cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL KONFIKS
ISSN : 23552638     EISSN : 27461866     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS" : 8 Documents clear
NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN KAJIAN PROSA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DIKSATRASIADA UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR BANTEN Sopyan Sopyan Sauri
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.2687

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial  yang terdapat dalam novel hujan karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel hujan karya Tere Liye adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama Tahun 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik.Hasil Analisis data terhadap novel hujan karya Tere Liye dapat disimpulkan bahwa nilai sosial yang terdapat dalam novel tersebut yaitu nilai tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian, tanggung jawab, disiplin, empati, keserasian hidup, toleransi, kerjasama, dan demokrasi.Hasil analisis nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran kajian prosa pada mahasiswa pendidikan bahasa sastra Indonesia dan daerah Universitas Mathla’ul anwar Banten Kata kunci: nilai sosial, novel hujan, bahan pembelajaran
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BERMAKNA AUSUBEL PADA SISWA KELAS VI SD INPRES KAMPUNG PARANG GOWA Tasrif Akib
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.4032

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan membaca pemahaman melalui penerapan teori belajar ausubel pada siswa kelas VI SD Inpres kampong Parang Gowa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus sebanyak dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI dengan jumlah siswa adalah 24 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia pada aspek membaca pemahaman siswa kelas VI SD Inpres Kampung Parang Gowa melalui penerapan teori belajar bermakna ausubel, yaitu pada siklus pertama dengan rata-rata 76,56 atau kategori sedang, kemudian kemampuan membaca pemahaman meningkat menjadi 82,04 pada siklus kedua atau Kategori tinggi. Demikian pula partisipasi atau keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran mambaca pemahaman melalui penerapan pembelajaran bermakna ausubel mengalami peningkatan pada siklus kedua dibandingkan pada siklus pertama.
NILAI SOSIAL DAN MORAL DALAM TEKS DRAMA PETANG DITAMAN KARYA IWAN SIMATUPANG MELALUI PENDEKATAN STRUKTURAL Aqim Kibriya
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.2156

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendiskripsikan kritik sosial yang terdapat di dalam naskah drama petang ditaman karya iwan simatupang,  memaparkan implementasi hasil penelitian dari naskah drama . Objek kajian dalam penelitian ini adalah sosial dan moral. Data yang dibutuhkan berupa dialog-dialog yang terdapat dalam naskah drama pang ditaman. Sumber data diperoleh dari naskah drama dan referensi lain yang mendukung dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan simak catat. Teknik keabsahan data berupa teknik trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode struktural., dalam penelitian meliputi, kritik sosial dalam naskah drama meliputi kritik sosial dan moral  
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 19 GOWA Ika Zulfika
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.4055

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot menggunakan strategi genius learning  siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 19 Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot menggunakan strategi genius learning Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Gowa.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana dua siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Setting penelitiandilaksankan diSMA Negeri 19 Gowa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 19 Gowa sebanyak 35 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama nilai rata-rata diperoleh sebesar 64,17% menjadi 84,14 % pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi genius learning pada pembelajaran menulis teks anekdot mengalami peningkatan.
PERUBAHAN BUNYI PROTO AUSTRONESIA KE BAHASA BATAK TOBA Monika Sales Sitompul
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.2220

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perubahan dan pewarisan bunyi vokal dan konsonan PAN ke dalam BBT. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Linguistik Historis Komparatif. Data yang digunakan adalah 200 kosa kata dasar swadesh dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data tulis adalah metode simak yang dilanjutkan dengan teknik sadap.Data lisan diperoleh melalui metode cakap dengan teknik dasar berupa teknik pancing yang dilanjutkan dengan teknik catat. Dalam pengkajian data digunakan metode padan dengan teknik dasar berupa teknik pilah unsur tertentu. Berdasarkan analisis ditemukan perubahan bunyi PAN ke BBT. Dari tujuh perubahan bunyi yaitu metatesis, aferesis, sinkop, apokop, protesis, epentesis dan paragog, hanya enam tipe perubahan bunyi yang terdapat dalam BBT, sedangkan perubahan metatesis tidak terdapat dalam Bahasa Batak Toba.
DAMPAK PSIKOLOGI MAKIAN BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI STRATA SOSIAL MASYARAKAT BAHASA Arfan Rauf
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.3972

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa ketidakberhasilan suatu proses berbahasa dilaksanakan karena adanya unsur makian, juga adanya kecenderungan orang senang menggunakannya, selain makian merupakan suatu kebiasaan yang tidak terpuji, tidak sopan, melanggar nilai-nilai sosial dalam suatu budaya tertentu. Selain itu, makian secara psikologi dapat berdampak negatif terhadap pengguna dan orang yang senantiasa mendapatkan atau mendengarkan makian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kekontradiksian eksistensi makian, seperti yang disebutkan di atas, baik tentang ketidakberhasilan berkomunikasi karena unsur makian, kesenangan orang menggunakannya, juga bentuk dan referensi makian, serta dampak psikologi yang ditimbulkannya yang ditinjau berdasarkan strata sosial masyarakat bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian observasi yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengambilan kesimpulan. Subjek penelitian adalah masyarakat yang berdomisili di  Kelurahan Tamalatea Kota Makassar Sulawesi Selatan berdasarkan Stara Sosialnya sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, sadap, pancing, simak, catat, dan rekam. Seluruh data yang diperoleh dianalisis melalui tahap (1) pengelompokkan data sejenis, (2) membaca data secara menyeluruh, (3) menganalisi data dengan metode ”padan intra lingual dan padan ekstralingual”, (4) menyusun interpretasi, dan (5) mendeskripsikan data menjadi simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) makian tidak berterima pada bentuk komunikasi bahasa secara umum. (2) Makian dapat berterima pada kelompok masyarakat bahasa tertentu. (3) Makian digunakan untuk mengintimidasi, menguasai, pengungkap kekecewaan, ketertakjuban, pelindung diri, mengacaukan, dan kepopuleran. (4) Ada kesamaan dan perbedaan penggunaan makian di masing-masing strata sosial masyarakat bahasa, baik berdasarkan bentuk dan referensi, tujuan, dan karakter yang ditampilkan. (5) Makian secara psikologi berdampak negatif pada pengguna dan penerimanya.
PENGEMBANGAN BUKU TEKS WARAHAN MELALUI MODEL MULTILITERASI UNTUK SISWA KELAS X SMA Yunita Fitri Yanti; Farida Ariyani; Nurlaksana Eko Rusminto
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.1615

Abstract

The objective of this research was to produce Warahan textbook through multi-literacy model and to describe its feasibility. This study used cycle form method. The research procedure was conducted in three stages: pre-cycle, cycle I and cycle II. The result of this research was Warahan textbook through multi-literacy model for tenth grade students of senior high school, and it got content feasibility value 75% with proper category, language feasibility value 75% with proper category, score presentation feasibility value 69.4% with proper category, and graphic feasibility value 72.7% with proper category. Furthermore, textbook feasibility test by practitioner got mean 88.45% with proper category. Product try-out in class got mean 87.1% with proper category. Moreover, based on feasibility questionnaire distributed, it could be concluded that Warahan textbook through multi-literacy model was proper to use as teaching material for tenth grade students of senior high school.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk buku teks warahan melalui model multiliterasi dan  mendeskripsikan kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dalam bentuk siklus. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan tiga tahap yakni Pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian ini adalah buku teks warahan melalui model multiliterasi untuk siswa kelas X SMA dan menemperoleh penilaian kelayakan isi dengan persentase 75% dengan kategori layak, kelayakan bahasa memperoleh nilai 75% dengan kategori layak, kelayakan penyajian nilai 69,4% dengan kategori layak, dan kelayakan kegrafikan dengan nilai 72,7% dengan kategori layak. Uji kelayakan buku teks oleh praktisi, mendapat nilai rata-rata  88,45% dengan kategori layak. Uji coba produk pada kelas mendapat nilai rata-rata 87,1% dengan kategori layak. Berdasarkan angket uji kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa buku teks warahan melalui model multiliterasi layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas X SMA.Kata Kunci: Buku Teks, Model Multiliterasi dan Warahan
PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE BERSERI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR Andi Adam
JURNAL KONFIKS Vol 6, No 2 (2019): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v6i2.3992

Abstract

Peningkatan kemampuan menulis murid di sekolah dasar merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran Bahasa Indonesia, namun kenyataannya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam penggunaan metode vidio you Tube dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada murid sekolah dasar. Dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik Pengumpulan data yang dilakuka dalam penelitian ini adalah: (a) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan memberikan tes menulis pada setiap akhir siklus, (b) data tentang proses belajar mengajar dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara kuantitatif ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata siswa yaitu dari 66,92 menjadi 78,32 dari skor ideal 100. Secara kualitatif, terjadi peningkatan kualitas proses belajar yaitu perubahan sikap siswa yang ditandai dengan: (a) Meningkatnya frekuensi kehadiran siswa, (b) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, (c) Semakin banyaknya siswa yang memperhatikan penjelasan guru, (d) Semakin banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan dan menjawab tugas dengan benar, (e) Semakin berkurangnya siswa yang meminta bimbingan dan meminta dijelaskan tentang suatu konsep. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan metode vidio You Tube berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis murid. Dan disarankan kepada guru, untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa harus dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga tercipta kemandirian untuk menyelesaikan  soal di rumah tentang materi yang telah dipelajari dan materi yang akan dipelajari selanjutnya, sehingga pembelajaran dengan penggunaan metode Vidio youtube berseri merupakan salah satu metode alternative

Page 1 of 1 | Total Record : 8