cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kependidikan Media
ISSN : 20898444     EISSN : 29647355     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2022): KEPENDIDIKAN MEDIA : JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 6 SENGKANG TENTANG SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE INKUIRI Ambo Tuwo
Jurnal Kependidikan Media Vol 11, No 2 (2022): KEPENDIDIKAN MEDIA : JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan metode inkuiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan metode inkuiri terhadap peningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas VII pada SMP Negeri 6 Sengkang dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi sumber daya alam.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sengkang pada siswa Kelas VII semester 1  tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan m,etode inkuiri  dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas VII pada SMP Negeri 6 S engkang tentang sumber daya alam, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran. 
PENGARUH APLIKASI QUIPPER SCHOOL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 8 SIDRAP Hasni, Syarifuddin Cn. Sida, Firdaus
Jurnal Kependidikan Media Vol 11, No 2 (2022): KEPENDIDIKAN MEDIA : JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah dengan metode Quasi Experimentdengan model One group pretest and Posttest design. Yang menggunakan perlakuan dan pengukuran terhadap 1 kelas dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, dan angket untuk melihat pengaruh kelas eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskrkiptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan media aplikasi quipper school di kelas X TKJ SMK Negeri 8 Sidrap, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa nilai thitungttabel yaitu 0,0000,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima Artinya ada pengaruh media aplikasi quipper school terhadap minat belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk pemanfaatan media aplikasi quipper school bisa lebih dimaksimalkan. Guru diharapkan mampu memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia, sarana dan perasarana yang dimiliki.
PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR Rizal Arizaldy Ramly; Ilham Ilham
Jurnal Kependidikan Media Vol 11, No 2 (2022): KEPENDIDIKAN MEDIA : JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu perkembangan teknologi yang semakin maju dan berkembang siswa diharapkan mampu untuk menggunakan teknologi media pembelajaran Quipper School untuk memudahkan proses pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa kls VII di SMPN 2 Campalagian. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Campalagian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMPN 2 Campalagian Polewali mandar yang berjumlah 59 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 59 orang dengan menggunakan teori sampling jenuh Sugiyono. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian kuesionerdan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan SPSS Versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran Quipper School berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMPN 2 Campalagian polewali Mandar
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA SOMBA OPU Irianti Irmawati Thahir
Jurnal Kependidikan Media Vol 11, No 2 (2022): KEPENDIDIKAN MEDIA : JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian expost facto, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Prosedur dalam penelitian ini meliputi mengidentifikasi permasalahan, merumuskan masalah, menentukan tujuan dan manfaat penelitian, melakukan studi pustaka, menentukan kerangka pikir, mendesain metode penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data menggunakan statistika yang relavan. Subjek dalam penelitian ini adalah  guru dan siswa dengan jumlah guru  sebanyak 14 orang dan jumlah siswa sebanyak 14 orang di SMA Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode pengumpulan data  dalam  penelitian ini menggunakan angket dan observasi langsung, dengan menggunakan alat pengujian SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel kepribadian guru berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Hal ini diketahui dengan melihat tingkat signifikan sebesar 0.0370.05. pengaruh variabel kepribadian guru (x) terhadap karakter siswa (y) tergolong sangat kuat, dibuktikan dengan nilai koefisien determinansi yakni r2 = 0,561 atau 56.1% dan selebihnya 43.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 2 PANGKAJENE TENTANG ENERGI Saparuddin Saparuddin
Jurnal Kependidikan Media Vol 11, No 2 (2022): KEPENDIDIKAN MEDIA : JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan metode inkuiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi metode inkuiri dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas VII pada SMP Negeri 2  Pangkajene dalam pembelajaran IPA.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2  Pangkajene pada siswa Kelas VII semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri  dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas VII pada SMP Negeri 2  Pangkajene dalam materi Energi, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5