cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL KONFIKS
ISSN : 23552638     EISSN : 27461866     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS" : 7 Documents clear
DEIKSIS SEMANTIK DALAM ANTALOGI CERPEN 11.11 Rantika Alycia Putri; Mauliana Pebriani Lubis; Sarma Gaby Aprianti Manullang; Trisnawati Hutagalung
JURNAL KONFIKS Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v8i2.5220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dieksis semantik. Pengkajian deiksis sangat perlu dilakukan, karena dengan adanya deiksis seseorang dapat mengerti bagaimana tuturan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat, sehingga dapat menentukan rujukan apa yang sesuai digunakan dalam situasi yang bagaimana pula. Dalam menganalisis suatu deiksis dapat direalisasikan dalam sebuah karangan yang utuh yaitu seperti buku, artikel, pidato, dan karya sastra. Salah satu karya sastra yang cukup diminati oleh masyarakat adalah Cerpen (Cerita Pendek). Karya sastra cerpen diasumsikan merupakan gambaran kehidupan berdasarkan kenyataan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang bersifat menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya. Dari hasil analisis ditemukan adanya deiksis persona diwakili oleh aku, kita, kami (sebagai deiksis persona pertama); kamu, kau, anda (sebagai deiksis persona kedua); ia atau dia, dan mereka (sebagai deiksis persona ketiga). Deiksis yang menyangkut pronominal demonstratif yakni ini dan itu Deiksis yang menyangkut waktu yakni sepuluh tahun yang lalu dan hari ini. Deiksis sosial diwakili oleh kepala (sebagai deiksis sosial jenis jabatan); sopir, penjaja koran, fotografer, musikus, petualang, resepsionis, dokter, penulis, guru, sipir (sebagai deiksis sosial berjenis profesi); cucu, mama, papa (sebagai deiksis sosial jenis julukan); gadis, pria (sebagai deiksis sosial berjenis gelar).
Analisis Prinsip Kerja Sama dalam Acara Talk Show Kick Andy Episode "Petani Itu Keren" Eris Septiani
JURNAL KONFIKS Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v8i2.5031

Abstract

Tujuan tulisan ini akan mengulas mengenai prinsip kerja sama yang terdapat dalam acara Kick Andy episode dengan tema Petani itu Keren. Analisis ini akan menunjukkan tuturan yang mematuhi dan melanggar prinsip kerja sama. Prinsip kerja sama merupakan teori yang dikemukan oleh Grice. Metode penelitian yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdapat tiga cara, yakni (1) menonton sekaligus menyimak pembicaraan dalam acara Kick Andy dalam episode dengan tema Petani itu Keren, (2) mentraskip pembicaraan para narasumber, (3) mencatat serta menandai tuturan serta ujaran yang terindiksi mematuhi atau melanggar prinsip kerja sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada terdapat 4 tuturan yang terindiksi melanggar prinsip kerja sama. Faktor yang melatarbelakangan adalah dari bahasa itu sendiri dan faktor maksim kesederhanaanya yang ada dari acara Talkshow tersebut. 
Pengaruh Penggunaan Model Contextual Theaching And Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Iklan Ira Gusti Putri Dwinanda Ira
JURNAL KONFIKS Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v8i2.5061

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa belum terampil dalam menulis teks iklan. Kurangnya minat siswa dalam menulis teks iklan, siswa kurang memahami struktur yang ada dalam teks iklan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks Iklan siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Laeraning (CTL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif sesudah menggunakan metode sesudah. Desain penelitian ini adalah One Group Postets Pretest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks Iklan sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Laeraning (CTL) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks iklan   siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung sebelum menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diperoleh nilai rata-rata hitung 71,81 dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, kemampuan menulis teks iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sijunjung sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diperoleh nilai rata-rata 77,52 dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil pengujian yang membuktikan bahwa t hitung dari t tabel yaitu 6,67  1,71. Hal ini menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mempengaruhi kemampuan siswa di dalam menulis teks Iklan.
INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS BERPUISI DI TENGAH PANDEMI Siti Nur Azizah; Rianto Rianto
JURNAL KONFIKS Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v8i2.5523

Abstract

During a pandemic situation that is still hitting, the role of social media is very influential on the development of literature in Indonesia. With the advancement of technology, literature is not only found in spoken or written form in books, but also in digital form with the Instagram timeline (veranda) social media. This study aims to explain the strategic role of Instagram in the creative process of poetry during a pandemic. This study uses descriptive qualitative methods and data collection techniques by way of screenshots on the researcher's device. The data sources are taken from two Instagram accounts that are concerned with the development of poetry, namely the Wikipuisi and Kongsipuisi accounts. The results showed that the two accounts greatly influenced the existence of poetry on Instagram with the number of followers reaching 12,400 and 274,000, respectively. In addition, Instagram is also a means for famous poets to re-publish their works and an arena for the creativity of new writers who want to display their work.
GAMBARAN PENGUNGSI PASCA KEMERDEKAAN PADA NASKAH DRAMA MEGA-MEGA DAN NASKAH DRAMA GERBONG (STUDI SASTRA BANDINGAN) Santi Aulia
JURNAL KONFIKS Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v8i2.5014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang kondisi sosial pada keadaan ekonomi para pengungsi pasca kemerdekaan dalam naskah drama bertema revolusi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah naskah drama yang berjudul Mega-mega karya Arifin C Noer dan naskah drama Gerbong karya Agam Wispi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra yang fokus pada kondisi sosial pada keadaan ekonomi pengungsi pasca kemerdekaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan hasil penelitian yang dipaparkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kondisi sosial pada keadaan ekonomi yang dialami para pengungsi pasca kemerdekaan pada naskah drama Mega-mega dan naskah drama Gerbong.
Interferensi Morfologi Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa Atika Rizki Khoirun Nisa; Aninditya Sri Nugraheni
JURNAL KONFIKS Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v8i2.4519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan terjadinya proses morfologi bahasa Jawa terhadap bahasa Indonenesia dalam karangan siswa SD Negeri 2 Wirosari kelas V dan faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian berupa karangan siswa yang memiliki bahasa kesatu bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis karangan siswa. Instrumen atau alat peneliti yang digunakan yaitu peneliti sendiri. Hasil penelitian ini adalah terjadinya interferensi morfolgi pada karangan siswa dan faktor-faktor penyebabnya. Interferensi morfologi tersebut meliputi prefiks, sufiks, dan konfiks. Faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia siswa adalah siswa lebih dominan menggunakan bahasa Jawa daripada bahasa Indonesia untuk komunikasi sehari-hari.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA BLOGGER Rahma Amelia; lutfi syauki faznur
JURNAL KONFIKS Vol 8, No 2 (2021): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/konfiks.v8i2.5686

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi kelas X berbantuan media blogger sebagai alat bantu media daring. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) pada kelas X SMA Nusantara Plus . Desain pada penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggunakan rumus rata-rata yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan pra siklus diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 44, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74 tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media blogger dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi peserta didik kelas X SMA Nusantara Plus.

Page 1 of 1 | Total Record : 7