil pengembangannya berupa produk multimedia interaktif pengenalan objek wisata di Kabupaten Banyuwangi berbasis Android.

Page 1 of 1 | Total Record : 10