cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
JIEM
ISSN : 977244287     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM) adalah jurnal ilmiah online Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun yang berdiri sejak 23 Februari 2015. Jurnal ini merupakan terbitan berkala 6 bulan, dengan jadwal terbit bulan April dan Oktober di setiap tahunnya. Artikel pada jurnal ini ditujukan untuk mewadahi publikasi artikel yang bersumber dari mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bidang pendidikan matematika maupun matematika sain. Artikel yang dimuat di jurnal ini adalah artikel hasil penelitian atau hasil kajian dengan format penulisan mengikuti kaidah ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)" : 10 Documents clear
OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII-G SMPN 1 MADIUN Aryani, Dian; Santoso Yohanes, Rudi
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VII-G SMPN 1 Madiun menggunakan model pembelajaran Treffinger. Optimalisasi ini dilihat dari aspek kemampuan guru menggunakan model pembelajaran Treffinger, aktivitas siswa belajar matematika selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger, dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMPN 1 Madiun dengan jumlah 32 siswa. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan sebagai berikut, (1) persentase kemampuan guru menggunakan model pembelajaran Treffinger pada siklus I sebesar 2,82 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,18. Hal ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan. (2) persentase aktivitas siswa belajar matematika selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger pada siklus I sebesar 43,75% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 62,50 %, namun belum mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan. (3) Hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 59,38%, selain itu, terdapat salah satu aspek indikator pemecahan masalah yaitu melaksanakan rencana masih berada pada kategori cukup, hal ini belum mecapai indikator yang sudah ditentukan yaitu aspek indikator keberhasilan minimum berada pada kategori tinggi, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 70,97% namun belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dan semua aspek indikator pemecahan masalah pada siklus II ini sudah berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, optimalisasi model pembelajaran Treffinger belum dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-G SMPN 1 Madiun.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP KELAS VII Sulistya Rini, Rizky; Santoso Yohanes, Rudi
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design dengan design Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling menghasilkan 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik tes kemampuan berpikir kritis matematis dan catatan lapangan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian kemampuan berpikir siswa matematis sebagai berikut, (1) dari skor pretes dan skor posttes tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa akan diuji reliabilitas dengan  r11 = 0,450 dalam kategori cukup baik sehingga, baik soal pretes maupun posttes dapat digunakan, (2) dari skor data posttes – pretes kemampuan berpikir kritis matematis siswa akan diuji normalitas pada kelas eksperimen Lobs = 0,085 dan Ltabel = 0,159 sedangkan kelas kontrol Lobs = 0,103 dan Ltabel = 0,157. Dari hasil tersebut Lobs ÏDK, maka sampel kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan (3) pengujian hipotesis menggunakan uji dengan = 0,05 dan diperleh nilai t (=1,67337473)  DK, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada kemampuan berpikir krtitis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMECAHAN MASALAH POLYA SISWA KELAS VII SMPK St. BERNARDUS MADIUN Martaningrum, Melita; Ariyanti, Gregoria
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran kontekstual dengan pemecahan masalah yang nantinya akan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pengembangan ini dilakukan di kelas VII SMPK St. Bernardus Madiun. Tahap di dalam penelitian ini meliputi Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), dan Pendiseminasian (disseminate). Dan penelitian dikatakan berhasil apabila memenuhui beberapa kriteria yaitu  valid, prasktis, dan efektif.  Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Kerja Siswa, Buku Pedoman Guru dan Tes Hasil Belajar. Setelah diujicobakan perangkat yang dikembangkan memenuhi validitas dan kepraktisan. Namun perangkat yang dikembangkan belum efektif. Perangkat pembelajaran dikemas dalam satu paket perangkat pembelajaran sebagai salah satu acuan pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual pada pokok bahasan perkalian bentuk aljabar kelas VII SMP dengan beberapa perbaikan.Uji coba ke dua tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Namun demikian peneliti telah melakukan perbaikan terhadap perangkat pembelajaran sesuai dengan revisi.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP Youlanda Alviandita, Laurensia; Ariyanti, Gregoria
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan relistik ditinjau dari kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif sesuai dengan kriteria pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan karena memberi hasil berupa perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik ditinjau dari kemampuan koneksi matematis siswa. Perangkat yang dihasilkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Kerja Siswa, Buku Petunjuk guru, dan Soal tes kemampuan koneksi matematis siswa.
Redaksi JIEM JIEM Vol. 4 No. 2 (2018), Redaksi
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Redaksi JIEM Vol. 4, No. 2 (2018)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP Laurensia Youlanda Alviandita; Gregoria Ariyanti
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan relistik ditinjau dari kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif sesuai dengan kriteria pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan karena memberi hasil berupa perangkat pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik ditinjau dari kemampuan koneksi matematis siswa. Perangkat yang dihasilkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Kerja Siswa, Buku Petunjuk guru, dan Soal tes kemampuan koneksi matematis siswa.
OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII-G SMPN 1 MADIUN Dian Aryani; Rudi Santoso Yohanes
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VII-G SMPN 1 Madiun menggunakan model pembelajaran Treffinger. Optimalisasi ini dilihat dari aspek kemampuan guru menggunakan model pembelajaran Treffinger, aktivitas siswa belajar matematika selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger, dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMPN 1 Madiun dengan jumlah 32 siswa. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan sebagai berikut, (1) persentase kemampuan guru menggunakan model pembelajaran Treffinger pada siklus I sebesar 2,82 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,18. Hal ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan. (2) persentase aktivitas siswa belajar matematika selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treffinger pada siklus I sebesar 43,75% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 62,50 %, namun belum mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan. (3) Hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 59,38%, selain itu, terdapat salah satu aspek indikator pemecahan masalah yaitu melaksanakan rencana masih berada pada kategori cukup, hal ini belum mecapai indikator yang sudah ditentukan yaitu aspek indikator keberhasilan minimum berada pada kategori tinggi, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 70,97% namun belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dan semua aspek indikator pemecahan masalah pada siklus II ini sudah berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, optimalisasi model pembelajaran Treffinger belum dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII-G SMPN 1 Madiun.
Redaksi JIEM Redaksi JIEM Vol. 4 No. 2 (2018)
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Redaksi JIEM Vol. 4, No. 2 (2018)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMECAHAN MASALAH POLYA SISWA KELAS VII SMPK St. BERNARDUS MADIUN Melita Martaningrum; Gregoria Ariyanti
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran kontekstual dengan pemecahan masalah yang nantinya akan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pengembangan ini dilakukan di kelas VII SMPK St. Bernardus Madiun. Tahap di dalam penelitian ini meliputi Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), dan Pendiseminasian (disseminate). Dan penelitian dikatakan berhasil apabila memenuhui beberapa kriteria yaitu  valid, prasktis, dan efektif.  Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Kerja Siswa, Buku Pedoman Guru dan Tes Hasil Belajar. Setelah diujicobakan perangkat yang dikembangkan memenuhi validitas dan kepraktisan. Namun perangkat yang dikembangkan belum efektif. Perangkat pembelajaran dikemas dalam satu paket perangkat pembelajaran sebagai salah satu acuan pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual pada pokok bahasan perkalian bentuk aljabar kelas VII SMP dengan beberapa perbaikan.Uji coba ke dua tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Namun demikian peneliti telah melakukan perbaikan terhadap perangkat pembelajaran sesuai dengan revisi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP KELAS VII Rizky Sulistya Rini; Rudi Santoso Yohanes
JIEM | JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA Vol 4, No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 (2018)
Publisher : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design dengan design Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling menghasilkan 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik tes kemampuan berpikir kritis matematis dan catatan lapangan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian kemampuan berpikir siswa matematis sebagai berikut, (1) dari skor pretes dan skor posttes tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa akan diuji reliabilitas dengan  r11 = 0,450 dalam kategori cukup baik sehingga, baik soal pretes maupun posttes dapat digunakan, (2) dari skor data posttes – pretes kemampuan berpikir kritis matematis siswa akan diuji normalitas pada kelas eksperimen Lobs = 0,085 dan Ltabel = 0,159 sedangkan kelas kontrol Lobs = 0,103 dan Ltabel = 0,157. Dari hasil tersebut Lobs ÏDK, maka sampel kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan (3) pengujian hipotesis menggunakan uji dengan = 0,05 dan diperleh nilai t (=1,67337473)  DK, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada kemampuan berpikir krtitis matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 10