cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Giga
ISSN : 14108682     EISSN : 26219239     DOI : -
Core Subject : Education,
GIGA Scientific Journals is a scientific publication from research and literature study which are conducted by undergraduate, graduate, doctoral student, researchers and lecturers to be published widely and can be utilized as widely as possible for the advancement of science and technology at domestic and aroud the world.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2019): Volume 22 Edisi 1 Tahun 2019" : 5 Documents clear
Rancang Bangun Pengamat Parameter Cuaca Menggunakan Komunikasi Nir Kabel Vadhya Wiendyas Gandoria; V Vekky Ronald Repi; Agus Wibowo
Jurnal Ilmiah Giga Vol 22, No 1 (2019): Volume 22 Edisi 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/jig.v22i1.739

Abstract

Automatic Weather Sation (AWS) sampai saat ini belum ada produksi dalam negeri, dengan demikian dibutuhkan penelitian lebih lanjut menyangkut AWS yang dapat mendeteksi parameter cuaca. Maka dibangunlah sistim pengamat parameter cuaca ini, yang dilengkapi dengan 4 buah sensor, yaitu: DHT22 untuk mengukur suhu dan kelembaban, BMP180 untuk mengukur tekanan udara, LDR untuk mengukur penguatan cahaya (Iluminasi), serta opto-interrupt-device untuk mengukur kecepatan angin dengan kondisi cuaca yang diamati pada suatu titik tempat. Data sensor akan diolah dalam mikrokontroler Arduino, lalu ditampilkan melalui VB.Net dan data akan tersimpan ke dalam database MySQL. Akses pengiriman data menggunakan wireless NRF24L01 yang dapat berfungsi sebagai transceiver. Sistim yang dirancang akan dibandingkan dengan AWS milik Universitas Nasional. Dengan hasil pengujian tiap parameter diantaranya suhu error maximum 1.76%, kelembaban error maximum 4.3%, iluminasi error rata-rata 1.5%, tekanan udara error maximum 0.0099%, kecepatan angin erorr maximum 21.6%.
Optimasi Sistem Pencahayaan Buatan Pada Gedung Olahraga Hoki Di Kota Administrasi Jakarta Selatan Lailatul Isnaeni; Hari Hadi Santoso; Erna Kusuma Wati
Jurnal Ilmiah Giga Vol 22, No 1 (2019): Volume 22 Edisi 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/jig.v22i1.741

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pencahayaan di gedung olahraga A dan gedung olahraga B di daerah Jakarta Selatan dengan metode pengukuran langsung dan menggunakan simulasi DIALux 4.13 berdasarkan SNI 03-3647-1994, SNI 03-6575-2001, dan Facilities Design Guidance Sports Lighting for Non-Televised Hockey 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi nilai iluminasi dan melakukan optimalisasi pada gedung olahraga yang digunakan untuk olahraga hoki ruangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan hasil nilai pengukuran dengan standard pencahayaan. Pengukuran dilakukan pada malam hari saat gedung olahraga menggunakan lampu sebagai penerangan. Gedung olahraga A diperoleh nilai iluminasi sebesar 25.4 Lux, reflektansi lantai 28.6%, reflektansi dinding 31.6%. Gedung olahraga B diperoleh nilai iluminasi sebesar 46,2 Lux, reflektansi lantai 26.9%, reflektansi dinding 52.1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat iluminasi di gedung olahraga A maupun B belum memenuhi kondisi ideal sebesar 200 Lux, sehingga diperlukan optimalisasi pada kedua gedung olahraga tersebut. Setelah dilakukan optimalisasi peningkatan angka reflektansi lantai dan dinding, penggantian jenis lampu pada gedung olahraga A diperoleh 202 Lux dan 215 Lux sedangkan pada gedung olahraga B diperoleh 208 Lux dan 217 Lux. Untuk 6 buah lampu jenis fluoresent pada gedung Olahraga A menghasilkan 232 Lux, dan 9 buah lampu jenis fluoresent pada gedung olahraga B menghasilkan 218 Lux.
Analisis Karakter Segmen Abnormal pada Citra Mamografi dengan Menggunakan Berbagai Metode Preprocessing Citra Ni Larasati Kartika Sari; Maria Oktavianti; Samsun Samsun
Jurnal Ilmiah Giga Vol 22, No 1 (2019): Volume 22 Edisi 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/jig.v22i1.737

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan beberapa jenis algoritma preprocessing untuk mencari karakteristik segmen abnormal yang tampak pada citra mamografi. Mamografi merupakan pemeriksaan radiografi khusus payudara. Penerapan algoritma preprocessing yang terdiri dari metode filtering, contrast enhancement, sharpening, dan smoothing diharapkan dapat mengurangi noise dan meningkatkan kontras citra mamografi serta membantu ahli radiologi untuk melakukan diagnosis pada citra. Pada penelitian ini akan digunakan dua algoritma filtering yaitu median filter dan gaussian filter. Selain itu digunakan dua algoritma contrast enhancement yaitu global histogram equalization dan CLAHE (Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization). Nilai piksel rata-rata segmen abnormal berkisar antara 206.9-213.3 dan rasio sumbu minor/mayor segmen abnormal berkisar antara 0.5-0.7.Pemilihan jenis metode filter (median filter dan gaussian filter) tidak mempengaruhi hasil nilai piksel rata-rata maupun rasio sumbu minor/mayor dan ukuran segmen abnormal, namun pemilihan jenis metode peningkatan kontras (CLAHE dan global histogram equalization) menghasilkan segmen abnormal dengan ukuran yang berbeda. Metode global histogram equalization menghasilkan segmen abnormal yang tidak dapat dibedakan dengan sekitarnya sehingga hasil ekstrasi segmen terlalu besar.
Kualitas Karaktometri Material Kevlar Substitusi Fiberglass pada Kapal Ikan Nelayan Indonesia Budiman Adi Setyawan; M Rusdy Hatuwe; Marsudi Marsudi
Jurnal Ilmiah Giga Vol 22, No 1 (2019): Volume 22 Edisi 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/jig.v22i1.738

Abstract

Pada makalah ini telah dilakukan penelitian tentang penggunaan bahan Kevlar sebagai bahan dasar pembuatan kapal patroli dilaut lepas. Terhadap beberapa bahan Kevlar Impor dilakukan pengujian fisik dengan pengujian pengujian yang telah baku, yaitu Berat Bahan SNI ISO 3801:2010 Berat K-100 130 g/m2 sedangkan FG 600 480 g/m2. Konstruksi Bahan SNI ISO 7211-2:2010 (Tetal) K-100, untuk lusi dan pakan sama-sama 95 helai/10 cm sedangkan FG 600 untuk lusi dan pakannya sama-sama 30 helai/10 cm, SNI ISO 7211-1: 2010 (Anyaman) K-100 dan FG-600 sama-sama anyamannya plat. Kekuatan tarik dan mulur bahan ISO 13934-1 (arah vertikal dan horizontal) untuk K-100 kekuatan tariknya kea rah lusi dan pakan sama-sama 5.300 N/5 cm sedangkan FG-600 4.000 N/5 cm untuk kedua arah lusi dan pakan. Komposisi SNI 08-0265:1989 K-100 terbuat dari sejenis Nilon dan FG 600 terbuat dari Polyester.
Perencanaan Water Bus Double Hull Fiberglass Kapasitas Angkut 35 Orang Amir Marasabessy; Adella Hotnyda; Ahmad Zayadi
Jurnal Ilmiah Giga Vol 22, No 1 (2019): Volume 22 Edisi 1 Tahun 2019
Publisher : Universitas Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47313/jig.v22i1.740

Abstract

Water bus merupakan sarana transportasi angkutan penumpang pada pelayaran sungai atau danau yang saat ini dapat dikategorikan masih dalam jumlah yang belum signifikan jika dibandingkan dengan keberadaan sungai yang ada diwilayah Indonesia sehingga masih diperlukan pengembangan armada water bus berbahan fiberglass dan dari segi disain dapat dikatakan belum memaksimalkan faktor teknis dan ekonomis. Tujuan penelitian adalah desain prototipe model water bus double hull fiberglass yang memenuhi faktor teknis dan ekonomis. Metode yang digunakan pada tahapan preliminary disain adalah metode optomasi untuk menentukan ukuran utama kapal yang optimum berdasarkan data kapal pembanding yang telah diregister pada tahap basic disain dan optimation design approach untuk menghasilkan nilai optimum dari kriteria tertentu (objective function) dengan menentukan parameter yang harus dipenuhi dan menetapkan batasan-batasan (constraint) agar dapat meminimalkan engine power serta dapat digunakan untuk analisis tahapan basic disain serta perhitungan/gambar lines plan dan general arrangement menggunakan program. Hasil penelitian berupa prototipe model water bus double hull fiberglass tipe OBM yang dibuat dalam bentuk miniatur dengan ukuran Panjang (Loa) = 16,00 m, Panjang (Lwl) = 14,61 m, Lebar 5,26 m, Tinggi (H) 1,50 m dan sarat air (T) 0,70 m, kecepatan (V) 17 knot dan kapasitas engine 2 × 175 HP.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019