cover
Contact Name
INTEKNA
Contact Email
intekna@poliban.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
intekna@poliban.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53" : 14 Documents clear
Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Doa Harian Berbasis Aplikasi Android Di Taman Kanak-Kanak Mawaddah Banjarmasin Dahrani, Fitri Ani; Rahmah; Rahma Pitria Ningsih
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.966

Abstract

Taman Kanak-kanak Mawaddah selama ini hanya menggunakan sistem belajar biasa dan cenderung cepat bosan dalam hal pembelajaran apalagi kalau sedang ada tugas di rumah sebagai latihan (pekerjaan rumah). Siswa juga sering tidak memperhatikan pada saat pembelajaran di kelas. Hal-hal tersebut yang mendorong pendidik menggunakan aplikasi android untuk dapat mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih mudah dan tidak membosankan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian terapan, sumber data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran berbasi aplikasi android yang bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga dapat dengan mudah memahami huruf hijaiyah dan doa harian.
Dampak Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Banjarbaru maharani, sari hepy; Agus Pebrianto; Rohayati
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1003

Abstract

This study aims to determine the impact of the Covid-19 pandemic on UMKM in the City of Banjarbaru. The dependent variable in this study is the performance of MSMEs while the independent variables include financial aspects, technical & production aspects, marketing aspects, human resources aspects, and technological competency aspects. The survey research was conducted on 106 UMKM which are under the guidance of the Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. The data obtained were then analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the cause of the decline in UMKM performance that occurred in almost all UMKM in Banjarbaru was a decrease in the marketing aspect, in this case, a decrease in people's purchasing power caused by the Pandemic.
Pengembangan Perangkat Blended Learning Dalam Rangka Menghadapi Era New Normal Pandemi Covid 19 wardiah, isna; Edi Yohanes; Saberan
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1047

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perangkat blended learning yang dapat diterapkan untuk menghadapi era new normal Pandemi covid-19 dan untuk mengetahui validitasnya. Perangkat pembelajaran dikembangkan untuk mata kuliah Aljabar Linier di program studi Teknik Informatika (TI) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang meliputi studi pendahuluan, perancangan dan pengembangan program. Studi pendahuluan berdasarkan kondisi perkuliahan di Poliban. Perancangan produk telah dilakukan dengan pembuatan perangkat blended learning yang terdiri atas Silabus, RPP, buku pegangan mahasiswa dan kelas daring pada moodle elearning poliban. Tahap pengembangan produk adalah uji validitas perangkat yang dihasilkan oleh tim ahli. Penelitian ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, dan kelas online pada moodle elearning poliban dengan alamat elearning.poliban.ac.id. Dari hasil uji validitas perangkat oleh dua orang ahli, didapat skor validitas produk sebesar 4,15 sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat blended learning yang dihasilkan telah valid. Perangkat pembelajaran tersebut saat ini telah mulai digunakan pada pembelajaran Aljabar Linier Prodi TI pada mahasiswa angkatan 2020/2021 yang saat ini masih berjalan 100% daring.
Penggunaan Maps (Minnesota Assesment Of Problem Solving) Untuk Mengukur Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Prodi D-Iii Teknik Pertambangan Pada Mata Kuliah Mekanika Batuan Yadiannur, Mitra; Kartini; Ahmad Rizani; Rahma Norfaeda
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan problem solving mahasiswa prodi D-III Pertambangan jurusan teknik sipil pada materi Mekanika Batuan dengan menggunakan rubrik MAPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan data secara langsung pada situasi tempat penelitian melalui observasi pengamatan. Data penelitian diperoleh secara langsung dari informan dengan menggunakan soal pemecahan masalah (problem solving) menggunakan rubrik MAPS. Data penelitian diperoleh secara langsung dari informan dengan menggunakan soal pemecahan masalah menggunakan rubrik MAPS yang kemudian dianalisis dengan menggunakan software IBM Statistic SPSS 20. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi pengamatan dan data hasil lembar jawaban tes mekanika batuan. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 24 mahasiswa prodi D-III Teknik Pertambangan Jurusan Teknik Sipil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan problem solving mahasiswa prodi D-III teknik pertambangan berada pada kategori sedang yang dibuktikan dengan rerata skor yang diperoleh 2,95.
Implementasi Pembelajaran Berbasis Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin Kustini, Siti; Herlinawati, Herlinawati; Indrasary, Younie
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1122

Abstract

Literasi digital merupakan salah satu literasi baru yang sangat diperlukan dalam era teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu pesat saat ini. Dalam konteks penelitian ini, ‘literasi digital’ didefinisikan sebagai serangkaian keterampilan yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dan bagaimana mengevaluasi informasi yang disajikan melalui teknologi tersebut. Keterampilan ini mencakup keterampilan literasi tradisional – membaca, menulis, mendengar, berbicara – dan juga literasi lainnya seperti literasi informasi, literasi media, dan literasi penggunaan perangkat teknologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus berdasarkan pertimbangan bahwa desain ini mampu mengarahkan peneliti pada pengambilan kesimpulan yang holistik dan mendalam karena terfokus pada satu subyek penelitian dan digunakannya teknik pengumpulan data multi-metode untuk proses trianggulasi. Desain studi kasus ini mampu mengarahkan peneliti untuk mengkaji fenomena-fenomena yang muncul dalam proses pembelajaran secara detail karena penelitian ini dilaksanakan dalam setting yang natural. Data penelitian diperoleh melalui obsservasi, dokumen pembelajaran, termasuk didalamya hasil tugas yang diberikan kepada mahasiswa, dan juga artifak pembelajaran. Data dianalisis secara kualitatif yang disusun secara tematis dan sistematis sehingga temuan dari penelitian ini dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi digital yang mencakup antara lain: menentukan media yang dipergunakan untuk menyelesaikan tugas; mencari sumber referensi yang tepat dalam menggunakan berbagai informasi untuk penyelesaian tugas. mengevaluasi realibilitas atau keabsahan informasi; menganalisis, menafsirkan, dan menggunakan berbagai informasi dan media untuk mengkomunikasikan ide/gagasan melalui teks multimodal; menggunakan teknologi digital dengan cara yang aman dan bertanggung jawab secara sosial; mengelola menyelesaikan masalah ynag berkenaan dengan komponen perangkat keras dan perangkat lunak. menggunakan informasi dan media secara etis; menerapkan informasi untuk merancang representasi diri dalam mengkomunikasikan pengetahuan secara efektif kepada orang lain; mengembangkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan merefleksikan keterampilan teknologi, dan menggunakan berbagai perangkat teknologi untuk membuat informasi digital.
Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Umkm Kain Sasirangan Studi Kasus Pada Toko Abg Sasirangan Banjarmasin Ahyati, Inayatul Ulya; Effan Najwaini; Siti Erma Ainah; Febri Bonavita Jerli
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1123

Abstract

UMKM kain sasirangan di kota Banjarmasin mengalami dampak yang cukup parah selama pandemi Covid-19 ini. UMKM kain sasirangan seperti toko ABG Sasirangan yang proses penjualannya masih konvensional (penjualan dilakukan di toko saja) menjadi sepi pengunjung pada saat diberlakukannya PSBB. Oleh karena itu pada masa pandemi ini pengrajin kain sasirangan mengalami penurunan omset penjualan dan permintaan kain sasirangan menurun drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan Sistem Informasi Penjualan pada UMKM Kain Sasirangan Studi Kasus Pada Toko ABG Sasirangan Banjarmasin. Dengan adanya sistem informasi penjualan ini proses jual beli tetap dilakukan dengan cara berbelanja dari rumah, anjuran pemerintah untuk tetap dirumah dan membatasi interaksi sosial bisa tetap dipatuhi. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian terapan (applied research), jadi sistem informasi (SI) penjualan berbasis web diaplikasikan di Toko ABG Sasirangan Banjarmasin. SI penjualan ini mampu menangani proses penjualan secara daring. Pelanggan hanya perlu mengakses web toko ABG Sasirangan untuk bisa melihat-lihat barang dan membeli kain sasirangan tanpa harus datang secara langsung ke toko. Sistem informasi ini juga dapat menyediakan laporan stok barang dan laporan transaksi penjualan yang memudahkan pemilik toko untuk melakukan pendataan.
Pengaruh Dimensi Brand Positioning Dan Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah : Studi Empiris Tentang Penerapan Aplikasi Bank Tabungan Pensiunan Nasional Jenius Hairul Anwar; Pratiwi, Evi Lestari
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi brand positioning dan dimensi kualitas layanan yang dimiliki aplikasi JENIUS terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah BTPN. Data primer diambil dari 100 orang responden pengguna aplikasi JENIUS yang dipilih secara acak sederhana menggunakan kuisioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis jalur digunakan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ada tiga hipotesis berpengaruh signifikan yaitu dimensi brand positioning terhadap kepuasan nasabah, dimensi brand positioning terhadap loyalitas nasabah dan dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan hubungan parsial antara dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah berpengaruh tidak signifikan. Secara simultan dimensi brand positioning, dimensi kualitas layanan dan kepuasan nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah. Adapun hasil uji mediasi, variabel kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi memberikan pengaruh signifikan dimensi kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah dan berpengaruh tidak signifikan dimensi brand positioning terhadap loyalitas nasabah.
Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Doa Harian Berbasis Aplikasi Android Di Taman Kanak-Kanak Mawaddah Banjarmasin Fitri Ani Dahrani; Rahmah; Rahma Pitria Ningsih
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.966

Abstract

Taman Kanak-kanak Mawaddah selama ini hanya menggunakan sistem belajar biasa dan cenderung cepat bosan dalam hal pembelajaran apalagi kalau sedang ada tugas di rumah sebagai latihan (pekerjaan rumah). Siswa juga sering tidak memperhatikan pada saat pembelajaran di kelas. Hal-hal tersebut yang mendorong pendidik menggunakan aplikasi android untuk dapat mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih mudah dan tidak membosankan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian terapan, sumber data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran berbasi aplikasi android yang bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa, sehingga dapat dengan mudah memahami huruf hijaiyah dan doa harian.
Dampak Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Banjarbaru sari hepy maharani; Agus Pebrianto; Rohayati
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1003

Abstract

This study aims to determine the impact of the Covid-19 pandemic on UMKM in the City of Banjarbaru. The dependent variable in this study is the performance of MSMEs while the independent variables include financial aspects, technical & production aspects, marketing aspects, human resources aspects, and technological competency aspects. The survey research was conducted on 106 UMKM which are under the guidance of the Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. The data obtained were then analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the cause of the decline in UMKM performance that occurred in almost all UMKM in Banjarbaru was a decrease in the marketing aspect, in this case, a decrease in people's purchasing power caused by the Pandemic.
Pengembangan Perangkat Blended Learning Dalam Rangka Menghadapi Era New Normal Pandemi Covid 19 isna wardiah; Edi Yohanes; Saberan
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i1.1047

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perangkat blended learning yang dapat diterapkan untuk menghadapi era new normal Pandemi covid-19 dan untuk mengetahui validitasnya. Perangkat pembelajaran dikembangkan untuk mata kuliah Aljabar Linier di program studi Teknik Informatika (TI) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yang meliputi studi pendahuluan, perancangan dan pengembangan program. Studi pendahuluan berdasarkan kondisi perkuliahan di Poliban. Perancangan produk telah dilakukan dengan pembuatan perangkat blended learning yang terdiri atas Silabus, RPP, buku pegangan mahasiswa dan kelas daring pada moodle elearning poliban. Tahap pengembangan produk adalah uji validitas perangkat yang dihasilkan oleh tim ahli. Penelitian ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, dan kelas online pada moodle elearning poliban dengan alamat elearning.poliban.ac.id. Dari hasil uji validitas perangkat oleh dua orang ahli, didapat skor validitas produk sebesar 4,15 sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat blended learning yang dihasilkan telah valid. Perangkat pembelajaran tersebut saat ini telah mulai digunakan pada pembelajaran Aljabar Linier Prodi TI pada mahasiswa angkatan 2020/2021 yang saat ini masih berjalan 100% daring.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 23 No 1 (2023): Jurnal INTEKNA, Volume 23, No. 1, Mei 2023 Vol 22 No 02 (2022): Jurnal INTEKNA, Volume 22, No. 2, Nov 2022: 76 - 162 Vol 22 No 01 (2022): Jurnal INTEKNA, Volume 22, No. 1, Mei 2022: 01 - 75 Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111 Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53 Vol 20 No 2 (2020): Jurnal INTEKNA, Volume 20, No. 2, Nov 2020: 53 - 110 Vol 20 No 01 (2020): Jurnal INTEKNA, Volume 20, No. 1, Mei 2020: 01-52 Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68 Vol 19 No 2 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 2, Nov 2019: 69-133 Vol 18 No 2 (2018): Vol 18 No 2 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 2, Nov 2018: 67-131 Vol 18 No 1 (2018): Vol 18 No 1 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 1, Mei 2018: 1-66 Vol 17 No 2 (2017): Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 2, November 2017: 79-147 Vol 17 No 1 (2017): Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 1, Mei 2017: 1 - 78 Vol 16 No 2 (2016) Vol 16 No 1 (2016) Vol 15 No 2 (2015) Vol 15 No 1 (2015) Vol 14, No 2 (2014) Vol 14 No 2 (2014) Vol 14, No 1 (2014) Vol 14 No 1 (2014) Vol 13 No 3 (2013) Vol 13, No 3 (2013) Vol 13 No 2 (2013) Vol 13, No 2 (2013) Vol 13 No 1 (2013) Vol 13, No 1 (2013) Vol 12, No 2 (2012) Vol 12 No 2 (2012) Vol 12 No 1 (2012) Vol 12, No 1 (2012) Vol 11, No 2 (2011) Vol 11 No 2 (2011) Vol 11, No 1 (2011) Vol 11 No 1 (2011) Vol 10, No 2 (2010) Vol 10 No 2 (2010) Vol 9 No 2 (2009): Jurnal Intekna, Volume IX, Nomer 2, Nopember 2009 Vol 8 No 1 (2008) Vol 8, No 1 (2008) More Issue