cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)" : 2 Documents clear
INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO Sylmi Pramiana; Eny Winaryati
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.2.2.2014.44-53

Abstract

Interaksi dalam pembelajaran kimia merupakan aktifitas dalam pembelajaran kimia.Interaksi yang terjadi dalam pembelajaran merupakan salah satu aksi dan reaksi antara guru dan siswa.Masalah penelitian ini bagaimana interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X MIPA di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui hubungan batin, strategi, kondisi, evaluasi dan komunikasi antara guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa interaksi antara guru dan siswa baik.Diketahui dari hasil kuisionerbanyak anak yang menilai guru kimia baik, pada hasil observasi juga diketahui kebenarannya bahwa guru sangat baik dalam berinteraksi dengan siswa dan terlihat sangat akrab. Situasi belajar yang semangat dan adanya apersepsi guru dan siswa.kata kunci: Interaksi Guru dan Siswa, Pembelajaran Kimia
PENGEMBANGAN SSP BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA Ayu Rahayu
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.2.2.2014.4-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) bentuk SSP berbasis model learning cycle yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep, (2) kelayakan SSP,(3) pengaruh SSP terhadap keterampilan proses, serta (4) pengaruh SSP terhadap pemahaman konsep.Metode penelitian yang digunakan merupakan modifikasi model R&D dan 4D serta terdiri dari tahapan: pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan diseminasi terbatas. Penelitian dilaksanakandi SMA Kolombo Yogyakarta dengan subjek uji coba terbatas 20 orang dan uji coba lapangan 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, lembar validasi, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes, dan lembar angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rata-rata skor dan persentase serta statistic uji beda mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan: (1) SSP berbasis model learning cycle dikembangkan berdasarkan fase-faseelicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, dan extend. (2) SSP layak digunakan dalam pembelajaran. (3) SSP dapat meningkatkan keterampilan proses. (4) SSP dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.Kata kunci: SSP, model learning cycle, keterampilan proses, pemahaman konsep

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 11, No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG More Issue